Kamus Istilah Properti

Futuristik

istilah properti

Futuristik

Futuristik adalah konsep desain atau arsitektur bangunan yang menggambarkan masa depan. 

Apa Itu Futuristik?

futuristik
(Mine Craft Fanon)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), futuristik atau futuristis adalah terarah, tertuju ke masa depan; berkenaan dengan futur, futurisme, atau futurologi; modern sekali.  

Sementara Cambridge Dictionary, futuristik adalah aneh dan sangat modern, atau dimaksudkan atau seolah-olah datang dari suatu waktu yang dibayangkan di masa depan. 

Dalam lingkup arsitektur dan desain, konsep futuristik sebenarnya diperkenalkan mulai abad ke-20 di Italia. Seperti definisinya, ciri khas arsitektur futuristik mengarah atau menggambarkan masa depan. 

Ciri khas arsitektur futuristik adalah konsep yang modern, berkelas, tetapi tetap mengedepankan minimalisme. 

Selain itu, gayanya juga unik karena tidak ditemukan di masa lalu dan seolah desain itu dihadirkan masa depan. 

Baca Juga: Apa Itu Rumah Tumbuh?

Sejarah Arsitektur Futuristik

futuristik
(Architecture Digest)

Arsitektur futuristik muncul sebagai bagian dari Futurism. Gerakan Futuris, pertama kali diperkenalkan oleh Filippo Tommaso Marinetti, seorang penyair, editor, ahli teori seni, sekaligus pendiri gerakan Futuris Italia.  

Ketika abad ke-20, ia menulis dan menerbitkan sebuah manifesto di surat kabar Paris Le Figaro yang isinya berusaha membangkitkan kemarahan dengan mengabaikan nilai-nilai seni dan cara-cara masa lalu. 

Filippo memproklamirkan transformasi masa depan melalui gerak, teknologi, dan transportasi. Artikel persuasifnya ini sukses menginspirasi seniman lain untuk bergabung dalam gerakan futuris.

Kemudian, Antonio Sant’Elia, seorang arsitek Futuris, menciptakan gambar bangunan dan kota modern yang mewujudkan kekuatan teknologi di abad ke-20 dan seterusnya. 

Karirnya singkat dan mencakup beberapa proyek yang diselesaikan, tetapi warisannya penting dalam bidang arsitektur. Gambar Sant’Elia menampilkan garis-garis tajam yang menyapu, elemen industri, dan gedung pencakar langit yang tinggi. 

Sketsanya tentang dunia modern benar-benar menjadi dasar bagi arsitektur Futuris yang di masa kini. 

Sebagai hasil dari trendsetter ini, arsitek mulai merancang struktur yang mencerminkan gerakan Futuris. Alih-alih merancang bangunan khas dengan tampilan fungsional dan garis dan bentuk simetris, arsitek merancang struktur yang tampak seperti karya seni imajinatif, menyerupai masa depan itu sendiri.

Gaya baru ini berfokus pada empat komponen utama arsitektur Futuristis, yaitu:

  • Pergerakan
  • Teknologi
  • Bahan alami
  • Sains  

Hingga saat ini, sudah mulai banyak arsitek dan desainer yang membuat karya bergaya futuristic di tengah masyarakat modern. 

Meskipun banyak pula yang tidak menyukainya, tetapi perlahan penerapannya pada arsitektur bangunan mulai bisa diterima dan menjadi bagian arsitektur masa kini. 

Ciri-ciri Arsitektur Futuristik

futuristik
(Arch2o)

Jika dilihat dari definisinya, konsep arsitektur futuristic sangatlah unik dan tidak melibatkan gaya dari masa lalu tetapi menggambarkan masa depan. 

Pins akan menemukan banyak ornamen dan pola di dalamnya sehingga membuat sebuah bangunan terlihat unik dan juga indah. 

Selain itu, ada sejumlah ciri gaya futuristik pada sebuah arsitektur dan desain. Yuk, simak berikut ini. 

Prinsip Minimalis

Walaupun unik dan banyak pola-pola yang rumit, tetapi desain futuristik sebenarnya mengadopsi prinsip minimalis yang simple. Artinya, bangunan futuristik sudah ditata semaksimal mungkin agar tidak terlihat sesak.

Pins hampir tidak akan pernah menemukan benda-benda dekorasi minim fungsi di dalam ruangan bergaya desain futuristik. 

Sebaiknya, hanya akan ada benda esensial seperti furnitur yang paling diperlukan di ruangan tersebut.  

Tampilannya Unik

Mengingat bangunan ini tidak ada di masa lalu, maka tampilan bangunan yang mengusung konsep arsitektur futuristik sangatlah unik dan bisa membuat siapapun terpana. 

Arsitek futurisme memang sengaja membuat fasad dan bagian eksteriornya secara menarik dan nyentrik untuk memberikan kesan masa depan yang modern. 

