Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Penggunaan Kode Bank BRI dan Tahapan Membuat Tabungan BRI

Penggunaan Kode Bank BRI dan Tahapan Membuat Tabungan BRI

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 1 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Bank Rakyat Indonesia atau BRI merupakan salah satu bank yang populer di Indonesia. Hampir seluruh kalangan di berbagai daerah menggunakan jasa dari lembaga ini. Oleh karenanya, banyak transaksi yang diarahkan ke rekening bank ini. Supaya transaksi lancar, pengguna bank lain harus mengetahui kode Bank BRI saat melakukan transfer.

Pinhome – Sebenarnya, apa itu kode transfer Bank BRI? Kode bank dapat diartikan sebagai sebuah penghubung antara satu bank dengan yang lainnya. Kombinasi angka ini akan memudahkan sistem perbankan untuk memproses transaksi nasabahnya.

Apabila Pins tidak ingin repot-repot memasukkan kode bank setiap transaksi, salah satu pilihannya yaitu dengan memiliki rekening dari berbagai bank. Tak perlu bingung, di artikel ini akan dijelaskan berbagai jenis tabungan yang bisa dibuka di Bank BRI sekaligus cara mendaftarnya. Namun, kalau kamu tidak berniat membuka rekening baru, bisa gunakan kode bank di bawah ini.

Kegunaan Kode Bank Saat Transfer

(Kompas)

Penggunaan kode bank merupakan sebuah keharusan ketika melakukan transaksi antar bank. Kode tersebut hadir dalam bentuk rangkaian angka. Masing-masing bank memiliki kode tersendiri karena hal tersebut merupakan sebuah identitas.

Kode bank memiliki kombinasi yang unik dan digunakan ketika melakukan transfer antar bank. Angka-angka tersebut akan memudahkan sistem untuk mengenali bank dan rekening tujuan sehingga proses transfer berjalan dengan lancar.

Apabila seseorang tidak memasukkan kode ketika melakukan transaksi lintas bank, proses tersebut tidak akan berjalan lancar. Akibatnya, transaksi gagal dan pengguna tidak bisa transfer ke rekening tujuannya.

Baca Juga: Jangan Asal Deal! Ini Cara Tepat Memilih Bank KPR

Daftar Kode Bank BRI

kode transfer bank bri
(Radar Mojokerto)

Terdapat dua bank lain yang merupakan bagian dari Bank BRI yaitu Bank BRI Syariah dan Bank BRI Agro. Masing-masing bank tersebut memiliki kode yang berbeda-beda yaitu:

  • Bank BRI: 002
  • Kode Bank BRI Syariah: 422
  • Bank BRI Agro: 494

Pengguna harus teliti ketika melakukan transaksi karena meskipun ketiganya milik Bank BRI, masing-masing memiliki kode yang berbeda. Pastikan Pins memastikan nomor rekening yang dituju sebelum mentransfer.

Setelah mengetahui nomor rekening dan bank yang dituju, kamu baru bisa tahu kode bank yang harus digunakan. Kode tersebut ditulis sebelum nomor rekening. Sebagai contoh, nomor rekening tujuan yaitu 0111-01-057361-50-7.

Nomor tersebut merupakan milik nasabah Bank BRI sehingga kode yang digunakan untuk transfer yaitu 002. Penulisannya sendiri menjadi 002011101057361507. 

Berbagai Jenis Tabungan di Bank BRI

kode transfer bank bri
(Cashcash Pro)

Calon nasabah bisa memilih berbagai jenis tabungan yang disediakan oleh Bank BRI. Pins bisa mempertimbangkan hal-hal seperti kebutuhan, fasilitas, dan biaya administrasi sebelum memutuskan jenis tabungan. Berikut ini penjelasan singkat beberapa tabungan di Bank BRI.

Tabungan BRI BritAma

Jenis tabungan ini merupakan salah satu yang banyak dipilih oleh calon nasabah. Pengguna yang memilih tabungan BritAma akan langsung mendapatkan kartu ATM, buku tabungan, dan layanan internet banking.

Sebelum bisa membuka rekening, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Calon nasabah harus sudah berusia lebih dari 17 tahun serta memiliki identitas seperti KTP dan NPWP. Kemudian, setoran awal yang diminta berbeda tergantung pada pilihan kartu. Setoran untuk kartu Classic yaitu Rp250.000 dan Rp500.000 untuk kartu Gold.

Batas tarik tunai yaitu Rp5.000.000 untuk pengguna kartu Classic dan Rp10.000.000 untuk pengguna kartu Gold. Kemudian, untuk saldo mengendap minimal Rp50.000 dan biaya administrasi per bulannya yaitu Rp10.000-Rp11.000 tergantung jumlah tabungan.

Tabungan BRI BritAmax

Tabungan BRI BritAmax kurang lebih memiliki fitur yang sama dengan BritAma. Hanya saja, desain kartu ATM-nya disesuaikan dengan selera kalangan muda.

Jenis tabungan ditujukan khusus bagi calon nasabah usia 17 – 35 tahun. Pendaftar juga harus membawa KTP dan NPWP serta uang setoran awal sebesar Rp100.000.

Tabungan BRI Simpedes

Tabungan berikutnya dari bank BRI yaitu Simpedes. Jenis tabungan ini disediakan bagi masyarakat di daerah-daerah pedesaan dengan memanfaatkan kantor cabang, Teras BRI, kantor cabang pembantu, kantor kas, dan BRI unit.

Calon nasabah yang ingin mendaftar ke BRI Simpedes harus memenuhi berbagai persyaratan yaitu:

  • Berusia lebih dari 17 tahun
  • Melakukan setoran awal Rp100.000
  • Memiliki KTP dan NPWP/surat tidak memiliki NPWP
  • Memiliki status badan usaha, izin usaha, anggaran dasar, dan dokumen identitas pengurus

Setelah sukses mendaftar, nasabah bisa menggunakan layanan Bank BRI. Maksimal tarikan per hari yaitu Rp5.000.000 dan transaksi antar cabang yaitu Rp200.000.000. Supaya bisa terus menggunakan layanan, nasabah dikenai biaya administrasi sebesar Rp5.500 per bulan.

Baca Juga: Makin Mudah, Ini Keuntungan Membeli Rumah Secara Online!

Tata Cara Pembukaan Rekening

kode transfer bank bri
(Kompas)

Calon nasabah Bank BRI bisa langsung datang ke kantor cabang ketika ingin membuka rekening. Namun, Pins juga bisa mendaftar secara online melalui laman resmi Bank BRI. Langkah-langkah pembukaan rekening secara online yaitu:

  • Mengakses laman bukarekening.bri.co.id
  • Pilih menu ‘Buka Rekening’
  • Menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti KTP, NPWP, dan data lain
  • Memilih jenis tabungan yang diinginkan
  • Merekam video untuk verifikasi diri
  • Melakukan setoran awal sesuai jenis tabungan yang dipilih
  • Membuat akun internet banking BRI atau BRImo untuk akses layanan
  • Memilih kantor cabang untuk data pendaftaran
  • Mengunggah foto data diri sesuai ketentuan
  • Mengaktivasi akun

Berdasarkan penjelasan di atas, Pins jangan lupa masukkan kode Bank BRI ketika melakukan transaksi antar bank. Kamu juga bisa membuka rekening baru seperti di Bank BRI supaya memudahkan transaksi keuangan.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel