BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Desain Ruang Tamu Jawa Kuno yang Penuh Makna
0
0

15 Desain Ruang Tamu Jawa Kuno yang Penuh Makna

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Agu 29, 2023

10 menit membaca

Copied to clipboard
ruang-tamu-jawa-kunotop-right-banner

Merancang ruang tamu dengan sentuhan Jawa Kuno bisa menjadi cara yang indah untuk menghadirkan warisan budaya dan makna mendalam ke dalam rumah. Gaya arsitektur dan dekorasi yang terinspirasi dari masa lalu dapat menciptakan suasana yang khas dan memikat. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 15 desain ruang tamu Jawa Kuno yang penuh makna.

Jawa memang pulau dengan kemajuan yang sangat pesat. Banyak hal yang sengaja di tempatkan di Pulau Jawa agar lebih mudah dan dekat, terutama dalam urusan pemerintahan dan bisnis. Namun tidak hanya itu, Pulau Jawa juga sangat kaya akan sejarah dan keseniannya yang khas. Bahkan pulau ini memiliki beragam rumah adat dengan bermacam-macam makna di dalamnya.

Tak jarang, rumah adat yang satu ini masih diterapkan pada rumah-rumah saat ini dengan menggabungkan konsep rumah adat Jawa dan konsep minimalis modern.  Pernahkah Pins melihat ruang tamu Jawa kuno yang cantik?

Pins tidak perlu khawatir karena penerapan konsep rumah Jawa ini tidak akan bertabrakan dengan konsep minimalis modern. Jika tidak ingin menerapkan konsep rumah adat Jawa pada keseluruhan rumah, kamu bisa menerapkannya pada salah satu ruangan di rumah. 

Salah satu ruangan sentral dalam rumah adalah ruang tamu. Tidak jarang orang dari luar akan menggambarkan kebagusan dari suatu rumah meski baru memasuki ruang tamunya saja. Bagi Pins yang tertarik, yuk simak 15 desain ruang tamu Jawa kuno penuh makna berikut ini.

1. Ruang Tamu Jawa Kuno dengan Ukiran

(Pinterest)

Desain ruang tamu yang satu ini memang telah lama digunakan bahkan pada rumah-rumah Jawa kuno. Pada bagian dinding rumah terbuat dari kayu yang diukir membentuk ukiran khas Jawa. Biasanya dinding kayu ini dibiarkan menggunakan warna asli kayu, jadi tampilannya sangat klasik dan lebih fresh

2. Desain Ruang Tamu dengan Kursi dan Meja Kayu

(Pinterest)

Hal lain yang bisa membuat tampilan ruang tamu semakin kental akan khas Jawa adalah penggunaan kursi dan meja kayu. Umumnya menerima tamu pada rumah adat Jawa adalah di teras rumah. Namun menjamu tamu juga bisa dilakukan di dalam rumah jika tamu merupakan kerabat dekat dengan pemilik rumah. 

Karena ruang tamu saat ini kebanyakan berada di dalam rumah, kamu bisa menggunakan kursi dan meja kayu untuk menjamu tamu. Gunakan kursi dan meja kayu dengan warna asli kayu dengan ukiran pada bagian sandaran kursi dan permukaan meja supaya adat Jawa semakin terasa pada ruang tamu.

3. Material Kayu Sebagai Bahan Bangunan

ruang tamu jawa kuno

(Pinterest)

Hal lain yang membuat desain ruang tamu Jawa kamu semakin kental adalah penggunaan material kayu sebagai bahan bangunan. Umumnya rumah adat Jawa menggunakan kayu sebagai bahan konstruksi. Pins bisa menggunakan material kayu pada  tiang-tiang rumah, hingga plafon rumah sehingga membuat rumah semakin terasa memiliki desain Jawa kuno.

4. Penggunaan Pintu dengan Ukiran

(Pinterest)

Pintu dengan ukiran adalah salah satu ciri khas yang ada pada rumah adat Jawa. Umumnya pintu ini memiliki dua daun pintu dengan ukiran-ukiran khas Jawa di permukaannya. Pada bagian atas pintu juga terdapat berbagai macam ukiran yang membentuk seperti mahkota pintu.

5. Penggunaan Jendela Gebyok Khas Jawa

(Griya Mebel)

Desain ruang tamu Jawa kuno yang bisa kamu terapkan lainnya adalah dengan menggunakan jendela gebyok. Jendela ini memiliki bentuk mirip pintu dengan ukiran-ukiran di bagian pinggir dan atas jendela yang membentuk seperti mahkota. 

6. Pilar-Pilar Kayu

ruang tamu jawa kuno

(Pinterest)

Penggunaan pilar kayu pada ruang tamu juga menjadi desain khas Jawa yang bisa kamu gunakan pada ruang tamu. Pilar-pilar ini akan membuat rumah tampak lebih kokoh dan kuat. Pemilihan kayu untuk pilar-pilar ini tentu harus dipikirkan dengan matang terutama mengenai kekuatan dan daya tahannya.

Baca juga: 9 Desain Rumah Jawa Modern Sederhana Untuk Kamu Yang Klasik

7. Desain Ruang tamu Jawa Kuno dengan Lantai Kayu

(Pinterest)

Lantai kayu akan menambah kesan Jawa pada tampilan ruang tamu semakin terasa. Penggunaan lantai kayu ini biasanya menggunakan warna asli kayu sehingga lebih terasa natural. Suasana Jawa kuno juga akan semakin terasa dengan penggunaan lantai kayu pada ruang tamu.

8. Ruang Tamu Jawa Kuno dengan Dinding Bambu

(Pinterest)

Dinding dari bambu juga bisa menjadi alternatif bagi Pins yang tidak ingin menggunakan kayu sebagai dinding ruang tamu. Dinding bambu ini akan membuat kesan natural pada ruang tamu sangat terasa. Penggunaan dinding bambu ini cukup umum pada rumah-rumah adat Jawa, terutama rumah-rumah Jawa kuno. 

