BlogPemilik PropertiFinansial3 Contoh Rekening Koran dari Bank Mandiri, BCA, dan BRI
0
0

3 Contoh Rekening Koran dari Bank Mandiri, BCA, dan BRI

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Jan 19, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
Contoh Rekening Korantop-right-banner

Ketika berurusan dengan lembaga keuangan seperti bank, maka kamu akan menemui satu fitur yaitu rekening koran. Ini adalah catatan transaksi yang berguna dalam beberapa keperluan. Berikut contoh rekening koran dari bank Mandiri, BCA, dan BRI. 

Biasanya rekening koran menjadi salah satu persyaratan yang wajib disertakan dalam pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Rekening koran ini akan memberikan gambaran kondisi finansial calon nasabah, seperti pemasukan dan pengeluarannya setiap bulan. 

Sebelum lanjut, kamu ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Panorama Bekasi Residence atau rumah second di Kab Bandung bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah. Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa pasang iklan properti di Pinhome. 

Baca juga: Sejarah berdirinya Bank di Indonesia

Mengenal Rekening Koran

Contoh Rekening Koran
Source : Wikimedia Commons

Rekening koran adalah ringkasan dari semua transaksi keuangan yang terjadi pada suatu rekening bank selama periode waktu tertentu. Ini termasuk transaksi debit (penarikan) dan kredit (penyimpanan), serta biaya-biaya dan bunga yang terkait. 

Biasanya rekening koran dikeluarkan secara bulanan dan dapat diakses baik secara fisik maupun secara elektronik melalui layanan perbankan online. Fitur ini berguna sebagai salah satu syarat dalam beberapa jenis transaksi. 

Rekening koran dalam bahasa Belanda disebut rekening-courant dan dalam bahasa Inggris disebut current account. Dalam dunia perbankan adalah ringkasan transaksi keuangan yang telah terjadi pada periode tertentu pada rekening bank yang dimiliki oleh individu atau perusahaan di lembaga keuangan.

Umumnya rekening koran dicetak secara berkala dan dikirim langsung ke pemegang rekening, atau hanya dicetak atas permintaan pemegang rekening. Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi pergeseran dalam pencetakan laporan elektronik tanpa kertas. 

Beberapa lembaga keuangan menawarkan nasabahnya untuk melihat atau mengunduh langsung rekening koran miliknya melalui situs web bank atau melalui aplikasi telepon pintar. Beberapa ATM juga menawarkan kemungkinan untuk mencetak riwayat transaksi atau mutasi rekening secara langsung.

Rekening koran memuat semua aktivitas rekening seperti tabungan, transfer uang, debit atau kredit, yang diperlukan oleh bank atau kreditur sebagai bukti untuk menunjukkan bahwa pemegang rekening benar memiliki penghasilan atau mempunyai arus kas.

Baca juga: Jenis produk Bank di Indonesia

Fungsi Rekening Koran

Contoh Rekening Koran
Source : Pixabay

Tentu saja rekening koran ini memiliki banyak fungsi yang berkaitan dengan aktivitas perbankan. Bagi nasabah, ada beberapa fungsi rekening koran yang cukup krusial sebagai berikut. 

1. Monitoring Keuangan

Rekening koran memberikan gambaran menyeluruh tentang aktivitas keuangan seseorang atau perusahaan selama periode tertentu. Ini memungkinkan nasabah untuk melihat secara rinci setiap transaksi yang terjadi, membantu dalam memantau pengeluaran dan pemasukan.

2. Rekonsiliasi

Rekening koran dapat digunakan untuk melakukan rekonsiliasi, yaitu membandingkan catatan transaksi di rekening koran dengan catatan transaksi yang dimiliki nasabah. Ini membantu dalam mendeteksi kesalahan atau transaksi yang tidak sah.

3. Pemantauan Pembayaran dan Tagihan

Melalui rekening koran, nasabah dapat melihat transaksi pembayaran, tagihan, dan potongan biaya yang terkait dengan rekening mereka. Ini membantu dalam memastikan bahwa semua pembayaran dan transaksi dilakukan dengan benar.

Baca juga: 6 lembaga keuangan bukan bank di Indonesia

4. Bukti Transaksi

Rekening koran juga berfungsi sebagai bukti sah tentang transaksi keuangan. Ini dapat digunakan sebagai rujukan atau dokumentasi jika ada pertanyaan atau keperluan perpajakan.

5. Deteksi Potensi Curang

Dengan memantau rekening koran secara reguler, nasabah dapat dengan cepat mendeteksi kegiatan yang mencurigakan atau tidak sah pada rekening mereka, seperti transaksi yang tidak dikenali atau adanya pencurian identitas.

6. Perencanaan Keuangan

Analisis rekening koran membantu dalam perencanaan keuangan pribadi atau bisnis. Ini memungkinkan nasabah untuk mengidentifikasi pola pengeluaran, mengelola anggaran, dan membuat keputusan keuangan yang lebih baik.

Oleh karena itu, rekening koran bukan hanya catatan transaksi, tetapi juga alat penting untuk pengelolaan keuangan dan pengambilan keputusan keuangan yang bijak.

Baca juga: Dampak Perdagangan Internasional Globalisasi Ekonomi

Contoh Rekening Koran

Contoh Rekening Koran
Source : Pinterest

Setiap bank selalu memberikan layanan rekening koran bagi para nasabahnya. Cara membuat rekening koran di masing-masing bank juga cukup mudah, terlebih di era serba digital seperti saat ini. Kamu bisa mengurus rekening koran hanya melalui ponsel. 

Berikut ini tahapan untuk membuat rekening korang 3 bulan terakhir melalui teller bank.

  • Langkah pertama tentu kita harus menabung dulu selama jangka waktu minimal tiga bulan, dan selama bulan tersebut terdapat bukti transfer pemasukan entah itu berupa gaji karyawan atau sumber penghasilan usaha;
  • Siapkan persyaratan untuk minta print out rekening koran yaitu buku tabungan dan KTP asli;
  • Datang ke Bank sesuai dengan tempat kita menabung, lalu meminta nomor antrian untuk menghadap bagian customer service;
  • Menunggu sampai giliranmu dipanggil;
  • Menunjukan dokumen persyaratan untuk meminta rekening koran;
  • Petugas customer service akan mencetak rekening koran;
  • Nah, kamu akan mendapat lembaran rekening koran tiga bulan terakhir;
  • Pihak Bank penyedia KPR biasanya menanyakan setiap tanggal berapa kita gajian, lalu melihat print out buku tabungan untuk mengecek kebenaranya.

Berikut ini adalah beberapa contoh rekening koran dari tiga bank besar di Indonesia, yaitu BCA, Mandiri, dan BRI:

1. Contoh Rekening Koran BCA

Contoh Rekening Koran
Source : Scribd

2. Contoh Rekening Koran Mandiri

Contoh Rekening Koran
Source : Scribd

3. Contoh Rekening Koran BRI

Contoh Rekening Koran
Source : Scribd

Demikian ulasan mengenai contoh rekening koran dari BCA, Mandiri, dan BRI. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Orchard Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download