BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Desain Rumah Atap Miring Untuk Hunian Lebih Modern!
0
0

15 Desain Rumah Atap Miring Untuk Hunian Lebih Modern!

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Nov 10, 2023

9 menit membaca

Copied to clipboard
rumah atap miringtop-right-banner

Konsep hunian sederhana semakin menjamur dan memiliki banyak peminat di zaman sekarang. Mulai dari bentuk rumah, desain interior, hingga pemilihan perabotan pun turut mengikuti tren tersebut. Semua dibuat minimalis tanpa meninggalkan estetikanya, termasuk desain rumah atap miring.

Desain atap rumah yang dahulu kurang diminati dan cenderung monoton, kini mulai beragam dan tentunya dengan tampilan yang menarik. Salah satunya adalah dengan menggunakan rumah atap miring satu sisi.

Meski terdapat beberapa model rumah atap miring, namun kecantikannya tidak meninggalkan fungsi utamanya yaitu melindungi atap bangunan. Nah, untuk membahasnya lebih mendalam, yuk kita simak beberapa jenis atap miring yang bisa kamu jadikan referensi!

Kamu dapat menemukan desain hunian beratap miring di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung. Atau kamupun bisa menemukan desain hunian beratap miring di rumah terbaik dari Pinhome di Rumah Ekslusif.

Baca juga: Beragam Jenis Atap Rumah Berdasarkan Fungsinya

Desain Rumah Atap Miring Untuk Hunian Lebih Modern

Penggunaan atap menjadi salah satu hal yang dibutuhkan dan krusial untuk pembangunan rumah kamu. Atap mampu melindungi bagian dalam atau interior rumah dari perubahan cuaca, seperti panas dan hujan. Atap akan sangat bermanfaat karena melindungi penghuni rumah dari kepanasan dan kehujanan yang ada.

Bagian atas rumah tersebut dapat berperan sebagai tambahan yang akan mengindahkan tampak luar dari bangunan hunian kamu. Dapat dibilang, atap rumah ini hadir sebagai mahkota yang akan mempercantik bangunan tempat tinggal kamu Pins!

Salah satu desain atap rumah yang sedang diminati adalah atap rumah dengan kemiringan. Kemiringan ini akan memberikan tampilan rumah kamu terlihat semakin estetik. Berikut ini beberapa desain rumah atap miring untuk hunian lebih modern yang dapat kamu ikuti:

1. Rumah Atap Miring Sandar

rumah atap miring
Source : Tab Rumah

Atap miring sandar umumnya dipergunakan di gudang, garasi, atau kabin. Namun, karena pertimbangan estetis, kini banyak yang menggunakan jenis atap miring ini untuk bangunan utama. Disebut atap sandar karena posisinya bersandar di dinding bagian atas, dan ditopang oleh kuda-kuda yang memiliki kemiringan antara 20-40 derajat.

Kelebihan dari model atap miring sandar ini adalah biayanya lebih terjangkau, cocok untuk segala jenis material atap, dan mempermudah aliran air hujan. Namun, ia juga memiliki beberapa kekurangan yaitu tidak cocok untuk rumah besar dan membutuhkan talang yang lebih besar.

Baca juga: Desain Rumah Unik dan Cantik

2. Model Atap Miring Kombinasi

rumah atap miring
Source : Jsx55

Kebalikan dari atap miring satu sisi, atap miring kombinasi berada di berbagai sisi rumah. Penggunaan salah satu jenis atap miring ini akan memberikan keteduhan karena sebagian besar bagian rumah terlindungi dari cahaya matahari.

Namun, penggunaan atap miring kombinasi hanya cocok digunakan untuk hunian dengan ukuran yang besar, karena tentu akan membutuhkan lahan yang cukup besar untuk mewujudkannya. Ketahui tips memilih desain atap rumah minimalis.

