BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPAMau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?
0
0

Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Feb 26, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Awal tahun, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 bank ternama yang menawarkan suku bunga kredit pemilikan rumah rendah ini. Apa sajakah bank tersebut? Bagaimana dengan perbandingan bunga KPR atau suku bunga efektif-nya?

Namun, sebelum Pins mengetahui lebih lanjut mengenai bank yang menawarkan KPR rumah dengan suku bunga rendah tersebut, mari instal aplikasi Pinhome terlebih dulu. Dapatkan update harga hunian di sekitar Terminal Landungsari, rumah di Pasar Kemis, rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Panorama Bekasi Residence.

Pengertian KPR

Source : Wallpaper Flare

Sudah pasti Pins mengetahui kepanjangan KPR, yaitu Kredit Pemilikan Rumah. Namun, apa sebenarnya arti dari Kredit Pemilikan Rumah ini?

KPR merupakan produk pembiayaan bagi pembeli rumah, dengan skema pembiayaan hingga 85% sampai 90% dari harga rumah. Cukup menguntungkan bagi Pins yang ingin mendapatkan rumah dengan cepat tanpa harus menunggu tabungan yang banyak.

Sampai saat ini pun, KPR merupakan produk yang bank sediakan, walaupun telah hadir perusahaan pembiayaan yang menyalurkan pendanaan dari lembaga sekunder bagi housing financing.

Pins dapat langsung mengajukan permintaan KPR dengan mengisi formulir pemesanan unit dari developer. Pins juga dapat melunasi biaya pemesanan serta uang muka kredit KPR rumah untuk melanjutkan permohonan KPR. 

Untuk melanjutkan permintaan KPR, pastikan Pins memenuhi persyaratan yang berlaku berikut ini.

Pertama, Pins harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) serta memahami hukum. Kedua, apabila Pins merupakan karyawan, usia minimal Pins haruslah 21 tahun, dan usia maksimal Pins 55 tahun.

Bagi para wiraswasta dan profesional, Pins harus memiliki usia minimal 21 tahun, dan maksimal usia 65 tahun. Ini berarti, terdapat sedikit kelebihan dalam mengajukan KPR bagi Pins yang berprofesi sebagai wiraswasta.

Kemudian, pastikan Pins memiliki penghasilan rutin setiap bulan. Hal ini harus dipenuhi oleh pemohon, agar Pins pun tidak kesulitan saat membayar cicilan KPR setiap bulannya.

Dan ingat, bagi Pins yang berprofesi sebagai karyawan, pastikan Pins telah bekerja minimal dua tahun. Dan bagi Pins yang merupakan wiraswasta, pastikan Pins telah menjalankan usaha dengan minimal waktu tiga tahun.

Baca juga:

Jenis Bunga KPR di Indonesia

Source : Bareksa

Terdapat dua jenis suku bunga KPR yang umum masyarakat ketahui, yaitu suku bunga KPR tetap (fixed), dan juga suku bunga KPR fluktuatif (floating). Namun, terdapat suku bunga KPR lain yang juga dikenal di beberapa bank, yaitu suku bunga capped.

Mari membahas jenis-jenis suku bunga tersebut berikut ini.

1. Bunga Tetap (Fixed Rate)

Bunga yang didapatkan oleh debitur dengan patokan angka tertentu selama tenor tertentu biasa Pins kenal dengan nama bunga tetap. Contohnya, suku bunga tetap 7% selama setahun berarti di tahun pertama, suku bunga tetap 7% meski suku bunga pasar fluktuatif.

2. Bunga Mengambang (Floating Rate)

Sedangkan bunga yang ditetapkan pada debitur yang mengikuti fluktuasi bunga acuan (BI rate) adalah bunga mengambang/floating rate. Biasanya, bank menetapkan kombinasi bunga pada sebuah produk KPR.

Contohnya, kamu membayar cicilan dengan bunga tetap selama beberapa tahun pertama, lalu melunasi sisanya menggunakan bunga mengambang. Bisa juga apabila sejumlah pokok menggunakan bunga tetap, dan sisanya menggunakan bunga mengambang.

