BlogPemilik PropertiDesain Hunian9 Ciri Rumah Bersih dan Sehat, Dijamin Nyaman!
0
0

9 Ciri Rumah Bersih dan Sehat, Dijamin Nyaman!

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Des 19, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
ciri rumah bersihtop-right-banner

Penulis: Echa Rahma

Semua orang pasti suka dengan rumah yang bersih dan sehat. Karena dengan rumah yang bersih para penghuni rumah bisa menikmati berbagai kegiatan di dalam rumah dengan aman dan nyaman. Tapi belum banyak yang tahu mengenai ciri rumah yang sehat dan bersih itu seperti apa.

Padahal memiliki rumah bersih dan sehat merupakan keharusan. Bayangkan kamu memiliki rumah eksklusif yang indah sepertu perumahan di Jagakarsa misalnya Vasa Jagakarsa. Namun rumah tersebut kotor, tentu penghuni yang ada di dalamnya jadi tidak nyaman.

Nah, itulah kenapa memiliki rumah yang bersih dan sehat suatu keharusan. Lalu apa saja ciri rumah bersih dan sehat? Berikut ini adalah penjelasan ciri rumah yang dapat dikatakan bersih secara rinci.

Baca Juga: 

Ciri Rumah Bersih dan Sehat untuk Ditinggali

ciri rumah bersih

1. Memiliki Ventilasi dan Tidak Berdebu

Ventilasi memberi penerangan ketika pagi agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah. Hal ini membuat sirkulasi udara di dalam rumah dapat berganti sehingga rumah tetap nyaman untuk ditempati. Memiliki model ventilasi udara yang baik juga mencegah agar udara tidak sesak serta berdebu. Nah Pins! Aliran udara yang lancar pasti akan memberi kenyamanan dan kesejukan.

2. Memiliki Tempat Pembuangan Sampah dan Sanitasi Yang Baik

Ada baiknya, jika Pins memisahkan sampah Organik  dan Anorganik. Pemilahan sampah yang baik, memiliki manfaat yang positif. Bisa untuk di daur ulang atau dijadikan pupuk. Sebaiknya sediakan juga, tempat sampah di depan rumah maupun di dalam rumah. 

Selain tempat sampah yang juga harus diperhatikan, sanitasi air di dalam rumah agar tetap sehat. Genangan air juga bisa menjadi penyebab kebocoran.  Air yang mengenang bisa membuat atap menjadi rapuh. Bersihkan juga saluran air pada talang agar tidak terjadi genangan. Terutama pada musim hujan, seperti saat ini.

3. Bebas Jamur Dari Jamur Serta Binatang Pembawa Penyakit

Dinding yang tidak kokoh berakibat pada kelembaban yang memungkinkan untuk tumbuh jamur dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan, terutama untuk pernafasan.  Rumah yang lembab juga bisa menjadi tempat berkumpul hewan pembawa penyakit.

Seperti tikus yang merupakan hewan jorok dan membuat penghuni rumah jijik. Tikus sendiri sangat senang bersarang di tempat yang kotor, jadi kalau rumah Pins terdapat tikus dan berkembang biak disana, sudah dipastikan rumah Pins tidaklah bersih.

Untuk itu, Pins harus sering membersihkan seluruh debu dan kotoran di rumah dengan baik minimal 1 minggu sekali. Biasanya hewan ini senang di tempat-tempat yang tersembunyi seperti gudang, loteng, dan di balik lemari. Hal ini penting untuk Pins lakukan karena hewan ini juga bisa mendatangkan berbagai macam penyakit. Dengan begitu Pins bisa mendapatkan salah satu ciri rumah yang bersih.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Tuntas

4. Memiliki Lantai Bersih

ciri rumah bersih
Source : Pexels

Ciri rumah yang bersih selanjutnya itu memiliki lantai yang sangat bersih. Pins tentunya setuju kalau lantai menjadi salah satu komponen yang paling penting di rumah. Apalagi hampir seluruh kegiatan yang Pins lakukan dengan keluarga saat di rumah selalu berhubungan dengan lantai. Maka dari itu, Pins harus selalu menjaga kebersihan DAN merawat lantai agar tetap kinclong.

Dalam satu hari seluruh anggota keluarga yang ada di rumah bisa hilir-mudik menginjak lantai yang satu ke lantai yang lain. Pasti Pins bisa bayangkan sendiri dong bagaimana banyaknya debu, kotoran, bahkan kuman di lantai setiap harinya.

