BlogPemilik PropertiDesain HunianKenali Ciri Rumah Gadang yang Berasal dari Sumatera Barat Ini!
0
0

Kenali Ciri Rumah Gadang yang Berasal dari Sumatera Barat Ini!

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra

Apr 7, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
rumah gadang berasal daritop-right-banner

Indonesia dikenal sebagai negara dengan keragaman adat dan budaya. Tidak hanya kekayaan bahasa dan juga masakan, Indonesia juga mempunyai beragam rumah adat yang diwariskan dari generasi ke generasi. Rumah gadang berasal dari Sumatera Barat adalah contoh rumah tradisional yang masih eksis hingga saat ini.

Pinhome – Di era modern, banyak rumah tradisional yang diadaptasi menjadi hunian modern saat ini. Mulai dari tampilan fasad, interior dan bentuk bangunan di bagian lain. Rumah adat gadang berasl dari daerah Sumbar ini merupakan salah satu warisan berharga. Sama dengan rumah adat lain, rumah Gadang juga mempunyai fungsi dan melambangkan sebuah filosofi yang erat dengan akar budaya.

Baca Juga: Nama Rumah Adat Bali Dan Keunikannya

Ciri Rumah Gadang

Source : Bramble Furniture

Baca Juga: Ini Dia Nama Dan Gambar Rumah Adat Suku Betawi Dan Filosofinya

Pins, jika kita berbicara mengenai rumah gadang, apa yang ada di benak kalian? Ya, tentu kamu akan membayangkan tanduk yang ada di bagian atap rumah bukan? Tanduk-tanduk tersebut merupakan karakter yang kuat dari rumah adat ini.

Atap rumah gadang berbentuk tanduk kerbau

Rumah gadang dengan tanduk dipercaya memiliki makna filosofis yang dalam. Bagian runcing tersebut bukan hanya sekadar hiasan belaka. Menurut situs Kumparan yang mengutip penjelasan dari Kementerian Kebudayaan RI, tanduk tersebut sebagai bukti atau tanda bahwa masyarakat Minangkabau dulu pernah menang dalam serangan kerajaan Majapahit. 

Jumlah kamar rumah gadang

Menurut informasi yang dikutip dari detik.com, jumlah kamar pada rumah gadang akan menyesuaikan dengan jumlah penghuni perempuan. Jika jumlah penghuni perempuan berjumlah 7 maka jumlah kamar pun akan menyesuaikan.

Berbentuk rumah panggung

Rumah gadang mempunyai tiang pada bagian dasar. Hal ini membuat rumah ini membentuk rumah panggung. Tujuannya adalah agar melindungi penghuni rumah dari serangan hewan buas, banjir dan anti gempa.

Bagian atap dibuat dari bahan ijuk

Rumah gadang menggunakan atap yang terbuat dari ijuk. Bahan ini menggambarkan bahwa rumah gadang memanfaatkan bahan yang ramah dengan lingkungan sehingga tidak merusak alam.

Bentuk rumah seperti kapal

Jika diperhatikan, ciri rumah gadang adalah memanjang ke samping dan berbentuk seperti kapal ya Pins.

Fungsi Rumah Gadang

rumah gadang berasal dari
Source : Silontong

Sebagai rumah bersejarah yang menjadi salah satu visualisasi adat budaya nusantara, rumah gadang tentu mempunyai fungsi tertentu. Berikut ini adalah fungsi dari kehadiran rumah gadang yang perlu kamu tahu Pins.

Fungsi utama dari rumah gadang adalah tampek tingga basamo, nan mampunyoi aturan-aturan jo tata krama. Artinya adalah rumah tersebut sebagai tempat tinggal bersama dengan aturan tata krama yang berlaku di dalamnya. 

Di masa kini, rumah gadang selain sebagai tempat tinggal juga mempunyai fungsi sebagai media sejarah. Artinya, kamu bisa menjadikan rumah ini sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan untuk kegiatan belajar baik di sekolah atau secara umum.

Selain untuk kehidupan sehari-hari, rumah Gadang umumnya juga digunakan sebagai media untuk melakukan upacara adat atau musyawarah adat. 

Adaptasi Rumah Gadang di Masa Kini

Rumah adat gadang berasal dari provinsi Sumatera Barat ini juga banyak diadaptasi konstruksi bangunan kekinian lho Pins. Berikut ini beberapa contoh bangunan yang mengadaptasi rumah Gadang.

Tempat penginapan

rumah gadang berasal dari
Source : Trivinda

Pertama, rumah gadang diadaptasi sebagai salah satu penginapan Pins. Kombinasi antara visual bangunan dan konstruksi tradisional dengan fungsi modern sangat indah ya. Perpaduan antara lingkungan yang asri dengan suasana lokal yang membumi, sangat mencerminkan karakter nusantara. Jadi, kalau menginap di penginapan seperti ini membuat jadi betah ya lama-lama liburan.

Masjid

rumah gadang berasal dari
Source : Trip Advisor

Selain itu, bangunan rumah Gadang juga diadaptasi sebagai tempat ibadah berupa Masjid. Hal ini menjadi inspirasi yang sangat menakjubkan ya Pins. Perpaduan budaya lokal dengan tempat ibadah memberikan keunikan tersendiri pada masjid di atas. Elemen budaya tersebut tidak mengurangi kesucian area ibadah ini, malah menambah keindahan masjid. Tentunya, ini juga bisa menjadi destinasi wisata religi yang tepat.

Museum

rumah gadang berasal dari
Source : Tribun Wiki

Penjelmaan rumah Gadang juga tampak pada museum. Ini bisa menjadi wisata sejarah yang bagus untuk para siswa-sisiw SD, SMP dan SMA Pins. Para siswa bisa belajar secara langsung fitur rumah hingga fungsi setiap sudut.

Hotel Balairung Jakarta

rumah gadang berasal dari
Source : Jakarta Review

Salah satu bangunan megah di Jakarta yang bisa dilihat dari kejauhan adalah hotel Balairung di Jakarta Timur. Pada bagian atap hotel kamu bisa melihat tanduk yang menyerupai atap rumah gadang. Hal ini tentu langsung membuat kita berkesimpulan bahwa hotel di atas mengadaptasi kekayaan budaya lokal di gedung komersial tersebut.

Hunian Warga

rumah gadang berasal dari
Source : Top Satu

Terakhir, adaptasi dari rumah gudang dan cirinya terpampang dalam hunian warga di atas. Jadi, bangunan tradisional pun bisa diadaptasi sebagai hunian warga di masa modern. Keren sekali ya Pins! Karakter dan ciri bangunan rumah Gadang yang kokoh tentu bisa memberikan keuntungan penghuninya. Meskipun sudah memasuki era teknologi, tetap rumah Gadang tetap mempunyai fungsi yang unggul jika dijadikan hunian tinggal.

Nah, itu saja Pins informasi menarik mengenai ciri rumah Gadang yang berasal dari Sumatera Barat. Semoga penjelasan di atas bisa memberikan referensi menarik untuk menambah inspirasi kamu dalam merenovasi rumah atau sekadar menjadi pengetahuan umum ya. 


Temukan pilihan rumah, apartemen, atau tanah seperti tanah dijual di Medan terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download