3. Model Atap Miring Pelana

Source : Courtina

Atap miring model pelana merupakan model yang cukup populer di Indonesia. Namanya juga terinspirasi dari model pelana kuda. Atap miring pelana cenderung lebih sederhana dan mudah dibuat.

Model atap miring ini mudah menumpahkan bentuk air karena kemiringannya, hemat material struktur, tidak mudah bocor, serta mampu menyerap panas dengan baik. Di sisi lain, model ini kadang bermasalah saat diterpa angin kencang, oleh karena itu pengerjaannya harus dilakukan dengan sempurna. Ketahui juga contoh konstruksi atap miring satu sisi yang benar dan menarik.

4. Desain Atap Miring Gergaji

rumah atap miring
Source : Pokoh Jaya Teknik

Model atap miring gergaji umumnya banyak digunakan di pabrik, bengkel, bangsal, dan sebagainya. Atap ini merupakan perpaduan dari dua atau lebih atap miring sehingga menyerupai tampilan mata gergaji dan banyak digunakan di hunian modern karena tampilannya yang cantik.

Dalam penggunaan  salah satu jenis atap miring ini, penempatan jendela di bagian atap vertikal akan memungkinkan cahaya yang masuk menjadi lebih banyak. Namun, desainnya yang terbilang kompleks akan berakibat pada membengkaknya biaya pembuatan serta biaya perawatannya. Untuk memaksimalkan pencahayaan, ikuti ide konstruksi atap skylight untuk ruangan.

5. Rumah Atap Miring Dormer

Source : Paginas de Delphi

Atap miring dormer bisa menjadi pilihan lain dari jenis atap miring kombinasi. Ciri khas dari dormer ini adalah menonjolkan jendela. Atap miring ini terdiri dua desain dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Salah satunya akan memiliki bagian yang lebih menonjol. Di bagian ini, kamu bisa berkreasi untuk membuatnya lebih menarik.

Baca juga: Membuat Gambar Rangka Atap Rumah

6. Rumah Atap Miring Tepi Sawah

rumah atap miring
Source : Jsx55

Model rumah atap miring satu sisi ini memiliki tingkat kemiringan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. Selain itu, mode ini belum banyak digunakan di Indonesia.

Bila kamu tinggal di lingkungan hunian yang tidak terlalu padat, model atap miring ini cocok untuk digunakan karena dapat mengalirkan air dengan sangat baik. Penggunaan model ini juga akan membuat rumah satu atau dua lantai akan terlihat lebih tinggi. Kamu harus tahu model talang air atap rumah & bagaimana perawatannya.

7. Atap Miring Menjorok Ke Depan

Source : Jatim Times

Penggunaan atap miring ke depan adalah untuk menyalurkan air ke satu titik, yaitu ke bagian depan rumah. Umumnya, atap miring ke depan ini digunakan di rumah dengan lahan yang terbatas. Meski begitu, penggunaan salah satu model rumah atap miring ini dapat membuat rumah terlihat modern dan berbeda dengan yang lain.

Baca juga: 12 Model Atap Rumah Minimalis Paling Banyak Digunakan

8. Model Atap Seluncuran

Source : Pinterest

Sesuai dengan namanya, jenis rumah atap miring satu sisi ini berbentuk layaknya seluncuran. Permukaannya memanjang dari atas hingga hampir menyentuh tanah.

Model rumah atap miring satu sisi ini memudahkan penghuninya bila terjadi kebocoran, karena dapat langsung mengeceknya tanpa menggunakan tangga. Selain itu, penampilannya akan membuat rumah lebih berbeda bila dibandingkan dengan yang lain. Coba ketahui kelebihan dan kekurangan atap rumah galvalum.

9. Perpaduan Atap Miring dan Datar

rumah atap miring
Source : Twitter/ Wicasono

Penggunaan atap datar dapat memberikan kesan yang kaku bila diterapkan pada hunian pribadi. Untuk itu, perpaduan antara atap datar dengan atap miring dapat menghapus kesan kaku tersebut, Selain itu, perpaduan kedua jenis atap ini akan menghasilkan kesan yang lebih nyaman dan modern. Ketahui cara menghitung atap rumah limas dengan tepat.

