BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPABegini Simulasi dan Cara Menghitung KPR BRI
0
0

Begini Simulasi dan Cara Menghitung KPR BRI

Dipublikasikan oleh Nabila Zahra Hafizhah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Feb 27, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
Begini Simulasi dan Cara Menghitung KPR BRItop-right-banner

Secara umum, ada dua cara yang bisa kamu pilih ketika hendak memiliki rumah impian. Cara pertama adalah langsung membayar tunai atau cash keras, dan cara kedua adalah pembayaran cicilan melalui Kredit Pemilikan Rumah atau KPR. Setiap perbankan punya sistem KPR dan perhitungannya sendiri, termasuk KPR BRI yang tentunya berbeda dengan KPR lain. Simak artikel ini untuk mengetahui cara menghitung KPR BRI!

Kamu dapat memiliki rumah idaman sesuai dengan selera desain kamu dengan melakukan penelusuran di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Kamu dapat memanfaatkan fitur Take Over KPR, jika kamu berupaya untuk membeli rumah dengan melanjutkan proses KPR pemilik rumah sebelumnya tersebut.

Baca juga: Kenali KPR Syariah dan Perhitungan KPR Syariah yang Tepat

Apa Saja Jenis KPR BRI

Source : iStock

Sebelum mengajukan pinjaman KPR kepada BRI, kamu perlu tahu terdapat dua jenis program KPR yang dikeluarkan oleh BRI, yaitu:

1. KPR BRI

Jenis KPR BRI satu ini menjadi solusi kredit yang sesuai untuk berbagai jenis rumah impian. Kamu akan mendapat penawaran pinjaman dengan suku bunga yang kompetitif dan beragam jangka waktu pembayaran cicilan KPR yang dapat disesuaikan dengan kemampuan kamu dalam membayarnya.

2. KPR Sejahtera FLPP BRI

Jenis KPR yang kedua ini diberikan khusus kepada Pins yang memenuhi syarat sebagai penerima bantuan pemerintah melalui Program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Pins dapat memanfaatkan program ini untuk memiliki rumah dengan bunga yang sangat terjangkau.

Cara Menghitung KPR BRI: Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Source : Pinterest

Sebelum memilih untuk membeli rumah dengan KPR, sangat penting untuk menghitung berapa kisaran biaya angsurannya. Dengan demikian, kamu dapat memutuskan apakah pengajuan KPR untuk membeli rumah adalah pilihan tepat, atau justru sebaliknya. 

Tak hanya itu, mengetahui bagaimana menghitung biaya KPR sebenarnya juga menjadi salah satu strategi supaya kamu bisa menabung untuk mempersiapkan anggaran. Hal ini akan membantu kamu terhindar dari risiko kredit macet karena tidak dapat membayar cicilan bulanan.

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghitung KPR BRI, ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan, yaitu:

1. Harga Rumah dan Biaya Uang Muka

Source : Pinterest

Harga rumah menjadi salah satu faktor yang memengaruhi besar kecilnya cicilan KPR. Semakin mahal harga rumah yang kamu pilih, tentu semakin besar pula cicilan yang harus kamu bayarkan setiap bulan. Itulah kenapa salah satu skill yang wajib kamu miliki yaitu menawar harga rumah

Jadi, supaya kamu bisa menghitung simulasi KPR BRI, kamu tentunya harus tahu dulu berapa harga rumah incaran. Tak hanya itu, kamu juga perlu mengetahui aturan mengenai pembayaran atau besaran uang muka. Pihak bank biasanya memberikan pembiayaan maksimal sebesar 90 persen dari total harga rumah.

Ini berarti, kamu harus membayar uang muka minimal sebesar 10 persen dari harga jual rumah. Semakin besar uang muka yang kamu berikan, semakin kecil cicilan yang perlu kamu bayarkan.

2. Jatuh Tempo atau Tenor

Source : Pinterest

Tenor menjadi aspek berikutnya yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mengajukan KPR di bank. Jangka waktu atau tenor sendiri adalah lama waktu pinjaman yang diberikan sampai kamu bisa melunasi semua cicilan rumah incaran. 

Pilihan tenor bisa mulai dari 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun, dan beberapa memberikan jatuh tempo hingga 25 tahun. Semakin lama tenornya, semakin kecil pula angsuran yang wajib kamu bayarkan. 

Namun, tenor juga dipengaruhi oleh usia ketika kamu mengajukan KPR. Semakin tua usia, tentunya tenor yang diberikan akan semakin pendek. Inilah mengapa, usia ideal untuk mengambil KPR adalah 25 tahun.