Pins juga akan menemukan sejumlah garis dan pola sengaja dibuat tak beraturan tetapi tetap menyelaraskan dengan bentuk dari bangunan itu sendiri.

Tidak ada atap dari tanah liat, melainkan kaca, baja, beton maupun besi. 

Tak jarang, sejumlah arsitek menerapkan teknologi ramah lingkungan pada futuristik desain dengan menambahkan beberapa tanaman hidup di dalamnya maupun sebagai pelengkap tampilan depan rumah.

Permainan Cahaya dengan Lampu LED

Ciri khas lain yang menjadi karakter utama dalam penerapan desain futuristik adalah permainan cahaya lampu di dalamnya. Pins akan banyak menemukan lampu LED yang menyilaukan, sengaja ditaruh pada ruang dengan pencahayaan yang sudah diatur. 

Pemilihan warnanya juga bervariasi, tak jarang menggunakan warna-warna RGB di dalamnya. Lampu ini biasanya disembunyikan atau disebut dengan wall washer lamp.  

Sistem Teknologi Canggih

Masa depan erat kaitannya dengan teknologi super canggih. Hal ini jugalah yang bisa Pins temukan pada desain futuristik. Segala sesuatu yang ada di dalam bangunan futuristik sudah terintegrasi dengan sistem canggih yang dapat dipantau.

Saat ini, dikenal teknologi smart home sebagai bagian dari rumah bergaya futuristik. Semua perangkat elektronik dalam rumah bisa terhubung lewat ponsel dan dimonitor. Baik cctv hingga cahaya lampu bisa Pins atur lewat ponsel.  

Material yang Mengkilap

Ubin lantai, dinding hingga plafon usahakan menggunakan material yang mengkilap sebagai bagian dari gaya futuristik. Pins bisa memilih lantai dengan material granit maupun panel dinding dengan desain canggih dan menawan. 

Tampilan akhir mengkilap dari ragam material tersebut, membuat hunian terasa mewah. Namun, tidak lupa untuk selalu merawatnya ya Pins, agar warna perabot tetap bercahaya, bertekstur licin, dan tidak berubah warna.

Dekorasi Mencolok

Di dalam interior futuristik desain, Pins akan menemukan hal-hal yang tampak tidak biasa. Jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan beberapa orang baru pertama kali melihatnya. Inilah mengapa dekorasi di dalam desain satu ini menjadi mencolok. 

Menemukan desain yang tepat dan sesuai dengan kenyamanan cukup sulit dalam pengaplikasian desain ini. Namun, bila sudah menemukan jasa atau orang yang tepat, Pins tidak akan beralih darinya.

Penggunaan dekorasi di dalam desain rumah futuristik bisa dibuat dari benda-benda daur ulang yang diperbaharui, hingga membuatnya secara custom. Kamu dapat mengasah kreativitasmu dalam hunian ini. Hal yang terpenting adalah selalu utamakan kenyamanan ya!

Furnitur Aerodinamis 

Lalu dari sisi furniturnya, bangunan bergaya futuristik mengusung desain furnitur minimalis, ergonomis, sekaligus aerodinamis. 

Pins bisa melihat dari bentuknya yang melengkung maupun memanjang pada furniturnya dengan memperlihatkan tampilan desain yang ringkas tetapi tetap mengalir.

Dari segi fungsinya, furnitur dihadirkan dengan multifungsi dan mudah dipindahkan. Hal ini beriringan dengan karakter futuristik yang minimalis, unik tetapi tetap fleksibel.

Contoh Bangunan Futuristik di Dunia

Saat ini, sudah mulai banyak bangunan berkonsep futuristic di dunia. Supaya Pins lebih memahami seperti apa itu arsitektur futurisitik, mari lihat contohnya pada bangunan berikut ini.

The Heydar Aliyev Center, Azerbaijan

contoh arsitektur futuristik
(Freepik)

Seseorang tidak dapat mulai menulis tentang konsep desain futuristik tanpa memikirkan desain Zaha Hadid yang indah tanpa cacat atau struktur parametrik Frank Gehry. Pins seolah berada pada tahap di mana arsitektur dapat berfungsi lebih dari sekadar bangunan sebagai sebuah karya seni.  

Arsitektur fluida The Heydar Aliyev Center salah satu contohnya. Zaha Hadid membuatnya dengan mengedepankan bentuk yang bebas dan menyenangkan daripada fungsi bangunan.   

Urban Rigger Copenhagen, Denmark

(Deezen)

Dengan meningkatnya level air dan populasi, Pins mungkin harus beralih ke hunain di bawah air daripada ke darat. Ekosistem perairan telah menarik minat para peneliti untuk sementara waktu sekarang dan banyak penelitian telah dilakukan di bidang ini. 