Penggunaan dinding bambu sendiri terdiri dari dua jenis, dinding bambu anyam dan bambu batang. Pada dinding bambu anyam, dinding dibuat dari bambu yang sudah ditipiskan dan dianyam. Sedangkan dinding bambu batang ini adalah susunan bambu yang disusun secara vertikal ataupun horizontal.

9. Ruang Tamu Jawa Kuno dengan Furnitur Ukir

ruang tamu jawa kuno

(Pinterest)

Demi membuat ruang tamu semakin terasa memiliki khas Jawa yang kental, Pins bisa menggunakan berbagai furniture yang memiliki ukiran khas Jawa. Furnitur-furnitur ini dapat berupa meja, kursi, lemari maupun cermin yang kamu letakkan di ruang tamu.

10. Dekorasi Ruang Tamu Jawa Kuno Lampu Gantung Antik

(Pinterest)

Jika Pins pecinta rumah khas Jawa kuno, penggunaan lampu gantung antik pada ruang tamu bisa menambah suasana klasik pada ruang tamu. Terlebih lampu gantung antik umumnya tidak memiliki cahaya yang terlalu terang. Hal ini akan membuat suasana ruangan terasa seperti benar-benar ruang tamu Jawa kuno.

Baca juga: 10 Ruang Tamu Hijau Sederhana Dengan Nuansa Sejuk

11. Dekorasi Ruang Tamu Jawa Kuno Berbahan Kayu atau Bambu

(Pinterest)

Rumah adat Jawa terkenal akan penggunaan bahan konstruksi yang menggunakan kayu. Tidak hanya bangunannya saja, dekorasi di dalam rumah juga kebanyakan menggunakan dekorasi ruang tamu berbahan kayu, misalnya saja lukisan, cermin kayu dan masih banyak lagi.

Baca juga: 11 Desain Cat Ruang Tamu Abu Abu Putih yang Menarik

12. Perabotan Rumah dari Rotan

ruang tamu jawa kuno

(Pinterest)

Tidak hanya berbahan kayu, Pins juga bisa menggunakan perabotan rumah dari rotan supaya membuat ruang tamu Jawa kuno semakin terasa di rumah. Perabotan ini bisa berupa kursi maupun meja yang digunakan di ruang tamu untuk menjamu tamu.

13. Ruang Tamu Jawa dengan Jendela Panel Kayu

(Pinterest)

Selain jendela gebyok, jendela panel kayu juga bisa menjadi alternatif jika Pins ingin desain jendela yang lebih sederhana. Jendela ini memang memiliki desain sederhana dengan dua pintu jendela yang mirip dengan pintu. Pins bisa menggunakan jendela ini pada ruang tamu.

14. Desain Ruang Tamu dengan Dinding Batu Bata

ruang tamu jawa kuno

(Pinterest)

Dinding rumah batu bata yang khas tanpa polesan apapun juga bisa menjadi inspirasi kamu dalam membuat desain ruang tamu Jawa kuno. Pins hanya perlu menghilangkan tahap finishing pada proses pembuatan dinding sehingga dinding terkesan belum rampung.

Baca juga: 20 Rekomendasi Sekat Ruang Tamu Minimalis Modern

15. Penggunaan Unsur Batu Alam

(Pinterest)

Penggunaan batu alam bisa kamu aplikasikan pada lantai ruang tamu yang akan membuat suasana ruangan semakin terasa natural, terutama perpaduan penggunaan batu alam dan kayu yang ada pada ruang tamu.

16. Ruang Tamu Jawa Kuno Model Terbuka

Source : Design Rumah

Rekomendasi ruang tamu bergaya Jawa lainnya adalah dengan membuat suasana ruang tamu yang terbuka. Hal ini akan membuat suasana ruang tamu lebih nyaman dan tidak sumpek karena adanya sirkulasi udara yang baik. Kamu juga bisa melihat pemandangan sekitar.

Baca juga: 25 Desain Sofa Minimalis Untuk Ruang Tamu dan Keluarga

17. Penggunaan Tegel Motif dan Beragam

ruang tamu jawa kuno
Source : Shopee

Pernah berpikir kenapa lantai di rumah Jawa sangat variatif dan beragam? Ya, itu karena mereka menggunakan tegel. Tegel mirip dengan keramik dan memiliki banyak motif dan ragam warna yang dapat di kustomisasi sesuai dengan keinginan dan tema ruangan.

Baca juga: 13 Model Plafon Ruang Tamu Terbaru

18. Dekorasi Ruang Tamu Meja Kayu Usang

Source : OLX

Aksen usang bisa kamu terapkan disini untuk memberikan kesan yang Jawa banget salah satunya adalah dengan perabotan meja, sofa, dan tikar.

19. Perabotan Aksen Hitam

Jika kamu bosan dengan aksen yang didominasi oleh material kayu, Pins dapat menggunakan material dengan aksen warna hitam untuk memberi kesan mencolok di ruangan. Kamu juga bisa menambahka beberapa dekorasi seperti tanaman pot.

20. Dekorasi Ruang Tamu Jawa Kursi Santai

ruang tamu jawa kuno
Source : Tokopedia

Referensi ruang tamu Jawa lainnya adalah dengan menggunakan kursi santai dan meja kecil. Kamu dapat mengaturnya dengan konfigurasi 4 kursi dengan meja di tengah. Warna cat ruang tamu yang kamu pilih bisa senada dengan ruangan yang sudah ada ya.

Itulah 20 desain ruang tamu Jawa kuno yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk ruang tamu di rumah. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download