Kamus Istilah Properti

Water Treatment Plant

istilah properti

Water Treatment Plant

Water treatment plant adalah sistem atau sarana yang berfungsi untuk mengolah air. Water treatment plant juga dikenal dengan sebutan Instalasi Pengolahan Air atau IPA. 

Apa Itu Water Treatment Plant? 

(Wikimedia Commons)

Water treatment plant adalah sistem atau sarana yang berfungsi untuk mengolah air. Water treatment plant yang juga dikenal dengan sebutan Instalasi Pengolahan Air atau IPA ini dapat mengolah air baku terkontaminasi (influent) menjadi air siap minum yang memenuhi standar baku. 

Dalam kerjanya, water treatment plant akan didukung dengan dua sarana lainnya, yakni intake dan reservoir. Ketiganya memiliki fungsi dan peran yang cukup krusial untuk menghasilkan air bersih dan sehat. 

Biasanya, bangunan atau konstruksi water treatment plant dibuat menjadi lima proses, yakni koagulasi, flokulasi, sedimentasi, filtrasi, dan desinfeksi.

Proses Kerja Water Treatment Plant

(Wikipedia)

Membahas water treatment plant tak lengkap jika tidak mengulas proses kerjanya. Dengan mengetahui proses kerja water treatment plant maka kamu dapat langsung mengikuti langkah-langkah pengolahan air dengan mudah. 

Namun perlu diketahui bahwa water treatment plan juga memiliki standar khusus yang termuat dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 32 Tahun 2017. 

Berikut ini proses kerja water treatment plant seperti yang dianjurkan pemerintah:

1. Proses ozone 

Dalam proses ini dilakukan berbagai macam tahap supaya air yang terkontaminasi dapat diolah dengan baik. Beberapa tahap yang dilakukan yakni, desinfeksi, detoksifikasi, serta deodorisasi. 

2. Proses reverse osmosis 

Selanjutnya, yakni proses reverse osmosis. Proses ini merupakan sebuah langkah penyaringan molekul serta ion dalam. Cara kerjanya yakni dengan memberi tekanan pada larutan tersebut pada satu sisi lapisan penyaring. 

3. Proses UF Filter atau ultrafiltrasi 

Jika dua proses di atas sudah dilakukan, kini saatnya untuk melakukan ultrafiltrasi. Fungsi dari proses ini yakni untuk memisahkan partikel kecil dan sebagain zat terlarut dengan air. 

4. Carbon filter 

Carbon filter merupakan suatu proses yang dapat menjernihkan serta menghilangkan bau tak sedap pada air baku. Proses ini harus dilakukan dengan hati-hati agar air layak konsumsi. 

5. Proses sedimentasi 

Proses ini merupakan langkah untuk memisahkan dua media berbeda, yakni air bersih dan endapan berbentuk pasir. 

6. Proses aeration

Aeration adalah proses yang dimanfaatkan untuk mengurai zat-zat organik dalam air. Pada tahap ini dibutuhkan alat yang dapat membantu aerasi berupa air blower sehingga limbah dapat dihembuskan ke udara. Setelah proses itu selesa, maka senyawa polutan akan diurai dan hilang bersama limbah. 

7. Custom Bacteria

Custom bacteria penting untuk dilakukan karena dapat mereduksi konsentrasi bakteri secara umum. Langkah inilah yang nantinya bisa menghilangkan bakteri patogen penyebab penyakit.

8. Proses Equalization

Equalizatio ialah proses untuk menyamarakan aliran air menggunakan blower. Proses ini umumnya dilakukan untuk membersihkan sisa limbah. 

9. Proses bar screen 

Terakhir, yakni proses bar screen yakni penyaringan benda-benda yang menggenang di atas permukaan air. Walau nampak sepele, nyatanya proses ini dapat membuat air lebih aman dan sehat. 

Cara Kerja Water Treatment Plant

(Flickr)

Cara kerja water treatment plant sebetulnya cukup mudah. Namun, langkah-langkahnya harus sesuai supaya air yang dihasilkan pun tepat dengan standar mutu yang berlaku. 

Sebagai gambaran, mulanya air limbah akan di masukakn ke dalam tempat penampungnya. Selanjutnya, air tersebut akan melewati berbagai macam proses di water treatment plant. Proses tersebut dimulai dari ozone, reverse, osmosis, ultrafilitrasi, kemudian carbon filter. Hasil pengolahan air dari proses ini akan dimasukkan kembali ke dalam ozone sehingga bisa mengetahui apakah air tersebut sudah sesuai standar atau belum. Bila sudah, maka akand ilakukan sedimientasi, clarifier, aeration, custom bacteria, dan equalization

Air yang sudah melalui tahap tersebut akan dimasukkan primary. Nah, setelah proses ini selesai, maka kamu hanya perlu melakukan bar screen sebelum air digunakan atau di pompa ke berbagai bangunan.

Manfaat Water Treatment Plant dalam Industri

(Flickr)

Air merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak akan habis. Sayangnya untuk mendapatkan air yang sehat dan sesuai standar mutu tidak semudah kelihatannya. Buktinya, masih ada saja daerah di Indonesia yang kekurangan air bersih. Untuk itu, dibuatlah water treatment plant supaya kebutuhan air bersih terpenuhi. 

Di bawah ini adalah manfaat dari water treatment plant dalam bidang industri. Ternyata cukup erat kaitannya dengan kebutuhan air rumah tangga dan lingkungan lo!

1. Water treatment plant dapat membantu proses pengolahan limbah cairan yang merusakan ekosistem lingkungan di sekitar area industri. 

2. Selain itu, water treatment plant juga dapat mengubah air kotor atau air limbah menjadi air yang dapat digunakan kembali. 

3. Adanya water treatment plant memungkinkan kita untuk mengurangi dampat pencemaran sungai di sekitar kawasan industri. 

4. Secara tidak langsung, water treatment plant mampu atau berperan untuk menghidupkan boat di ekosistem di sekitar kawasan industri. 

Selain di bidang industri, water treatment plant juga memiliki manfaat di bidang lainnya, seperti: 

1. Dalam bidang pertanian, water treatment plant kerap dimanfaakan untuk membuang residu kotoran hewan atau pestisida. 

2. Selain itu, water treatment plant juga dapat menjaga lingkungan dan ekosistem di wilayah pertanian. 

3. Untuk daerah perkotaan, water treatment plant kerap dimanfaatkan untuk membuang limbah manusia maupun rumah tangga. 

Nah, itu tadi ulasan mengenai water treatment plant yang mesti Pins ketahui. Semoga bermanfaat, ya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko