BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Menghemat Listrik di Kosan, Ini Dia Cara Mudahnya!
0
0

Cara Menghemat Listrik di Kosan, Ini Dia Cara Mudahnya!

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 4, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
cara menghemat listrik kosantop-right-banner

Listrik memang sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Tanpa listrik, tentunya berbagai macam aktivitas di kehidupan kita akan terganggu. Namun, kita juga harus bijak dalam menggunakannya. Berbagai cara menghemat listrik perlu dilakukan, terutama bagi kamu anak indekos. Ternyata ada cara menghemat listrik di kosan yang mudah untuk dilakukan.

Pinhome – Sebagai anak indekos, perilaku menghemat listrik sangat penting dilakukan. Apalagi jika terdapat banyak sekali barang yang menggunakan listrik sebagai sumber daya di kosanmu. Tanpa disadari, beberapa perilaku kecil kita, seperti tidak mencabut colokan listrik, membiarkan lampu menyala terus-menerus, hingga menyalakan TV pada saat tidur bisa membuat tagihan listrik jebol, lho.

Baca Juga:

Cara Menghemat Listrik di Kosan

Ingin menghemat pengeluaran di kosan? Jangan khawatir! Gunakan cara menghemat listrik di kosan yang sangat efektif berikut ini:

Cek Daya Peralatan Listrik

cara menghemat listrik kosan
Source : Servicejogja.pro

Cara pertama untuk menghemat listrik adalah dengan memeriksa daya dari alat elektronik yang kamu miliki. Semakin besar daya yang dimiliki, semakin besar pula konsumsi listrik yang digunakan. Sebaiknya, beli alat elektronik untuk kosanmu yang memiliki daya rendah karena dapat membantu mengurangi penggunaan listrik.

Baca Juga:

Cabut Colokan yang Tidak Diperlukan

Source : Pixabay

Membiasakan steker tetap dicolok pada sakelar adalah hal yang keliru. Meskipun tidak digunakan, tetapi arus listrik tetap ada dan mengalir sehingga membuat pemakaiannya menjadi boros. Bila sudah tidak diperlukan lagi, cabut steker dari sakelar agar listrik tidak terbuang percuma.

Baca Juga:

Perhatikan Penerangan Kamar

cara menghemat listrik kosan
Source : The Spruce

Segera matikan lampu kamar bila sudah tidak dibutuhkan lagi. Jangan sampai lampu kamar terus menerus menyala agar tidak menguras energi listrik. Lebih baik manfaatkan cahaya matahari sebagai penerangan alami pada siang hari.

Selain itu, cahaya matahari pagi juga baik untuk untuk tubuh karena mengandung vitamin D. Apabila kamar indekos masih menggunakan lampu pijar, sebaiknya segera ganti ke lampu LED.

Gunakan Lampu LED

Source : Kompas

Bagaimana cara menghemat listrik berikutnya yang efektif? Jawabannya adalah dengan mengganti lampu kamar indekos dengan lampu LED. Tinggalkan segera lampu pijar, halogen, dan fluorescent karena lampu-lampu tersebut memiliki konsumsi listrik yang cukup tinggi.

Sementara, lampu LED lebih hemat listrik dan ramah lingkungan. Selain itu, ruangan juga tidak menjadi panas dan jangka waktu penggunaan lampu LED ini lebih lama.

Baca Juga:

Kurangi Penggunaan Pendingin Ruangan

cara menghemat listrik kosan
Source : Nakita

Beristirahat di ruangan yang sejuk atau dingin memang sangat mengasyikan. Apalagi, bila seharian beraktivitas di luar ruangan yang panas. Namun, penggunaan pendingin ruangan atau AC sangat menguras listrik.

Nah, cara menghemat listrik selanjutnya adalah dengan meminimalkan penggunaan AC. Gunakan AC sesuai kebutuhan, jangan dinyalakan sepanjang waktu. Sebaiknya, matikan AC bila kamar indekos dalam keadaan kosong.

