BlogPemilik PropertiDesain HunianMengapa Sebuah Rumah Membutuhkan Aliran Listrik? Ini 6 Fungsinya
0
0

Mengapa Sebuah Rumah Membutuhkan Aliran Listrik? Ini 6 Fungsinya

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Yurinda Dini

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Mengapa Sebuah Rumah Membutuhkan Aliran Listrik? Ini 6 Fungsinya!top-right-banner

Pernahkah kamu bertanya, mengapa sebuah rumah perlu aliran listrik? Tentunya, manfaat listrik untuk rumah ini sangat banyak, Pins. Bahkan, sekarang sebagian besar aktivitas kamu di rumah memerlukan energi listrik. Mulai dari memasak, mencuci, mandi, hingga menonton televisi.

Energi listrik yang mengalir ke setiap rumah dapat berubah menjadi energi lain yang mendukung semua aktivitas kamu. Mulai dari energi cahaya yang menerangi rumah, energi bunyi, energi gerak yang menggerakkan kipas angin maupun mesin cuci, hingga energi panas ketika kamu menyetrika pakaian. 

Baca juga: Kenali Perbedaan Listrik Pascabayardan Prabayar, Jangan Salah Pilih!

Sekilas Tentang Munculnya Listrik di Dunia

Source : Pixabay

Listrik mengacu pada aliran proton maupun elektron yang menyatu pada konduktor dalam suatu rangkaian. Ketika dua komponen ini bergabung menjadi satu, gesekan sangat mungkin terjadi, sehingga muncullah panas maupun cahaya. 

Thales, seorang cendekiawan yang berasal dari Yunani menjadi pemrakarsa pertama listrik. Namun, Michael Faraday menjadi nama yang paling populer dalam ilmu kelistrikan, terutama elektromagnetik. Sebab, dari penelitian inilah terbentuk generator listrik paling pertama. 

Selain itu, jenis listrik sendiri terbagi menjadi dua, yaitu listrik statis dan dinamis. Listrik statis menjadi jenis energi listrik dengan perpindahan arus yang terbatas. Sementara itu, listrik dinamis memiliki arus yang bergerak atau mengalir. Meski berbeda, keduanya tetap memiliki manfaat untuk mendukung kehidupan manusia. 

Mengapa Sebuah Rumah Membutuhkan Listrik?

Tentunya, listrik menjadi hal yang harus ada pada setiap rumah. Lantas, apa alasan mengapa sebuah rumah perlu aliran listrik? Kamu bisa menemukan jawabannya pada hal-hal berikut ini, Pins.

Listrik berperan sebagai sumber penerangan rumah

Source : Freepik

Alasan pertama adalah listrik memiliki peran penting sebagai sumber penerangan rumah. Dahulu, dunia yang kamu tinggali saat ini sangat gelap. Orang tua zaman dulu pun takut untuk sekadar keluar pada malam hari karena minimnya penerangan yang membuat jalanan begitu gelap. 

Akan tetapi, setelah penemuan listrik, kehidupan mulai menjadi lebih terang menggantikan kegelapan. Tentunya, ini menjadi salah satu hal yang harus kamu syukuri, karena kamu tidak harus menghabiskan banyak sekali lilin setiap malam sebagai sumber cahaya pada ruangan atau menghabiskan banyak sekali minyak untuk menghidupkan lampu minyak.

Berkaitan dengan hal ini, listrik akan mengubah energinya menjadi energi cahaya. Adanya listrik akan membuat kamu lebih mudah beraktivitas ketika malam hari, mulai dari makan, mengerjakan pekerjaan rumah, hingga merasa aman saat pulang ke rumah karena tidak harus melewati jalan dalam gelap.

