BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Perbedaan Antara Dapur Basah dan Dapur Kering yang Harus Kamu Tahu
0
0

5 Perbedaan Antara Dapur Basah dan Dapur Kering yang Harus Kamu Tahu

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Sep 18, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
posisi jendela dapurtop-right-banner

Pins, dapur merupakan tempat yang paling nyaman untuk memasak. Membuat masakan untuk yang tersayang pun menjadi kebanggan tersendiri. Namun, pernahkah kamu mendengar dapur basah dan dapur kering? Ternyata ada perbedaan di antara dapur basah dan dapur kering, lho.

Nah, sebelum kamu membaca perbedaan dapur basah dan dapur kering, kamu bisa cek estimasi harga rumah. Selain itu kamu juga bisa cek cara pengajuan KPR. Semua informasi tersebut tersedia di website Pinhome ya Pins! 

Apabila kamu sedang cari rumah di Bogor, mencari rumah di Jakarta Timur, rumah di Paradise Serpong City dan Bali Resort Tangerang bisa juga cari di Pinhome.

Apa itu Dapur?

dapur basah dan dapur kering
Source : blibli.com

Dapur adalah salah satu ruangan paling penting dalam rumah. Ini adalah tempat di mana makanan disiapkan dan keluarga berkumpul untuk menikmati hidangan bersama. Dapur bukan hanya sekadar tempat untuk memasak; itu juga mencerminkan gaya hidup, kebiasaan makan, dan kreativitas seorang individu atau keluarga. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi makna dapur dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana perannya telah berkembang seiring waktu.

Dalam banyak budaya, dapur dianggap sebagai jantung rumah tangga. Ini adalah tempat di mana makanan diberikan, di mana anggota keluarga berkumpul untuk berbicara, dan di mana kenangan keluarga tercipta. Dapur adalah tempat untuk merayakan momen penting seperti ulang tahun, perayaan keluarga, dan makan malam romantis. Ini adalah tempat yang penuh dengan emosi dan interaksi sosial.

Berikut ini, bisa Pins simak pengertian dapur basah dan dapur kering yang bisa kamu jadikan patokan untuk menjadikan dapur kamu seperti apa. Maka dari itu, yuk simak ulasannya dibawah ini. 

Baca juga: Begini Cara Membuat Desain Gambar Rumah yang Bagus

Pengertian Dapur Basah

dapur basah dan dapur kering
Source : myedisi.com

Dapur basah adalah istilah yang sering digunakan dalam dunia desain interior dan konstruksi untuk merujuk pada area di dapur yang paling rentan terhadap kelembaban dan cairan. Dalam sebuah dapur, terdapat dua area utama: dapur basah dan dapur kering. 

Dapur basah adalah area dimana kegiatan memasak yang melibatkan penggunaan air dan pemrosesan makanan basah terjadi. Ini mencakup sink atau wastafel, area memotong, dan mungkin juga area untuk menyiapkan bahan-bahan makanan seperti sayuran dan daging.

Nah, boleh Pins simak ini dia komponen utama di dalam dapur basah. Apa saja ya? Yuk kita simak ulasannya dibawah ini.

1. Sink atau Wastafel

dapur basah dan dapur kering
Source : resepkoki.id

Ini adalah tempat di mana peralatan dapur, bahan-bahan makanan, dan piring bisa dicuci. Sink sering dilengkapi dengan keran air panas dan dingin untuk memudahkan tugas membersihkan.

2. Area Memotong

Ini adalah tempat di mana makanan dipotong, dicuci, dan dipersiapkan sebelum dimasak. Area ini harus mudah dibersihkan dan memiliki permukaan yang tahan air.

3. Peralatan dan Perlengkapan

dapur basah dan dapur kering
Source : orami.co.id

Dapur basah juga mencakup peralatan dapur seperti kompor, oven, dan peralatan memasak lainnya yang berhubungan langsung dengan penggunaan air atau pemrosesan makanan basah.

4. Penyimpanan Bahan-bahan Basah

Ini adalah tempat untuk menyimpan bahan-bahan makanan yang memerlukan pendinginan, seperti daging, susu, dan produk-produk segar lainnya. Kulkas adalah salah satu komponen penting dalam penyimpanan bahan-bahan basah.

5. Perlengkapan Tambahan

Source : pinhome

Dapur basah juga bisa mencakup perlengkapan tambahan seperti mesin pencuci piring, penghancur limbah, dan penyaring air.

Baca juga: 9 Ide Desain Rumah 1 1/2 Lantai yang Menarik

Pengertian Dapur Kering

dapur basah dan dapur kering
Source : blibli.com

Dapur kering adalah istilah yang digunakan dalam dunia desain interior dan konstruksi untuk merujuk pada area di dapur yang tidak melibatkan penggunaan air secara langsung atau pemrosesan makanan basah. Ini adalah bagian dari dapur di mana persiapan dan pengolahan makanan yang tidak memerlukan air mengalir. 

Dapur kering biasanya mencakup peralatan memasak, penyimpanan makanan kering, dan area kerja yang tidak terkena dampak langsung dari aktivitas memasak basah. Berikut ini merupakan komponen yang ada di dalam dapur kering. Yuk simak apa saja isinya. 

