BlogPemilik PropertiDesain HunianDesain Kantor Kontainer Dari Berbagai Negara & Keuntungannya
0
0

Desain Kantor Kontainer Dari Berbagai Negara & Keuntungannya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain kantor kontainer semakin diminati karena dinilai kreatif dan menarik. Hal ini terjadi juga berkat beberapa kantor di berbagai belahan dunia mulai memakai kontainer sebagai bangunan kantor.

Lalu seperti apa kantor kontainer dan apa saja keuntungan yang didapat oleh pemilik gedung ? Penasaran? Yuk simak dulu penjelasannya dibawah ini!

Pengertian Kantor Kontainer

Source : Wikimedia Commons

Desain kantor kontainer memiliki bentuk wadah yang struktural dan eyecatching. Bahannya lebih murah dibandingkan membangun gedung sedari awal. Mulanya digunakan peti kemas atau kargo tanpa modifikasi sebagai wadah kantor.

Kantor yang dibangun dari kontainer bekas dapat bersifat permanen atau temporary. Dulunya kontainer dijadikan tempat singgah para tunawisma di Eropa dan Amerika.

Ukuran peti kemas yang umum digunakan adalah 40 feet dan 20 feet. Untuk ukuran 20 feet mampu memuat minimal 2 meja kantor, kursi hingga lemari. Dimensi kontainer 20 feet sekitar 6 meter x 2.3 meter x 2.3 meter.

Sedangkan kontainer 40 feet berukuran 12.192 meter x 2.4 meter x 2.3 meter. Dengan ukuran ini mampu memuat 4 meja dan kursi sekaligus.

Baca juga :

Contoh Desain Kantor Kontainer

Ada beberapa kantor di berbagai negara berikut ini yang sudah memakai konsep kantor kontainer. Selain terlihat chic juga menonjolkan desain fasad peti kemas dengan perpaduan warna cerah.

Sugoroku Office

Source : www.designboom.com

Firma arsitektur Daiken Met membangun kantor dari kontainer di kawasan Gifu, Jepang. Kontainer tersebut ditumpuk hingga membentuk tiga lantai dengan bingkai baja di bagian luarnya.

Ada sekitar 7 kontainer 20 feet lengkap dengan jendela besar menghadap jalan. Bagian luar juga memakai susunan tangga yang mencolok segingga fasad terlihat lebih menarik.

Bangunan gedung ini tidak permanen sehingga tidak ada pula pondasi. Peti kemas hanya diletakan pada tanah datar. Pada lantai atas juga tersedia ruangan terbuka untuk bersantai karyawan.

Epic Creative Co-Op

Source : epiccommercialphotography.com

Tak kalah menarik dengan desain kantor di Gifu, Epic Creative Co-Op membangun kantornya di area hutan. Tepatnya di The Woodlands bagian utara Housten, Texas. Desain kantornya juga dipadukan dengan tangga baja di luar kontainer.

Gedung kontainer ini terdiri atas studio fotogradi dan beberapa kantor private. Ada 11 peti kemas yang digunakan dan dipadukan dengan atap sudut dari gulungan kayu. Warna gedung kantor didominasi dengan cat biru dan hitam pada rangka bangunan.

Kantor Drukta dan Formail

Source : Designboom.com

Ketika dua perusahaan memutuskan untuk bermitra ternyata juga muncul inovasi ide kantor kontainer. Drukta Print Shop dan Formail Direct Mail Company memutuskan membangun kantor baru mereka dari peti kemas.

Kantor kontainer di Bergia ini memiliki ruang meeting dan ruang kerja yang nyaman. Dibangun pula jendela kaca besar yang menghadap ke jalan. 

Bagian luar peti kemas berwarna hitam sementara area dalam kontainer cenderung didominasi warna putih. Bangunan kantor semakin lapang dengan pengurangan sekat antar unit kerja.

Kantor Pallota Teamworks

Source : clivewilkinson.com

Kantor Pallota Teamworks yang ada di Los Angeles juga dibangun dari peti kemas. Penggunaan warna jingga untuk kontainernya terlihat sangat mencolok. Peti kemas disusun hingga tiga lantai.

Untuk pemilihan furniture didominasi warna pastel dan putih. Pemakaian warna cerah digunakan untuk memaksimalkan penerangan selain menggunakan jendela kaca besar.

Uniknya lagi ada kolam kecil dibelakang kantor kontainer. Kolam diisi dengan batu kerikil dan pijakan yang mana kolam memiliki ketinggian setara dengan lantai bangunan kantor.

Baca juga :

Keuntungan Desain Kontainer

Source : Wikimedia Commons

Keunggulan dari desain kontainer adalah pilihan tepat untuk kantor sementara. Selain itu peti kemas mudah dimodifikasi dan tidak memakan waktu lama jika ingin menambahkan pintu, sekat maupun jendela.

Dapat Dipindahkan

Kelebihan lainnya adalah bangunan dapat dipindahkan ke satu lokasi ke lokasi lainnya tanpa harus membongkar struktur bangunan. Pins dapat memindahkan bangunan tanpa harus menunggu proses pembangunan selesai dilakukan.

Solusi Kantor Darurat

Kontainer adalah solusi tempat untuk kantor darurat. Pembangunan tidak memakan banyak waktu dan lebih hemat dari sisi biaya. Kontainer kecil mampu menampung beberapa pekerja.

Selain itu sudha banyak jasa sewa office container dengan harga terjangkau. Cocok untuk perusahaan yang baru merintis dan belum memiliki banyak karyawan.

Ukuran Kompak

Ukurannya kompak serta simetris dan bisa dibentuk sesuai kebutuhan. Tidak hanya disusun bertingkat bahkan menarik jika dibuat asimetris. Struktur dan tata letaknya mempertimbangkan pula sambungan listrik dan pipa.

Ekologis & Profitabilitas

Penggunaan peti kemas sebagai wadah kantor merupakan salah satu cara peduli lingkungan. Dengan begitu kontainer bekas didaur ulang menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Profitabilitas terjamin karena bahan kontainer cenderung terjangkau. Pins dapat menghemat semen ataupun bahan material bangunan lainnya.

Memicu Produktivitas

Desain interior kantor yang menarik dapat memicu kreativitas begitu pula dengan kantor kontainer. Kreatifitas yang tinggi meningkatkan produktivitas dan inovasi. 

Gagasan atau ide mudah sekali muncul apalagi didukung dengan kenyamanan sosial antar karyawan. Kantor kontainer sangat cocok untuk industri kreatif yang tinggi akan kebebasan berekspresi.

Desain kantor kontainer diharapkan semakin meningkat di masa depan. Khususnya di Indonesia dan menjadi salah satu solusi kantor ramah lingkungan yang nyaman dan aktraktif.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download