Kamus Istilah Properti

Sunrise Property

istilah properti

Sunrise Property

Sunrise property adalah sebuah area atau kawasan yang memiliki potensi yang menjanjikan untuk berinvestasi properti.

Apa itu Sunrise Property

Sebagaimana namanya, sebuah area yang termasuk ke dalam sunrise property dianalogikan dengan gambaran matahari pagi yang bersinar cerah. Artinya, kawasan yang termasuk dalam sunrise property ini memiliki potensi investasi yang cerah di masa kini dan masa depan. 

Bahkan, kenaikan properti di kawasan masih akan terus bersinar pada 5 tahun ke depan. Hal ini ditandai dengan tingkat pertumbuhan tanah dan hunian dengan harga yang tinggi dan stabil.

Ciri-ciri Sunrise Property

(Medcomm)

Karena sunrise property adalah investasi yang menjanjikan, maka Pins harus mengenal lebih dalam seperti apa kawasan ini.

Nah, sebelum memutuskan untuk membeli properti, Pins bisa melihat ciri-ciri sunrise property berikut ini: 

1. Kawasan Baru dan Stabil

Area sunrise property yang termasuk baru dan stabil ini kerap menjadi tujuan arus manusia dan distribusi barang.

Kawasan ini berada di penyangga ibu kota seperti Cibubur dan Depok. Dua kawasan ini tetap bersinar dan mampu bertahan ketika banyak pembangunan properti harus berhenti menghadapi krisis moneter di tahun 1997. 

2. Kawasan Lama yang Stabil

Tidak semua area sunrise properti adalah kawasan atau area baru. Pasalnya, sejumlah kawasan tua pun bisa juga dikategorikan sunrise property apalagi jika harga tanah di sana masih tinggi dan stabil.

Selain itu perekonomiannya harus stabil, akses infrastruktur, fasilitas sosial dan umum di kawasan ini terbilang lengkap. Tak jarang, beberapa rumah tinggal banyak dialihfungsikan menjadi ruko. 

Contoh kawasan ini seperti Kebayoran Baru, Tanjung Barat, Simprug, Permata Hijau, serta Tanjung Duren. Di sana terlihat fungsi properti yang semula jadi rumah tinggal berubah menjadi ruko.

3. Kawasan Baru dan Berkembang

Perkembangan demografi jadi ciri sunrise properti yang menjanjikan. Jika kawasan tersebut menjadi tempat tujuan arus manusia, maka potensi pembangunan di area tersebut akan berkembang.

Kawasan baru dan berkembang umumnya memiliki usia bangunan sekitar 10 sampai 20 tahun. Namun, kawasan ini masih melakukan pembangunan secara terus-menerus. Contoh dari kawasan ini adalah Serpong dan Kelapa Gading.

4. Kawasan Modern dan Baru Diperbaiki

Kawasan ini memiliki infrastruktur yang memadai, seperti jalan raya yang bagus, jaringan listrik dan telepon yang ada di bawah tanah, dan saluran air yang baik.

Contoh kawasan tersebut adalah kawasan bandara Kemayoran. 

5. Banyaknya Infrastruktur

Infrastruktur menjadi tulang punggung perkembangan properti di suatu daerah, karena akan mempermudah aktivitas masyarakat. Ciri-ciri ini paling mudah dikenali dalam memilih kawasan sunrise.

Pembangunan-pembangunan tersebut dapat berupa jalan tol, jalur transportasi dan jalan arteri penting lainnya.  

6. Harga Tanah yang Terus Berkembang

Kenaikan harga tanah yang terjadi setiap tahunnya menjadi pertanda jika kawasan ini termasuk sunrise properti. Pasalnya, kenaikan harga tanah ini kawasan bisa di atas 20 persen. 

Kenaikan harga tersebut bisa terjadi karena banyaknya peminat sehingga investasi tanah di daerah ini bisa menjadi pilihan yang menjanjikan

Keuntungan Tinggal di Kawasan Sunrise Property

(Ekonomi Bisnis)

Tinggal di kawasan sunrise property tentu sangat menggiurkan, bukan? Ada banyak hal menarik yang dapat Pins dapatkan jika memiliki properti di daerah ini. 

