BlogPemilik PropertiDesain HunianMenggunakan Dinding Rumah Bersama, Untung atau Rugi?
0
0

Menggunakan Dinding Rumah Bersama, Untung atau Rugi?

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Rizko Fatra

Apr 4, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
dinding rumah bersamatop-right-banner Jika kita melihat sejenak beberapa perumahan di Indonesia khususnya rumah Jakarta, Bekasi, Bogor ,Depok, Tangerang, serta daerah lainya. Kita akan menemukan suatu kondisi dimana ada satu dinding untuk dua rumah di perumahan tersebut. Jadi, masing-masing rumah sebenarnya hanya berhak memiliki setengah dinding saja. Tentunya ada banyak pertimbangan sehingga harus dibuat seperti ini. Ada berbagai macam keuntungan maupun kerugian dengan menerapkan dinding rumah bersama, untuk itu disini kami akan membahasnya secara detail sebagai berikut ini. Baca juga: Solusi Jika Dinding Rumah Retak

Dinding Rumah Bersama

dinding rumah bersama
Source : Unsplash
Setiap orang yang memilih menggunakan dinding rumah bersama tentu memiliki alasannya masing – masing. Sebagian besar alasan memilih alternatif ini adalah sebagai berikut:

Menghemat Budget

Faktor penghematan, jadi developer perumahan bisa menghemat biaya bangun rumah, serta menghemat bahan bangunan, sehingga bisa memperkecil harga jual. Dengan begitu diharapkan rumah bisa cepat laku habis terjual.

Memaksimalkan Keuntungan

Untuk memperbesar keuntungan pengembang perumahan. Meski dibuat satu untuk dua rumah tapi harganya tetap dihitung masing-masing, jadi pihak developer bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Baca juga: Strategi Membeli Rumah di Perumahan yang Menguntungkan

Mempercepat Proses Pembangunan

Untuk mempercepat proses pembangunan, ada efisiensi waktu dan tenaga sehingga rumah dapat terbangun lebih cepat.

Mengoptimalkan Tanah

Mengoptimalkan tanah yang tersedia agar bisa terbentuk unit rumah sebanyak mungkin. Penggunaan dinding rumah bersama juga bisa membuat ruangan rumah tetap lebar meskipun tanah yang tersedia terbatas. Baca juga: Data Tanah yang Diperlukan Arsitek Untuk Desain Rumah

Kekurangan Dinding Rumah Bersama

Adapun kekurangan yang mungkin kamu dapatkan jika menggunakan dinding rumah bersama adalah sebagai berikut:
  1. Jika kualitas material tidak bagus maka ada kemungkinan terjadi lobang yang tembus tetangga. Contohnya ketika memasang paku untuk centelan baju, maka harus berhati-hati pada situasi ini.
  2. Bunyi aktifitas keluarga tetangga akan sangat terdengar dirumah sebelah, jadi ada sisi privasi yang terbuka.
  3. Saat tetangga melakukan renovasi maka ada kemungkinan rumah sebelahnya menjadi terganggu aatau bahkan bangunan mengalami kerusakan, misalnya atap menjadi bocor dan sebagainya.
  4. Jika ingin merubah rumah menjadi 2 lantai, maka harus memasang dinding dan kolom lagi. Sehingga ada kemungkinan ruangan menjadi menyempit.
Apapun kerugian dan keuntunganya, intinya adalah diperlukan sikap rukun antar tetangga pada rumah yang menerapkan dinding rumah bersama. Baca Juga:
Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang! Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download