Tagihan Air Naik? Ini Dia 10 Cara Menghemat Air di Rumah!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti ∙ 8 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Pins sering mengalami tagihan pembayaran air yang terus naik di rumah? Itu tandanya, Pins harus menghemat penggunaan air agar tagihan tidak naik terus. Cara menghemat air di rumah bisa dilakukan dengan berbagai cara dimulai dari mengubah kebiasaan dalam menggunakan air.

Tagihan air yang terus naik tidak hanya merugikan finansial saja tetapi juga dapat merusak lingkungan karena pemborosan. Lalu, bagaimana cara menghemat air? Yuk, simak bagaimana cara menghemat air di rumah agar tagihan tidak terus naik berikut ini!

Baca juga:

10 Cara Menghemat Air di Rumah dengan Efektif

Pins ingin menghemat penggunaan air di rumah agar tagihan tidak naik? Berikut cara menghemat air di rumah selengkapnya!

Menggunakan Keran yang Hemat Air

(Scientific American)

Mungkin banyak dari Pins yang masih menggunakan keran sebagai alat pancuran air. Padahal tidak semua keran air dapat membantu untuk menghemat air lho! Justru sebaliknya, dengan keran Pins bisa jadi lebih boros dalam menggunakan air bersih.

Mandi dengan menggunakan air yang ditampung ke ember atau bak bisa membuat Pins menghabiskan sekitar 15 liter air. Hal ini berbeda jika menggunakan shower atau pancuran air yang hemat air. Pins bisa menghemat air hingga 60% dibandingkan menggunakan gayung.

Jangan Mandi Berlama-lama

(Insider)

Biasanya ketika mandi, beberapa orang senang sekali untuk berlama-lama. Entah melakukan kegiatan penunjang kebersihan tubuh lainnya seperti scrubbing, melakukan hair mask atau bahkan kebiasaan lainnya.

Nah, jika Pins kebingungan bagaimana cara menghemat air di rumah, salah satu cara menghemat air di rumah yang dapat Pins coba lakukan adalah dengan menghentikan kebiasaan mandi berlama-lama. Semakin lama durasi mandi, maka akan semakin banyak juga air bersih yang terbuang.

Mematikan Keran Jika Tidak Digunakan

(Pixabay)

Langkah lainnya untuk cara menghemat air di rumah adalah mematikan keran jika air tidak digunakan. Mungkin Pins adalah salah satu orang yang sering menggunakan air dengan frekuensi yang sering? Langkah yang satu ini dapat Pins coba mulai dari diri sendiri lho! Misalnya, jika sedan menggosok gigi dan tidak membutuhkan air lagi untuk berkumur, Pins dapat mematikannya sebentar demi menghemat air.

Memasak Air Secukupnya

(iStockphoto)

Mungkin masih banyak dari Pins yang memasak air untuk air minum? Atau bahkan menggunakan air untuk memasak? Terkadang kita lupa untuk memperkirakan penggunaan air dalam memasak. Padahal hal ini bisa menjadi salah satu penyumbang naiknya tagihan biaya air di rumah lho! Bagaimana cara menghemat air yang efektif? Ya, Pins bisa memulai dengan mengontrol jumlah air untuk dimasak di rumah.

Jadi mulai dari sekarang Pins dapat mulai memperkirakan penggunaan air dalam memasak. Masaklah air secukupnya agar tidak terbuang sia-sia.

Baca juga:

Jangan Menggunakan Deterjen Secara Berlebihan

(Hoby Clean)

Saat mencuci baju atau piring, mungkin Pins terkadang menuangkan produk deterjen tanpa takaran yang seharusnya. Padahal hal ini sering menjadi penyebab tagihan air rumah naik lho!

Semakin banyak deterjen yang Pins gunakan dalam mencuci baju atau piring maka akan semakin banyak busa yang muncul. Tentu Pins akan menggunakan air lebih banyak juga untuk menghilangkan busa-busa tersebut.

Baca juga: Tips Menghemat Listrik agar Tidak Naik

Menampung Air Hujan

(Rmc-indonesia.com)

Menampung air hujan bisa menjadi cara untuk menghemat air bersih di rumah. Ya, air hujan yang Pins tampung dapat digunakan untuk mencuci kendaraan, mencuci baju atau bahkan menyiram tanaman. Tentunya hal ini akan membuat Pins lebih hemat lagi dalam menggunakan air bersih dan tagihan biaya air rumah pun bisa menurun.

Mengubah Cara Mencuci Piring

(Reviewed.com)

Pada saat mencuci piring, sebaiknya Pins menghindari membuka keran secara terus menerus karena akan membuang banyak air. Lebih baik Pins mencuci semua piring, sendok, gelas dan peralatan lain yang kotor dengan menggunakan sabun cair dan spons. Jika semua peralatan makan sudah dicuci bersih, baru buka keran dan bilas menggunakan air yang mengalir.

Mencuci Baju Menggunakan Mesin Cuci

(Lg.com)

Meskipun mesin cuci adalah salah satu peralatan rumah tangga yang banyak menggunakan air, tetapi alat ini juga efektif untuk menghemat air. Agar air tidak terbuang dengan sia-sia, lebih baik jika Pins mencuci pakaian dengan menggunakan mesin cuci dalam jumlah yang banyak sekaligus. Jika dibandingkan dengan mencuci baju menggunakan cara manual, air yang digunakan pada mesin cuci bisa dibuat lebih hemat dengan mencuci banyak pakaian sekaligus.

Baca juga:

Menghemat Air Saat Menyiram Tanaman

(Grid.id)

Cara menghemat air di rumah yang selanjutnya adalah mengubah kebiasaan untuk menyiram tanaman. Bagaimana cara menghemat air saat menyiram tanaman? Pins bisa memulai dengan menggunakan alat penyiram tanaman yang hemat air agar tidak terbuang sia-sia seperti ketika menggunakan keran atau selang.

Mandi Menggunakan Shower

(Lifehealth.com)

Jika Pins masih mandi dengan menggunakan cara lama, seperti menampung air di bak mandi sebaiknya ubah kebiasaan tersebut. Penggunaan shower ini dapat menghemat air lebih dari 60%. Namun jika Pins masih menggunakan bak mandi atau bathtub maka tutuplah kran air jika air sudah penuh.

Itulah beberapa cara menghemat air di rumah dengan langkah yang efektif. Jika Pins masih merasa bingung bagaimana cara menghemat air, maka bisa memulainya dengan mengubah kebiasaan sehari-hari dalam menggunakan air. Selain dapat menekan biaya tagihan air yang terus naik, menghemat penggunaan air juga bisa membantu melestarikan lingkungan Pins!

Baca juga:

Featured Image Source: Lifehacker Australia


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Rolling Door Terbaru dari Berbagai Tipe

Rolling door tak cuma bisa digunakan sebagai pintu toko. Kamu pun bisa memakai rolling door untuk g

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Kayu Jati Semua Ukuran, Terlengkap dan Terbaru!

Kayu jati merupakan salah satu jenis material yang umum digunakan untuk membangun rumah atau membua

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Teralis Jendela Terbaru, Lengkap dengan Tips Memilihnya

Demi alasan keamanan, kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan teralis jendela pada rumahanya. S

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Mengenal Atap Membran, Inovasi Atap yang Fleksibel dan Unik

Atap membran atau yang juga dikenal dengan sebutan kanopi membran, bukanlah inovasi baru. Meski pen

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Material Atap Rumah dan Cara Merawatnya Agar Tahan Lama

Material atap rumah ada bermacam-macam. Pins tentunya sudah mengenal sejumlah material yang digunak

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia