BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti8 Tips dan Cara Menghitung Harga Tanah Per Meter
0
0

8 Tips dan Cara Menghitung Harga Tanah Per Meter

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Feb 28, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
8 Tips dan Cara Menghitung Harga Tanah Per Metertop-right-banner

Cara menghitung harga tanah per meter adalah langkah penting yang perlu dilakukan. Hal ini terutama berlaku dalam proses pembelian atau penjualan properti di layanan Titip Jual Sewa di Pinhome.

Dalam dunia properti, harga tanah berperan besar dalam menentukan harga sebuah rumah atau bangunan lainnya. Maka dari itu, mengetahui menghitung harga tanah per meter sangat penting bagi siapa saja yang berkecimpung dalam bisnis properti.

Ini juga bisa menjadi salah satu cara melihat estimasi harga rumah ketika Pins membeli rumah seken di Jakarta Timur, hunian sekitar ITC Surabaya, rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Kertamukti Sakti Residence dan sekitarnya. Simak bagaimana langkah menghitung harga tanah per meter di sini!

Baca juga: Analisa Harga Satuan Pekerjaan Tanah

Cara Menghitung Harga Tanah Per Meter

Meski penjualan tanah tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan keuntungan berlipat jika tahu bagaimana cara menghitungnya dengan tepat. Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa cara menghitung harga tanah per meter berikut ini.

1. Berdasarkan Keseluruhan Luas Tanah

Source : Pinterest

Hal paling utama yang perlu kamu ketahui sebelum menjual tanah pada pihak lain adalah mengetahui berapa luas tanah tersebut secara keseluruhan. Sebab, hal ini akan menjadi faktor penentu harga tanah itu nantinya.

Tak ada salahnya mengukur kembali tanah meski kamu sudah tahu berapa luasnya. Sebab, bukan tidak mungkin terjadi pemindahan patok tanah atau penyusutan.

Alhasil, kamu perlu memastikan kembali agar hasilnya akurat. Cara menghitung harga tanah per meter tidak sulit. Kamu bisa pakai rumus matematika dasar sesuai dengan bentuk atau ukuran sisi tanah.

Misalnya, tanah memiliki bentuk persegi panjang. Luasnya busa kamu hitung dengan rumus panjang x lebar. Jangan lupa siapkan dana untuk membayar biaya pengukuran tanah per meter.

2. Melakukan Survei Harga

Source : Freepik

Cara menghitung harga tanah per meter persegi juga dapat kamu lakukan dengan menyurvei harga untuk mendapatkan gambaran lebih akurat berapa kisaran harga tanah pada lokasi tersebut. Manfaatkan e-commerce atau marketplace khusus properti yang bisa kamu temukan dengan mudah di internet, misalnya Pinhome, salah satu e-commerce properti terbaik.

Baca juga: Analisa Harga Satuan Menggali 1 m3 Tanah Biasa

3. Bandingkan Harga

Source : Freepik

Setelah mengetahui berapa kisaran harganya, tips selanjutnya adalah membandingkan harga tersebut. Ini juga menjadi aspek yang tak kalah pentingnya, karena membantu kamu mendapat harga yang rasional dan kompetitif.

Tidak terlalu rendah, tapi juga tidak terlalu tinggi. Meski begitu, cara membandingkan harga tersebut juga harus setara.

Misalnya, kamu membandingkan harga aset tanah pada lokasi atau luas yang setara. Jika memang memungkinkan, tak ada salahnya membandingkan harganya dengan tanah yang hendak dijual pada daerah tempat tinggalmu. 

4. Hitung Harga Tanah Per Meter dari Nilai NJOP

Cara berikutnya yaitu berdasarkan berapa angka Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dari aset tersebut. NJOP sendiri menjadi acuan umum oleh para penjual saat hendak menentukan berapa harga jual aset yang mereka punyai. 