Baca juga: Panduan Pemasangan Instalasi Listrik di Rumah yang Wajib Diketahui

Listrik berperan sebagai sumber energi

Source : Freepik

Alasan kedua mengapa sebuah rumah perlu aliran listrik adalah menjadi sumber energi. Sebab, sebagian besar benda yang ada pada sekelilingmu, misalnya kulkas, TV, AC, mesin cuci, dispenser, dan pemanas air merupakan benda yang memakai listrik sebagai sumber energinya.

Jadi, pastinya kamu sudah bisa membayangkan bagaimana jadinya jika tidak ada energi listrik ke rumah, bukan? Semua perangkat tersebut sudah pasti tidak dapat menyala. Alhasil, semua aktivitas sehari-hari kamu sudah pasti terhambat. Kamu harus memasak air untuk bisa minum, dan mencuci secara manual.

Listrik berperan untuk menghasilkan gerak

Source : Freepik

Manfaat selanjutnya dari hadirnya energi listrik adalah mengubahnya menjadi energi gerak untuk membantu menggerakkan perangkat yang ada di rumah. Misalnya, blender, kipas angin, mesin cuci, bahkan kendaraan yang kini telah menggunakan bahan bakar listrik.

Pemakaian listrik untuk alat-alat rumah tangga sudah pasti akan membantu kamu lebih menghemat waktu dan tenaga saat bekerja. Memakai energi listrik juga terbilang lebih ramah lingkungan, sebab energi satu ini tidak menyisakan residu. Inilah sebabnya, kini listrik tengah dikembangkan untuk pengganti bahan bakar minyak pada kendaraan.

Peran energi listrik pada gawai

Source : Freepik

Kerja dan fungsi dari perangkat canggih seperti laptop, komputer, tablet, dan smartphone turut menjadi alasan mengapa sebuah rumah perlu aliran listrik. Perangkat ini memerlukan daya listrik untuk mengakses aplikasi dan mengolah data. 

Selanjutnya, energi listrik akan berubah menjadi energi keluaran yang bisa menyajikan gambar, tulisan, atau berbagai hal lain seperti semua yang kamu dapatkan ketika memakai perangkat tersebut saat ini.

Baca juga: Perjalanan Listrik Masuk ke Rumah Pelanggan Pertama Kali Akan Melewati Apa?

Listrik untuk membantu menghasilkan suara

Source : Freepik

Tak kalah pentingnya, listrik yang memiliki manfaat untuk membantu menghasilkan suara. Jika kamu sering mendengar lagu pada perangkat elektronik, misalnya radio, ini menjadi salah satu hasil ubahan energi listrik menjadi energi bunyi.

Selain itu, kamu juga pasti sudah tidak asing lagi dengan pengeras suara seperti speaker dan microphone. Kedua alat ini juga membutuhkan energi listrik supaya bisa berfungsi untuk mengeluarkan suara dengan optimal.

Listrik dalam bidang olahraga

Source : Freepik

Terakhir, adalah manfaat listrik dalam sektor olahraga. Saat ini, telah hadir berbagai peralatan olahraga yang bergantung pada energi listrik guna membantu kamu lebih disiplin dalam menerapkan pola hidup sehat. 

Salah satunya adalah Electrical Muscle Stimulation atau EMS. Instrumen ini memanfaatkan tenaga listrik guna menstimulasi otot tubuh hingga bisa bekerja lebih optimal. Dengan begitu, mendapatkan bentuk tubuh yang ideal kini bukan lagi menjadi hal yang sulit, Pins. 

Bahkan, alat ini terbilang minim risiko cedera, dan bisa kamu pasang pada rumah. Tentunya, kamu bisa memanfaatkannya setiap hari untuk memiliki tubuh yang selalu sehat.

Itu tadi enam alasan mengapa sebuah rumah perlu aliran listrik, Pins. Meski begitu, sebaiknya kamu tidak menggunakan listrik terlalu berlebihan, ya! Matikan perangkat yang tidak kamu gunakan, sehingga tagihan atau pemakaian listrik bulanan kamu tidak membengkak.

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Modernland Cilejit dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download