Kamus Istilah Properti

Loteng

istilah properti

Loteng

Loteng adalah bagian rumah yang berada di atas langit-langit rumah tetapi di bawah atap.

Apa Itu Loteng?

loteng

Istilah loteng diambil dari bahasa Hokkian, lauteng (Hanzi: 樓頂, hanyu pinyin: louding) yang secara harfiah memiliki arti tingkat teratas sebuah bangunan. 

Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti loteng adalah bagian rumah bertingkat yang sebelah atas, tingkat rumah, langit-langit rumah (dari papan).

Loteng mengisi ruang antara langit-langit lantai atas bangunan dan atap miring dari sudut yang yang dijangkau. Loteng adalah ruang di atas langit-langit lantai atas rumah, tetapi di bawah atap.

Sebagian besar loteng adalah ruang terbuka bawah atap dengan dinding yang miring ke dalam dan bertemu di bagian atas, sesuai dengan bentuk atap yang terlihat dari luar.

Ruangan ini terbentuk dari desain atap yang meruncing ke atas (segitiga) atau atap miring yang ada di rumah berkonsep tropis.

Di dalam loteng, Pins akan melihat papan yang menopang atap, yang disebut kasau atau rangka. Kasau dan rangka ini merupakan rangka segitiga yang menopang atap. Loteng yang belum jadi biasanya tidak memiliki banyak titik akses. Sehingga Pins yang ingin menuju area ini bisa masuk melalui lubang yang ada di langit-langit.

Sebagian besar loteng atau attic memiliki insulasi yang menutupi lantai. Beberapa loteng memiliki jendela, dan sebagian besar memiliki ventilasi udara untuk meningkatkan sirkulasi. 

Fungsi Loteng

loteng

Ruang bawah atap ini merupakan bagian penting dari dalam rumah. Terlebih mengingat strukturnya yang harus menopang banyak berat, termasuk atap itu sendiri. 

Menurut fungsinya, loteng bisa dibagi menjadi dua, yakni berguna sebagai ruang dan sebagai tempat penyimpanan. Selain itu, ada beberapa fungsi loteng lainnya di dalam rumah:

Bisa Dimanfaatkan Sebagai Ruang Tambahan

Jika Pins ingin menambah ruang, maka bisa memaksimalkan fungsi loteng. Jarak antara ruang langit-langit dan atap bisa dijadikan sebagai ruangan tambahan. Meski tidak terlalu luas, tetapi ini bisa jadi cara lebih hemat karena tidak perlu membuat bangunan bertingkat.

Dari sisi arsitektur pun menarik, karena menambah ruang dari loteng tidak akan mengubah tampilan fasad rumah.

Sebagai Ventilasi

Sistem ventilasi yang baik akan membuat rumah sehat. Nah, salah satu cara agar Pins bisa membuat sirkulasi udara menjadi lebih maksimal yaitu dengan memanfaatkan loteng. Pins bisa mengatur sistem ventilasi atap dengan menambah exhaust fan atau whole house fan di ruangan ini. 

Efek lainnya akan membuat tagihan listrik di rumah menjadi lebih hemat karena tidak perlu terlalu sering menyalakan kipas dan AC. 

Atap Lebih Awet

Loteng yang telah memiliki ventilasi yang baik akan membuat atap menjadi lebih awet dan bebas dari kerusakan akibat kondensasi. Kerusakan ini menyebabkan sirap atap melengkung dan membengkak. 

Pada akhirnya, atap menjadi lebih bersih dan bebas dari jamur karena tidak lembab. 

Ruang Utilitas dan Perkabelan 

Selain tujuan strukturalnya, loteng juga memiliki fungsi utilitarian. Lantai kebanyakan loteng diisi dengan insulasi, yang membantu menjaga seluruh rumah Pins tetap sejuk di musim panas dan hangat di musim dingin.

Beberapa attic juga sebagai tempat untuk perkabelan di rumah. 

Faktor Penting Jika Ingin Memanfaatkan Loteng

loteng

Apapun tujuan penggunaannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Pins ingin memanfaatkan ruang bawah atap ini.

Apa saja?

Bentuk Atap

Agar fungsi ruang bawah atap semakin maksimal, tentu hal utama yang harus diperhatikan yaitu bentuk atapnya. Atap  pelana cocok jika ingin dijadikan ruang karena rangka atap pelana hanya terdiri dari kuda-kuda yang diletakkan di ujung-ujung dinding. 

Sementara itu, atap bentuk limasan memiliki rangka atap yang lebih rumit dan hanya cocok dimanfaatkan sebagai gudang.

Struktur Atap

Selain bentuknya, struktur atap juga penting untuk diperhatikan. Jika strukturnya menggunakan kuda-kuda, maka loteng tidak dapat dijadikan ruang seperti kamar. Solusinya, buat loteng sebagai tempat penyimpanan atau gudang. 