1. Peralatan Memasak

Source : pricebook.co.id

Ini mencakup peralatan seperti kompor, oven, microwave, toaster, dan peralatan memasak lainnya yang tidak terlibat dalam penggunaan air secara langsung. Peralatan ini digunakan untuk memasak, menggoreng, memanggang, atau merebus makanan kering seperti roti, pasta, atau daging.

2. Area Kerja

Dapur kering juga mencakup area kerja di mana persiapan makanan kering dan pemotongan bahan-bahan terjadi. Ini adalah tempat di mana Pins bisa memotong sayuran, menyiapkan bumbu, dan melakukan persiapan lainnya untuk hidangan kamu tanpa melibatkan air.

3. Penyimpanan Makanan Kering

Source : furnizing.com

Dapur kering juga mencakup area kerja di mana persiapan makanan kering dan pemotongan bahan-bahan terjadi. Ini adalah tempat di mana Pins bisa memotong sayuran, menyiapkan bumbu, dan melakukan persiapan lainnya untuk hidangan kamu tanpa melibatkan air.

4. Permukaan Kerja

Permukaan kerja di dapur kering harus tahan terhadap panas dan tahan terhadap goresan. Ini penting karena Pins mungkin akan menggunakan alat-alat memasak yang panas, seperti panci dan wajan, dan kamu ingin menjaga permukaan tersebut tetap bersih dan terawat.

5. Desain Interior

Source : hipwee.com

Desain interior dapur kering sering lebih fokus pada estetika dan fungsionalitas peralatan memasak daripada aspek kelembaban. Ini adalah tempat di mana elemen desain seperti backsplash, pencahayaan, dan penataan furniture dapat menjadi sorotan.

Baca juga: 4 Tips Menggunakan Jasa Desain Rumah Online

5 Perbedaan Dapur Basah dan Dapur Kering

dapur basah dan dapur kering
Source : pinhome

Dalam desain dapur, ada dua konsep utama yang seringkali menjadi perhatian utama: dapur basah dan dapur kering. Kedua area ini memiliki fungsi yang berbeda dan memerlukan perhatian khusus dalam perencanaan dan pemilihan material. Berikut ini adalah lima perbedaan utama antara dapur basah dan dapur kering. Yuk simak apa saja perbedaannya Pins. 

1. Penggunaan Air

Source : alodokter.com

Dapur Basah adalah area di dapur yang paling sering melibatkan penggunaan air secara langsung. Ini mencakup sink atau wastafel tempat mencuci piring dan mencuci bahan makanan, serta peralatan seperti mesin pencuci piring. Dapur basah juga mencakup penyimpanan untuk bahan makanan basah yang memerlukan pendinginan, seperti daging dan produk susu.

Sementara Dapur kering, di sisi lain, tidak melibatkan penggunaan air dalam jumlah besar. Ini adalah tempat di mana persiapan dan pemrosesan makanan yang tidak memerlukan air berlangsung, seperti pemotongan sayuran, memanggang, atau menggoreng. Peralatan memasak seperti kompor dan oven adalah fitur utama di dapur kering.

2. Material dan Permukaan

Source : cove.com

Dapur kering, di sisi lain, tidak melibatkan penggunaan air dalam jumlah besar. Ini adalah tempat di mana persiapan dan pemrosesan makanan yang tidak memerlukan air berlangsung, seperti pemotongan sayuran, memanggang, atau menggoreng. Peralatan memasak seperti kompor dan oven adalah fitur utama di dapur kering.

Dapur kering memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam pemilihan material, karena tidak ada risiko tumpahan air besar-besaran. Pins dapat menggunakan material seperti kayu, batu, atau beton untuk lantai, countertops, dan elemen desain lainnya di dapur kering.

3. Peralatan dan Peralatan Tambahan

dapur basah dan dapur kering
Source : tribunnews.com

Dapur basah memiliki peralatan tambahan seperti mesin pencuci piring, penghancur limbah, dan kulkas yang diperlukan untuk penyimpanan bahan makanan yang memerlukan pendinginan. Peralatan memasak yang digunakan di dapur basah mungkin juga berfungsi sebagai pengolah makanan, seperti blender atau food processor.

Peralatan utama di dapur kering adalah peralatan memasak seperti kompor, oven, dan microwave. Peralatan memasak ini digunakan untuk memasak dan mengolah makanan kering tanpa melibatkan air.

4. Fungsi Utama

Fungsi utama dapur basah adalah mencuci, membersihkan, dan menyimpan bahan makanan yang memerlukan pendinginan. Ini adalah tempat di mana aktivitas memasak yang melibatkan air dan pemrosesan bahan makanan basah berlangsung.

Dapur kering adalah area untuk persiapan dan pemrosesan makanan kering serta memasak hidangan yang tidak melibatkan penggunaan air dalam jumlah besar.

5. Kebersihan dan Keamanan

Source : pinhome

Kebersihan sangat penting di dapur basah karena ada potensi tumpahan air, kontaminasi silang antara bahan makanan basah dan kering, dan risiko kelembaban yang berlebihan yang dapat menyebabkan masalah seperti pertumbuhan jamur atau kerusakan struktural.

Meskipun kebersihan tetap penting di dapur kering, risiko terhadap kelembaban berlebihan atau tumpahan air besar-besaran lebih rendah. Ini membuatnya lebih mudah untuk menjaga kebersihan dan keamanan di dapur kering.

Demikian artikel tentang perbedaan dapur basah dan dapur kering. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu ya Pins. 

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Vasaka Solterra dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download