Kamus Istilah Properti

Datum

istilah properti

Datum

Datum adalah kerangka acuan global yang digunakan untuk mengukur lokasi secara akurat.

Apa Itu Datum?

datum
(Lapak GIS)

Istilah datum merujuk pada model bumi yang digunakan dalam pemetaan. Datum adalah kerangka acuan global yang digunakan untuk mengukur lokasi secara akurat.

Cara kerjanya mirip dengan titik awal ketika Pins memberikan arahan kepada seseorang. Misalnya, saat ingin memberi tahu seseorang cara menuju ke rumah, Pins akan memberi mereka titik awal atau patokan yang mereka ketahui, seperti sebuah gedung, persimpangan jalan, pertokoan, dan sebagainya. 

Nah, datum ini berfungsi sebagai titik awal ini. Penggunaannya, digunakan oleh surveyor maupun ahli geodesi sebagai titik awal atau referensi pada pekerjaan yang membutuhkan koordinat akurat yang konsisten. Beberapa pekerjaan yang memerlukan titik koordinat awal ini misalnya pemetaan dataran banjir, survei konstruksi, desain tanggul, dan batas properti.

Selain untuk surveyor dan ahli geodesi, referensi koordinat ini juga diperlukan bagi teknologi atau teknik yang menggunakan lokasi spasial sebagai dasarnya, seperti navigasi, ilmu ukur wilayah, sistem informasi geografis, penginderaan jauh, dan kartografi. 

Cara Kerja Datum

(ThoughCo)

Bumi berbentuk seperti bola pipih yang disebut ellipsoid. Nah, datum ini terdiri dari serangkaian angka yang menentukan bentuk dan ukuran ellipsoid dan orientasinya dalam ruang. Sebuah datum dipilih untuk memberikan kecocokan terbaik dengan bentuk bumi yang sebenarnya.

Pada pemetaan, dikenal datum geodetik, yaitu referensi permukaan atau georeferensi dalam parameter sebagai acuan untuk mendefinisikan geometri ellipsoid bumi. Datum geodetik diukur menggunakan metode manual hingga satelit untuk hasil yang lebih akurat.

Sistem koordinat ini berbentuk abstrak dengan permukaan referensi seperti permukaan laut. Fungsinya untuk menyediakan lokasi yang diketahui untuk memulai survei dan membuat peta. 

Jenis-jenis Datum Berdasarkan Cara Kerja

(And The Garden)

Ada dua jenis yang digunakan saat ini, yaitu:

Datum Horizontal 

Referensi ini digunakan untuk mengukur posisi lintang dan bujur di permukaan bumi. Jenis ini dapat diakses dan digunakan melalui kumpulan titik tertentu di planet Bumi. Adapun garis lintang dan bujurnya, sudah ditentukan oleh National Geodetic Survey NOAA secara akurat.

Penerapan datum horizontal yang digunakan saat ini yaitu untuk memantau pergerakan kerak bumi. Sering kali, pemantauan ini dilakukan di tempat-tempat seperti Patahan San Andreas di California yang banyak terjadi gempa bumi.

Datum Vertikal 

Selain itu, ada juga jenis vertikal digunakan untuk mengukur elevasi tanah dan kedalaman air. Sama seperti versi horizontal, datum vertikal juga diwujudkan melalui kumpulan titik tertentu di bumi dengan ketinggian yang baik di atas atau di bawah permukaan yang ditentukan secara nasional.

Biasanya, datum vertikal digunakan untuk mengetahui elevasi tanah. Sementara, datum ketinggian air digunakan sebagai tingkat referensi yang direferensikan oleh bunyi batimetri untuk peta laut. Konversi antara keduanya dapat dilakukan melalui survei geodesi pada alat pengukur pasang surut.

Jenis Datum Berdasarkan Luas Area 

( Kemendikbud)

Datum juga memiliki jenis yang dibedakan berdasarkan luas areanya. Berikut ini penjelasannya:

Datum Lokal  

Pada tipe ini, paling sesuai dengan bentuk geoid pada daerah yang tidak terlalu luas. Sebagai contoh, di Indonesia terdapat datum lokal yaitu Datum Indonesia 1974, DGN 95 Datum Geodetik Indonesia 1995,  datum Genoek, dan datum Monconglowe.

Datum Regional 

Selanjutnya datum geodesi yang menggunakan ellipsoid referensi yang bentuknya paling sesuai dengan bentuk permukaan geoid pada area yang relatif lebih luas dibandingkan tipe lokal. 

Umumnya, tipe ini digunakan bersama oleh negara yang berdekatan maupun negara yang terletak dalam satu benua. Contohnya:

  • Datum indian dan datum NAD (North-American Datum) 1983 yang merupakan datum untuk negara-negara yang terletak di benua Amerika bagian utara
  • European Datum 1989 digunakan oleh negara negara yang terletak di benua Eropa
  • Australian Geodetic Datum 1998 digunakan oleh negara yang terletak di benua Australia.

Datum Global 

Terakhir, datum geodesi yang menggunakan ellipsoid referensi yang sesuai dengan bentuk geoid seluruh permukaaan bumi. Penggunaannya memanfaatkan perkembangan teknologi penentuan posisi. 

Datum datum global yang pertama adalah WGS 60, WGS66, WGS 72, awal tahun 1984 dimulai penggunaan datum WGS 84, dan ITRF.

Parameter Datum Geodetik

Datum geodetik memiliki beberapa parameter yang menentukan titik referensinya. Melansir dari Balai Diklat Geospasial Indonesia, berikut ini parameter datum geodetik: 

  • Parameter utama, yaitu setengah sumbu panjang ellipsoid (a), setengah sumbu pendek (b), dan penggepengan ellipsoid (f).
  • Parameter translasi, yaitu yang mendefinisikan koordinat titik pusat ellipsoid (Xo,Yo,Zo) terhadap titik pusat bumi.
  • Parameter rotasi, yaitu (εx, εy, εz) yang mendefinisikan arah sumbu-sumbu (X,Y,Z) ellipsoid.
  • Parameter lainnya, yaitu datum geodesi global memiliki besaran yang banyak hingga mencakup konstanta-konstanta yang merepresentasikan model gaya berat bumi dan aspek spasial lainnya.

Banyak peta atau data geodesi yang memakai datum yang berbeda. Misalnya untuk keperluan survey geodesi yang lebih luas, seperti penentuan batas batas antar negara, maka diperlukan datum bersama.


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!