Ketinggian

Umumnya, jarak langit-langit hingga genteng sekitar 1 meter. Jadi, jika Pins ingin menjadikan attic sebagai ruang maka buatlah menjadi 2 3 meter agar penghuni tidak perlu menunduk saat berjalan di loteng.

Sebaiknya. jangan terlalu membebankan ruangan bawah atap ini dengan banyak furnitur. Penggunaan built in furniture sangat disarankan untuk membuat desain ruangan Anda jadi multi fungsi.

Material Lantai

Faktor lainnya yang harus diperhatikan yaitu penggunaan material lantai. Gunakan material ringan yang tidak terlalu membebani struktur bangunan. 

Jika menggunakan material kayu, sebaiknya tambahkan anti rayap atau bisa di-coating lebih dahulu. Pastikan sejak awal sudah merencanakan pondasi untuk menahan beban lantai loteng. 

Insulasi Panas

Sebagai ruangan yang berada paling atas, tentu akan lebih banyak terkena sinar matahari. Maka dari itu, Pins harus menambah pemasangan insulasi agar ruangan tidak terlalu panas.

Misalnya memasang aluminium foil, glasswool atau polyurethane di bawah lapisan ganteng, kemudian pasang plafon seperti biasa.  

Ventilasi 

Penghuni harus memperhatikan peran sirkulasi udara dan cahaya. Untuk ventilasi, sebaiknya menggunakan sistem cross ventilation. Pasang ventilasi pada dua sisi berhadapan agar memperoleh ventilasi natural. 

Selain itu, bisa juga menambahkan AC. Jangan lupa tambahkan jendela agar tidak terlalu pengap. Pembuatan jendela disarankan agar tidak menghadap sinar matahari langsung untuk menghindari panas. 

Pencahayaan

Soal pencahayannya, Pins bisa mengaplikasian skylight di dalam ruang yang berfungsi untuk menambah cahaya agar ruang tidak terlalu gelap. Caranya, gunakan fiber glass atau genteng kaca dan tempatkan di sisi bagian ruang terdalam atau tergelap.  

Bisa juga menggunakan genteng kaca pada bagian tertentu. Pastikan memasang pada arah utara dan selatan untuk menghindari radiasi panas berlebihan dari arah barat.

Akses (Tangga)

Faktor terakhir yang harus diperhatikan adalah aksesnya, dalam hal ini yaitu tangga. Misalnya jika loteng diperuntukkan sebagai kamar anak, gunakan anak tangga yang kecil, dengan material yang tidak terlalu licin, namun dibuat agak lebih lebar demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pins bisa menggunakan tangga dengan model L, U ataupun melingkar jika memiliki space terbatas. Material bisa menggunakan bahan besi atau kayu yang buat dengan aman dan nyaman. 

Inspirasi Penggunaan Loteng

Jika tak dimanfaatkan dengan baik ruang bawah atap ini akan menjadi sarang tikus dan kecoa. Tak mau hal ini terjadi? Yuk, manfaatkan area ini menjadi ruangan berikut ini:

Loteng Sebagai Kamar Tidur 

Menjadikan loteng sebagai kamar tidur punya keuntungan tersendiri terutama dalam mendapatkan pencahayaan alami berupa cahaya sinar matahari yang lebih banyak.  

Meskipun ukuran kamar tidur di area ini mungkin terlihat sempit, tapi tetap nyaman dengan adanya pencahayaan alami ini. Apalagi kalau menggunakan desain Skandinavia dengan dominasi warna putih dan tambahan material kayu sehingga membuat terlihat lebih besar dari aslinya.

Ruang Kerja Nyaman di Loteng

Jika Pins butuh ketenangan dan privasi untuk bekerja, maka bisa menjadikan ruang bawah atap ini sebagai workspace. Penempatan ruang kerja di loteng juga membuat kamu jadi lebih fokus.

Tambahkan meja komputer di dekat jendela agar Pins bisa melihat pemandangan di luar sembari bekerja. Jangan lupa tambahan karpet, kipas angin, dan kursi malas untuk suasana yang lebih nyaman.

Ruang Bermain dan Belajar Anak

Keluarga kecil yang punya anak kecil di rumah bisa menggunakan area bawah atap ini sebagai ruang bermain dan belajar untuk si Kecil.

Simpanlah semua mainan mereka di kotak penyimpanan pada dinding supaya terlihat rapi. Sediakan aneka ragam bantal serta kursi lesehan dengan karpet. Gunakan warna terang seperti kuning dan putih untuk menciptakan kesan ruang yang lebih ceria. 

Loteng Sebagai Perpustakaan 

Pins hobi membaca buku? Maka sulaplah loteng menjadi ruang perpustakaan lengkap dengan ruang baca pribadi. Gunakan rak buku khusus yang bentuknya mengikuti atap agar pemanfaatan ruang jadi lebih maksimal. 

Letakkan sofa bed empuk supaya waktu membaca jadi lebih nyaman.  

Bagaimana Pins, tertarik menyulap ruang bawah atap sebagai ruangan cantik? Semoga informasi ini bermanfaat, ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.