Kamus Istilah Properti

Dak Beton

istilah properti

Dak Beton

Dak beton adalah komponen konstruksi panel lantai yang terbuat dari cor beton dan letaknya tidak langsung berada di atas tanah. 

Apa Itu Dak Beton?

dak beton
(Blog Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

Dak beton menjadi salah satu cara untuk memperkuat konstruksi dari segala sisi. Istilah dak memiliki pengertian sebagai pembatas antara lantai bawah dengan lantai yang di atasnya. 

Dak juga ditujukan sebagai konstruksi yang berada di bagian paling atas. Selain beton, ada beberapa material membuat dak seperti kayu dan tanah liat.

Sederhananya, dak beton adalah pembatas atau panel lantai yang terbuat cor beton. Mengingat peran dak terbilang penting terutama jika Pins ingin menambah lantai, maka pembuatannya harus tepat agar daya tahan bangunan jadi lebih terjamin. 

Sifat dan Karakteristik Dak Beton

dak beton
(Grid)

Dibandingkan material lainnya, dak yang terbuat dari beton memiliki sifat dan karakteristik yang lebih unggul. Berikut ini sifat-sifat yang dimaksud: 

Impermeabel

Dak beton tergolong impermeabel yang memiliki sifat tidak dapat dilewati oleh air lantaran tidak memiliki pori-pori. Karena kepadatan beton, hujan tidak menembus ke dalam pori-porinya.  

Sehingga beton lebih tahan terhadap siklus pembekuan, tidak mudah pecah, maupun terkelupas.

Tahan Api

Beton banyak dipakai sebagai material pembuatan trotoar, jalan raya, dan bangunan parkir hingga kapal. Hal ini karena beton adalah salah satu dari sedikit bahan di dunia yang hampir tidak dapat ditembus baik oleh api maupun air. 

Tingkat konduktivitas termal (perpindahan panas) yang lambat juga berarti atap beton juga lebih kebal terhadap kebakaran. 

Permukaan Halus dan Warna Rata

Warna ubin beton yang diinginkan diperoleh dengan penambahan oksida, yang membuatnya lebih rata. Selain itu, permukaannya halus karena pasir yang sangat bersih yang digunakan dalam proses fabrikasi dan perlindungan permukaan khusus, yang menjamin keseragaman warna dan ketahanan aus.

Alhasil, rumah dengan atap beton ini bisa diandalkan dari sisi estetika dan bisa divariasikan dalam berbagai macam gaya arsitektur.

Lebih Presisi

Karakteristik selanjutnya yaitu lebih presisi dari sisi dimensi. Teknologi produksi dak beton memastikan ubin beton digunakan untuk atap.  

Meski begitu dalam pembuatannya harus dibuat dalam tempo yang tepat sehingga hasil dak beton tidak melengkung dan tidak retak.  

Komponen Alami Tetapi Solid

Beton terbuat dari tiga komponen alami yaitu air, pasir dan semen. Karakteristiknya pun menjadikan berat dan kekuatan atap beton memiliki ketahanan terhadap badai dan fenomena cuaca ekstrim lainnya. 

Beton juga lebih solid atau kuat sehingga mampu menahan beban dan berat tanpa kendala.  

Jenis Atap Beton

Atap dak beton memiliki beberapa jenis yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, diantaranya: 

Beton Cor Konvensional

Cor dak konvensional adalah beton cair yang terdiri dari perpaduan beberapa material alam yaitu semen, split, pasir, additive, air dan diperkuat dengan tulangan besi. 

Kelebihan jenis ini lebih mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi, tahan lama, kuat, dan lebih berkualitas. Pengerjaan dikerjakan di tempat dengan waktu pengeboran selama kurang lebih 28 hari.

Beton Ready Mix

Ready Mix adalah istilah untuk beton yang telah di-blend dengan rangkaian bahan material terdiri dari pasir dengan formulasi khusus. 

Kelebihannya jenis ini dapat langsung digunakan tanpa proses cor di lapangan serta lebih praktis. 

Keramik Beton

Keramik Komposit Beton atau disebut Keraton adalah merupakan teknologi alternatif untuk membuat struktur dak lantai selain dari bahan beton. Material ini biasanya dipakai untuk membangun plat lantai di tingkat atas.

Kelebihannya praktis dan bersih, lalu hasilnya lebih ringan, tetapi tetap kuat.

