Kamus Istilah Properti

Tender

istilah properti

Tender

Tender adalah sistem jual beli yang dilakukan sebuah perusahaan dengan cara mengundang vendor (penjual atau penyedia). Pihak penjual/penyedia akan memaparkan harga serta kualitas jasa yang dibutuhkan penyelenggara. Harga dan kualitas terbaiklah yang akan menentukan vendor mana yang mendapatkan kontrak. 

Fungsi Tender

Pins, pada dasarnya tender ini merupakan aktivitas penawaran suatu jasa atau barang ke klien. Proses ini melibatkan pihak klien/perusahaan (pembeli) dan pihak agensi/vendor (penjual). Berikut ini fungsi dari tender yang kamu perlu tahu.

Ajang promosi 

Bagi sebuah vendor atau agensi, tender akan menjadi sebuah ajang promosi. Artinya melalui media ini mereka akan berlomba-lomba menunjukkan riwayat proyek yang pernah mereka pegang kepada perusahaan penyelenggara. Semakin bagus dan menarik riwayat proyek vendor, maka bisa saja perusahaan penyelenggara akan lebih tertarik. Maka dari itu, biasanya perusahaan agensi atau vendor akan membuat presentasi menarik untuk menarik hati perusahaan penyelenggara proyek.

Menambah koneksi

Selanjutnya, dengan mengikuti tender maka pihak vendor atau agensi bisa menambah koneksi. Hal ini tentunya akan menguntungkan pihak agensi atau vendor. Untuk memastikan momentum ini bisa menjadi sesi networking, setiap pihak perlu memberanikan diri untuk menjalin perkenalan dengan sesama vendor atau pihak perusahaan penyelenggara.

Mempermudah perusahaan mendapat vendor

Kemudian, momentum ini pun bisa dimanfaatkan oleh pihak perusahaan penyelenggara untuk mendapatkan banyak referensi vendor atau agensi. Dibandingkan perusahaan penyelenggara harus mengontak pihak vendor satu per satu, akan lebih mudah jika mengadakan tender. Pihak penyelenggara biasanya akan mengundang lebih dari satu vendor untuk mempresentasikan ide, produk atau jasa. Harapannya, di akhir sesi pihak penyelenggara bisa memilih vendor atau agensi yang sesuai dengan kebutuhan.

Cara Melakukan Tender 

(Synapsis Creative)

Tender terjadi di dalam relasi bisnis yang melibatkan banyak pihak. Jika transaksi terjadi hanya antara dua pihak, misalnya satu vendor dan satu perusahaan, maka ini tidak termasuk tender. Di dalam kegiatan tender akan melibatkan banyak pihak vendor atau agensi. Berikut ini proses atau cara melakukan tender yang umum dilakukan.

Perusahaan penyelenggara menghubungi vendor

Di awal, perusahaan penyelenggara yang membutuhkan jasa vendor perlu menghubungi pihak vendor. Ketika menghubungi pihak vendor, kamu bisa meminta contoh proposal atau portfolio kerja mereka. Selain itu kamu juga bisa meminta rate card atau daftar harga jasa. Namun, beberapa perusahaan biasanya juga bisa langsung meminta proposal untuk pitching.

Vendor membuat proposal pitching Perusahaan 

Kemudian vendor akan membuat proposal yang akan digunakan untuk pitching ke perusahaan.  Tujuan dari pembuatan proposal adalah untuk memaparkan konsep yang akan diberikan ke perusahaan sesuai arahan awal. 

Vendor hadir di Hari-H untuk melakukan pitching

Perusahaan penyelenggara mengundang para vendor untuk melakukan pitching. Mereka akan mempresentasikan konsep yang ditawarkan ke pihak perusahaan yang berkaitan dengan proyek tersebut. Agenda ini pun akan termasuk sesi tanya jawab antara pihak penyelenggara dan para vendor.

Perusahaan menentukan satu vendor yang dipilih

Di akhir sesi biasanya perusahaan akan menentukan satu vendor yang akan dipilih untuk menjalankan proyek yang dijalankan. Namun, biasanya perusahaan akan memerlukan waktu beberapa hari untuk memutuskan vendor mana yang akan dipilih.

Cara Mengikuti Tender

(Bildeco)

Bagi para vendor yang ingin mengikuti tender, biasanya harus melakukan beberapa hal berikut. Yuk kita cek informasi selengkapnya di bawah.

Aktif mencari proyek ke kolega

Pertama-tama, vendor harus aktif mencari proyek ke kolega atau networking. Hal ini wajar sebagai vendor, dikarenakan untuk mendapatkan kesempatan kerja sama. Aktivitas mencari proyek ini bisa dilakukan dengan mengirimkan email, menghubungi rekanan bisnis dengan WhatsApp atau aktif melakukan promosi melalui digital marketing. 

Menawarkan portfolio ke pihak kolega

Setelah aktif melakukan pencarian proyek, vendor perlu menawarkan portfolio dalam bentuk proposal. Membuat portfolio itu penting untuk mendokumentasikan pekerjaan yang sudah dikerjakan di waktu lampau. 

Follow up ke pihak kolega

Setelah kamu mengirimkan riwayat proyek yang sudah kamu lakukan sebelumnya, maka saatnya untuk follow up ke kolega. Kegiatan follow up ini penting dilakukan untuk memastikan vendor bisa mendapatkan proyek atau kerja sama baru.

Tender Proyek pada Sektor Properti 

(Slides Carnival)

Umumnya di industri properti, juga ada kegiatan tender. Biasanya ini menyangkut relasi antara pihak developer dengan jasa konstruksi. Berikut ini beberapa kegiatan tender proyek pada sektor properti.

Tender untuk membangun perumahan

Jika sebuah developer ingin membuat sebuah perumahan, umumnya mereka akan membuka proyek tender untuk jasa konstruksi. Umumnya proyek ini termasuk jenis atau golongan proyek besar sehingga dibutuhkan para vendor dengan pengalaman serta kredibilitas yang bisa dipercaya.

Tender untuk renovasi bangunan

Sebuah perusahaan atau gedung juga biasanya akan membutuhkan renovasi bangunan. Hal ini mengingat semakin bertambah tahun, usia bangunan pun akan bertambah. Ini akan mengurangi kekuatan bangunan. Maka dari itu, renovasi diperlukan untuk memastikan bangunan masih tetap layak digunakan. 

Tender untuk pengadaan barang

Selain itu, perusahaan juga biasanya akan mengadakan kegiatan. Untuk melengkapi kegiatan tersebut, biasanya akan membutuhkan barang atau alat untuk mendukung kegiatan. Kegiatan tender pengadaan barang ini biasanya menyangkut atau berhubungan dengan event organizer dalam melaksanakan suatu kegiatan.

Nah itu saja informasi mengenai tender yang bisa kamu pahami. Semoga informasinya bermanfaat ya Pins! 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.