Kamus Istilah Properti

Harga Deal / Harga Final

istilah properti

Harga Deal / Harga Final

Harga deal / harga final adalah jumlah akhir yang harus dibayarkan pembeli kepada penjual untuk mendapatkan barang atau jasa yang ingin dibelinya.

Apa itu Harga Deal / Harga Final? 

(Housing)

Harga deal/harga final adalah jumlah yang harus dibayarkan pembeli kepada penjual untuk mendapatkan barang atau jasa yang ingin dibelinya. 

Nominal harga final ini diperoleh setelah menghitung margin keuntungan yang optimal, potongan harga (diskon),  pajak, negoisasi, dan faktor penentu lainnya. 

Faktor Penentu Harga Deal / Harga Final dalam Jual-beli Properti 

(Surana Realtors)

Untuk memperoleh harga deal, maka Pins harus memperhatikan beberapa faktor penentu untuk mendapatkan harga jual. 

Dalam hal jual-beli properti, berikut ini beberapa faktor penentu harga deal/harga final:

Kondisi  Fisik Bangunan

Kondisi fisik bangunan menjadi faktor penting yang akan mempengaruhi nilai jual rumah. Dalam kaitannya dengan menentukan harga jual final ini, calon pembeli dan penjual bisa melakukan survei langsung. 

Sebagai pembeli, Pins bisa memperhatikan sejumlah aspek yang nantinya akan mempengaruhi dana untuk renovasi rumah agar terlihat bagus, baik dari kondisi fisik, air dan listrik.

Kelengkapan Surat

Masalah legalitas tentu merupakan hal yang terpenting ketika Pins hendak membeli rumah. Jadi, ketika akan menjual rumah sebisa mungkin untuk melengkapi semua surat-surat berharga seperti IMB, Akta Jual Beli (AJB) dan Sertifikat Hak Milik. 

Ketika salah satunya saja tidak ada, harga deal/harga final bangunan tersebut akan berubah menjadi lebih murah. 

Faktor Lingkungan Sekitar

Wilayah tempat bangunan dijual juga jadi faktor penentu dalam menentukan harga final. Sebuah bangunan memiliki lokasi strategis, tentu bisa mendapatkan harga deal yang semakin mahal. 

Selain itu, keberadaan transportasi publik juga tak kalah penting. Jadi jika bangunan tersebut dekat dengan sarana transportasi publik seperti halte busway, terminal, bandara, hingga stasiun, secara otomatis akan membuat nilai jual rumah semakin tinggi. 

Cara Bernegoisasi 

Baik dari sisi penjual maupun pembeli, negoisasi nyatanya bisa menentukan bangunan mendapat harga deal/harga final yang baik, lho. Jika ingin mendapatkan harga jual yang lebih menguntungkan, lakukanlah taktik bernegosiasi yang baik. 

Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui seluk-beluk properti yang akan dijual. Sebagai calon pembeli, jelaskan tentang alasan mengapa harga properti bisa lebih murah lagi.  

Begitupun sebagai penjual, Pins harus paham keunggulan properti yang akan dijual agar harga deal yang didapatkan bisa semakin tinggi. 

Cara Menetapkan Harga Deal / Harga Final 

(Anshul Group)

Nah, setelah mengetahui apa saja faktor yang menentukan harga final sebuah properti, selanjutnya Pins harus memahami cara menetapkan harganya. 

Untuk jual-beli sebuah bangunan, ada beberapa langkah menetapkan harga final, antara lain:

1. Tentukan Harga Tanah

Walaupun niat utama menjual rumah, namun mengetahui cara menghitung harga tanah juga penting dilakukan. 

Pins dapat mencari tahu harga tanah di sebuah kawasan yang sedang dijual kepada pihak-pihak terkait seperti kantor kecamatan ataupun perbankan. 

Selain itu, Pins juga bisa menghitung harga kisaran tanah melalui NJOP yang terdapat di struk pembayaran PBB. Yang harus Pins perhatikan adalah harga per meter yang akan ditentukan berdasarkan jumlah luas tanah.

Misalnya, harga tanah per meter sebuah rumah adalah Rp4 juta dengan total luas tanah keseluruhan adalah 100 meter persegi. 

Maka harga tanah tersebut adalah Rp4 juta x 100m² = Rp400 juta. 

2. Tentukan Harga Bangunan

Untuk menghitung harga bangunan, hal yang bisa dijadikan pertimbangan yakni dengan mengakumulasi total biaya pembangunan rumah. Total harga tersebut disesuaikan dengan kisaran harga saat ini. 

Jangan lupa untuk memeriksa spesifikasi bangunan meliputi luas, jumlah kamar,jumlah  kamar mandi, hingga material. 

3. Harga Final Berdasarkan NJOP

Nilai Jual Objek Pajak atau NJOP adalah harga rata-rata dari transaksi jual beli rumah dan atau bangunan yang menjadi dasar untuk menentukan PBB yang diterapkan oleh pemerintah setempat.

Setiap daerah memiliki nilai NJOP yang berbeda-beda. Biasanya NJOP merupakan taksiran nilai harga rumah dan bangunan yang dihitung berdasarkan luas dan zona dari rumah tersebut. 

Tips Negosiasi Harga Deal Biar Sama-sama Untung 

(Myfolio)

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, negoisasi bisa menentukan penjual dan pembeli mendapatkan harga deal yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Saat hendak bertransaksi jual-beli rumah, Pins harus memiliki tips negoisasi agar mendapatkan harga final yang menguntungkan. Berikut ini diantaranya:

1. Ketahui Harga Pasar

Untuk tahu bahwa harga rumah yang ditawarkan cocok atau tidak, ada baiknya sebagai calon pembeli, Pins mengetahui lebih dulu harga pasaran untuk rumah dengan tipe dan ukuran yang sama di kawasan tersebut.  

Perkirakan dengan kondisi rumah yang Pins incar agar mendapatkan harga final yang sesuai. 

2. Objektif

Saat melakukan negoisasi, Pins harus tetap melihat rumah secara objektif. Sebagai pembeli sebaiknya jangan terlalu terbawa perasaan, dalam artian sangat menyukai rumah tersebut, maka hal itu tidak akan menguntungkan. 

Begitupun jika Pins adalah seorang agen atau penjual rumah. Jangan menyembunyikan kekurangan rumah terlalu berlebihan. Sebaiknya apa adanya tetapi tetap masuk akal. 

4. Ajukan Penawaran Saat Survei  

Tidak ada negosiasi tanpa kompromi. Namun dalam berkompromi, usahakan agar kendali tetap di tangan. Biasanya, Pins jadi akan mudah tergoda dan segera memberikan penawaran setelah tertarik pada sebuah rumah. 

Manfaatkan tiga atau empat kali survei untuk analisis perhitungan sekaligus tarik ulur dengan penjual. 

5. Tentukan Batas Maksimal Penawaran

Saat negosiasi berlangsung, Pins harus sudah menentukan batas maksimal harga penawaran. Setiap hendak melakukan penawaran, hitung potensi keuntungan. Mulai perbandingan harga pasar, harga bangunan, dana renovasi, dan lain-lain.

Dari perhitungan tersebut, ajukan harga deal/harga final yang paling sesuai dan menguntungkan. 

Itulah informasi mengenai harga akhir yang perlu kamu ketahui. Semoga berguna ya, Pins!