Kelebihan Atap Dak Beton

dak beton
(Alita Home)

Memasang atap dak beton memiliki sejumlah kelebihan dan keuntungan yang bisa dipertimbangkan, berikut ini diantaranya: 

Bisa Dibuat Tambahan Ruang 

Kelebihan utama yang menjadikan banyak orang memilih atap dak beton adalah dari sisi kegunaannya. Kalau Pins bandingkan dengan model atap runcing atau tertutup, Pins bisa menjadikan bagian atap sebagai tambahan ruang seperti ruang bersantai hingga ruang mencuci. 

Tak cuma itu, selain sebagai atap, pengguaan dak jenis ini sebenarnya bisa diaplikasikan pada berbagai bagian rumah, seperti dinding, lantai, maupun jalan setapak di taman. Bahkan, kalau Pins ingin membuat desain rumah mezzanine, jenis konstruksi ini bisa digunakan.  

Tahan Cuaca 

Salah satu manfaat utama dari roof beton adalah kemampuannya untuk melindungi rumah dari unsur-unsur berbahaya. Bahkan material beton dapat menahan angin badai, hujan lebat, hingga kerusakan akibat hujan es. 

Hal ini membuat mereka sangat mudah beradaptasi dengan iklim Kanada. Dengan ketebalan tertentu, atap beton ternyata dapat meredam panas matahari sehingga suhu di dalam ruangan tetap terasa sejuk.

Tahan Lama 

Kelebihan selanjutnya lebih tahan lama daripada banyak atap lainnya. Bahkan, atap beton bisa bertahan dalam waktu 30 hingga 40 tahun jika dipasang dan dirawat dengan benar. Salah satu bangunan beton paling ikonik, Colosseum Romawi, dibangun pada tahun 80 M, bertahan hingga saat ini.

Tak heran, jenis atap ini juga termasuk ke dalam atap yang kuat dan tidak mudah rusak. Jadi sangat cocok dipakai pada bangunan yang terletak di area dengan cuaca ekstrem atau terpaan angin yang tinggi.

Perawatan yang Mudah 

Soal perawatannya menjadi kelebihan berikutnya karena cenderung lebih mudah. Pins hanya perlu menyapu dan menyiram bagian dak untuk menyingkirkan debu.

Permukaan ubin beton yang halus juga memberikan perlindungan tambahan terhadap kelembaban, yang berarti lebih sedikit lumut dan pembentukan ganggang, serta terhadap efek polusi. Jadi, lebih mudah untuk merawatnya. 

Kekurangan Atap Beton

(Sentracon)

Meski kekurangannya yang banyak, ada sejumlah kekurangan jenis dak ini, antara lain: 

  • Proses pemasangan atap beton lebih sulit dibandingkan jenis atap lainnya. Dibutuhkan tenaga konstruksi profesional karena memerlukan keahlian khusus dan waktu pengerjaannya yang tepat waktu. 
  • Kalau ingin merenovasi rumah Pins harus membongkarnya secara keseluruhan dan tidak bisa lagi dikerjakan secara parsial.
  • Kurang disarankan untuk bangunan yang memiliki ukuran kecil karena dibutuhkan ventilasi yang baik.
  • Bahannya juga lebih berat daripada banyak sistem atap lainnya.
  • Dari segi harga lebih mahal daripada atap aspal dan biasanya termasuk dalam kisaran harga getar kayu.

Tips Membuat Dak Beton

dak beton
(High Energy Solar)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dalam pengerjaannya jenis konstruksi ini harus dibuat dengan benar agar memberikan hasil yang sempurna. 

Sebagai gambaran berikut ini tips membuat dak beton yang benar: 

  • Awali pengerjaan dak beton dengan kalkulasi dimensi lantai agar jumlah dan jenis material, peralatan yang dibutuhkan, waktu, jumlah tenaga kerja, dan biayanya bisa tepat. 
  • Jangan menggunakan besi secara berlebihan karena bisa menambah beban struktur dan lebih mahal. Sesuaikan jumlah besi tulangan dengan perhitungan yang tepat.
  • Ketebalan dak harus dibuat dengan sesuai yaitu sekitar 12 cm. Sementara atap beton, rata-rata menggunakan ketebalan minimal 8 cm.  
  • Untuk hasil yang maksimal, proses pengadukan harus merata, tidak terlalu cair ataupun terlalu kental. Usahakan untuk tidak muncul segregasi atau butiran terpisah yang berpengaruh pada kualitas pengerjaan dan hasil nantinya.
  • Sesuaikan kualitas dengan kebutuhan struktur, terutama jika Pins berniat menaruh benda-benda yang memiliki ukuran bobot yang besar seperti toren air dalam jumlah yang lebih dari satu. 
  • Pins bisa menyiramkan air pada dak untuk menghindari pengerasan atap beton sebelum waktunya. 

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.