Pinhome

Tips Properti

Alasan Membangun Rumah Tumbuh

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Inilah macam-macam alasan yang bisa menjadi sebab kenapa kita membangun rumah tumbuh, yaitu rumah yang dibangun secara bertahap tapi bangunan sudah dapat berfungsi dengan baik, penumbuhan bangunan bisa dilakukan secara vertikal dengan membangun ruang bawah tanah, meningkat 2 lantai, 3 lantai dan seterusnya, atau dikembangkan secara horizontal dengan melebarkan bangunan ke belakang, ke samping atau ke depan. ini sangat erat kaitanya dengan perencanaan masa depan dan upaya antisipasi desain bangunan agar nyaman untuk dihuni di masa datang.

Nah, berikut beberapa contoh penyebab membangun rumah tumbuh:

Saat ini biaya belum cukup

Untuk sementara bisa membangun rumah satu lantai dulu tapi sudah layak untuk dihuni, sambil mencari rezeki dan menabung uang sehingga ketika dana sudah mengumpul bisa melanjutkan pembangunan kembali.

Anggota keluarga bertambah dikemudian hari

Mungkin di masa depan akan ada kelahiran anak baru, atau orang tua akan ikut tinggal satu rumah, kondisi ini membutuhkan ruangan yang lebih lebar atau akan ada tambahan kamar baru.

Anak-anak akan tumbuh besar dan perlu kamar baru

Nantinya anak-anak akan tumbuh besar dan membutuhkan kamar khusus, tapi untuk saat ini masih bisa menggunakan kamar bersama, oleh karena itu rumah di desain sedemikian rupa agar bisa dilanjutkan pembangunanya dkemudian hari.

Mengikuti trend model rumah di masa depan

Khusus bagi yang suka upgrade bangunan menyesuaikan trend model rumah terkini akan lebih bagus membangun rumah yang mudah untuk di modifikasi atau diubah penampilanya di masa depan, misalnya bagian depan rumah dihias dengan GRC, batu alam atau Alumunium composit panel, pemasangan dibuat sedemikian rupa agar mudah dalam penggantian nantinya.

Akan ada perubahan fungsi rumah

Misalnya dikemudian hari kita akan memfungsikan lantai satu untuk area usaha dan tempat tinggal pindah ke lantai 2, namun saat ini kita baru bisa membangun satu lanti saja.

Apapun alasanya, yang terpenting adalah mengantisipasi agar tidak ada pekerjaan bongkar pasang di kemudian hari, bagaimana caranya agar pembangunan rumah tumbuh hanya bersifat menambah, bukan mengurangi bangunan yang sudah ada, hal ini untuk menghemat biaya, waktu dan tenaga saat melanjutkan pembangunan rumah dimasa depan, selamat merencanakan rumah tumbuh dengan bagus 🙂

Tags :

Bagikan Artikel