BlogPemilik PropertiDesain HunianMudah! Ini Cara Pasang Plafon Gypsum yang Bisa Kamu Ikuti!
0
0

Mudah! Ini Cara Pasang Plafon Gypsum yang Bisa Kamu Ikuti!

Dipublikasikan oleh  

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara pasang plafon gypsumtop-right-banner

Plafon gypsum termasuk salah satu jenis plafon yang populer digunakan. Hal itu karena keunggulan yang dimiliki oleh plafon gypsum. Beberapa di antaranya, banyak desain menarik, serta mudah dalam pemasangannya. 

Nah, jika kamu ingin memasang plafon gypsum untuk rumah, ada beberapa langkah yang perlu kamu terapkan. Caranya memang tidak rumit. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah pemasangannya dengan tepat. 

Penasaran bagaimana cara memasang plafon gypsum yang tepat di rumah? Yuk, langsung saja simak artikel ini sampai selesai, ya! 

8 Cara Memasang Plafon Gypsum

jasaterdekat.com

Hitung Garis Ketinggian Langit-Langit

Langkah pertama dalam pemasangan plafon gypsum di rumah adalah mengukur garis ketinggian plafon gypsum. Tujuannya, supaya plafon dapat terpasang sama rata dan tidak miring. Di tahap ini, kamu memerlukan beberapa peralatan untuk mengukur, seperti meteran dan waterpass

Meteran merupakan alat ukur yang bentuknya cukup fleksibel. Panjang meteran bisa mencapai lebih dari 10 meter. Waterpass sendiri merupakan alat untuk mengukur kerataan rangka hollow dan papan gypsum pada setiap bidang permukaan. 

Nah, begini cara menghitung garis ketinggian langit-langit:

  • Buat titik pada setiap sudut menggunakan waterpass.
  • Tarik garis lurus dari satu titik ke titik lainnya menggunakan tali pensil
  • Perhatikan garis elevasi yang terbentuk pada dinding rumah

Pastikan garis tersebut sudah lurus, karena garis elevasi tersebut berguna untuk panduan kamu pemasangan rangka hollow pada plafon gypsum kamu.

Baca juga: Aesthetic! Interior Rumah dengan Plafon Gypsum Ruang Tamu

Pemasangan Wall Angle

Langkah kedua adalah pemasangan wall angle untuk penopang plafon gypsum tersebut. Kamu harus pastikan meletakan wall angle pada garis lurus yang sudah dibuat tadi. Apabila tidak lurus, hasilnya akan menghasilkan plafon gypsum terlihat tidak presisi, Hal tersebut pastinya kurang enak dipandang, kan? .

Setelah memastikan wall angle telah lurus, kamu dapat paku dengan kuat menggunakan paku beton 2-3 cm. Selain dipaku, kamu juga bisa menggunakan sekrup yang dipasang dengan pengeboran. 

Baca juga: Plafon Triplek atau Gypsum, Mana yang Lebih Baik?

Evaluasi Pengukuran Langit-Langit Ruangan

pixabay.com

Setelah dua tahapan di atas, kamu perlu mengukur ulang luas langit-langit ruangan. Hal ini dilakukan supaya ketika plafon dipasang tidak terjadi salah ukuran yang menyebabkan tampilan tidak simetris. 

Begini langkah mengukur langit-langit ruangan dengan gypsum yang akan dipasang: 

  • Berikan tanda pada wall angle dari pinggiran dinding dengan jarak interval 60cm.
  • Lakukan pada semua dinding secara berurutan 

Pengukuran ini berfungsi untuk pemasangan hollow sebagai kerangka plafon gypsum. Jadi, pemasangan hollow bisa jadi lebih mudah dan rapi. 

Potong Rangka Ukuran Panjang Hollow

Langkah selanjutnya adalah langkah yang sangat penting, yaitu pemotongan rangka hollow. Setelah mengukur langit-langit ruangan, kamu dapat menyesuaikan rangka hollow dengan ukuran yang sudah kamu catat. 

Pemotongan rangka hollow dapat kamu gunakan dengan gunting seng. Alat tersebut akan mempermudah pekerjaan kamu. 

Baca juga: Jenis-Jenis Plafon Hollow, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Menghitungnya

Pemasangan Bentangan Hollow Tengah

Setelah batangan hollow dipotong menggunakan gunting seng, kamu perlu memasang bentangan hollow tersebut pada langit-langit. Tumpangkan hollow tepat pada sisi di atas wall angle, lalu kunci hollow menggunakan sekrup dan bor. 

Agar mempermudah kamu mengunci skrup di langit-langit ruangan, siapkan kabel yang panjang untuk menjangkau langit-langit ruangan. Lakukan langkah yang sama, hingga semua selesai terpasang. Pastikan wall angle dan sekrup agar plafon gypsum terpasang dengan kokoh. 

Baca juga: Daftar Harga Plafon Gypsum Terupdate dan Tips Memilihnya!

Memasang Bentangan Hollow Atas

Setelah memasang hollow tengah, kamu perlu memasang bentang hollow atas. Bentangan ini dapat berfungsi untuk menguatkan dan mengunci hollow bagian tengah agar tidak goyang. 

Nah, jika hollow tengah diukur pada sisi panjang dinding, pengukuran bentangan hollow atas ini dilakukan pada sisi lebar dinding. Ukur panjang hollow lebih besar dari hollow tengah, yaitu sekitar 80 cm. 

Jika sudah diukur dan hollow dipotong sesuai ukuran, pasang hollow di atas hollow tengah. Kemudian sekrup dengan bor supaya kencang. 

Membuat Rangka Penggantung Plafon

pixabay.com

Selanjutnya, kamu perlu membuat gantungan yang akan menghubungkan rangka hollow atas bawah ke rangka langit-langit hunian kamu. Sebagai penggantungnya, kamu dapat menggunakan kawat atau potongan hollow yang ada. 

Buatlah jarak antar gantungan sekitar 80cm. Jarak tersebut merupakan ukuran yang ideal karena semakin rapat akan semakin kokoh.Pastikan setiap sekrup pada semua gantungan terpasang dengan rapi, kuat dan tidak goyang ya. 

Baca juga: 10 Kombinasi Warna Cat Plafon Gypsum, Pasti Cocok!

Finishing Papan Gypsum

Nah, setelah rangkaian tadi, sekarang kamu bisa melakukan pemasangan plafon gypsum. Pastikan papan plafon gypsum sudah kamu sesuaikan ukurannya dengan kerangka yang terpasang di langit-langit. Kamu dapat pasang menggunakan sekrup gypsum di jalur rangka hollow atas dan bawah. 

Ideal antar sekrup adalah 10 cm, pastikan sekrup terpasang dengan kuat ya. Jika semua papan plafon gypsum terpasang dengan baik, kamu dapat melakukan pendempulan dan pengecatan. Hal ini berguna untuk menghaluskan tampilan dan menghilangkan sambungan pada plafon gypsum. 

Demikian cara memasang plafon gypsum di rumah. Prosesnya memang cukup panjang, tapi jika dilakukan mengikuti aturan ini, pemasangannya tidak terlalu rumit, kok. Tentunya kamu juga membutuhkan partner untuk memudahkan pemasangan gypsum. Semoga informasi ini bermanfaat, ya! 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download