Kamus Istilah Properti

Akrual

istilah properti

Akrual

Akrual adalah metode akuntansi berupa pencatatan yang dilakukan saat transaksi berlangsung meskipun kas belum diterima.

Apa Itu Akrual?

akrual
(Corporate Finance Institue)

Teknik pencatatan akrual (accrual) digunakan untuk mengetahui kinerja perusahaan dan laporan keuangan dengan lebih jelas. Dengan memakai metode ini, perusahaan dapat menentukan kebijakan yang lebih relevan di periode mendatang. 

Pins bisa memakai metode ini karena menguntungkan dalam mencatat pembayaran untuk produk maupun layanan tertentu sekalipun belum bisa dibuat dan diterima.  

Jika merujuk pada Kamus Bank Indonesia (BI), akuntansi asas akrual adalah suatu sistem yang menentukan biaya dan pendapatan pada buku tahun tertentu, meskipun buku tahun baru direalisasikan pada buku tahun selanjutnya.

Sementara dalam Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) disebutkan bahwa akuntansi asas akrual adalah suatu prinsip dari akuntansi yang mencatat laporan keuangan seputar utang, aset, beban dan ekuitas.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa akrual adalah salah satu metode akuntansi yang pencatatan penerimaan dan pengeluarannya diakui dan dicatat secara langsung ketika transaksi berlangsung, meskipun uang kas untuk transaksi tersebut belum dibayarkan atau diterima.

Pencatatan akuntansi berbasis akrual tergolong international best practice dalam pengelolaan keuangan modern. Metode ini sesuai dengan prinsip New Public Management (NPM) yang mengedepankan transparansi dan akuntabilitas. 

Penggunaan Konsep Akrual 

(Panel Har)

Ada dua konsep transaksi yang bisa memakai metode ini yaitu:

Pengakuan Beban

Ketika kewajiban membayar sudah terjadi, maka pengakuan beban bisa dilakukan. Pada titik ini, bisa dianggap sebagai starting point kemunculan biaya sekalipun sebenarnya beban belum terbayarkan. 

Pengakuan beban ini memakai metode accrual basis yang ditetapkan berdasarkan kontrak dengan masa manfaatnya.

Pengakuan Pendapatan

Untuk konsep ini maksudnya ketika perusahaan mempunyai hak untuk melakukan penagihan dari hasil kegiatan perusahaan, maka disinilah akrual basis dilakukan. 

Pada konsep basis akrual, perihal kapan kas benar-benar diterima kurang begitupun penting untuk dibahas. Alhasil selanjutnya akan muncul estimasi piutang tak tertagih karena penghasilan sudah diakui meskipun kasnya belum diterima.

Kelebihan Asas Akrual

(Jurnal ID)

Seperti yang sudah dijelaskan, metode accrual berguna untuk menilai kondisi kesehatan suatu perusahaan dalam hal laporan keuangannya. Sebab, pencatatannya dilakukan sebelum laporan keuangan perusahaan diterbitkan.  

Berikut kelebihan dari asas accrual

  • Dapat menilai kondisi keuangan suatu perusahaan, terutama untuk bisnis yang didalamnya terdapat banyak sekali transaksi kredit yang didalamnya tidak terjadi pertukaran uang secara tunai.
  • Membantu meningkatkan jumlah informasi di dalam laporan akuntansi. 
  • Membantu akuntan dalam melakukan penyesuaian untuk pendapatan dan biaya yang sudah didapatkan atau digunakan tapi belum tercatat di dalam akun. 
  • Memudahkan dalam membuat keputusan keuangan di masa mendatang berdasarkan gambaran tentang pendapatan dan pengeluaran.  
  • Membantu dalam memberi pilihan dalam hal penangguhan penghasilan atas pengembalian pajak sehingga ada kemungkinan keringanan pajak. 

Kekurangan Metode Akrual

(Integra Books)

Berikut ini beberapa kekurangan dari penerapan accrual dalam pencatatan laporan keuangan perusahaan dan bisnis.

