Pinhome

Kenali Ciri Rumah Gadang yang Berasal dari Sumatera Barat Ini!

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra ∙ 7 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Indonesia dikenal sebagai negara dengan keragaman adat dan budaya. Tidak hanya kekayaan bahasa dan juga masakan, Indonesia juga mempunyai beragam rumah adat yang diwariskan dari generasi ke generasi. Rumah gadang berasal dari Sumatera Barat adalah contoh rumah tradisional yang masih eksis hingga saat ini.

Pinhome – Di era modern, banyak rumah tradisional yang diadaptasi menjadi hunian modern saat ini. Mulai dari tampilan fasad, interior dan bentuk bangunan di bagian lain. Rumah adat gadang berasl dari daerah Sumbar ini merupakan salah satu warisan berharga. Sama dengan rumah adat lain, rumah Gadang juga mempunyai fungsi dan melambangkan sebuah filosofi yang erat dengan akar budaya.

Baca Juga: Nama Rumah Adat Bali Dan Keunikannya

Ciri Rumah Gadang

(Bramble Furniture)

Baca Juga: Ini Dia Nama Dan Gambar Rumah Adat Suku Betawi Dan Filosofinya

Pins, jika kita berbicara mengenai rumah gadang, apa yang ada di benak kalian? Ya, tentu kamu akan membayangkan tanduk yang ada di bagian atap rumah bukan? Tanduk-tanduk tersebut merupakan karakter yang kuat dari rumah adat ini.

Atap rumah gadang berbentuk tanduk kerbau

Rumah gadang dengan tanduk dipercaya memiliki makna filosofis yang dalam. Bagian runcing tersebut bukan hanya sekadar hiasan belaka. Menurut situs Kumparan yang mengutip penjelasan dari Kementerian Kebudayaan RI, tanduk tersebut sebagai bukti atau tanda bahwa masyarakat Minangkabau dulu pernah menang dalam serangan kerajaan Majapahit. 

Jumlah kamar rumah gadang

Menurut informasi yang dikutip dari detik.com, jumlah kamar pada rumah gadang akan menyesuaikan dengan jumlah penghuni perempuan. Jika jumlah penghuni perempuan berjumlah 7 maka jumlah kamar pun akan menyesuaikan.

Berbentuk rumah panggung

Rumah gadang mempunyai tiang pada bagian dasar. Hal ini membuat rumah ini membentuk rumah panggung. Tujuannya adalah agar melindungi penghuni rumah dari serangan hewan buas, banjir dan anti gempa.

Bagian atap dibuat dari bahan ijuk

Rumah gadang menggunakan atap yang terbuat dari ijuk. Bahan ini menggambarkan bahwa rumah gadang memanfaatkan bahan yang ramah dengan lingkungan sehingga tidak merusak alam.

Bentuk rumah seperti kapal

Jika diperhatikan, ciri rumah gadang adalah memanjang ke samping dan berbentuk seperti kapal ya Pins.

Fungsi Rumah Gadang 

rumah gadang berasal dari
(Silontong)

Sebagai rumah bersejarah yang menjadi salah satu visualisasi adat budaya nusantara, rumah gadang tentu mempunyai fungsi tertentu. Berikut ini adalah fungsi dari kehadiran rumah gadang yang perlu kamu tahu Pins.

Fungsi utama dari rumah gadang adalah tampek tingga basamo, nan mampunyoi aturan-aturan jo tata krama. Artinya adalah rumah tersebut sebagai tempat tinggal bersama dengan aturan tata krama yang berlaku di dalamnya. 

Di masa kini, rumah gadang selain sebagai tempat tinggal juga mempunyai fungsi sebagai media sejarah. Artinya, kamu bisa menjadikan rumah ini sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan untuk kegiatan belajar baik di sekolah atau secara umum.

Selain untuk kehidupan sehari-hari, rumah Gadang umumnya juga digunakan sebagai media untuk melakukan upacara adat atau musyawarah adat. 

