Kamus Istilah Properti

Rabat Beton

istilah properti

Rabat Beton

Rabat beton adalah lapisan beton berkualitas rendah yang dibangun di bawah tanah.

Apa Itu Rabat Beton?

rabat beton
(Engineer Calcs)

Rabat beton, atau disebut juga lean concrete adalah jenis campuran beton dengan kandungan semen kurang dari sekitar 10%. Hal ini membuatnya menjadi bahan berkekuatan rendah dan digunakan sebagai alternatif untuk tanah yang dipadatkan. Kepadatannya juga sangat cair dan self-level.

Lead concrete dibangun di dalam galian tanah ketika proses mendirikan sebuah bangunan. Ukuran ketebalan biasanya tidak lebih dari 5 cm.

Adapun perbedaan dari beton biasa dan rabat beton adalah campuran konsentrat dan semen dalam pembuatannya. Selain itu, dari sisi kualitasnya di mana cenderung lebih rendah dibandingkan beton biasa.

Umumnya, spesifikasi rabat beton dibuat dengan campuran semen, pasir, dan kerikil dengan perbandingan 1:3:5. Meski pada praktiknya, material penyusun lead concrete berada jauh di bawah standar. Misalnya, pasir yang bercampur tanah, air dengan kandungan lumpur, hingga kerikil yang terlalu besar. 

Maka dari itu, lebih baik memakai beton siap pakai (ready mix) yang berjenis K125 atau B0 karena memiliki kualitas lebih bagus daripada beton yang dibuat secara manual. Lead concrete sering digunakan dalam pembangunan infrastruktur jalan. 

Fungsi Rabat Beton dalam Proses Konstruksi

fungsi rabat beton
(Toko Besi Pratama)

Jika dilihat dari pengertiannya, fungsi utama rabat beton adalah sebagai lapisan beton. Selain itu, berikut ini fungsi lain dari lean concrete pada proses konstruksi:

  • Sebagai landasan cor beton
  • Digunakan untuk landasan cetakan (bekisting) cor beton pada sisi bawah
  • Penahan kelembaban beton
  • Penyetabil kerataan permukaan beton
  • Mempermudah para pekerja dalam menyelesaikan tugasnya karena kondisi lingkungan yang lebih bersih dan tidak becek.

Kelebihan Lead Concrete

(Mistri Babu)

Meski memiliki kualitas yang rendah, tetapi lean concrete memiliki sejumlah kelebihan yang bisa dipertimbangkan dalam proses konstruksi. Berikut ini beberapa kelebihan rabat beton:

Bisa Dijadikan Landasan Bangunan

Fungsi lain dari rabat beton adalah bisa dijadikan sebagai landasan bangunan. Lean concrete yang dijadikan sebagai landasan, dapat bertindak sebagai penghalang kelembaban atau bahan kimia lainnya di tanah, seperti sulfat yang dapat menyerang beton dan melemahkannya.

Ketika dijadikan landasan, sebaiknya lead concrete ini ketebalannya tidak lebih dari 5 cm agar posisinya lebih tepat.

Permukaan Rata

Konstruksi yang menjadikan lead concrete sebagai landasan cenderung memiliki permukaan yang rata sehingga memungkinkan penempatan pondasi di atasnya. Dengan memasang lead concrete maka dapat memberikan permukaan yang seragam pada pondasi dan mencegah kontak langsung dengan tanah. 

Cor Bangunan Lebih Mudah 

Elemen lean concrete yang cair dan komposisinya membuat pembuatan proses cor menjadi lebih mudah. Meski lebih mudah, lead concrete tidak mempengaruhi kualitas bangunan secara keseluruhan. 

Jadi. sebenarnya, tak semua bangunan harus menyediakan lead concrete ketika proses konstruksinya.

Mempermudah Pembesian Tulangan beton 

Pembiasan tulangan terhadap beton yang sudah diberikan lead concrete jadi jauh lebih mudah. Ini karena permukaan lurus dan cenderung stabil yang dihasilkan lean concrete. Nah, ketika permukaannya sudah kering, proses pembesian tulangan beton bisa dilakukan dengan lebih mudah dibandingkan tanpa menggunakan lead concrete.

Proses Konstruksi Jadi Lebih Cepat

Karena bisa mempermudah cor bangunan, maka proses konstruksi secara keseluruhan pun jadi lebih cepat. Lean concrete sangat cocok dijadikan lapisan  pada tanah yang memiliki tekstur dan kontur yang becek dan cenderung tidak stabil. 

Kekurangan Rabat Beton

(Waga Saluyu)

Lalu, apa saja kekurangan dari lean concrete ini? Hal paling penting ketika menggunakan lean concrete pada konstruksi yaitu persiapannya yang matang. Jika tidak diterapkan atau dicampur dengan spesifikasi yang tepat, hasilnya bisa retak seiring waktu. 

Lead concrete Juga tidak cocok untuk proyek yang membutuhkan lebih dari 2 inci dari sub-base atau ground clearance.

Penggunaan lead concrete juga sebenarnya tidak adanya dampak tertentu terhadap kualitas konstruksi bangunan saat sedang dibangun. Sebaliknya, lead concrete hanya akan membantu proses berdirinya suatu konstruksi bangunan.

Cara Membuat Rabat Beton 

cara membuat rabat beton
(Online Engineering Expert)

Pembuatan lean concrete memerlukan material dasar yaitu portland cement (semen), air, agregat halus (pasir), agregat kasar (kerikil), dan bahan lainnya. Adapun cara membuat rabat beton dalam pembuatan jalan secara garis besar adalah sebagai berikut: 

  • Campurkan bahan dasar beton menggunakan ukuran yang telah dikalibrasi, yaitu untuk semen dan air: 1, agregat: 2, dan bahan additive: 3. 
  • Kalau Pins ingin memodifikasi campuran di seperti penambahan air, maka pastikan disertai dengan penambahan semen setidaknya 1%.
  • Campuran beton ini diangkut dari mixer atau batch plant.
  • Tempatkan di lokasi pembetonan yang diinginkan.
  • Padatkan permukaan di bawahnya hingga 13mm 1/2 di tingkat akhir dan ketinggian seperti yang ditunjukkan pada gambar sebelum menempatkan beton ramping.
  • Untuk memastikan bahwa beton dalam kondisi lembab dan kokoh saat ditempatkan, basahi material di bawahnya sebelum menempatkan lean concrete

Demi hasil yang maksimal, proses konstruksi ini sebaiknya dilakukan oleh ahlinya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau salah pengukuran dan prosedur, bisa-bisa membuat bangunan jadi cepat retak. 

Nah, itulah informasi seputar rabat beton yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat, ya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.