Berikut  beberapa keuntungan tinggal di kawasan sunrise property:

  • Kawasan sunrise properti identik dengan fasilitas sosial dan umumnya yang lengkap. 
  • Standar fasilitas di sunrise properti juga sangat memadai dan banyak pilihan, mulai dari fasilitas yang standar hingga high class.  
  • Fasilitas transportasi umumnya yang lengkap. Mulai dari gerbang tol, stasiun MRT/LRT/KRL, halte bus, dan jalan arteri telah dibangun di tempat ini.
  • Secara geografis letak kawasan ini juga umumnya berada di pinggir kota besar, sehingga mudah mencapai pusat kota atau luar kota. 
  • Perekonomian di kawasan ini akan terus berkembang.
  • Nilai investasi yang tinggi. 

Perbedaan Sunrise Property dan Sunset Property

(Pinhome)

Selain sunrise properti, ada juga kawasan yang dikenal sebagai sunset property. Kebalikan dari sunrise, kawasan yang termasuk dalam sunset property ini memiliki nilai investasi yang kurang menguntungkan.

Salah satu ciri sunset properti adalah nilai jual dan beli yang tidak naik dalam beberapa tahun terakhir, dikarenakan bangunan yang tua.

Aktivitas ekonomi dan bisnis di kawasan sunset property juga terus melemah sehingga kurang menjanjikan untuk berinvestasi. 

Jika sunrise properti memiliki akses yang mudah, maka tidak dengan sunset properti. Kawasan ini memiliki akses yang sulit sehingga jarang dikunjungi banyak orang.

Apalagi adanya kepadatan penduduk, langganan banjir, serta kriminalitas yang tinggi membuat banyak orang memilih pindah ke daerah lain.

Contoh Sunrise Property yang Sukses di Indonesia 

(KoinWorks)

Di Indonesia, Pins bisa menemukan banyak sunrises property yang telah sukses. Hingga saat ini kawasan ini memiliki nilai investasi yang tinggi. Apa saja ya? 

1. Serpong dan Maja (Tangerang)

Beberapa tahun lalu, mungkin tak ada yang menyangka jika daerah kawasan Serpong dan Maja di Tangerang bisa jadi bersinar seperti sekarang.

Serpong dan Maja kini menjadi sentral perumahan berkualitas dan berkembang pesat. Terlebih telah didukung dengan pembangunan Tol Merak-Jakarta dan KRL dari Rangkasbitung-Jakarta. 

Pins bisa mendapatkan berbagai kebutuhan hunian dan fasilitas umum dengan mudah jika memiliki rumah di dua area ini. 

2. Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara (Kalimantan Timur)

Dua kawasan ini sekarang memiliki nilai investasi yang tinggi sejak diputuskan menjadi kabupaten yang akan menjadi ibu kota baru.

Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, dipastikan menjadi daerah potensial dengan pemindahan pemerintahan. Hal ini didukung dengan banyak pembangunan di daerah ini. 

3. Bandung Selatan (Jawa Barat)

Area Bandung Selatang memang dikenal sudah sejak lama mengalami peningkatan infrastruktur yang tergolong stabil. Maka tak heran, kawasan ini tergolong sunrise properti yang punya nilai investasi tinggi di Jawa Barat. 

Ketika Pins memiliki rumah di Bandung Selatan, maka pasti aksesnya mudah dan bisa mudah menemukan sarana hiburan yang memadai.

4. Cibubur (Jakarta Timur)

Terletak di Jakarta Timur, Cibubur menjadi kawasan yang menguntungkan hingag beberapa tahun ke depan. Apalagi hingga sekarang pembangunan infrastruktur di sini terus dilakukan. 

Mulai dari pembangunan Tol Cimanggis yang melewati Transyogi dari Cimanggis – Cileungsi, mendorong pengembangan hunian hingga pembangunan LRT Cawang- Cibubur yang membuat harga tanah merangkak naik. Tertarik berinvestasi di daerah ini, Pins?