Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Tips Mendesain Ruang Tamu Kecil Agar Terlihat Rapih dan luas

Properti

Tips Mendesain Ruang Tamu Kecil Agar Terlihat Rapih dan luas

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Tips mendesain ruang tamu kecil bisa dilakukan melalui beberapa cara, agar bagian rumah ini terlihat lebih rapih dan luas. Ruang tamu adalah salah satu ruangan penting di dalam rumah untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Di sanalah Anda menerima kehadiran orang – orang istimewa yang berkunjung ke rumah Anda. Desain ruang tamu yang menarik tentu akan memberikan kesan tersendiri bagi tamu dan penghuninya. Hal yang tidak kalah penting adalah kenyamanan, menjadi aspek utama yang harus diperhatikan. Sehingga siapapun akan betah ketika berkunjung ke rumah Anda.

Tips Mendesain Ruang Tamu Kecil

Tips Mendesain Ruang Tamu Kecil Modern
Ruang Tamu Kecil Modern

Jika rumah Anda berukuran mungil, tentunya menjadi tantangan tersendiri dalam mendesain ruang tamu yang sesuai dengan kriteria di atas. Ruang tamu berukuran mungil juga bisa dibuat menarik dan memberikan kesan nyaman seperti berikut:

Baca Juga: 

Gunakan furnitur yang berukuran kecil

Tips Mendesain Ruang Tamu Kecil
Tips Mendesain Ruang Tamu Kecil

Pilihlah furnitur yang berbentuk simpel dan mengikuti bentuk geometris bangunan. Seperti sofa, kursi, meja, dan lemari yang berbentuk segi empat tanpa motif. Hal ini dapat membantu untuk membuat ruangan nampak lebih minimalis dan rapih.

Hindari memajang banyak furnitur

Ruang Tamu Kecil Sederhana

Menghindar pajangan furnitur yang berlebihan perlu dilakukan karena akan menambah kesan semakin sempit. Sebagai contoh, Anda bisa meletakkan satu meja kecil, dua sofa dengan satu dudukan, dan satu sofa dengan dua dudukan.

Pilihlah sofa dengan warna terang

Sofa Dengan Warna Terang

Agar ruangan terkesan lapang, letak furnitur bisa bersandar pada dinding. Jika masih ada sudut ruangan yang tersisa, Anda bisa menempatkan meja sudut di sana. Pastikan peletakkan furnitur tadi tidak mengganggu mobilitas penghuninya serta tidak menghambat gerakan pintu saat dibuka maupun ditutup.

Tips Mendesain Ruang Tamu Kecil Dengan Pemilihan Warna Terang

Tips Mendesain Ruang Tamu Kecil
Memilih Warna Cerah Untuk Ruang Tamu Kecil

Agar ruang tamu mungil Anda terasa lapang, Anda bisa menggunakan warna – warna yang cerah. Untuk menimbulkan kesan hangat, akrab, dan ceria, Anda bisa menggunakan gradasi warna kuning, merah, serta oranye. Gradasi warna biru, ungu, dan hijau akan memberikan kesan sejuk, kedamaian, penuh kedekatan, dan romantis.

Padukan warna dinding dan lantai

Desain Ruang Tamu dengan Warna Soft

Memadukan warna akan memberikan kesan yang enak untuk dipandang. Seperti memadukan antara warna dinding dan lantai dirumah. Hiasi ruang tamu Anda dengan aksesoris ruangan semisal gordein, lampu, maupun furnitur lainnya atau bisa juga menggunakan warna yang netral.

Tips Mendesain Ruang Tamu Kecil dengan Menghindari warna gelap

Ruang Tamu dengan Warna Gelap

karena akan membuat ruang tamu Anda terasa semakin sempit. Penambahan cermin besar pada ruang tamu yang mungil bisa membantu memberikan kesan luas pada ruangan. Untuk mensiasatinya, Anda bisa membuat ruang tamu yang multifungsi. Salah satunya dengan memaksimalkan keberadaan foyer. Foyer bisa difungsikan sebagai ruang tamu dengan syarat dibuat sebagai satu kesatuan dengan ruangan lain di dalam rumah. Atau menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga maupun dapur.

Perhatikan aspek pencahayaan

Ruang Tamu Low Light

Tata lampu yang cermat akan menghadirkan kesan artistik khususnya pada malam hari. Anda bisa membuat efek cahaya merata pada seluruh ruangan atau hanya memfokuskan pada furnitur tertentu. Efek cahaya yang merata bisa digunakan ketika Anda sedang menerima tamu sedangkan efek cahaya yang fokus digunakan ketika ruang tamu dalam keadaan tidak digunakan.


Selain memperhatikan tips mendesain yang tepat, Anda juga perlu mengetahui desain ruang tamu minimalis mana yang cocok dengan rumah impian. Tren desain rumah minimalis memang sedang hits saat ini, selain untuk menghemat tempat biaya yang dikeluarkan juga lebih sedikit. Tentunya, membuat rumah impian tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Baca Juga:

Tags :

Bagikan Artikel