Kamus Istilah Properti

Fasilitas Budaya dan Hiburan

istilah properti

Fasilitas Budaya dan Hiburan

Fasilitas budaya dan hiburan adalah fasilitas yang dipergunakan untuk menampung kegiatan budaya daerah setempat maupun kebudayaan daerah lain dengan fasilitas hiburan pula yang bersifat sebagai sarana rekreasi kota.

Pengertian Fasilitas Budaya dan Hiburan

(rentalmobilbali.net)

Sebenarnya kedua fasilitas di atas memiliki pengertian masing-masing yang saling berkaitan. Fasilitas budaya sendiri dikatakan merupakan segala sesuatu yang memiliki keterikatan tradisi, adat istiadat, kesenian yang merupakan hasil cipta, rasa, dan karsa manusia. Sedangkan hiburan sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sesuatu atau perbuatan yang dapat menghibur hati (melupakan kesedihan dan sebagainya).

Nah, bila kita tarik garis dari arti sebuah fasilitas adalah sarana yang digunakan untuk melancarkan sebuah fungsi dan juga memberi sebuah kemudahan. Maka dari itu pengertian fasilitas budaya dan hiburan menjadi sarana yang digunakan untuk melancarkan sebuah fungsi dari hasil cipta, rasa dan karsa manusia yang bertujuan untuk dapat menghibur hati dan melupakan kesedihan.

Keterkaitan Budaya dengan Hiburan/Rekreasi

Fasilitas budaya dan hiburan ternyata memiliki keterkaitan arti satu dengan lainnya yang dapat menjadi satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Ini menjadi salah satu hal baik dalam menyongsong kehidupan selanjutnya tanpa melupakan adat istiadat yang telah terbentuk. Keterkaitan budaya dengan hiburan dapat anda lihat di bawah ini:

  • Kegiatan budaya menjadi salah satu bagian dari sebuah kegiatan rekreasi/hiburan
  • Tidak sedikit dari kebudayaan yang digunakan sebagai kegiatan penghibur diri, contohnya adalah karapan sapi, Madura, Jawa Timur yang menjadi tradisi masyarakat setempat sebagai pesta rakyat untuk melihat balapan sapi
  • Kegiatan budaya dapat difungsikan sebagai kegiatan rekreasi yang bersifat pasif (melihat pemandangan alam, menonton aksi pencak silat, maupun mencoba makanan khas tradisional budaya setempat)
  • Kegiatan budaya juga dapat difungsikan sebagai kegiatan rekreasi yang bersifat aktif (mengikuti perlombaan tradisional panjat pinang, lompat tali karet dll yang membutuhkan tenaga di dalamnya)

Fungsi Fasilitas Budaya dan Hiburan 

  • Sebagai sarana memperluas informasi dari budaya tertentu agar dikenal luas oleh khalayak
  • Tempat bersosialisasi antar individu
  • Sebagai sarana pengetahuan yang tidak terbatas
  • Dapat menjadi tempat penunjang gaya hidup dan juga penyaluran bakat
  • Sebagai tempat melepas lelah dan sarana penghibur diri
  • Dapat menjadi tempat menimba ilmu kebudayaan terbaik dengan cara yang menarik dan menyenangkan

Fasilitas Budaya dan Hiburan di Indonesia yang Patut Dikunjungi

Candi Borobudur, Yogyakarta

(cnnindonesia.com)

Fasilitas budaya dan hiburan pertama hadir dari Jawa Tengah, tepatnya di Candi Borobudur, Yogyakarta. Salah satu fasilitas yang terkenal hingga mancanegara ini menyimpan ragam sejarah kebudayaan Buddha terbesar di Indonesia. Selain dapat melihat kekayaan Indonesia ini, anda dan keluarga juga dapat menambah banyak pengetahuan mengenai ragam arti demi arti pahatan dan patung yang tersusun disana.

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul, Bali

(rentalmobilbali.net)

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul, Bali menjadi fasilitas budaya dan hiburan yang harus dikunjungi karena menyimpan ragam kebudayaan Bali di atas air. Menjadi candi di atas air terbesar di Bali, Pura ini menjadi kawasan suci karena terletak di lahan subur dengan ketinggian 1.200 meter dengan iklim yang cukup dingin.

Loncat Batu Nias, Sumatera Utara

(dictio.id)

Bila sudah berada di Pulau Sumatera, tidak lengkap bila tidak mengunjungi Batu Nias, Sumatera Utara. Fasilitas budaya dan hiburan terkenal satu ini yang berada di Pulau Nias menyimpan tradisi yang kental bagi masyarakat sekitar. Semua pemuda di Nias yang sudah dianggap dewasa, harus melompati batu tersebut sebagai tanda ia sudah matang secara fisik dan kelak dapat membela kaumnya bila terjadi konflik. 

Tana Toraja, Sulawesi Selatan

(ksmtour.com)

Tana Toraja, Sulawesi Selatan menjadi kawasan fasilitas budaya dan hiburan daerah yang sangat kental tradisinya. Banyak hiburan maupun pengetahuan budaya yang dapat anda miliki bila berkunjung ke desa tersebut. Mulai dari Hadiri Rambu Solo (upacara pemakaman termahal di dunia), mengunjungi tempat pemakaman yang berada di atas tebing, dan pasar tradisional Bolu yang menjual ragam kerbau juga keindahan alam yang tersaji.

Desa Adat Ratenggaro, Sumba

(alamindonesia.co.id)

Bila anda senang dengan rekreasi pasif melihat keindahan alam, anda dapat mengunjungi Desa Adat Ratenggaro, Sumba. Fasilitas budaya dan hiburan yang tersedia di pulau ini menyajikan kampung adat unik dengan mayoritas rumah beratap menjulang tinggi berbahan jerami. Konon katanya bentuk atap tinggi ini menjadi salah satu tanda penghormatan terhadap leluhur atau arwah yang telah tiada sekaligus sebagai tempat pemujaan.

Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta

(tempo.com)

Nah, terakhir untuk anda yang ingin mengunjungi fasilitas budaya dan hiburan dari beragam kebudayaan yang ada di Indonesia, anda dapat mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah yang terletak di Jakarta Timur. Tempat wisata satu ini kaya akan pengetahuan kebudayaan dengan ragam hiburan yang dapat anda nikmati bersama keluarga.

Fasilitas budaya dan hiburan memang benar erat keterkaitannya satu dengan lainnya ya Pins! Apalagi sarana budaya yang dimiliki Indonesia, sangat banyak dan kaya dengan ragam hiburan yang dapat Pins kunjungi. Selain banyak manfaat yang dapat diambil, hati pun akan senang. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Achlisia