Arsitek Bjarke Ingles membuat kota terapung dengan merancang Urban Rigger, proyek perumahan siswa modular yang sepenuhnya berkelanjutan sebagai prototipe dari Archipelago. 

Perumahan terapung ini menampung hingga 300 penduduk. Cluster struktur ini dapat dibentuk untuk membuat seluruh kota dan ini masih dapat menampung lebih banyak orang di area yang sama. Menakjubkan bukan, Pins?

Pionen-White Mountain, Stockholm, Swedia

(Arch Daily)

Arsitektur bawah tanah bukanlah hal baru. Manusia telah tinggal di gua dan terowongan sejak zaman paling primitif. Dengan kota yang semakin padat, ruang bawah tanah bangunan dapat digunakan untuk lebih dari sekadar parkir.  

Albert France-Lanord Architects menciptakan sebuah bangunan yang terendam di bawah batuan granit Stockholm, bekas bunker nuklir yang dibangun pada tahun 2008. Bangunan ini digunakan sebagai pusat data bernama kantor Pionen-White Mountain yang sangat canggih.

Dibangun 30 meter di dasar kota Stockholm, kompleks ini tidak dapat dengan menawarkan air terjun yang menjulang tinggi dan rumah kaca hijau. 

Pins akan merasakan ketenangan dan kedamaian terasa dalam struktur pahatan batu yang dapat diterjemahkan ke dalam struktur kontemporer. 

Ecorium, Korea Selatan

contoh arsitektur futuristik
(Pinterest)

Dibuat atas inisiatif Institut Ekologi Nasional Korea Selatan, kompleks ini berdiri di atas tanah seluas 33.000 hektar. Bangunan ini telah sukses menyita perhatian banyak orang sebagai tempat yang unik dengan rumah kaca berbentuk baji, di mana penelitian ekologi akan dilakukan. 

Tak hanya mengedepankan teknologi canggih, Ecorium juga dibuat dengan menghemat energi. Hal ini menjadi karakteristik yang baik untuk bangunan modern, mengingat berapa banyak biaya pemanas dan listrik saat ini.

Menara Cobra, Kuwait

contoh arsitektur futuristik
(Tech and Facts)

Proyek Menara Cobra adalah salah satu proyek arsitektur yang paling banyak dibicarakan beberapa tahun belakangan ini. Disebutkan ada rencana untuk membangun kota pencakar langit di Kuwait pada tahun 2030.

Menara akan setinggi 1 km (3280 Ft) yang membuat heboh karena tidak memungkinkan bentuk standar lift. 

Cobra Tower tidak hanya akan menjadi yang tertinggi tetapi juga beberapa gedung pencakar langit yang paling indah di dunia.

Dawang Mountain Resort, Cina

(Pinterest)

Dawang, yang menyerupai stasiun luar angkasa dari film-film Sci-Fi, menjadi bangunan futuristik berikutnya yang sangat menarik perhatian.

Gedung resort ini berdiri setinggi 170 m (557 Ft), tersebar di langkan, yang memiliki fasilitas yang sangat langkap. Mulai dari resor ski, gelanggang es, taman air, dan taman gantung. 

OPod Tube Housing Hong Kong 

(The Urban Developer)

Dirancang untuk meringankan krisis perumahan Hong Kong, James Law Cybertecture mengembangkan apartemen mikro yang dibangun dari pipa air beton.

Bangunan bernama The Opod Tube Housing ini dibuat dari pipa selebar 2,5 meter yang dirancang ulang agar sesuai dengan celah di antara bangunan.

Setiap OPod Tube House, dibangun dengan harga sekitar $34.500, dilengkapi dengan smart lock pada ponsel pintar ntuk akses online serta furnitur hemat tempat, seperti panel depan kaca yang berfungsi ganda sebagai pintu dan jendela yang berguna memaksimalkan ruang di dalamnya. 

Office of the Future, Dubai

(Architect Magazine)

Walaupun terlihat biasa, bangunan ini dibuat dengan caranya yang modern. Office of the Future adalah gedung ‘cetak 3D’ pertama di dunia yang berfungsi penuh dan ditempati secara permanen.

Bangunan ini dicetak dalam 17 hari dan dipasang di lokasi hanya dalam dua hari. Keindahan pencetakan 3D adalah kemampuannya untuk secara substansial memangkas waktu konstruksi, biaya tenaga kerja, dan mengurangi limbah yang menciptakan jejak lingkungan yang lebih kecil. 

Bangunannya juga hemat energi, berorientasi untuk memaksimalkan cahaya alami, rangkaian bukaan mengundang cahaya alami masuk ke dalam ruang. Ini juga mencakup 100 persen pencahayaan LED, sistem bangunan responsif, lansekap hijau, dan AC hemat energi.


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.