Baca jua: 

5. Tidak Berbau

Bau tidak sedap di dalam rumah bisa menghilangkan kenyamanan. Bau tersebut bisa berasal dari segala sesuatu hal yang tidak higienis di dalam rumah. Hal yang tidak higienis itu bisa berasal dari makanan basi, baju kotor atau bisa juga dari hewan peliharaan. Maka dari itu, ciri rumah yang bersih selanjutnya adalah rumah yang tidak berbau.

Untuk itu, Pins harus langsung membersihkan sisa makanan dan pakaian kotor yang menumpuk. Selain itu bersihkan juga kotoran hewan peliharaan secara rutin setiap harinya. Jangan sampai rumah Pins sudah bersih tapi tetap meninggalkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itulah mengapa rumah yang tidak berbau menjadi salah satu ciri rumah yang bersih.

6. Struktur Rumah yang Sesuai dengan Kondisi Lingkungan

ciri rumah bersih
Source : Pexels

Memilih  atap rumah sesuai dengan kondisi dan cuaca di sekitar ternyata penting lho Pins! Begitu juga dengan ketinggian langit-langit rumah wajib kita perhatikan. Langit-langit yang terlalu pendek bisa menyebabkan ruangan terasa panas yang membuat penghuninya tidak nyaman. Namun sebaliknya, jika atap terlalu tinggi, akan ada banyak serangga atau hewan yang tinggal disana. 

Begitu pula dengan kondisi dapur, Pins sebisa mungkin membuat dapur basah dan dapur kering. Jangan lupa untuk bersihkan dapur secara rutin atau setelah menggunakan perlengkapan dan peralatan dapur. Guna mencegah dan mengkontaminasi kuman dan bakteri. 

Baca juga: 

7. Memiliki Sumber Air Bersih

Penting untuk Pins menyediakan sumber air yang bersih di rumah. Karena setiap hari banyak kegiatan di dalam rumah membutuhkan air yang bersih. Ini juga termasuk kriteria rumah sehat, lho!

Contohnya seperti memasak, mandi, minum, dan membersihkan rumah. Untuk itu salah satu ciri rumah yang bersih adalah rumah yang menyediakan sumber air bersih. Tanpa adanya air bersih, semua kegiatan Pins bersama keluarga di rumah bisa terganggu. Bahkan bisa timbul berbagai macam penyakit kalau Pins tak punya air bersih di rumah. Untuk itu pastikan selalu ketersediaan air bersih untuk bisa menjaga kebersihan di rumah. Selain itu, Pins juga bisa mewujudkan salah satu ciri rumah yang bersih.

8. Tidak Berantakan

Ciri Rumah Bersih
Source : Seon

Untuk mewujudkan rumah yang bersih dan nyaman ternyata tak cukup hanya dengan membersihkan lantai dan dinding saja. Tapi Pins juga harus menjaga kerapian rumah agar tidak berantakan.

Memangnya, apa bisa rumah yang berantakan bisa dikatakan bersih? Maka dari itu, Pins juga harus menjaga rumah agar tidak berantakan untuk mewujudkan salah satu ciri rumah yang bersih.

Kalau barang-barang di rumah Pins berantakan, pasti akan banyak debu dan kuman bersarang di sana. Bukan hanya bisa mendatangkan berbagai macam penyakit, tetapi rumah yang berantakan akan membuat rumah Pins tidak sedap dipandang. Oleh karena itu salah satu ciri rumah yang bersih ini sangat penting untuk Pins perhatikan.

9. Memilki Halaman dan Pepohonan

Ciri rumah bersih terakhir ini optional, karena memang tidak semua Pins memiliki lahan yang luas. Namun jika Pins memiliki lahan yang luas, sangat direkomendasikan memiliki halaman yang juga ditumbuhi pepohonan. Pohon yang tertanam di halaman rumah dapat memberikan oksigen yang baik bagi tubuh. Pilihlah rumah dengan halaman yang cukup luas. 

Namun Pins juga harus mengetahui ranting pohon yang sudah terlalu tinggi dengan daun yang lebat dan kering. Karena ranting dan daun kering ini bisa saja merusak atap rumah, sehingga perlu perhatian ekstra untuk merawatnya.

Itulah kira-kira 9 ciri rumah bersih dan sehat agar Pins nyaman untuk menempatinya. Kebersihan rumah memang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan Pins dan keluarga. Semua ciri rumah yang bersih tadi sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan dan diwujudkan. Semuanya kembali lagi kepada Pins sendiri untuk bisa dan mau mewujudkannya atau tidak.

Baca juga:

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download