Tidak hanya tanah, ini juga termasuk rumah tinggal. Meski NJOP memberikan angka harga jual minimal, kamu tetap dapat menjadikan angkanya sebagai acuan, Pins. Jadi, jangan ragu untuk mencari tahu berapa angka NJOP properti milikmu.

5. Lokasi

Source : Pinterest

Tidak kalah pentingnya dalam menentukan harga tanah per meter adalah lokasi aset tersebut berada. Bahkan, cara ini menjadi pilihan alternatif utama saat menentukan harga selain luas tanah itu sendiri. Semakin strategis lokasinya, pastinya harganya akan semakin mahal. 

Strategis dalam hal ini adalah dekat dengan jalan utama, dekat fasilitas publik (pendidikan, kesehatan, tempat ibadah, sentra belanja dan hiburan, akses transportasi), dan bebas banjir. Jika aset tanah milikmu berada pada lokasi yang strategis, jangan ragu untuk memberikan harga jual yang tinggi.

6. Kemungkinan Investasi

Source : Freepik

Kemudian, cara menghitung harga tanah per meter dari potensi investasi atau bagaimana perkembangan maupun fungsi aset pada masa mendatang. Contoh sederhananya, apakah tanah ini dapat kamu gunakan untuk membangun usaha sampingan atau memiliki jangkauan lebih dekat pada fasilitas umum. 

Jadi, apabila tanah milikmu masih memiliki potensi keuntungan investasi properti di masa depan yang kecil, kamu akan kesulitan untuk menjual dengan harga tinggi.

Baca juga: 6 Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah yang Sah

7. Menghubungi Agen Properti

Source : Freepik

Meminta bantuan agen properti juga dapat menjadi opsi untuk mendapatkan harga jual tanah yang ideal. Meski demikian, kamu harus memastikan bahwa agen atau broker yang kamu pilih sudah punya kredibilitas tinggi, reputasi baik, dan pastinya mampu bekerja secara profesional. 

Biasanya, agen akan membantu memberikan arahan terkait harga jual yang rasional untuk properti milikmu. Pasalnya, agen properti juga tentunya sudah tahu berapa kisaran harga pasar untuk tanah yang ada pada suatu lokasi tertentu.

Kamu bisa menghubungi agen properti Pinhome yang tersedia di seluruh wilayah Indonesia. Caranya mudah yakni dengan langsung menuju link berikut: https://www.pinhome.id/rekan

Pinhome telah bermitra dengan 11.000+ agen dan 450+ mitra developer. Tersedia lebih dari 200 ribu listring properti pada platformnya serta memfasilitasi proses transaksi jual, beli, dan sewa properti secara menyeluruh dari pencarian unit hingga akad.

Selain itu keunggulan Pinhome bila kamu memilih menjadi bagian dari rekanan ialah bisa pasang listing dan website pribadi. Ditambah lagi proyek primary dan buyer terverifikasi serta komisi mencapai 90%.

8. Bertanya Pada Notaris

Source : Freepik

Terakhir, kamu bisa bertanya langsung ke notaris kisaran harga jual tanah. Tak banyak yang tahu kalau notaris tidak hanya berperan sebagai perantara transaksi jual beli properti, tetapi juga membantu menaksir harga yang tepat untuk aset tanah milikmu. 

Tentunya, notaris akan melihat dari banyak aspek saat hendak menentukan harga jual tanah. Misalnya, melihat lokasi, akses, dan jaraknya dengan fasilitas umum. Jadi, kamu tetap dapat memperoleh harga jual tanah yang sesuai dan menaksir berapa keuntungan yang mungkin kamu dapatkan.

Itu tadi beberapa cara menghitung harga tanah per meter yang dapat kamu coba. Jangan sampai keliru, ya, pastikan kamu sudah menghitung harganya dengan benar dan tepat. Semoga bermanfaat! Kamu juga bisa melihat banyak iklan rumah dijual dengan harga terbaik di Pinhome.

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Perumahan Pesona Remboelan dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download