Kamus Istilah Properti

Genteng Beton

istilah properti

Genteng Beton

Genteng beton adalah jenis material untuk atap yang terbuat dari pasir, semen, bubuk besi oksida, dan air.

Apa itu genteng beton?

(The Architect Diary)

Pemilihan material yang akan diterapkan pada bagian atap sebuah bangunan akan berpengaruh pada beberapa aspek. Terjaganya suhu nyaman di dalam bangunan, menariknya tampilan bangunan, ketahanan terhadap perubahan cuaca, sampai anggaran yang dikeluarkan merupakan beberapa contoh aspek yang dimaksud.

Di pasaran, kita akan menemukan banyak jenis atap yang bisa diterapkan untuk menutup bagian atas dari bangunan yang akan kita bangun atau perbaiki. Salah satu material yang mungkin kita temui adalah genteng beton.

Genteng beton adalah jenis material untuk atap yang terbuat dari pasir, semen, bubuk besi oksida, dan air. Campuran dari bahan-bahan tersebut kemudian diaduk merata, dicetak, lalu dipanaskan hingga mengeras.

Material ini dikenal memiliki bobot yang lebih berat jika dibandingkan dengan genteng dari tanah liat, ataupun jenis-jenis atap yang berbentuk lembaran. Akan tetapi, untuk masalah kekokohan dan ketahanan cuaca, material ini sangat bisa untuk kita andalkan.

Selain kokoh dan memiliki ketahanan yang baik, material ini juga tidak memerlukan tindakan perawatan yang merepotkan. Penggantian genteng yang rusak akibat pemakaian potensinya cukup kecil. Ekspektasi masa pemakaiannya pun cukup panjang yakni hingga 50 tahun.

Dengan bobotnya yang cenderung berat, kita mungkin akan kesulitan menerapkan genteng ini pada rangka atap yang dirancang dengan kemiringan curam. Kesulitan juga bisa terjadi apabila genteng ini akan dipasang pada atap-atap yang memiliki bentuk rumit.

Kemampuan untuk memantulkan panas yang baik dari material ini akan menghemat energi yang kita gunakan pada bangunan. Alat elektronik untuk penyejuk atau pendingin udara bisa diperkecil frekeuensi penggunaannya. Dengan begini, kita juga bisa menghemat pengeluaran periodik untuk pembayaran listrik.

Tipe-tipe genteng beton

(Pontefract Roof)

Menurut sumber roofingcalculator.com, tipe genteng ini terbagi menjadi tiga berdasarkan penampakan bentuknya. Penampakan bentuk yang dimaksud antara lain adalah tipe low (flat), medium, dan high.

Low (flat)

Tipe low (flat) memiliki ciri utama yakni permukaan genteng tidak memiliki lekukan-lekukan tegas. Bahkan, bentuk permukaannya cenderung datar.

Adapun bentuk lekukan yang terdapat pada genteng jenis ini berbentuk gelombang-gelombang kecil. Setidaknya lekukan tersebut memiliki ukuran tinggi yang tidak lebih dari 1,5 centimeter.

Medium

Setingkat diatas tipe low, genteng beton tipe medium memiliki lekukan yang lebih tegas. Ukuran lekukannya tersebut memiliki rasio 1:5 atau kurang dari itu antara bagian dasar dan bagian atas.

High

Tipe high profile memiliki bentuk lengkungan yang rasionya lebih dari 1:5 dari bagian atas dan bagian dasar. Kita acap kali menemukan bentuk dari genteng ini melengkung.

Kelebihan

(Dinas Kelautan dan Perikanan Sumsel)

Mengetahui kelebihan dari suatu material merupakan hal yang cukup penting, Terlebih jika berencana menerapkan suatu material untuk pembangunan atau perenovasiannya suatu bangunan.

Tahan lama

Salah satu keunggulan dari material ini adalah umur pemakaiannya yang panjang dan ketahanannya yang baik. Menurut sumber The Spruce, umur pemakaian genteng jenis ini bisa lebih dari 100 tahun. Dengan ketahanannya yang baik, kemungkinan untuk penggantian genteng yang rusak cukup kecil.

Material berkelanjutan

Material ini termasuk dalam kategori material yang ramah lingkungan. Dengan panjangnya umur pemakaian yang ditawarkan, kita akan minim melakukan perbaikan pada atap ini.

Selain itu, material beton juga dapat didaur ulang. Satu pilihan yang tepat untuk kamu yang memiliki kesadaran lingkungan.

Memiliki banyak macam bentuk dan warna

Jenis genteng ini memiliki beragam bentuk dan warna yang bisa kita pilih sesuai dengan selera atau gaya bangunan tertentu. Seperti yang dijelaskan di bab sebelumnya, genteng ini memiliki beberapa macam profile bentuk. Dari low (flat), medium, hingga high.

Pilihan warna genteng yang bervariasi juga dapat disesuaikan dengan cat bangunan agar menunjang untuk penerapan konsep tertentu.

Bisa menghemat energi

Material ini punya kemampuan untuk memantulkan panas yang baik. Jadi, ruangan yang berada di bawahnya akan cenderung memiliki temperatur yang nyaman. Dengan begini kita bisa menghemat ongkos untuk biaya operasional mesin pengatur suhu ruangan.

Kekurangan

(Engineering for Change)

Mengetahui kekurangan dari sebuah material akan membantu kita memberikan gambaran yang cenderung lebih menyeluruh. Pada bagian ini, kami akan memaparkan beberapa poin yang menjadi kekurangan dari genteng beton.

Bobotnya berat

Material ini memiliki bobot yang lebih berat daripada genteng dari tanah liat ataupun genteng-genteng yang bentuknya berupa lembaran. Pengangkutannya ke titik tertentu mungkin akan lebih merepotkan jika dibandingkan dengan mengangkut material atap jenis lain.

Biaya membengkak di depan

Material ini memiliki harga yang cukup tinggi. Selain harganya tinggi, dalam proses perancangan dan pemasangannya juga memerlukan biaya yang lebih dibandingkan dengan atap jenis lain. Namun, jika kita melihat dari umur pemakaiannya yang panjang, tentu ongkos yang dikeluarkan di awal sebanding dengan apa yang akan didapatkan.

Teknis pemasangan

Tidak seperti atap-atap yang umum digunakan pada bangunan standar, genteng jenis ini memerlukan keahlian khusus dalam proses perencanaan dan pemasangan. Salah satu permasalahan teknis dari pemasangan genteng ini adalah ketika kita harus melakukan pemotongan genteng untuk bagian-bagian sudut.

Tampilan permukaan akan berubah

Meskipun umurnya cukup panjang, tampilan dari permukaan genteng ini akan berubah sejalan dengan waktu pemakaian. Biasanya, warna dari genteng ini akan memudar sehingga kita perlu melakukan pengecatan ulang.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.