Kamus Istilah Properti

Woodplank

istilah properti

Woodplank

Woodplank adalah material olahan semen yang dibuat dengan finishing menyerupai kayu asli.

Apa Itu Woodplank?

woodplank
(Shopee)

Pins tentu hampir tidak asing dengan woodplank mengingat penggunaannya populer di rumah-rumah di Indonesia sebagai pagar. Secara tampilannya, woodplank terlihat menyerupai kayu, tetapi aslinya material ini berbahan dasar semen lebih tepatnya Glass Fiber Reinforced Cement (GRC).

Walaupun tampilannya menyerupai kayu, nyatanya tidak ada unsur kayu di dalamnya. Bahan pembuat woodplank adalah semen yang sudah dicampur dengan pasir, air, dan fiberglass.

Mengingat bahannya menggunakan semen, papan fiber ini memiliki harga lebih terjangkau dan cenderung lebih tahan lama. Material ini juga memiliki karakteristik yang kuat dan kokoh, tidak  lapuk seperti kayu dan tidak mudah busuk sekalipun sering terpapar air. 

Pins bisa menggunakan papan ini untuk menciptakan kesan natural pada hunian. Beberapa elemen yang bisa menggunakan woodplank adalah pagar, plafon, partisi, dan lisplang. 

Pins juga bisa menggunakannya sebagai elemen dekorasi pada interior rumah untuk memperoleh kesan natural seperti kayu. 

Jenis dan Ukuran Woodplank  

woodplank
(Adobe Stock)

Tak seperti kayu yang biasanya dijual dalam keadaan precut yang perlu dipotong kembali menyesuaikan dengan konstruksinya, woodplank memiliki jenis dan ukuran prefab yang telah menjadi standar pabrikanya.

Berikut ini jenis dan woodplank paling sering ditemukan di pasaran”

  • Wood plank conwood 1 inci – 2 inci
  • Wood plank deck 12 inci
  • Wood plank deck 12 inci T-Lock

Pins bisa memilih jenis dan ukuran tersebut sebagai acuan. Tetapi untuk ukurannya, pastikan Pins melakukan pengukuran bidang yang akan dipasang papan fiber ini supaya hasilnya lebih maksimal, ya.  

Kelebihan Woodplank

Woodplank
(Pinterest)

Woodplank bisa menjadi solusi menghadirkan unsur kayu dengan harga yang lebih terjangkau. Tak hanya itu, material ini memiliki sejumlah keunggulan, yaitu:

Tahan Lama

Dibandingkan kayu asli, woodplank adalah material yang tahan lapuk karena bahan dasarnya berupa GRC. Hasilnya pun lebih awet dan tahan lama.

GRC atau semen juga memiliki ketahanan yang sangat baik untuk berbagai kondisi cuaca, kokoh, tahan panas, dan tahan air. Jadi tak heran kalau wood plank banyak dipilih sebagai pagar rumah yang diletakan di luar rumah.  

Pemasangannya Mudah

Penggunaannya dan pemasangan woodplank tidaklah rumit. Pins hanya perlu memasangnya langsung ke material lain. Selain itu, papan fiber juga bisa langsung dipasang ke atas material metal dan juga kayu. 

Anti Rayap

Walaupun hasil akhirnya menyerupai kayu, nyatanya wood plank terbuat dari campuran semen sehingga tidak akan kena rayap. Di mana pun peletakannya, papan fiber ini tidak akan dimakan rayap jadi lebih awet.

Pins juga tak perlu khawatir material ini mudah terbakar api karena bahan dasar yang terbuat dari campuran semen sehingga jadi lebih aman. 

Ramah Lingkungan

Manfaat lain dari penggunaan woodplank adalah menjadi salah satu material yang ramah lingkungan. Jadi, Pins mengurangi penebangan pohon yang tebilang banyak yang tentu sering harus bersinggungan dengan isu lingkungan.

Selain tidak perlu menebang pohon, papan fiber ini ramah lingkungan karena terbebas dari kandungan asbes yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pernapasan, seperti ISPA sampai kanker paru-paru.

Kesan Natural dan Estetik

Keunggulan yang terakhir tentu dari sisi tampilannya. Papan fiber ini tersedia dalam motif yang bervariasi. Pilihan motif ini bisa Pins gunakan untuk berbagai kebutuhan yang dapat meningkatkan kesan alami di dalam hunian. 

Papan fiber ini juga bisa diapisi cat sehingga hasil akhirnya lebih sesuai dengan gaya rumah. Pins disarankan menggunakan cat eksterior yang memiliki karakteristik tahan terhadap cuaca.

Kekurangan Woodplank

Walaupun kelebihannya banyak, papan fiber tetap memiliki kekurangan. Berikut ini diantaranya:

  • Bobotnya berat sehingga harus memastikan struktur dasar pagar dan dindingnya kuat. 
  • Tidak tahan benturan, terutama yang berasal dari benda berat. Jadi, kalau digunakan sebagai pagar lalu terkena pagar, maka bisa rusak.
  • Rentan tergores benda tajam. 
  • Pemasangannya mudah tetapi harus dilakukan dengan teliti supaya tidak saling bergesekan.
  • Harus dicat berulang kali. 

Cara Memasang Woodplank

woodplank
(Pinterest)

Tertarik menggunakan papan fiber untuk rumahmu, Pins? Pemasangan papan fiber ini sebenarnya mudah, kok. Bahkan Pins bisa memasangnya sendiri asalkan dilakukan dengan teliti agar terhindar dari gesekan yang memicu tergores. 

Berikut ini cara memasang woodplank yang bisa Pins lakukan sendiri di rumah:

  • Tentukan bagian yang akan dipasang papan fiber. Lalu ukur dengan tepat supaya Pins bisa menemukan jenis dan ukuran yang tepat. 
  • Pilih desain sesuai dengan keinginan. Pins bisa memilih wood plank dengan desain yang sangat mirip dengan kayu asli memiliki tampilan urat kayu asimetris dan warna yang tidak sama.
  • Pemilihan warna bisa disesuaikan dengan nuansa yang ingin Pins hadirkan. Misalnya, pilih woodplank cerah jika ingin ruangan terlihat lebih luas dan juga tampak hidup. Tetapi kalau ingin nuansa yang teduh, maka pilih warna yang gelap.
  • Pins bisa memakai nail gun untuk mempermudah proses pemasangan papan. 

Itulah pembahasan mengenai woodplank yang dapat Pinhome sampaikan. Papan fiber ini memang cocok untuk Pins yang ingin menghadirkan kesan natural dengan tampilan kayu di dalamnya. 

Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.