BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Desain Rumah 1 Setengah Lantai yang Terlihat Luas
0
0

10 Inspirasi Desain Rumah 1 Setengah Lantai yang Terlihat Luas

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Agu 2, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Desain rumah 1 setengah lantaitop-right-banner

Rumah 1,5 lantai atau yang dikenal dengan cape cod house adalah tipe bangunan rangka rendah, lebar, dengan jumlah lantai antara satu atau dua. Desain rumah 1 setengah lantai ini biasanya dibuat runcing pada bagian atap.

Kamu yang tertarik dengan desain ini bisa mendapatkannya pada rumah eksklusif dari Pinhome. Kamu yang ingin beli rumah di BSD atau rumah bekas di Kab Bandung bisa memanfaatkan fitur PinValue untuk mengetahui estimasi harganya. 

Desain rumah minimalis ini berasal dari New England, Amerika Serikat dan mulai tren dibangun pada abad ke-17. Rumah ini dibangun dengan desain simetris sederhana dengan menggunakan bahan lokal untuk mengantisipasi badai cape cod sehingga dikenal dengan rumah cape cod

Pada bangunan aslinya, bagian pintu depan diapit oleh jendela multipanel. Sementara lantai atas yang hanya setengah sering dibiarkan sebagai ruang loteng. Namun lantai ini juga bisa dimanfaatkan untuk ruang tertentu, bahkan untuk kamar tidur

Rumah dengan desain ini memiliki keunikan tersendiri yang berbeda pada model rumah lain. Di samping itu, rumah ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang tertarik. 

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Rumah Minimalis 3 Lantai Kekinian

Kelebihan Desain Rumah 1 Setengah Lantai

Desain rumah 1 setengah lantai
iStock Photo

Berikut adalah kelebihan rumah dengan model 1 setengah lantai yang perlu kamu ketahui:

1. Desain Klasik

Rumah ini memiliki desain yang klasik dan menawan dengan atap miring, jendela kecil, dan dinding berlapis kayu. Hal ini memberikan rumah tampilan yang elegan dan tradisional.

2. Tata Letak Efisien

Rumah Cape Cod umumnya memiliki tata letak yang efisien dengan penggunaan ruang yang baik. Lantai utama mencakup ruang tamu, dapur, dan kamar tidur, sementara tingkat setengah lantai tambahan dapat dimanfaatkan untuk kamar tidur tambahan, ruang keluarga, atau fungsi lainnya.

3. Kesan Hangat 

Desain rumah 1 setengah lantai dan bahan-bahan tradisional yang digunakan  menciptakan nuansa yang hangat dan nyaman di dalam rumah. Selain itu tata letaknya juga lebih sederhana sehingga lebih fleksibel dalam penataan perabot. 

Baca juga: Inspirasi Tata Ruang Ala Desain Rumah Korea Minimalis

Kekurangan Desain Rumah 1 Setengah Lantai

desain rumah 1 setengah lantai
iStock Photo

Di samping kelebihan, rumah model ini juga memiliki sejumlah kekurangan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Lantai Atas Terbatas

Rumah cape cod memiliki tingkat setengah lantai yang mungkin mengurangi fleksibilitas ruang di lantai atas. Ini bisa menjadi masalah jika kamu perlu lebih banyak ruang tambahan.

2. Ruang Penyimpanan Terbatas

Karena desain atap miring, ruang penyimpanan di bagian atas mungkin terbatas. Ini bisa menjadi masalah jika kamu memiliki banyak barang atau perlengkapan yang perlu disimpan.

3. Tidak Sesuai untuk Semua Gaya Hidup

Gaya rumah 1,5 lantai mungkin lebih cocok untuk keluarga kecil atau pasangan muda daripada keluarga besar atau mereka yang menginginkan tata letak yang lebih modern atau terbuka.

Baca juga: 8 Jasa Renovasi Rumah Terbaik di Jabodetabek dan Tips Untuk Memilihnya!

