Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Cara Mengoptimalkan Jumlah Ruangan Pada Denah Rumah

Cara Mengoptimalkan Jumlah Ruangan Pada Denah Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Mempunyai tanah dengan ukuran terbatas namun disisi lain membutuhkan bermacam jenis ruangan yang harus ada dalam denah rumah. Dalam situasi ini maka diperlukan beberapa penyelesaian cara mengoptimalkan jumlah ruangan pada denah rumah. Sehingga dapat dihasilkan sebuah satu kesatuan rumah yang bagus.

Pinhome – Namun, tetap mempertimbangkan kenyamanan aktifitas didalam rumah serta bagaimana tampak desain eksterior rumah. Berikut ini beberapa hal yang mungkin dilakukan agar dapat menunangkan kebutuhan ruangan semaksimal mungkin pada ukuran tanah kecil.

Baca Juga: 

Mengapa Jumlah Ruangan Harus Di Optimalkan?

(Dekoruma.com)

Mungkin saat ini masih banyak orang yang belum begitu memahami, fungsi dari pengoptimalan jumlah ruangan pada suatu rumah. Selain bisa memberikan nilai estetika yang lebih baik, jumlah ruangan yang tepat juga akan membuat nyaman. Tentunya, membutuhkan beberapa perencanaan dan perancangan yang tepat.

Pengoptimalan tentu bisa dilakukan dengan beberapa opsi, seperti menentukan sesuai dengan kebutuhan pemilik, dan fungsi dari rumah tersebut. Seperti yang kita tahu, saat ini sudah banyak orang yang memilih untuk mendirikan rukan atau ruko untuk mengoptimalkan fungsinya. Bahkan, banyak juga yang membuat ruang kerja untuk di rumah.

Baca Juga: 

Cara Mengoptimalkan Jumlah Ruangan Pada Denah Rumah

cara mengoptimalkan jumlah ruangan pada denah rumah
(Orami.co.id)

Hal-hal yang mungkin dilakukan dalam mewujudkanya antara lain:

  1. Pembuatan denah rumah harus dalam bentuk gambar, bukan mengotak-atik denah pada saat pelaksanaan pembangunan sehingga terjadi pembengkakan biaya bongkar pasang.
  2. Membuat data ruangan terlebih dahulu, dengan membuat daftar ruangan yang diharapkan ada dan ruangan
  3. Membuat rumah bertingkat 2,3 dan seterusnya agar dapat menampung seluruh kebutuhan ruangan yang ada.
  4. Jika tidak ingin membuat rmah bertingkat karena bermacam alasan seperti takut ketinggian maka bisa membuat ruang bawah tanah atau tetap mengoptimalkan denah 1 lantai saja.
  5. Membuat tempat tidur bertingkat untuk memperkecil kamar tidur sehingga bisa dimanfaatkan untuk yang lain.
  6. Memanfaatkan ruangan bawah tangga untuk perletakan ruang gudang atau kamar mandi jika masih cukup ruang untuk orang berdiri yaitu minimal 210 cm.
  7. Memperkecil ukuran furniture agar dapat menghemat ukuran kamar.
  8. Membuat ruang tamu sekaligus berfungsi sebagai teras rumah.
  9. Membuat almari menempel pada dinding bagian atas sehingga ruang dibawahnya masih dapat difungsikan sebagai jalur aktifitas didalam rumah.
  10. Mengatur perletakan pintu dan jendela dengan baik sehingga semua ruangan dapat tertata rapi dengan hubungan yang bagus, misalnya letak ruang keluarga akan lebih baik jika berdekatan dengan ruang makan dan dapur, sedangkan pintu ruang tamu akan kurang bagus jika langsung menghadap ruang tamu.

Hal-hal lain dapat dilakukan sehingga semua kebutuhan ruangan dapat ditempatkan dengan baik.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel