BlogPemilik PropertiDesain HunianPerlu Tahu! 10 Tips Memilih Pompa Air di Rumah
0
0

Perlu Tahu! 10 Tips Memilih Pompa Air di Rumah

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Bryan Dharmanta

Mar 31, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
memilih pompa airtop-right-banner

Kebutuhan air yang semakin meningkat membuat sebagian orang yang ada di kota-kota besar menggunakan air yang berasal dari saluran PAM (Perusahaan Air Minum).

Air PAM dapat mempermudah Pins untuk mendapatkan air yang dibutuhkan. Namun tidak semua orang menggunakan PAM untuk memenuhi kebutuhan, karena masih banyak yang mengPinslkan air dari tanah yang diambil dengan pompa air.

Penggunaan air tanah memang masih menjadi Pinslan bagi sebagian orang, tetapi tidak jarang pompa air yang digunakan sering mengalami kerusakan. Ha tersebut tentu akan menghambat kebutuhan air Pins. Berikut tips untuk memilih pompa air agar dapat berfungsi dengan baik, diantaranya:

Perhatikan Suara Pompa

memilih pompa air
Source : Pixabay

Sebelum membeli pompa untuk dapat mengaliri air dalam tanah, sebaiknya perhatikan suara pompanya terlebih dahulu. Suara pompa yang keras tidak akan menjamin pompa dapat menghisap air lebih banyak, maka pilihlah pompa air yang memiliki suara tidak terlalu keras.

Hal tersebut dilakukan agar suara dari pompa air saat menyala tidak mengganggu Pins dan keluarga di rumah. Jika suara pompa air di rumah Pins mendadak keras, artinya pompa air mengalami gangguan pada saluran airnya.

Baca juga: Sarana Air Bersih di Komplek Perumahan

Pertimbangkan Tempat Pengambilan Air

Jika ingin menggunakan air tanah, sebaiknya pertimbangkan dahulu tempat pengambilan sumber airnya. Selain itu perhatikan juga tingkat kedalaman sumur yang akan dibangun di rumah Pins.

Apabila sumur di rumah Pins tidak membutuhkan pompa yang terlalu dalam, maka pilihlah pompa semi jet pump. Pompa semi jet pum dapat digunakan untuk mendapatkan air yang tidak terlalu dangkal dan tidak terlalu dalam di sumur Pins.

Baca juga: Tips Menghemat Air agar Tagihan Tidak Naik

Perhatikan Perubahan Permukaan Air Tanah

memilih pompa air
Source : Pixabay

Penggunaan air tanah memang banyak digunakan oleh masyarakat di perdesaan. Airnya yang bersih serta tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membayar air dari PAM. Namun perlu diperhatikan jika terjadi perubahan permukaan air tanah saat sedang musim hujan dan kemarau.

Pilihlah pompa yang terbaik serta sesuaikan juga dengan daya hisap pompa untuk menghemat energi yang dikeluarkan. Selain itu sesuaikan pompa air Pins dengan kebutuhan listirik yang ada di rumah.

Baca juga: Rekomendasi Pompa Galon Elektrik

Pilih Produsen yang Tepat

Sebelum membeli pompa, pastikan pompa yang Pins beli menyediakan garansi untuk pompa airnya. Hal tersebut akan memudahkan Pins apabila pompa air yang digunakan mengalami kerusakan, sehingga Pins dapat mengembalikan pompa tersebut kepada pembelinya.

Agar pompa tidak mudah rusak, sebaiknya bersihkan pompa secara rutin. Pompa yang dibersihkan secara rutin akan terhindar dari karatan atau debu yang masuk dalam dinamonya, sehingga pompa tidak mudah rusak. Selain itu letakanlah pompa air Pins di tempat yang kering agar tidak mudah berkarat.

Perhatikan Kedalaman Sumber Air

Source : 123RF

Sebelum membeli pompa air, perhatikan terlebih dahulu kedalaman sumber air yang ada di sekitar rumah kamu. Pompa air memiliki banyak jenis dan keunggulannya masing-masing, serta ketahanan dan kualitas dari alat ini bergantung pada kedalaman tanah.

Perhatikan Kualitas dan Spesifikasi dari Pompa

Pompa air yang dipilih harus berkualitas tinggi. Kamu harus terlebih dahulu mengetahui kondisi sumber air dan tingkat kedalamannya agar dapat memilih pompa air yang tepat.

Tentukan juga kebutuhan air dalam rumah agar daya pompa yang dipilih tidak terlalu kecil.

Lihat Ukuran Mesin

Source : Tomei Water Solutions

Ukuran mesin juga menentukan sistem dan kekuatan kerja dari pompa. Tentukan terlebih dahulu kebutuhan air dan letak sumber air di rumah kamu. Mesin yang besar biasanya akan diletakkan di luar rumah dan yang kecil diletakkan di dalam ruangan.

Sesuaikan Debit Air dari Mesin

Ketika kamu membeli mesin pompa air, pastikan kamu mengecek debit air yang bisa dihasilkan oleh mesin. Hal ini memang sedikit membingungkan, oleh sebab itu, kamu dapat menanyakan hal ini kepada tenaga ahli atau kepada penjual

Perhatikan Masa Garansi

Saat membeli mesin pompa air, pastikan kalau kamu mendapatkan garansi. Hal ini bisa membantu kamu untuk mengganti mesin ketika rusak.

Garansi dapat memastikan mesin kamu bisa lebih awet dan bisa kamu gunakan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Itulah kita-kira tips memilih pompa air yang bisa Pins terapkan sebelum menentukan pompa apa yang ingin dipakai.

Baca juga: Tips Membuat Waterwall di Rumah


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download