Inspirasi Desain Rumah 1 Setengah Lantai

Jika kamu tertarik dengan desain rumah 1 setengah lantai, berikut adalah beberapa opsi yang bisa kamu pilih untuk memanfaatkan lantai setengah di atas. 

1. Kamar Tidur Utama

desain rumah 1 setengah lantai
Pinterest

Memang tinggi lantai bagian atas cuma setengah lantai, tapi tak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai kamar tidur utama kamu dengan pasangan. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan privasi yang optimal, karena hanya ada kalian berdua saja di lantai atas. 

2. Ruang Santai

desain rumah 1 setengah lantai
Pinterest

Desain rumah lantai 1 setengah juga memungkinkan kamu memiliki ruang keluarga atau ruang santai yang nyaman di lantai atas. Dengan bersantai di atas, kamu bisa mendapatkan pemandangan yang lebih baik dan suasana yang lebih tenang.

3. Ruang Kerja

desain rumah 1 setengah lantai
Pinterest

Kamu bisa memanfaatkan lantai setengah di atas untuk menciptakan ruang kerja atau kantor di rumah. Ini bisa menjadi tempat yang produktif dan nyaman untuk bekerja. Opsi ini sangat cocok buat kamu yang bekerja dari rumah atau WFH. 

4. Ruang Bermain Anak 

Jika kamu memiliki anak-anak, kamu bisa mendesain lantai atas sebagai ruang bermain yang menyenangkan untuk mereka. Selain itu, opsi ini juga akan memberi mereka tempat yang aman dan kreatif untuk bermain.

5. Studio Seni

desain rumah 1 setengah lantai
Pinterest

Kamu yang punya jiwa seni yang tinggi bisa memanfaatkan lantai atas sebagai ruang kreatif dan menyalurkan hobi seni dalam dirimu. Selain itu, ruang atas juga bisa dimanfaatkan sebagai studio musik bagi kamu yang berjiwa musik. 

Baca juga: Cara Mengurus Sertifikat Rumah, Biaya, dan Persyaratannya

6. Kamar Tamu

desain rumah 1 setengah lantai
Pinterest

Lantai atas bisa juga dijadikan sebagai kamar tamu. Biasanya rumah 1 setengah lantai memiliki keterbatasan ruang karena didesain minimalis, sehingga kamu akan bingung ketika ada tamu yang menginap. Maka lantai atas bisa disulap sebagai kamar tamu. 

7. Ruang Makan 

desain rumah 1 setengah lantai
Pinterest

Suasana makan bersama keluarga akan terasa lebih spesial ketika dilakukan di ketinggian. Untuk itu, lantai atas pada rumah 1 setengah milikmu bisa dijadikan sebagai ruang makan keluarga. Kamu bisa membuka semua jendela yang ada di lantai atas untuk membiarkan angin masuk dan menyejukkan. 

8. Desain Rumah 1 Setengah Lantai sebagai Kamar Mandi Tambahan

desain rumah 1 setengah lantai
Pinterest

Jika kamu memiliki anggota keluarga yang banyak, rasanya satu kamar mandi akan terasa kurang karena harus antre. Sebagai solusi, kamu yang punya rumah 1 setengah lantai bisa menjadikan lantai atas sebagai kamar mandi tambahan. 

9. Perpustakaan Pribadi

desain rumah 1 setengah lantai
Pinterest

Kamu hobi membaca dan punya banyak koleksi buku? Jadikan saja lantai atas yang setengah itu sebagai perpustakaan pribadi sekaligus ruang baca. Suasana membaca di atas dengan semilir angin dari jendela akan menambah kenikmatan.

10. Ruang Olahraga

desain rumah 1 setengah lantai
Pinterest

Kamu juga bisa memanfaatkan lantai atas sebagai ruang olahraga. Ya lantai atas akan memberikan ruang yang nyaman untuk berolahraga baik workout ataupun yoga. 

Itulah beberapa ide desain rumah 1 setengah lantai yang bisa kamu terapkan. Perlu diingat, ide desain di atas harus tetap disesuaikan dengan kebutuhan kamu, Pins!

Baca juga: 

Featured Image Source: iStock Photo


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Daun Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download