Pinhome

Tips Properti

Model Rumah Minimalis: Hadirkan Kemewahan Dalam Kesederhanaan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Model rumah minimalis kini semakin dilirik oleh keluarga modern Indonesia. Tak hanya mampu memenuhi segala kebutuhan dengan kesederhanaan, namun juga tepat guna. Kini, rumah minimalis tak hanya sekedar menawarkan desain yang simpel dan jauh dari kata kompleks, tapi juga menawarkan kesan mewah dan elegan dengan biaya finansial yang lebih terjangkau.

Kunci dari model rumah minimalis adalah memaksimalkan seluruh potensi elemen rumah tempat tinggal kita agar seluruh penghuni rumah merasa nyaman dan terkecukupi kebutuhannya akan fungsi rumah huni. Sederhananya, rumah bergaya minimalis memaksimalkan kesederhanaan dari setiap elemen dari bangunan rumah huni sehingga bisa mendapatkan keuntungan tempat tinggal yang terbaik. Di sisi lain, untuk bisa mendapatkan kesan elegan dan mewah dalam kesederhanaan, kita benar-benar harus memahami cara memaksimalkan seluruh fungsi rumah tempat tinggal kita.

Tapi bagaimana caranya? Tenang, ada beberapa tips yang Pins bisa terapkan jika ingin mendapatkan model rumah minimalis terbaik.

1. Beri perhatian lebih kepada ruang kosong dan tentukan titik perhatiannya
Untuk model rumah minimalis, ruang kosong bisa dibilang merupakan faktor penting yang memungkinkan setiap ruang untuk bersinergi antara satu objek satu dengan objek lainnya. Sinergi inilah yang akan menentukan bagaimana kesan dan tampilan akhir dari ruangan tersebut, apakah sudah cukup minimalis atau tidak, sudahkah ruangan ini membuat Pins terasa nyaman?

(Tilen Space)

Ruang kosong memegang peran penting sebagai realisasi dari filosofi kesederhanaan gaya minimalis yang sesungguhnya. Meski begitu, tetap saja harus ada yang memadukan ruang kosong ini dan merebut perhatian secara halus, disinilah peran titik perhatian pada sebuah ruangan. Agar Pins lebih mudah memahaminya, ruang kosong di atas adalah dinding rumah beratap datar sedangkan titik perhatiannya adalah pintu depan yang berwarna coklat tua ataupun dinding bernuansa kecoklatan.

2. Jangan segan untuk bermain-main dengan pola
Meski rumah bergaya minimalis berarti kita harus memaksimalkan kesederhanaan, bukan berarti kita harus menjauh dari pola yang cantik dan elegan. Agar tidak berlebihan, kita bisa menempatkan pola dan motif yang cantik nan elegan pada furniture, bagian dari desain dinding atau sekedar dekorasi.

Bermain pola tidak terbatas pada ornamen saja, Pins! Permainan penempatan furnitur juga bisa menciptakan pola tersendiri yang unik dan jadi focal point di ruanganmu (gemmill.co.au)

Jika Pins berkomitmen memiliki rumah bergaya minimalis, sebaiknya pola yang diterapkan adalah pola yang mudah dipandang mata, tidak rumit, tidak terlalu banyak warna dan pastinya tidak mendominasi keseluruhan ruangan. Pastikan pola yang Pins ambil ini senada dengan warna monokrom ataupun earthy tone yang Pins pilih. Jika Pins memiliki luas rumah yang terbatas, sebaiknya cukup berikan aksen pola ini pada dinding.

3. Maksimalkan potensi dari berbagai objek sederhana
Dekorasi dalam rumah bergaya minimalis memerlukan presisi yang tepat, Pins. Untuk mendapatkan keseimbangan sinergi antara kesan minimalis dan dekorasi hiasan seni apapun, kita harus menggunakan dekorasi yang tepat dan pastinya tidak berlebihan. Sebaiknya, hindari berbagai macam objek hiasan berukuran mini sebagai elemen dekorasi untuk rumah bergaya minimalis milikmu. Sebaliknya, akan jauh lebih baik jika Pins memilih satu atau dua objek dekorasi yang berukuran sedang ataupun besar yang akan menghiasi rumahmu. Sebagai contohnya, sebaiknya pilihlah lampu duduk dan vas bunga sebagai elemen dekorasi pada ruang kerja atau tempat tidurmu karena perpaduan kedua barang dekorasi ini tidak menyolok mata.

