Kamus Istilah Properti

Glasswool

istilah properti

Glasswool

Glasswool adalah material yang dipakai untuk insulasi/peredaman suara hingga panas. Terbuat dari fiber glass dengan tekstur mirip bulu domba.

Apa itu glasswool?

(AliExpress)

Glasswool adalah material yang dipakai untuk insulasi/peredaman suara hingga panas. Terbuat dari fiber glass dengan tekstur mirip bulu domba.

Dalam ranah konstruksi bangunan, material ini sering kali digunakan sebagai insulator panas sinar matahari yang diterima oleh bangunan. Dengan menerapkan material ini pada atap, maka panas matahari yang diterima oleh atap bangunan tidak akan menembus ke area ruangan. Penerapan semacam ini dapat menjadi salah satu solusi dalam lingkup kecil untuk mengatasi cuaca yang semakin hari semakin panas.

Beberapa bangunan yang punya kebutuhan khusus untuk peredaman suara, seperti studio musik, ruang teater kecil dan semacamnya juga menerapkan glasswool. Material ini bisa menjadi insulator agar suara di satu titik tidak tidak menembus ke area lainnya. Berbeda dengan insulator panas, glasswool untuk keperluan insulator suara akan diaplikasikan menyeluruh ruangan, utamanya pada bagian dinding.

Di luar ranah konstruksi bangunan, material ini juga umum dipakai pada ranah otomotif. Biasanya, material ini dipakai sebagai peredam suara yang diterapkan di dalam knalpot.

Karakteristik material

(Archiexpo)

Karakteristik dari material ini antara lain sebagai berikut:

  • Tahan akan api sampai 300 derajat celcius.
  • Material yang fleksibel karena dapat ditarik.
  • Sebagian komposisi material ini adalah bahan daur ulang.
  • Memiliki bobot yang ringan.
  • Tahan terhadap area-area lembab.

Glasswool untuk insulasi panas

(SKing)

Kita bisa menemukan produk dari serat-serat fiberglass yang bernama glasswool ini yang diperuntukkan sebagai insulasi atap di pasaran. Bahan tersebut banyak dipakai sebagai peredam panas untuk rumah, pabrik, bahkan gedung-gedung.

Glasswool bukan satu-satunya material yang digunakan untuk insulasi panas pada bangunan. Kita bisa menemukan beberapa material yang sering diaplikasikan untuk keperluan ini antara lain bubble foil hingga aluminium foil.

Kelebihan

  • Glasswool merupakan salah satu materi yang cukup mudah untuk diinstal. Produk insulasi untuk panas ini biasanya dijual per gulung. Untuk menerapkannya, kita tinggal merentangkan gulungan tersebut di dalam atap saat melakukan proses konstruksi bangunan.
  • Bahan ini juga tahan akan lembab. Dengan kondisi Indonesia yang tinggi tingkat kelembabannya, material ini sangatlah sesuai untuk digunakan.
  • Material ini tidak mudah untuk terbakar.
  • Salah satu bahan yang ramah lingkungan karena sebagian komposisi material ini adalah bahan-bahan bekas yang didaur ulang. Sementara itu, komposisi yang lain adalah bahan-bahan yang dapat terbarukan.

Kekurangan

  • Jika tidak terpasang dengan benar, maka insulasi yang dilakukan oleh glasswool tidak akan optimal. Dalam pemasangannya, tidak boleh ada celah antara glasswool satu dengan yang lain. Celah tersebut bisa menjadi titik masuknya panas yang teredam di area atap.
  • Harga dari bahan ini cukup tinggi dan fungsinya hanya terbatas pada insulasi hawa panas dan suara.
  • Bahan ini merupakan produksi manufaktur yang menggunakan energi cukup tinggi dan melepaskan polusi ke udara.

Glasswool untuk insulasi suara

(Archiproducts)

Glasswool merupakan salah satu material yang efektif untuk dipakai mengurangi suara bising atau gema. Selain itu, material ini juga bisa meningkatkan ambience suara apabila diterapkan di dinding dan atap.

Untuk kebutuhan hunian, bahan ini biasanya digunakan sebagai insulator dari bisingnya area bermain musik. Glasswool juga dapat meningkatkan kualitas suara dari sebuah ruangan rekaman.

Pada bangunan umum, material ini biasanya dipakai untuk kebutuhan rumah sakit, perpustakaan, dan beberapa bangunan yang di dalamnya dipenuhi dengan aktivitas yang membutuhkan area yang tenang. Semakin padat wool dari material ini yang diterapkan di ruangan, maka semakin baik suara yang diserap.

Kelebihan

  • Untuk membuat studio rekaman atau studio musik, glasswool merupakan material yang mempunyai kemampuan untuk menyerap suara dengan rentang frekuensi yang cukup luas.
  • Di pasaran, banyak produk glasswool untuk insulasi suara yang berbentuk panel-panel. Dengan bentuk semacam ini, kita akan lebih mudah untuk menerapkannya pada ruangan.
  • Punya ketahanan yang baik di area yang memiliki kelembaban tinggi.

Kekurangan

  • Bahan ini memiliki harga yang cukup mahal untuk dibandingkan dengan material-material insulasi suara yang lain.
  • Instalasinya perlu detail. Jika ada celah, maka suara bisa tembus melalui titik tersebut.

Beberapa cara pengaplikasian

(Okorder)

Ada beberapa cara untuk mengaplikasikan glasswool di bangunan. Sebagian dari cara-cara pengaplikasian dari glasswool antara lain sebagai berikut:

  • Diisikan pada rongga di dinding dan drywall.
  • Mengisolasi pipa dengan cara dipasang memutari area luar dari pipa.
  • Diletakkan menggantung di area plafon atau langit-langit.
  • Dipasang dengan cara dibentangkan pada area kosong pada di dalam atap bangunan.
  • Direkatkan di dinding atau area plafon apabila produk glasswool berbentuk panel-panel.

Glasswool merupakan material yang berbentuk seperti wol yang terbuat dari kaca plastik. Kita bisa memanfaatkan bahan ini untuk insulasi suara dan panas pada bangunan.

Cara pengaplikasian material cukup ini bervariasi. Tinggal sesuaikan saja kebutuhanmu dengan cara pengaplikasian mana yang paling cocok.

Sekian artikel mengenai glasswool kali ini. Semoga penyampaian tadi dapat membantu ya! Sampai jumpa di artikel Glossary Pinhome.id selanjutnya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.