Kamus Istilah Properti

Particle Board

istilah properti

Particle Board

Particle board adalah kayu olahan yang terbuat dari potongan kayu dan perekat sintetis yang kemudian di-press dan dicetak (ekstrusi).

Apa itu particle board?

(Wikipedia)

Particle board adalah kayu olahan yang terbuat dari potongan kayu dan perekat sintetis yang kemudian di-press dan dicetak (ekstrusi). Kayu ini termasuk dalam kategori kayu lapis. Umumnya ketebalan dari kayu jenis ini berkisar di bawah 3 milimeter.

Banyak pihak yang menggunakannya untuk keperluan pembuatan barang-barang perabot. Selain itu, kayu olahan ini juga dapat diaplikasikan untuk beberapa kebutuhan dekorasi maupun konstruksi non struktural pada bangunan. Contohnya, beberapa pihak menggunakan material ini sebagai flooring, panel dinding, hingga .

Ketahannya memang tidak sekuat kayu solid, karena merupakan produk daur ulang yang memanfaatkan bahan-bahan sisa atau bekas seperti serpihan, serbuk, hingga potongan-potongan kayu. Namun, beberapa jenis particle board memiliki kekuatan yang cukup baik.

Material ini cukup jarang diletakkan atau digunakan pada area-area yang memiliki tingkat kelembaban tinggi serta area-area yang rentan basah. Hal ini disebabkan oleh salah satu sifatnya yakni mudah menyerap benda-benda cair atau lembab.

Salah satu perusahaan besar yang berandil besar dalam kepopuleran penggunaan material ini adalah IKEA. Furnitur-furnitur yang diproduksi oleh perusahaan yang didirikan di Swedia tersebut banyak menggunakan kayu olahan ini, khususnya material-material yang memiliki finishing cantik.

Karakteristik material

(123rf)
  • Particle board memiliki tingkat kepadatan yang lebih baik dan seragam kualitasnya satu dengan yang lain apabila dibandingkan dengan kayu olahan jenis lain.
  • Bobot dari material ini ringan.
  • Walaupun materialnya memiliki kepadatan yang padat baik, kayu ini cukup ringkih.
  • Subtitusi yang tepat apabila mencari material kayu yang murah ketimbang material kayu dengan ketahanan yang baik.
  • Kita dapat menerapkan warna ataupun menambahkan kayu veneer untuk mempercantik tampilannya.
  • Material ini memiliki daya serap yang tinggi terhadap benda-benda cair ataupun kelembaban.

Tipe-tipe particle board

Particle board setidaknya memiliki empat jenis tipe. Di bagian ini, kami akan menjelaskan empat tipe yang dimaksud beserta dengan rinciannya secara umum.

Laminated particle board

(Connect2India)

Produk ini memiliki lapisan laminasi tipis yang dipasang pada bagian permukaannya. Lapisan laminasi tersebut menjadikan kayu olahan ini lebih menarik untuk dipandang. Tidak heran jika laminated particle board jamak digunakan untuk aspek-aspek dekorasi. Beberapa penerapannya antara lain digunakan menjadi panel-panel di dapur, bahan pembuatan lemari, hingga material untuk membuat rak.

Veneer particle board

(Canterbury Timber)

Veneer merupakan sebutan lain untuk lembaran tipis kayu yang dihasilkan dari serutan kayu gelondong. Sama halnya dengan laminasi, veneer akan diaplikasikan di permukaan depan dari kayu olahan ini. Material ini adalah salah satu opsi yang ekonomis bila kamu mencari bahan kayu yang cocok untuk keperluan dekoratif atau membuat furnitur berbahan kayu.

Salah satu kelebihan yang dimiliki kayu olahan tipe ini adalah ketahanannya ketika melengkung. Hal tersebut disebabkan veneer particle board ini tercetak dengan mumpuni.

Cement bonded particle board

(CCFLTD)

Sesuai dengan namanya, kayu olahan ini menggunakan semen sebagai perekat utama untuk pembentukannya menjadi satu kesatuan utuh. Spesialnya, kayu olahan tipe ini punya ketahanan yang tinggi terhadap kelembaban, pembusukan, hingga api.

Di dalam material ini terkandung 60% semen, 20% kayu daur ulang, dan 20% air. Pengaplikasiannya yang paling umum antara lain dipakai untuk membuat furnitur-furnitur yang punya ketahanan baik terhadap api, dinding pemisah, hingga permukaan lantai dan dinding beton.

Melamine particle board

(OkOrder)

Lembaran melamin menjadi permukaan utama dari kayu olahan jenis ini. Agar melamin tersebut bisa menempel dengan baik, selain bahan resin ditambahkan juga material sejenis lilin untuk merekatkan melamin pada permukaan kayu.

Dengan permukaan melamin, kayu olahan ini memiliki permukaan yang cukup baik untuk menahan air. Selain itu, lapisan melamin juga membuatnya lebih tahan terhadap goresan.

Untuk pengaplikasiannya, kayu olahan dengan lapisan melamin ini banyak dipakai sebagai panel dinding, panel dapur, pelapis dinding, pembuatan lemari, hingga pembuatan furnitur perkantoran. Di pasaran, kita dapat menemukan berbagai macam pilihan warna dan tekstur dari produk tipe ini.

Kelebihan dan kekurangan

(BuildGP)

Mengerti kelebihan dan kekurangan dari sebuah bahan sebelum membeli adalah hal yang penting. Untuk itu, pada bagian ini kami akan memaparkan kelebihan dan kekurangan dari material ini.

Kelebihan

  • Material ini cenderung dibanderol dengan harga yang terjangkau dibandingkan dengan kayu olahan lain, apalagi kayu solid.
  • Jenis-jenis kayu olahan ini yang memiliki lapisan permukaan memiliki tampilan yang menarik. Cocok untuk digunakan sebagai material untuk keperluan yang sifatnya dekoratif.
  • Bahan ini memiliki bobot yang ringan sehingga mudah untuk dipindahkan dari tempat satu ke tempat yang lain.

Kekurangan

  • Particle board bukanlah material yang cukup kuat jika dibandingkan dengan jenis-jenis kayu olahan lain. Jadi, kita perlu berhati-hati dalam penggunaannya.
  • Sebagian besar particle board tidak memiliki ketahanan yang baik terhadap kelembaban.
  • Hampir semua jenis particle board rentan untuk rusak.
  • Bahan ini tidak cukup ramah lingkungan jika dibandingkan dengan kayu-kayu solid.

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.