BlogPemilik PropertiDesain HunianWajib Tahu! Ini Cara Menghitung Volume Galian Tanah M3
0
0

Wajib Tahu! Ini Cara Menghitung Volume Galian Tanah M3

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Feb 28, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
Cara menghitung volume galian tanahtop-right-banner

Rumus cara menghitung volume galian tanah pondasi ini dipakai sebagai dasar untuk mengadakan kontrak perjanjian borongan, atau untuk mendatangkan atau membuang tanah. Sebagai bahan referensi disini Pins bisa menyimaknya dari contoh cara menghitung volume m3 galian tanah berikut!

Namun sebelum itu pastikan untuk unduh aplikasi Pinhome dan gunakan fitur Pengajuan KPR. Dapatkan segera hunian impianmu dekat Mall Lampung, perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa atau rumah di Saguling dan lainnya.

Manfaat Menghitung Volume m3 Galian Tanah

Source : Pexels

Sebelum melakukan pembangunan rumah atau gedung lainnya, yang perlu diperhatikan dengan baik adalah pondasi rumah terbaik. Pondasi merupakan salah satu elemen penting dalam pembangunan sebuah bangunan.

Fungsinya sendiri untuk menyalurkan beban struktur yang ada dan beban lantai ke tanah yang ada dibawahnya. Pemilihan pondasi yang tepat sangat penting karena dapat mempengaruhi stabilitas, kekuatan, hingga kinerja bangunan tersebut.

Nah, untuk mendapatkan pondasi yang kokoh diperlukan perhitungan yang tepat terkait volume galian atau urugan yang dibutuhkan.  Tidak hanya diperlukan untuk mendapatkan pondasi yang kokoh, rumus perhitungan volume galian tanah atau pondasi juga diperlukan sebagai dasar perhitungan biaya jasa kontraktor rumah atau pekerja.

Biasanya hal ini terkait cara untuk mendatangkan atau membuang tanah hasil galian. Saat ini Pins tidak perlu khawatir ya, supaya tidak terjadi kesalahan perhitungan, berikut ini ada beberapa contoh menghitung volume galian tanah.

Baca juga: Cara Menghitung Volume Plesteran Dinding

Cara Menghitung Volume m3 Galian Tanah

Ada beberapa cara untuk menghitung volume m3 galian tanah, diantaranya :

1. Metode Penjelasan langsung

Source : Pexels

Metode ini bisa dijalankan dengan pengukuran langsung pada area galian menggunakan alat leveling seperti theodolite atau waterpass. Alat ini bisa digunakan untuk menentukan ketinggian pada titik referensi, dan ketinggian pada titik lain nya. Setelah itu, Pins bisa memasukkan hasil pengukuran tersebut ke dalam rumus matematika sederhana untuk mendapatkan volume galian tanah.

2. Metode Cross-Section

Source : Pexels

Metode ini diterapkan dengan pembuatan cross-section atau potongan melintang pada area galian. Pins bisa membuat potongan melintang pada interval tertentu dan mengukur lebar, dan tinggi pada setiap potongan. Hasil luas potongan, dan interval antara potongan bisa digunakan untuk menghitung estimasi volume galian secara menyeluruh.

3. Metode Jaring atau Grid

Source : iStock

Cara selanjutnya Pins bisa menggunakan metode grid atau jaring. Metode ini cukup efektif dan mudah, yakni dimulai dengan membuat jaring kotak dengan ukuran yang sama pada area galian. Pins bisa memanfaatkan tali atau garis untuk membentuk kotakan lebih presisi. 

Jika kotak sudah terbentuk, Pins bisa mengukur tinggi tanah pada setiap kotak. Caranya kalkulasikan luas alas dengan mengalikan panjang dan lebar. Terakhir untuk mendapatkan volume setiap kotak, kalikan luas alas dengan tinggi tanah pada setiap kotak. 

