BlogPemilik PropertiDesain HunianTips Membuat Model Rumah Minimalis
0
0

Tips Membuat Model Rumah Minimalis

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Apr 17, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
tips membuat model rumah minimalistop-right-banner

Model rumah minimalis kini semakin dilirik oleh keluarga modern Indonesia. Tak hanya mampu memenuhi segala kebutuhan dengan kesederhanaan, namun juga tepat guna. Kini, tips membuat model rumah minimalis tak hanya sekedar menawarkan desain yang simpel, tapi juga menawarkan kesan mewah dan elegan dan lebih terjangkau.

Pinhome – Kunci dari model rumah minimalis adalah memaksimalkan seluruh potensi elemen rumah. Agar seluruh penghuni rumah merasa nyaman dan terkecukupi kebutuhannya akan fungsi rumah huni. Sederhananya, rumah bergaya minimalis memaksimalkan kesederhanaan dari setiap elemen dari bangunan rumah.

Baca Juga: 

Tips Membuat Model Rumah Minimalis

Tapi bagaimana caranya? Tenang, ada beberapa tips yang Pins bisa terapkan jika ingin mendapatkan model rumah minimalis terbaik.

1. Beri Perhatian Kepada Ruang Kosong dan Titik Perhatiannya

Source : Tilen Space

Untuk model rumah minimalis, ruang kosong bisa dibilang merupakan faktor penting yang memungkinkan setiap ruang untuk bersinergi antara satu objek satu dengan objek lainnya. Sinergi inilah yang akan menentukan bagaimana kesan dan tampilan akhir dari ruangan tersebut.

Ruang kosong memegang peran penting sebagai realisasi dari filosofi kesederhanaan gaya minimalis yang sesungguhnya. Meski begitu, tetap saja harus ada yang memadukan ruang kosong ini dan merebut perhatian secara halus. disinilah peran titik perhatian pada sebuah ruangan. 

Baca Juga:

2. Tips Membuat Model Rumah Minimalis, Jangan segan untuk bermain dengan pola

(gemmill.co.au)

Meski rumah bergaya minimalis berarti kita harus memaksimalkan kesederhanaan, bukan berarti kita harus menjauh dari pola yang cantik dan elegan. Agar tidak berlebihan, kita bisa menempatkan pola dan motif yang cantik nan elegan pada furniture, bagian dari desain dinding atau sekedar dekorasi.

Jika Pins berkomitmen memiliki rumah bergaya minimalis, sebaiknya pola yang diterapkan adalah pola yang mudah dipandang mata, tidak rumit, tidak terlalu banyak warna dan pastinya tidak mendominasi keseluruhan ruangan. Pastikan pola yang Pins ambil ini senada dengan warna monokrom ataupun earthy tone yang Pins pilih. 

Baca Juga:

3. Maksimalkan Potensi dari Berbagai Objek Sederhana

tips membuat model rumah minimalis

Dekorasi dalam rumah bergaya minimalis memerlukan presisi yang tepat, Pins. Untuk mendapatkan keseimbangan sinergi antara kesan minimalis dan dekorasi hiasan seni apapun, kita harus menggunakan dekorasi yang tepat dan pastinya tidak berlebihan. Sebaiknya, hindari berbagai macam objek hiasan berukuran mini sebagai elemen dekorasi untuk rumah bergaya minimalis milikmu.

Sebaliknya, akan jauh lebih baik jika Pins memilih satu atau dua objek dekorasi yang berukuran sedang ataupun besar yang akan menghiasi rumahmu. Sebagai contohnya, sebaiknya pilihlah lampu duduk dan vas bunga sebagai elemen dekorasi pada ruang kerja atau tempat tidurmu karena perpaduan kedua barang dekorasi ini tidak menyolok mata.

Baca Juga:

4. Tips Membuat Model Rumah Minimalis Hadirkan Sumber Pencahayaan Alami 

Pada model rumah minimalis, pembuatan sumber pencahayaan alami ini tentunya sangat berkaitan dengan kesederhanaan yang sifatnya sangat fungsional untuk rumah kita. Sumber pencahayaan alami bisa menjadi elemen pendukung dari objek abstrak pada alam, seperti cahaya matahari, lancarnya sirkulasi udara, keindahan alam yang nyaman dan juga keindahan kualitas ruang rumah tempat tinggal kita.

5. Pastikan Bentuk Geometri Menjadi Karakter Arsitektur Rumah

tips membuat model rumah minimalis

Jika kita benar – benar mau mendapatkan model rumah minimalis yang sesuai dengan nafas arsitektur yang baik, sebaiknya kita menempatkan bentuk dasar geometri pada rumah tempat tinggal kita. Yakinkan diri kita sendiri bahwa tidak ada hiasan ataupun penambahan lainnya pada rumah kita.

Pastikan tampilan bangunan rumah tempat tingggal kita memiliki bentuk geometri yang simpel dan terhindar dari berbagai detail yang tidak diperlukan. Hal ini menjadi sesuatu yang penting karena idealnya, pada model rumah minimalis, setiap bentuk yang ada berarti memberikan manfaat yang bersifat fungsional dan pastinya dirasa penting bagi keseharian seluruh penghuni rumah.

Baca Juga:

6. Hilangkan Dinding Ataupun Pembatas Ruang yang Tidak Perlu

Pins tidak memerlukan pembatas ruang yang tak perlu pada model rumah minimalis. Pada dasarnya, desain rumah bergaya minimalis memang ditujukan untuk menghilangkan dinding ataupun berbagai jenis pembatas antar ruangan. Keterbukaan antara satu ruangan dengan ruangan lainnya merupakan hal yang penting.

7. Mainkan Kombinasi Antara Garis Vertikal dan Horizontal

tips membuat model rumah minimalis

Dalam model rumah minimalis, garis vertikal dan horizontal memainkan peran fundamental dengan kesan dua dimensi dan tiga dimensi. Hal ini bisa diterapkan di pola masing-masing ruangan, bentuk ruangan, desain furniture, tampilan struktur rumah, façade ataupun bentuk dari massa bangunan rumah tempat tinggal kita.

Garis vertikal dan horizontal juga bisa menjadi permainan geometri dengan perpaduan warna-warna monokrom yang ada pada rumah kita. Hal yang paling mudah dilakukan untuk mendapatkan kesan minimalis yang kuat adalah dengan mendominasi garis vertikal dan juga horizontal dengan warna hitam, abu-abu dan putih. 

Pada akhirnya, model rumah minimalis bukanlah berarti sedikit ataupun membosankan. Dengan mengoptimalkan setiap fungsi dari elemen yang ada pada rumah tempat tinggal, kita bisa mendapatkan rumah huni yang tidak hanya indah dipandang dan nyaman untuk ditinggali tapi juga mampu memenuhi kebutuhan kita akan tempat berlindung dan tinggal.

Baca Juga: 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download