4. Hadirkan sebanyak mungkin sumber pencahayaan alami ke dalam rumah
Pada model rumah minimalis, pembuatan sumber pencahayaan alami ini tentunya sangat berkaitan dengan kesederhanaan yang sifatnya sangat fungsional untuk rumah kita. Sumber pencahayaan alami bisa menjadi elemen pendukung dari objek abstrak pada alam, seperti cahaya matahari, lancarnya sirkulasi udara, keindahan alam yang nyaman dan juga keindahan kualitas ruang rumah tempat tinggal kita.

5. Pastikan bentuk geometri menjadi karakter arsitektur rumah kita
Jika kita benar – benar mau mendapatkan model rumah minimalis yang sesuai dengan nafas arsitektur yang baik, sebaiknya kita menempatkan bentuk dasar geometri pada rumah tempat tinggal kita. Yakinkan diri kita sendiri bahwa tidak ada hiasan ataupun penambahan lainnya pada rumah kita. Pastikan tampilan bangunan rumah tempat tingggal kita memiliki bentuk geometri yang simpel dan terhindar dari berbagai detail yang tidak diperlukan. Hal ini menjadi sesuatu yang penting karena idealnya, pada model rumah minimalis, setiap bentuk yang ada berarti memberikan manfaat yang bersifat fungsional dan pastinya dirasa penting bagi keseharian seluruh penghuni rumah.

6. Hilangkan dinding ataupun pembatas ruang yang dirasa tidak perlu
Pins tidak memerlukan pembatas ruang yang tak perlu pada model rumah minimalis. Pada dasarnya, desain rumah bergaya minimalis memang ditujukan untuk menghilangkan dinding ataupun berbagai jenis pembatas antar ruangan. Keterbukaan antara satu ruangan dengan ruangan lainnya merupakan hal yang penting dan dengan meniadakan dinding berarti ada pemersatu fungsi yang saling berkesinambungan antara satu ruangan dan ruangan lainnya. Lagipula, daerah terbuka yang ada pada bagian dalam dan luar rumah bisa menciptakan kedekatan ruang dengan area yang ada di sekelilingnya. Tentunya, hal ini akan sangat menguntungkan bagi para penghuni rumah kan?

7. Mainkan kombinasi yang cantik antara garis vertikal dan horizontal
Dalam model rumah minimalis, garis vertikal dan horizontal memainkan peran fundamental dengan kesan dua dimensi dan tiga dimensi. Hal ini bisa diterapkan di pola masing-masing ruangan, bentuk ruangan, desain furniture, tampilan struktur rumah, façade ataupun bentuk dari massa bangunan rumah tempat tinggal kita. Garis vertikal dan horizontal juga bisa menjadi permainan geometri dengan perpaduan warna-warna monokrom yang ada pada rumah kita. Hal yang paling mudah dilakukan untuk mendapatkan kesan minimalis yang kuat adalah dengan mendominasi garis vertikal dan juga horizontal dengan warna hitam, abu-abu dan putih. Karena seperti yang kita tahu, warna-warna tersebut mampu mewakili konsep sederhana namun sekaligus memberikan kesan elegan dan mewah.

Pada akhirnya, model rumah minimalis bukanlah berarti sedikit ataupun membosankan. Dengan mengoptimalkan setiap fungsi dari elemen yang ada pada rumah tempat tinggal, kita bisa mendapatkan rumah huni yang tidak hanya indah dipandang dan nyaman untuk ditinggali tapi juga mampu memenuhi kebutuhan kita akan tempat berlindung dan tinggal. Jadi, pastikan desain model rumah minimalis yang kita buat sudahlah model rumah yang nyaman, berkualitas, berfungsi secara optimal dan tentunya elegan. Model rumah minimalis impian adalah yang berhasil melakukan konsep “Simplicity for optimalism”, yaitu rumah minimalis dan simpel yang tidak hanya elegan dan terkesan mewah namun juga berfungsi sebagai rumah tempat tinggal dengan baik.

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel