Kamus Istilah Properti

Laundry Room

istilah properti

Laundry Room

Laundry room atau ruang binatu merupakan sebuah area yang digunakan untuk meletakkan pakaian kotor dan mencuci pakaian. Area ini biasanya diisi dengan mesin cuci, kotak untuk meletakkan pakaian kotor dan tempat untuk menyimpan deterjen.

Apa itu Laundry Room?

(Casa Indonesia)

Laundry room atau ruangan untuk mencuci pakaian merupakan salah satu area penting dalam rumah. Ruangan ini sengaja disediakan untuk meletakkan pakaian kotor setelah digunakan dan juga untuk melakukan proses cuci pakaian. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pakaian kotor telah terkontaminasi oleh bakteri dan keringat, maka perlu dipisahkan di area tersendiri. 

Di area laundry biasanya bisa kita temukan mesin cuci sebagai alat yang dibutuhkan untuk melakukan proses cuci. Untuk memilih mesin cuci yang tepat pastikan kamu menyesuaikan dengan kebutuhan. Umumnya, mesin cuci satu tabung lebih disarankan, mengingat proses membilas hingga mengeringkan pakaian bisa dilakukan sekaligus. Berbeda dengan mencuci menggunakan laundry machine dua tabung yang harus memindahkan pakaian ke tabung lain untuk mengeringkan. Proses ini tentunya akan merepotkan kamu, bukan?

Fungsi Laundry Room dalam rumah

(Ap news)

Beberapa fungsi ruang mencuci pakaian sudah sempat kita bahas di atas, misalnya area ini digunakan untuk mencuci pakaian dan meletakkan pakaian kotor. Namun ada beberapa fungsi lain yang bisa kita ulas di sini. Yuk kita simak bersama,

Memisahkan area steril dan area kotor

Apa yang membedakan ruang tidur kamu dengan ruangan untuk mencuci? Ya, jawabannya adalah kebersihan. Artinya di kamar tidur, kamu harus memastikan semua steril mulai dari tempat tidur, lantai dan lain-lain. Kamar tidur kamu gunakan untuk istirahat sehingga kondisi di dalam harus bersih dan nyaman. Sementara di ruang untuk mencuci pakaian ada pakaian kotor yang sudah mengandung bakteri. Pakaian kotor sengaja diletakkan di area terpisah dengan area tidur atau dapur agar bakteri dari pakaian tidak mencemari ruangan lain. Inilah alasan mengapa meletakkan pakaian kotor di dalam kamar tidur tidak direkomendasikan. 

Memudahkan dalam mengorganisir ruangan di rumah

Perasaan bahagia dan nyaman akan muncul ketika kondisi di dalam rumah rapi dan bersih, bukan? Nah, dengan menyediakan ruangan-ruangan khusus untuk melakukan aktivitas spesifik seperti mencuci dan menyetrika pakaian, kamu akan dengan mudah menata rumah. Rumah tidak akan berantakan dan kamu akan merasa nyaman sepanjang hari.

Menyetrika pakaian

Selain menjadi area untuk mencuci pakaian dan meletakkan baju kotor, ruang binatu juga bisa berfungsi sebagai area untuk menyetrika pakaian. Pakaian kamu yang sudah kering dan telah selesai dijemur bisa kamu setrika langsung di area ini. Namun, ketika hari hujan dan pakaian belum kering, jangan simpan atau jemur pakaian di area ini ya. Apalagi jika ruang binatu tertutup tanpa ada sumber cahaya dan udara. Akibatnya ruang binatu bisa bau karena pakaian yang belum kering tersebut.

Persiapan untuk membuat ruangan mencuci pakaian

(East Coast Living)

Untuk membangun sebuah ruang binatu, maka langkah apa yang harus kita lakukan ya Pins? Nah berikut ini ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk membangun ruang cuci pakaian.

Tentukan ukuran ruangan

Hal yang perlu kamu lakukan untuk membuat ruangan binatu adalah menentukan ukuran. Kamu bisa menggunakan ukuran 3×3 atau 3×4 meter untuk ukuran ideal. Namun, jika rumah kamu mempunyai tipe yang lebih kecil kamu bisa menyesuaikan ukuran ruang binatu.

Buat saluran air 

Pastikan kamu membuat saluran air untuk mencuci. Umumnya menyambungkan saluran air ke dalam mesin cuci bisa menggunakan keran air dan selang. Upayakan saluran air yang kamu buat lancar dan tidak mudah bocor ya, Pins!

Buat saluran pembuangan air

Selain membuat saluran air, kamu juga harus membuat saluran pembuangan air. Tujuannya untuk membuang air kotor yang sudah digunakan dalam mencuci pakaian. Upayakan saluran pembuangan menggunakan pipa atau selang yang kuat agar tidak mudah bocor.

Pasang jendela dan ventilasi udara

Dalam membuat ruang binatu, pastikan kamu juga memperhatikan sumber cahaya dan udara. Misalnya, kamu bisa memasang jendela di dinding atau ventilasi di bagian atap. Memasang jendela dan menyediakan akses ventilasi akan membuat sirkulasi udara di ruangan binatu menjadi lebih segar dan mengurangi penumpukan bakteri.

Letakkan tanaman penyerap racun

Untuk membuat ruangan lebih sehat, kamu bisa meletakkan tanaman penyerap racun seperti kaktus, lidah mertua, sirih gading atau suplir. Tanaman-tanaman ini akan menjaga kebersihan dan kelembaban udara di dalam ruangan cuci pakaian.

Buat sekat dengan dinding dan pintu

Pastikan ruang cuci atau laundry room mempunyai sekat dalam bentuk dinding. Berikan juga pintu sebagai akses keluar dan masuk. Hal ini agar kamu bisa menjaga ruangan agar tidak mudah diakses oleh anak-anak, mengingat di dalam laundry room  banyak cairan kimia seperti sabun cuci dan deterjen. 

Gunakan bahan lantai keramik yang kasar seperti carport

Laundry room pasti tidak akan jauh dari kondisi basah karena air. Nah, untuk mengantisipasi agar lantai tidak licin kamu bisa menggunakan keramik carport sebagai lantai. Atau, kamu bisa menggunakan karpet penyerap air supaya lantai tetap kering dan tidak lembab.

Tips merawat area laundry

(Three Main)

Lalu bagaimana ya cara merawat area laundry agar tetap nyaman digunakan? Yuk kita simak pembahasan berikut ini,

  • Pastikan kamu membersihkan ruangan setiap hari mulai dari menyapu, mengepel lantai dan memberi pewangi ruangan.
  • Selain itu, untuk mensterilkan ruangan kamu bisa menggunakan air purifier selama 4 jam sehari agar ruangan tetap steril.
  • Pastikan juga tidak membawa makanan dengan bau yang tajam agar suasana di dalam tetap nyaman.

Nah, kira-kira itu saja Pins beberapa tips untuk merawat area laundry. Semoga berguna ya, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.