Lancarkan Sirkulasi Udara

Source : Merdeka

Sebenarnya, agar ruangan tetap sejuk, kamu bisa memanfaatkan sirkulasi udara secara alami. Hal ini tentu lebih baik daripada menggunakan AC yang dapat menyedot penggunaan listrik.

Usahakan agar lubang ventilasi bisa terbuka sehingga udara bisa masuk dengan leluasa. Buka juga jendela supaya ada tambahan udara yang masuk dan keluar ketika sedang berada di dalam kamar indekos. 

Baca Juga:

Kurangi Pemakaian Alat yang Tidak Diperlukan

cara menghemat listrik kosan
Source : Beautynesia

Mengeringkan dan mencatok rambut atau bermain game sambil menyalakan TV membuat listrik terbuang sia-sia. Cara lain untuk menghemat listrik yang perlu kamu perhatikan adalah dengan mengurangi pemakaian alat-alat elektronik yang tak perlu.

Hindari menggunakan alat-alat elektronik secara bersamaan jika tidak dalam keadaan mendesak. Gunakan juga alat-alat elektronik yang tepat guna supaya lebih bermanfaat.

Pilih Alat Hemat Energi

Source : Okezone

Selain mengurangi pemakaian alat elektronik dan mengecek dayanya, cara untuk menghemat listrik berikutnya adalah dengan mengggunakan alat-alat elektronik yang hemat energi. Kebanyakan alat-alat elektronik pabrikan lama memiliki daya yang sangat besar, sehingga memerlukan energi listrik yang juga besar.

Namun, daya yang besar tidak menjamin efektivitas penggunaannya. Zaman sekarang, rata-rata alat elektronik telah memiliki fitur hemat energi sehingga dapat menjadi pilihan terbaik untuk anak-anak indekos seperti kamu, Pins.

Baca Juga:

Manfaatkan Fasilitas Indekos

Source : Pixabay

Tidak semua indekos memiliki fasilitas yang sama. Akan tetapi, pada beberapa tempat indekos biasanya telah tersedia berbagai fasilitas tambahan, seperti ruang cuci dan dapur umum. Nah, kamu bisa memanfaatkan kedua fasilitas tersebut secara maksimal.

Untuk memasak makanan, lebih baik gunakan dapur umum daripada memasak menggunakan kompor listrik. Sama halnya dengan mencuci, jika ada fasilitas tempat mencuci dan menyetrika di kos-kosan, kamu tak perlu ragu untuk menggunakannya.

Baca Juga: Merencanakan Biaya Desain Rumah Menjadi Lebih Hemat

Ganti ke Listrik Prabayar

cara menghemat listrik kosan
Source : Tempo

Bagaimana cara menghemat listrik yang terakhir? Bila memungkinkan, ganti listrik indekos dengan menggunakan listrik prabayar atau biasa disebut dengan listrik token. Salah satu keuntungan dari menggunakan listrik dengan sistem ini, kita dapat mengatur pemakaian listrik secara mandiri.

Sebelum mulai menggunakan, kamu sudah bisa menghitung berapa biaya yang dikeluarkan untuk pembayaran listrik. Alhasil, kamu tidak perlu menerka-nerka berapa biaya listrik yang harus dibayarkan setiap bulannya. Cara menghemat listrik satu ini telah terbukti efektif dan dipraktikan oleh banyak orang, bukan hanya para penghuni indekos saja.

Pins, mulai sekarang, yuk kita sama-sama ikut menghemat energi listrik! Meskipun tidak secara langsung, tetapi penghematan listrik merupakan salah satu wujud kontribusi dalam melestarikan bumi kita. Dengan pengurangan pemakaian listrik, maka kebocoran energi yang tidak diperlukan dapat dicegah secara bijak.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Komarudin Subekti

Editor: Annisa Hapsari

Last Edit: Voni Sri Wijayanti

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download