Baca juga: Serba-Serbi KPR Syariah: Akad & Tips Pengajuan

3. Berdasarkan Jenis KPR

Source : Pinterest

Cara menghitung KPR BRI juga dipengaruhi oleh jenis KPR yang kamu pilih. Bank BRI menawarkan dua bentuk KPR, yaitu KPR subsidi dan KPR nonsubsidi. KPR Subsidi biasanya ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang ingin memiliki rumah. 

Oleh karena itu, bunga yang dibebankan untuk jenis KPR ini akan relatif sama setiap tahun. Sementara itu, jenis KPR nonsubsidi biasanya mengadaptasi bunga mengambang dengan besaran yang berbeda setiap tahun.

4. Besaran Biaya Bunga

Source : Pinterest

Simulasi KPR BRI, baik untuk bank konvensional maupun BRI Syariah umumnya memakai dua jenis bunga, yaitu bunga tetap dan bunga mengambang. Besaran bunga yang dibebankan untuk jenis KPR subsidi yaitu sebesar 5 persen sampai masa jatuh tempo selesai. 

Sementara itu, KPR nonsubsidi memberikan beban bunga sebesar 6,5 persen pada tahun pertama. Lalu, tiga tahun selanjutnya, besaran bunga akan naik menjadi sekitar 9,5 persen. Sudah pasti, apabila terjadi keterlambatan membayar cicilan, kamu akan dikenai denda KPR.

Cara Menghitung KPR BRI: Simulasi Perhitungan

Source : Pinterest

Cara menghitung KPR BRI kini bisa lebih mudah dilakukan secara daring. Kamu bisa memanfaatkan fitur simulasi KPR BRI yang tersedia di halaman resmi Bank BRI. Cara menggunakannya bisa dengan mengikuti langkah berikut ini.

  • Akses layanan KPR Bank BRI di https://bri.co.id/kpr-bri.
  • Pilih menu Individu, lalu Pinjaman – KPR.
  • Selanjutnya Pins pilih jenis KPR (KPR BRI atau KPR Sejahtera FLPP BRI)
  • Kemudian ulir ke bawah hingga menemukan Cicilan KPR
  • Lalu, masukkan nominal pinjaman atau harga rumah yang menjadi incaranmu. Bank BRI memberikan nilai pinjaman maksimal sebesar Rp10 miliar.
  • Selanjutnya, pada bagian tenor atau jangka waktu, isikan durasi pembayaran cicilan. Adapun jangka waktu angsuran yang diberikan oleh Bank BRI yaitu mulai dari 1 tahun sampai 20 tahun. 
  • Berikutnya, pada bagian suku bunga. Bagian ini tidak dapat diganti, sehingga besaran efektif untuk suku bunganya adalah 5 persen.
  • Terakhir, kamu bisa klik Hitung dan langsung mendapatkan kisaran cicilan bulanan yang harus kamu bayarkan. 

Baca juga: Proses Membeli Rumah Dengan KPR yang Harus Diketahui

Syarat Pengajuan KPR Bank BRI

Source : Pinterest

Setelah mengetahui bagaimana cara menghitung KPR BRI, sekarang kamu sudah mendapatkan gambaran terkait besar angsuran bulanan yang wajib dibayarkan. Apabila kamu masih berniat untuk mengajukan KPR di Bank BRI, sebaiknya mulailah untuk mempersiapkan dokumen persyaratannya. 

Biasanya, pihak yang menerima pinjaman akan diminta untuk menyiapkan beberapa hal berikut ini.

  • Slip gaji.
  • Rekening koran selama 3 bulan terakhir.
  • Kartu identitas yang masih berlaku.
  • Kartu NPWP.
  • Kartu Keluarga (KK).
  • Pas foto.
  • Surat rekomendasi kerja.

Adapun persyaratan umum lain yang perlu kamu penuhi saat hendak mengajukan KPR di Bank BRI, yaitu:

  • Mengisi formulir aplikasi KPR BRI.
  • Wajib membuka rekening BRITAMA.
  • Telah berusia 21 tahun/ telah menikah.

Faktor yang Menyebabkan KPR BRI Ditolak

Source : iStock

Pins jika kamu ingin mengajukan pinjaman KPR BRI, maka kamu harus memperhatikan beberapa faktor berikut ini yang menyebabkan pinjaman KPR kamu ditolak:

  • Dokumen tidak lengkap,
  • Adanya sengketa rumah,
  • Developer bermasalah,
  • Riwayat gagal kredit pemohon,
  • Kemampuan membayar pemohon tidak sebanding dengan nilai KPR yang diajukan.

Menghitung KPR Rumah Idaman Melalui Pinhome

Source : Pinterest

Demikian tadi berbagai hal yang perlu kamu pertimbangkan dan cara menghitung KPR BRI yang perlu kamu ketahui. Kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan menghitung Simulasi KPR-nya melalui Pinhome. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Taman Ciantra dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download