Kamus Istilah Properti

Cerukan

istilah properti

Cerukan

Cerukan (overdraft) adalah posisi saldo negatif di rekening giro nasabah setelah melakukan penarikan melebihi dana yang ada dalam rekening.

Apa itu cerukan?

cerukan
(The Guardian)

Banyak sekali macam-macam produk pinjaman dana yang ditawarkan oleh bank kepada nasabah. Dari pinjaman dana yang menggunakan jaminan (agunan) sampai pinjaman tanpa jaminan. Salah satunya adalah cerukan.

Cerukan atau overdraft merupakan posisi saldo negatif di rekening giro nasabah setelah melakukan penarikan melebihi dana yang ada dalam rekening. Dana yang ditarik tersebut kemudian dikategorikan oleh bank sebagai dana yang dipinjam oleh nasabah.

Setiap bank punya kebijakan terkait seberapa banyak dana yang bisa ditarik sebagai pinjaman overdraft. Nantinya ada cicilan dan bunga yang secara berkala harus dibayarkan oleh nasabah kepada bank. Soal tenggat waktu pembayaran, masing-masing bank juga memiliki ketentuan yang bisa berbeda.

Tidak semua nasabah bank bisa mendapatkan keleluasaan ini. Hanya mereka yang mendaftarkan dirinya dan disetujui oleh pihak bank saja yang bisa memperoleh fasilitas pinjaman overdraft. Secara prosedur, pihak bank akan langsung menginformasikan jika rekening giro kamu bisa digunakan untuk melakukan penarikan debet hingga overdraft. Jadi, semua pihak mengetahui dan menyetujui bersama-sama.

Secara hukum, keberadaan cerukan (overdraft) tertulis dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan no. 44/POJK.03/2017 di pasal 1 ayat 2a. Peraturan Bank Indonesia nomor 23/3/PBI/2021 pada pasal 3 ayat 2c juga menjelaskan poin yang sama persis. Semuanya tercatat pada poin yang membahas soal kredit atau pembiayaan dana dari bank.

Cerukan (overdraft), yaitu saldo negatif pada rekening giro nasabah yang tidak dapat dibayar lunas pada akhir hari.

POJK no. 44/POJK.03/2017 pasal 1 ayat 2a dan PBI no 23/3/PBI/2021 pasal 3 ayat 2c.

Syarat-syarat untuk mendapatkannya

cerukan
(Suits Me)

Setiap bank mempunyai persyaratan yang berbeda-beda terkait penggunaan fasilitas overdraft yang mereka miliki. Beberapa bank cukup tertutup untuk penawaran fasilitas overdraft-nya, sedangkan beberapa yang lain mempromosikan jenis produk pinjaman seperti ini ke umum.

Jika kamu ingin mengajukan diri untuk mendapatkan fasilitas overdraft, kamu harus melengkapi dokumen-dokumen dan ketentuan khusus yang dibutuhkan oleh bank. Nantinya pihak bank akan memproses dan melanjutkan ke penilaian terhadap kelayakan nasabah.

Pada umumnya, syarat-syarat pembuatan rekening yang dapat melakukan penarikan hingga overdraft adalah sebagai berikut:

  • Melengkapi dokumen kewarganegaraan (ada bank yang terbuka untuk nasabah WNA)
  • Memiliki rekening giro bank tersebut (tiap bank bisa jadi punya ketentuan saldo minimal tertentu).
  • Membuat surat persetujuan kredit.
  • Melengkapi Nomor Pokok Wajib Pajak.

Boleh jadi masing-masing bank punya ketentuan khusus di luar poin-poin yang sudah disebutkan di atas. Pada dasarnya, kamu sudah sah menggunakan model pinjaman tersebut apabila pihak bank sudah menyetujuinya. Tentu saja, pihak bank akan menginformasikan aktifnya fasilitas pinjaman tersebut kepada kamu.

Keuntungan dan kerugian menggunakan cerukan

cerukan
(The Plum Basket)

Pada bagian ini, kamu akan mendapatkan informasi terkait keuntungan dan kerugian menggunakan fasilitas overdraft yang diberikan pihak bank. Jadi simak baik-baik ya!

Keuntungan

  • Pinjaman dilakukan tanpa prosedur pengajuan. Jadi kamu bisa langsung mendapatkan dana.
  • Beberapa produk pinjaman jenis ini menawarkan pinjaman dana berupa mata uang asing.
  • Sebagian bank yang memfasilitasi pinjaman tidak meminta jaminan.
  • Pembayaran kredit lebih mudah: Kebanyakan bank akan menarik saldo di rekening kamu. Jadi kamu hanya perlu menyetorkan dana ke rekening untuk pembayarannya.
  • Apabila pembayaran lancar, bisa menjadi rekam jejak yang bagus bagi nasabah untuk mendapatkan kepercayaan bank.
  • Bisa digunakan untuk dana investasi yang baik apabila melakukan perhitungan dan manajemen risiko dengan jelas.

Kerugian

  • Tingkat suku bunga terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan pinjaman jenis lain.
  • Ada risiko pengurangan jumlah nominal kredit jika pihak bank menilai nasabah kurang kompeten untuk membayar cicilannya.
  • Pembayaran cicilan yang macet mempengaruhi rekam jejak nasabah.
  • Fasilitas overdraft yang digunakan oleh bank dapat sewaktu-waktu dijamin oleh persediaan dana (dana yang didebet oleh nasabah ke bank tersebut).
  • Jaminan lain bisa diambil oleh bank antara lain saham, polis asuransi jiwa, atau usaha milik nasabah.
  • Ada kemungkinan pihak bank melakukan penagihan kepada nasabah ketika ketersediaan dana untuk pinjaman overdraft sedang dibutuhkan.

Beberapa penggunaannya

cerukan
(Corporate Finance Institute)

Beberapa bank memberikan pinjaman overdraft untuk keperluan khusus. Sementara, yang lain tidak mempunyai ketentuan khusus untuk penggunaannya. Jadi, nasabah bisa bebas untuk menggunakan pinjaman tersebut sesuai dengan preferensi.

Sebagai contoh, Bank HSBC memberikan fasilitas cerukan kepada nasabah tanpa mengatur untuk apa dana pinjaman tersebut digunakan. Di lain pihak, Bank Standard Chartered mengeluarkan pinjaman overdraft hanya untuk keperluan: deposito berjangka, reksadana, obligasi ritel, dan asuransi jiwa.

Kapan saat yang tepat menggunakan overdraft?

cerukan
(NerdWallet)

Pinjaman overdraft akan lebih cocok untuk memenuhi kebutuhan kas tambahan untuk keperluan jangka pendek. Kamu perlu memahami risiko utamanya yakni bunganya yang cukup tinggi. Jadi, kamu perlu untuk mengelola alur keluar masuk kasmu dengan baik nantinya.

Itu tadi penjelasan mengenai pinjaman cerukan (overdraft). Semoga apa yang sudah dipaparkan dapat membantumu ya, Pins! Sampai jumpa di pembahasan Glossary selanjutnya ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.