Pinhome

Cara Menghemat Listrik Kosan, Ini Dia Caranya!

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 26 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Listrik memang sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Tanpa listrik, tentunya berbagai macam aktivitas di kehidupan kita akan terganggu. Namun, kita juga harus bijak dalam menggunakannya. Berbagai cara menghemat listrik perlu dilakukan, terutama bagi kamu anak indekos. Pasalnya, selain mengurangi pemanasan global menghemat listrik juga bisa meringankan biaya, lho.

Pinhome – Sebagai anak indekos, perilaku menghemat listrik sangat penting dilakukan. Apalagi jika terdapat banyak sekali barang yang menggunakan listrik sebagai sumber daya di kosanmu. Tanpa disadari, beberapa perilaku kecil kita, seperti tidak mencabut colokan listrik, membiarkan lampu menyala terus-menerus, hingga menyalakan TV pada saat tidur bisa membuat tagihan listrik jebol, lho. Nah, Pins, khususnya kalian para anak indekos, kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghemat listrik kosan yang efektif untuk menyelamatkan pengeluaran bulananmu.

Cek Daya Peralatan Listrik

Cara pertama untuk menghemat listrik adalah dengan memeriksa daya dari alat elektronik yang kamu miliki. Semakin besar daya yang dimiliki, semakin besar pula konsumsi listrik yang digunakan. Sebaiknya, beli alat elektronik untuk kosanmu yang memiliki daya rendah karena dapat membantu mengurangi penggunaan listrik.

Cabut Colokan yang Tidak Diperlukan

cara menghemat listrik
(Pixabay)

Membiasakan steker tetap dicolok pada sakelar adalah hal yang keliru. Meskipun tidak digunakan, tetapi arus listrik tetap ada dan mengalir sehingga membuat pemakaiannya menjadi boros. Bila sudah tidak diperlukan lagi, cabut steker dari sakelar agar listrik tidak terbuang percuma.

Baca Juga: Tagihan Naik?! Bagaimana Cara Menghemat Listrik?

Perhatikan Penerangan Kamar

cara menghemat listrik
(The Spruce)

Segera matikan lampu kamar bila sudah tidak dibutuhkan lagi. Jangan sampai lampu kamar terus menerus menyala agar tidak menguras energi listrik. Lebih baik manfaatkan cahaya matahari sebagai penerangan alami pada siang hari.

Selain itu, cahaya matahari pagi juga baik untuk untuk tubuh karena mengandung vitamin D. Apabila kamar indekos masih menggunakan lampu pijar, sebaiknya segera ganti ke lampu LED.

Gunakan Lampu LED

cara menghemat listrik
(Kompas)

Bagaimana cara menghemat listrik berikutnya yang efektif? Jawabannya adalah dengan mengganti lampu kamar indekos dengan lampu LED. Tinggalkan segera lampu pijar, halogen, dan fluorescent karena lampu-lampu tersebut memiliki konsumsi listrik yang cukup tinggi.

Sementara, lampu LED lebih hemat listrik dan ramah lingkungan. Selain itu, ruangan juga tidak menjadi panas dan jangka waktu penggunaan lampu LED ini lebih lama.

Kurangi Penggunaan Pendingin Ruangan

cara menghemat listrik
(Nakita)

Beristirahat di ruangan yang sejuk atau dingin memang sangat mengasyikan. Apalagi, bila seharian beraktivitas di luar ruangan yang panas. Namun, penggunaan pendingin ruangan atau AC sangat menguras listrik.

Nah, cara menghemat listrik selanjutnya adalah dengan meminimalkan penggunaan AC. Gunakan AC sesuai kebutuhan, jangan dinyalakan sepanjang waktu. Sebaiknya, matikan AC bila kamar indekos dalam keadaan kosong.

Baca Juga: Daftar Harga AC 1/2 PK Hemat Listrik Untuk Kamar Anda!

Lancarkan Sirkulasi Udara

cara menghemat listrik
(Merdeka)

Sebenarnya, agar ruangan tetap sejuk, kamu bisa memanfaatkan sirkulasi udara secara alami. Hal ini tentu lebih baik daripada menggunakan AC yang dapat menyedot penggunaan listrik.

Usahakan agar lubang ventilasi bisa terbuka sehingga udara bisa masuk dengan leluasa. Buka juga jendela supaya ada tambahan udara yang masuk dan keluar ketika sedang berada di dalam kamar indekos. 

Kurangi Pemakaian Alat yang Tidak Diperlukan

(Beautynesia)

Mengeringkan dan mencatok rambut atau bermain game sambil menyalakan TV membuat listrik terbuang sia-sia. Cara lain untuk menghemat listrik yang perlu kamu perhatikan adalah dengan mengurangi pemakaian alat-alat elektronik yang tak perlu.

Hindari menggunakan alat-alat elektronik secara bersamaan jika tidak dalam keadaan mendesak. Gunakan juga alat-alat elektronik yang tepat guna supaya lebih bermanfaat.

Pilih Alat Hemat Energi

cara menghemat listrik
(Okezone)

Selain mengurangi pemakaian alat elektronik dan mengecek dayanya, cara untuk menghemat listrik berikutnya adalah dengan mengggunakan alat-alat elektronik yang hemat energi. Kebanyakan alat-alat elektronik pabrikan lama memiliki daya yang sangat besar, sehingga memerlukan energi listrik yang juga besar.

Namun, daya yang besar tidak menjamin efektivitas penggunaannya. Zaman sekarang, rata-rata alat elektronik telah memiliki fitur hemat energi sehingga dapat menjadi pilihan terbaik untuk anak-anak indekos seperti kamu, Pins.

Manfaatkan Fasilitas Indekos

(Pixabay)

Tidak semua indekos memiliki fasilitas yang sama. Akan tetapi, pada beberapa tempat indekos biasanya telah tersedia berbagai fasilitas tambahan, seperti ruang cuci dan dapur umum. Nah, kamu bisa memanfaatkan kedua fasilitas tersebut secara maksimal.

Untuk memasak makanan, lebih baik gunakan dapur umum daripada memasak menggunakan kompor listrik. Sama halnya dengan mencuci, jika ada fasilitas tempat mencuci dan menyetrika di kos-kosan, kamu tak perlu ragu untuk menggunakannya.

Ganti ke Listrik Prabayar

(Tempo)

Bagaimana cara menghemat listrik yang terakhir? Bila memungkinkan, ganti listrik indekos dengan menggunakan listrik prabayar atau biasa disebut dengan listrik token. Salah satu keuntungan dari menggunakan listrik dengan sistem ini, kita dapat mengatur pemakaian listrik secara mandiri.

Sebelum mulai menggunakan, kamu sudah bisa menghitung berapa biaya yang dikeluarkan untuk pembayaran listrik. Alhasil, kamu tidak perlu menerka-nerka berapa biaya listrik yang harus dibayarkan setiap bulannya. Cara menghemat listrik satu ini telah terbukti efektif dan dipraktikan oleh banyak orang, bukan hanya para penghuni indekos saja.

Pins, mulai sekarang, yuk kita sama-sama ikut menghemat energi listrik! Meskipun tidak secara langsung, tetapi penghematan listrik merupakan salah satu wujud kontribusi dalam melestarikan bumi kita. Dengan pengurangan pemakaian listrik, maka kebocoran energi yang tidak diperlukan dapat dicegah secara bijak.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Komarudin Subekti

Editor: Annisa Hapsari

Tags :

Bagikan Artikel