10. Atap Miring Melengkung

rumah atap miring
Source : Mustika Land

Salah satu jenis atap miring ini memiliki bentuk yang sama dengan yang lain, yang membedakannya hanya bentuknya yang melengkung sehingga memberi kesan yang lebih dinamis.

Biasanya, model atap miring melengkung ini digunakan oleh pusat perbelanjaan, gedung olah raga, dan berbagai tempat besar lainnya. Namun, karena bentuknya yang unik dan megah, maka model ini juga banyak digunakan untuk hunian pribadi. Ketahui cara menghitung biaya renovasi atap rumah.

11. Desain Atap Miring Butterfly

rumah atap miring
Source : Tokopedia

Model atap miring butterfly ini mengadopsi bentuk sayap kupu-kupu yang mampu memberikan perlindungan bagi badannya. Pada penerapan rumah atap miring ini,  kotoran dan air hujan akan jatuh di sisi tengah atap.

Pada model rumah atap miring ini, kamu harus mengutamakan drainase, karena ketika membersihkannya, kamu harus memiliki akses langsung ke sana dan lakukan dengan rutin.

12. Rumah Atap Miring Bersambung

rumah atap miring
Source : Jap Design

Jenis atap miring bersambung akan menghubungkan seluruh bagian rumah, dari depan hingga ke belakang. Penggunaannya akan membuat rumah terlihat lebih luas dan megah. Untuk mengaplikasikannya, cukup pastikan model rumah memanjang ke belakang. Ketahuilah kelebihan dan kelemahan atap rumah spandek.

13. Atap Model Piramida

rumah atap miring
Source : Pinterest

Model piramida memiliki empat sisi miring dengan berujung pada satu titik di atas. Umumnya, desain ini digunakan di hunian yang kecil, seperti kabin dan bungalow. Namun, banyak juga yang menggunakannya untuk hunian pribadi.

Atap miring piramida ini sangat tahan terhadap terjangan angin serta cocok untuk hunian minimalis. Namun, penggunaannya akan memakan bujet yang lebih banyak serta diperlukan ketelitian yang sangat tinggi. Kamu dapat melihat referensi macam-macam bentuk atap rumah modern berbagai gaya.

14. Rumah Atap Miring Perisai

rumah atap miring
Source : Archdaily

Atap miring perisai juga seringkali disebut sebagai atap miring trapesium karena terdiri dari empat sisi namun memiliki panjang yang berbeda. Atap miring perisai banyak digunakan di rumah-rumah di Indonesia.

Meski memiliki kemiripan dengan atap pelana, rumah model atap miring ini terlihat lebih modern dan sering diaplikasikan pada rumah minimalis. Model ini lebih banyak menumpahkan air hujan, namun pembangunannya akan memakan lebih banyak bahan bangunan.

Baca juga: Tips Memilih Desain Atap Rumah Minimalis

15. Model Atap Jerkinhead

rumah atap miring
Source : Mustika Land

Model ini merupakan gabungan antara atap pelana dan perisai. Jerkinhead masih jarang ditemui di Indonesia, oleh karena itu, kamu dapat menggunakannya agar terlihat berbeda dari yang lain. Atap jenis ini ini memiliki kelebihan yaitu lebih stabil dari atap pelana biasa, namun biaya pembuatannya akan lebih tinggi.

Nah, di atas tadi adalah beberapa referensi desain rumah atap miring yang bisa digunakan untuk hunian impian kamu. Sebelum mengaplikasikannya, pertimbangkan dulu baik dan buruknya ya, supaya akan menghasilkan tampilan yang maksimal untuk rumah idamanmu. Berikut ini model atap rumah terbaru untuk hunian modern.

Baca juga:

Feature Source Image: ArchDaily


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Dewe Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download