Kamus Istilah Properti

Genset

istilah properti

Genset

Genset adalah kependekan dari generator set. Sebuah alat yang saat ini umum digunakan sebagai pembangkit listrik cadangan.

Apa itu genset?

(BigGo)

Listrik merupakan salah satu sumber energi yang mungkin akan sulit dilepaskan dari kehidupan masyarakat modern. Hampir semua aspek dalam kehidupan yang memudahkan kita bekerja dengan mengkonsumsi energi listrik.

Ketergantungan masyarakat Indonesia dengan listrik umumnya dipenuhi oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). Beberapa daerah yang belum terjangkau aliran dari PLN biasanya menggunakan genset sebagai sumber listrik di wilayah tersebut. Genset juga kerap dipakai untuk sumber listrik cadangan di area yang terjangkau oleh PLN. Kemungkinan kita akan menemuinya ada di beberapa rumah, kantor, mini market, cafe, maupun tempat-tempat yang lain.

Genset adalah kependekan dari generator set, sebuah alat yang dipakai sebagai pembangkit listrik. Agar alat ini bisa menghasilkan listrik, kita perlu untuk membuat sistem mekanis yang terangkai bergerak. Nantinya, sistem mekanis tersebut akan memutar rotor yang diletakkan dalam tabung yang dikelilingi oleh magnet. Dari proses putaran konstan rotor tersebutlah energi listrik dapat dihasilkan.

Umumnya, sistem mekanis terangkai pada genset yang sering ditempatkan di mini market, rumah atau kantor akan bekerja layaknya mesin kendaraan yang mengkonsumsi bahan bakar fosil. Jadi kita perlu membuat dapur pacunya terus bekerja dengan menjalankan mesin agar terus membakar bensin atau solar.

Bagian-bagian genset

(Teknikmart)

Ada alasan mengapa alat ini dinamakan sebagai genset. Sebagai generator pembangkit listrik, ia sudah dilengkapi dengan set komponen-komponen pendukung kerjanya ketika dijual di pasaran. Komponen-komponen yang dimaksud menjadi bagian dari alat ini. Untuk mengetahui apa saja bagian-bagian dari genset, silakan simak poin-poin di bawah ini.

Generator atau dinamo

Alat yang mengubah energi mekanis menjadi energi listrik ketika berputar secara konstan. Di dalam bagian ini terdapat rotor yang dikelilingi oleh magnet.

Motor atau penggerak

Bagian ini digunakan sebagai sumber energi mekanis yang dibutuhkan oleh rotor untuk bergerak. Banyak sekali macam-macam penggerak yang bisa ditemui di pasaran. Yang paling sering ditemui adalah jenis motor berbahan bakar bensin dan solar.

Tangki

Sebuah wadah yang digunakan sebagai penampung bahan bakar untuk menggerakkan motor pada generator set.

Aki

Salah satu fungsi aki adalah menjadi sumber percikan api yang digunakan untuk meledakkan bensin atau solar yang masuk ke dapur pembakaran motor. Selain itu, aki juga bisa menjadi sumber energi listrik yang digunakan untuk menjalankan motor secara otomatis (electric starter).

Komponen-komponen tambahan

Beberapa jenis generator set yang ada di Indonesia saat ini sudah memiliki komponen-komponen tambahan yang akan memudahkan para pengguna. Salah satunya adalah komponen yang bisa mengubah arus keluaran listrik dari AC menjadi DC, atau sebaliknya.

Ada juga komponen tambahan yang bisa digunakan untuk menyimpan daya ke dalam baterai. Jadi, yang perlu kamu perhatikan adalah spesifikasi dari masing-masing genset yang hendak dibeli.

Jenis-jenis generator set berdasarkan mesinnya

(Inakopersada)

Dalam bagian ini, kami membagi generator set yang bisa kamu temui di pasaran berdasarkan jenis mesinnya. Mesin-mesin yang dimaksud adalah mesin 2-tak, mesin 4-tak dan diesel.

2-tak

Mesin ini bekerja selayaknya kendaraan jenis 2-tak. Jadi, bahan bakarnya yang digunakan adalah bensin yang dicampur menggunakan oli samping. Oli mesin tetap dibutuhkan agar motor tetap bekerja maksimal dan tidak cepat aus.

4-tak

Seperti halnya mesin-mesin kendaraan 4-tak yang lain, motor pada generator set ini hanya membutuhkan bahan bakar berupa bensin saja. Jika dibanding generator dengan mesin 2-tak, jenis ini akan lebih hemat bahan bakar dan tidak mengeluarkan banyak asap.

Diesel

Saat ini, generator set jenis diesel adalah yang tercanggih karena mesinnya dilengkapi dengan peredam yang baik. Jadi, alat ini tidak menimbulkan suara bising ketika beroperasi. Akan tetapi, pembangkit jenis ini harganya cukup mahal dan dimensinya juga lebih besar daripada dua generator set yang sudah disebutkan sebelumnya.

Cara memilih genset

(Alatproyek)

Jika kamu sedang mencari generator set untuk ditempatkan di lokasi yang kamu inginkan, setidaknya ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu. Agar tidak salah pilih, kamu bisa mencari menggunakan poin-poin yang akan disebutkan di bawah ini.

Tentukan output listrik genset yang sesuai

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah berapa besaran daya listrik yang kamu butuhkan di tempat pemasangan generator set. Paling mudah, kita bisa mengacu pada seberapa besar daya yang disuplai oleh PLN.

Ada baiknya memilih generator set yang ukuran output dayanya dua kali lebih besar dari suplai daya listrik dari PLN. Misalkan, daya listrik maksimal dari PLN mencapai 2500 watt, maka belilah generator set yang bisa menghasilkan daya hingga 5000 watt. Pemilihan dengan cara ini akan membuat generator set lebih awet, karena tidak memaksimalkan kinerjanya.

Perhatikan kemudahan servis dan spare part setelah pembelian

Sama halnya seperti kendaraan bermotor, generator set juga membutuhkan perawatan ketika sudah dibeli. Dengan membeli generator set yang mudah diservis dan mudah dalam pencarian spare part-nya, kita akan meminimalkan problem ketika generator mengalami kendala.

Ketika sudah membeli, jangan lupa untuk memanaskan genset apabila jarang dipakai. Ganti juga oli mesinnya secara rutin agar kinerjanya tetap baik.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.