4. Metode Aplikasi atau Software

Source : Pexels

Perkembangan teknologi juga bisa membantu Pins untuk mengukur volume galian dengan lebih mudah, cepat, dan akurat. Pins bisa mencari aplikasi yang dirasa mudah. Umumnya aplikasi seperti ini dilengkapi dengan fitur koordinat atau dimensi panjang, lebar, hingga kedalaman galian.

Jika data sudah muncul, Pins cukup memasukkan data hasil pengukuran tersebut ke dalam aplikasi, dan secara otomatis aplikasi akan langsung melakukan perhitungan volume galian tanah dengan cepat dan akurat.

5. Metode Volumetri

Source : Pexels

Metode Volumetri bisa dilakukan dengan menentukan dimensi panjang, lebar, dan kedalaman galian tanah secara langsung. Pins bisa memanfaatkan alat ukur untuk mengukur ketiga dimensi tersebut, kemudian masukkan kedalam rumus V = V = P x L x D, di mana V = volume, P = panjang, L = lebar, dan D = kedalaman.

Baca juga: 12 Denah Pondasi Rumah Ukuran 7×9 Agar Terlihat Luas

Contoh Menghitung Volume Galian Tanah M3

Cara Menghitung Volume galian tanah
Source : Pinterest

Contoh berikut merupakan soal untuk menghitung volume galian tanah dengan rumus volumetri. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan yang ada di bawah ini!

1. Volume Pasangan Pondasi Batu Kali

Volume Galian Tanah = Luas Penampang x Panjang Galian Tanah

Kita ilustrasikan, Pins bermaksud membangun pondasi batu kali berbentuk trapesium, kedalamannya 80 cm, lebar bawah 60 cm, dan lebar atas 30 cm. Total panjang pondasi 90 m, kira-kira berapakah volume m3 galian tanahnya?

  • Penampang pasangan batu kali berbentuk trapesium maka rumus luasnya adalah jumlah sisi sejajar (lebar bawah x lebar atas) dikalikan tinggi yakni = ((0,6 m + 0,3 m)/ 2) x 0,8 m = 0,36 m2.
  • Volume bisa dihitung dengan cara luas penampang x panjang pondasi = 0,36 m2 x 90 m = 32,4 m3

2. Volume Galian Tanah

Jika sudah mendapatkan volume pasangan pondasi, berikut luas penampang dan volume galian tanahnya 

  • Luas penampang galian tanah = ((0,6 m + 1 m)/ 2) x 1 m = 0,8 m2
  • Volume galian tanah = 0,8 m2 x 90 m = 72 m3.

Volume galian tanah berdasarkan perhitungan adalah 72 m3.

3. Volume Urugan Tanah Kembali

Setelah proses pemasangan pondasi batu kali selesai, proses selanjutnya adalah pengurugan kembali. Pins bisa menghitung volume urugan tanah dengan rumus volume galian tanah dikurangi volume pondasi batu kali.

  • Volume urugan tanah kembali = 72 m3 – 32,4m3 = 39,6 m3.

Dari hasil contoh cara menghitung volume m3 galian tanah tersebut Pins akan mendapatkan

  • Volume pondasi batu kali 32,5 m3
  • Volume galian tanah = 72 m3
  • Volume urugan tanah kembali = 39,6 m3

Cara menghitung volume pondasi, galian tanah, urugan tanah kembali sebenarnya cukup mudah. Pins hanya perlu mengetahui terlebih dahulu bangun ruangnya dan bentuk medan yang akan di urug, kemudian Pins tinggal memasukkan ukuran masing-masing ke dalam rumus yang telah disediakan.

Volume m3 galian tanah memperhatikan bangun ruang yang digunakan. Pins tinggal menyesuaikan rumus penampang pasangan batu kali dengan dengan rumus luas bangun ruang tersebut. Misalnya segiempat bisa menggunakan rumus luas segiempat.

Baca juga: Macam-Macam Pekerjaan Tanah


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan D’Palm Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download