Suku bunga KPR tetap atau fixed serta fluktuatif (floating), merupakan dua jenis sistem penentu suku bunga pinjaman yang sering dikenal dalam dunia perbankan.

3. Bunga Capped

Selain bunga tetap dan mengambang, terdapat pula yang bernama bunga capped. Bunga ini bersifat layaknya bunga mengambang, namun terbatas. 

Misalnya, apabila kamu mendapat bunga capped sebesar 10%, maka bunga yang dikenakan padamu akan fluktuatif sesuai pasar, namun dengan maksimal 10%.

Dan jika bunga di pasaran menyentuh angka 11%, maka kamu hanya akan dikenakan bunga 10%. Namun, apabila bunga turun sampai 9%, maka bunga yang dikenakan padamu juga turun hingga 9%.

Setelah mengetahui jenis-jenis bunga KPR, bagaimana dengan perbandingan bunga KPR yang beberapa bank besar tetapkan? Mari membahas perbandingan bunga KPR dari 10 bank ternama berikut ini.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menghitung Bunga KPR Fixed<

Perbandingan Bunga KPR

Source : Freepik

Untuk mendapatkan keuntungan maksimal, ada baiknya apabila Pins mencermati perbandingan bunga KPR yang terdapat pada masing-masing bank. Berikut terdapat sepuluh (10) bank yang menawarkan bunga KPR yang berbeda-beda.

1. Bank BTN

Bank ini juga mempunyai program bunga fixed selama dua tahun mulai 7,59%. Untuk bunga fixed selama 20 tahun, bank ini menetapkan bunga 11,59%. Untuk bunga fixed 20 tahun, nasabah yang memiliki pendapatan tidak tetap akan dikenakan bunga 12,59%.

2. Bank BNI

Walaupun tren suku bunga akan naik ke depannya, BNI tetap menawarkan bunga promo KPR. Untuk BNI Griya subsidi menggunakan suku bunga 5% flat sampai dengan 20 tahun.

3. Bank Mandiri

Suku bunga KPR Mandiri fixed berjenjang 10 tahun yakni 7.48% fixed 3 tahun, selanjutnya 8.88% fixed 3 tahun, selanjutnya 9.88% fixed 4 tahun

4. Bank BCA

Bank BCA menawarkan terus suku bunga fixed berjenjang yang memberi suku bunga ringan. Kesempatan mendapatkan suku bunga spesial KPR BCA 2,67% eff.p.a fixed 1 tahun, diskon asuransi jiwa 10% dan diskon biaya admin 50%. Dapatkan segera karena hanya berlaku hingga 31 Maret 2024.

5. Bank BRI

Bank BRI juga menawarkan bunga KPR yang rendah, lho. Bank ini menawarkan suku bunga terendah 1,27% selama setahun pertama kredit. Hingga akhir tahun, BRI juga menyediakan promo bunga KPR mulai dari 1,27% hingga 4,57%.

6. Bank Panin

Sementara untuk bank Panin, mereka menawarkan Fixed 8,50% untuk tenor >10-15 tahun.

7. Bank DBS

Apakah kamu salah satu nasabah dari bank DBS? Kamu cukup beruntung memilih bank DBS, sebab bank ini menawarkan suku bunga dasar kredit 7,24%, yang mana cukup rendah untuk kamu ambil.

8. Bank Danamon

Bagi Pins yang merupakan nasabah dari bank Danamon, kamu juga tidak perlu khawatir. Sebab bank Danamon hanya mematok suku bunga dasar kredit sebesar 8,25% saja sedangkan non-KPR sebesar 9,25% bagi kamu yang ingin mengajukan KPR.

9. Bank HSBC

Sementara untuk bank HSBC, Pins dapat mengetahui bahwa suku bunga yang bank ini tetapkan hanyalah 8%.

10. Bank OCBC NISP

Dan bank terakhir yang menawarkan suku bunga rendah bagi nasabahnya yang ingin mengajukan KPR adalah OCBC NISP. Bank ini menawarkan suku bunga yang hanya berjumlah 8,25% saja dan non KPR 9.25%.

Bagaimana perbandingan bunga KPR di atas? Apakah Pins sudah menetapkan bank mana yang akan dipilih untuk mengajukan KPR?

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Sukamekar Permai dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download