  • Metode perhitungan lebih kompleks kalau dibandingkan dengan metode akuntansi lainnya.
  • Perhitungannya lebih memakan waktu karena metode akrual ini memerlukan beberapa estimasi. Misalnya, memperkirakan piutang yang tidak tertagih dan memperkirakan adanya penyusutan pada pelaporan aset tetap.
  • Estimasi tidak terlalu akurat.
  • Memungkinkan perusahaan untuk melakukan manipulasi laba bersih. Caranya dengan mengenali pendapatan lebih awal maupun lebih lambat.
  • Lebih mahal karena memerlukan lebih banyak sumber daya dalam pengerjaannya.
  • Ada kemungkinan Pins harus membayar pajak pendapatan lebih awal sekalipun belum menerima pendapatan tersebut.

Perbedaan Akuntansi Kas dan Akuntansi Akrual

akrual
(Community Home Health Care)

Selain akuntansi accrual, ada juga akuntansi kas yang keduanya sering disamakan. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas. Singkatnya akuntansi akrual adalah kebalikan dari akuntansi kas. 

Pada akuntansi kas, pemilik bisnis akan mengakui pendapatan hanya saat mereka sudah menerima pembayaran tunai. Kemudian, pencatatan pengeluaran juga dilakukan hanya saat sudah melakukan pembayaran tunai. 

Artinya, pengakuan pendapatan dan pengeluaran pada metode ini hanya terjadi ketika uang sudah berpindah tangan. 

Berbeda dengan metode akrual yang tidak tergantung pada aliran uang karena perusahaan bisa mengakui pendapatan atau beban meskipun belum menerima ataupun melakukan pembayaran secara tunai.

Hal-hal yang diperlukan dalam Metode Akrual

Di dalam metode akrual berisi nilai pendapatan dan pengeluaran yang terjadi dalam kurun waktu satu periode akuntansi tanpa fatur maupun pembayaran yang dilakukan.

Akrual bisa berupa angka yang diperkirakan. Hal ini karena nilai faktur dan nilai sebenarnya saat diterima yang mungkin mempunyai tingkat perhitungan yang berbeda.

Sebab, jika faktur sudah diterima, maka pemilik bisnis haruslah mencatat jumlah di bawah hutang yang sudah dibayarkan. Barulah kemudian dikumpulkan di dalam neraca.

Contohnya, penggunaan akrual dari pembukuan biaya adalah akrual kewajiban dan pengeluaran yang mana keduanya bisa dijadikan suatu perbaikan besar yang terjadi pada akhir bulan akuntansi. 

Namun, yang perlu ditekankan, semua tagihan ini tidak dibayarkan sampai tagihan bisa diterima di bulan pertama pada tahun berikutnya. Tujuannya agar laporan keuangan tahunan yang terjadi bisa lengkap. 

Maka dari itu lah, Pins akan memerlukan sejumlah hal dalam melakukan metode yang satu ini, yaitu:

  • Hasil laporan laba rugi perusahaan untuk tahun berjalan. Pada laporan ini juga terdapat laporan biaya perbaikan.
  • Neraca hari akhir tahun berjalan. Harus melaporkan liabilitas yang terkait. 
  • Harus dibuat entri supaya bisa menyesuaikan debit biaya perbaikan serta kredit biaya yang masih harus dibayarkan. 

Jadi, kalau Pins menjual sebuah produk,  baik itu barang maupun jasa secara kredit, maka penjualan akan tercatat dalam buku berdasarkan faktur yang sudah diterima. Ada sejumlah kemungkinan Pins belum menerima pembayaran tunai pada waktu tertentu. 

Adapun biaya lainnya akan tercatat jika bahan sudah sudah dipesan, bukan saat pembayaran aktual dilakukan kepada pihak pemasok dengan uang tunai. 

Demikian informasi yang bisa sampaikan seputar accrual. Bisa disimpulkan bahwa metode akrual membuat beban akuntansi dapat diimbangi dengan pendapatan yang tercantum di dalam laporan laba rugi. Hal ini akan memberikan gambaran yang lebih baik terkait kondisi keuangan perusahaan dan bisa menjadi cara untuk membuatnya jadi lebih baik di masa mendatang. 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.