Adaptasi Rumah Gadang di Masa Kini

Rumah adat gadang berasal dari provinsi Sumatera Barat ini juga banyak diadaptasi konstruksi bangunan kekinian lho Pins. Berikut ini beberapa contoh bangunan yang mengadaptasi rumah Gadang.

Tempat penginapan

rumah gadang berasal dari
(Trivinda)

Pertama, rumah gadang diadaptasi sebagai salah satu penginapan Pins. Kombinasi antara visual bangunan dan konstruksi tradisional dengan fungsi modern sangat indah ya. Perpaduan antara lingkungan yang asri dengan suasana lokal yang membumi, sangat mencerminkan karakter nusantara. Jadi, kalau menginap di penginapan seperti ini membuat jadi betah ya lama-lama liburan.

Masjid

rumah gadang berasal dari
(Trip Advisor)

Selain itu, bangunan rumah Gadang juga diadaptasi sebagai tempat ibadah berupa Masjid. Hal ini menjadi inspirasi yang sangat menakjubkan ya Pins. Perpaduan budaya lokal dengan tempat ibadah memberikan keunikan tersendiri pada masjid di atas. Elemen budaya tersebut tidak mengurangi kesucian area ibadah ini, malah menambah keindahan masjid. Tentunya, ini juga bisa menjadi destinasi wisata religi yang tepat.

Museum

rumah gadang berasal dari
(Tribun Wiki)

Penjelmaan rumah Gadang juga tampak pada museum. Ini bisa menjadi wisata sejarah yang bagus untuk para siswa-sisiw SD, SMP dan SMA Pins. Para siswa bisa belajar secara langsung fitur rumah hingga fungsi setiap sudut.

Hotel Balairung Jakarta 

rumah gadang berasal dari
(Jakarta Review)

Salah satu bangunan megah di Jakarta yang bisa dilihat dari kejauhan adalah hotel Balairung di Jakarta Timur. Pada bagian atap hotel kamu bisa melihat tanduk yang menyerupai atap rumah gadang. Hal ini tentu langsung membuat kita berkesimpulan bahwa hotel di atas mengadaptasi kekayaan budaya lokal di gedung komersial tersebut.

Hunian Warga

rumah gadang berasal dari
(Top Satu)

Terakhir, adaptasi dari rumah gudang dan cirinya terpampang dalam hunian warga di atas. Jadi, bangunan tradisional pun bisa diadaptasi sebagai hunian warga di masa modern. Keren sekali ya Pins! Karakter dan ciri bangunan rumah Gadang yang kokoh tentu bisa memberikan keuntungan penghuninya. Meskipun sudah memasuki era teknologi, tetap rumah Gadang tetap mempunyai fungsi yang unggul jika dijadikan hunian tinggal.

Nah, itu saja Pins informasi menarik mengenai ciri rumah Gadang yang berasal dari Sumatera Barat. Semoga penjelasan di atas bisa memberikan referensi menarik untuk menambah inspirasi kamu dalam merenovasi rumah atau sekadar menjadi pengetahuan umum ya. 


Temukan pilihan rumah, apartemen, atau tanah seperti tanah dijual di Medan terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 16 Model Rambut Pria French Crop

Model rambut pria french crop merupakan salah satu jenis potongan rambut pendek pria yang menekanka

Uncategorized
Edukasi
Edukasi Surat Kepemilikan Tanah yang Resmi & Sah

Surat kepemilikan tanah (SKT) adalah berkas yang wajib dimiliki jika kamu memiliki niat untuk membe

Edukasi
Edukasi Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

contoh surat lamaran kerja di toko tulis tangan contoh surat lamaran pekerjaan di toko cont

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Niaga, Lengkap Beserta Penjelasannya!

Dalam dunia bisnis, surat niaga sangat umum digunakan untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Biasanya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia