Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • 15 Desain Rumah Atap Miring yang Hits dan Menarik Diaplikasikan untuk Hunian

Tips Properti

15 Desain Rumah Atap Miring yang Hits dan Menarik Diaplikasikan untuk Hunian

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 7 October 2021 ∙ 6 menit membaca

Konsep hunian sederhana semakin menjamur dan memiliki banyak peminat di zaman sekarang. Mulai dari bentuk rumah, desain interior, hingga pemilihan perabotan pun turut mengikuti tren tersebut. Semua dibuat minimalis tanpa meninggalkan estetikanya, termasuk model rumah atap miring.

Pinhome – Desain atap rumah yang dahulu kurang diminati dan cenderung monoton, kini mulai beragam dan tentunya dengan tampilan yang menarik. Salah satunya adalah dengan menggunakan rumah atap miring satu sisi. Meski terdapat beberapa model rumah atap miring, namun kecantikannya tidak meninggalkan fungsi utamanya yaitu melindungi atap bangunan. Nah, untuk membahasnya lebih mendalam, yuk kita simak beberapa jenis rumah atap miring yang bisa kamu jadikan referensi!

Baca Juga: Beragam Jenis Atap Rumah Berdasarkan Fungsinya

Atap Miring Sandar

rumah atap miring
(Tab Rumah)

Atap miring sandar umumnya dipergunakan di gudang, garasi, atau kabin. Namun, karena pertimbangan estetis, kini banyak kalangan yang menggunakan salah satu jenis atap miring ini untuk bangunan utama. Atap ini disebut atap sandar karena posisinya yang bersandar di dinding bagian atas, dan ditopang oleh kuda-kuda yang memiliki kemiringan antara 20-40 derajat. Kelebihan dari model atap miring sandar ini adalah biayanya lebih terjangkau, cocok untuk segala jenis material atap, dan mempermudah aliran air hujan. Namun, ia juga memiliki beberapa kekurangan yaitu tidak cocok untuk rumah besar dan membutuhkan talang yang lebih besar.

Model Atap Miring Kombinasi

(Jsx55)

Kebalikan dari atap miring satu sisi, atap miring kombinasi berada di berbagai sisi rumah. Penggunaan salah satu jenis atap miring ini akan memberikan keteduhan karena sebagian besar bagian rumah terlindungi dari cahaya matahari. Namun, penggunaan atap miring kombinasi hanya cocok digunakan untuk hunian dengan ukuran yang besar, karena tentu akan membutuhkan lahan yang cukup besar untuk mewujudkannya.

Atap Miring Pelana

(Courtina)

Atap miring model pelana merupakan model yang cukup populer di Indonesia. Namanya juga terinspirasi dari model pelana kuda. Atap miring pelana cenderung lebih sederhana dan mudah dibuat. Model atap miring ini mudah menumpahkan bentuk air karena kemiringannya, hemat material struktur, tidak mudah bocor, serta mampu menyerap panas dengan baik. Di sisi lain, model ini kadang bermasalah saat diterpa angin kencang, oleh karena itu pengerjaannya harus dilakukan dengan sempurna.

Desain Atap Miring Gergaji

(Pokoh Jaya Teknik)

Model atap miring gergaji umumnya banyak digunakan di pabrik, bengkel, bangsal, dan sebagainya. Atap ini merupakan perpaduan dari dua atau lebih atap miring sehingga menyerupai tampilan mata gergaji dan banyak digunakan di hunian modern karena tampilannya yang cantik. Dalam penggunaan  salah satu jenis atap miring ini, penempatan jendela di bagian atap vertikal akan memungkinkan cahaya yang masuk menjadi lebih banyak. Namun, desainnya yang terbilang kompleks akan berakibat pada membengkaknya biaya pembuatan serta biaya perawatannya.

Atap Miring Dormer

(Paginas de Delphi)

Atap miring dormer bisa menjadi pilihan lain dari jenis atap miring kombinasi. Ciri khas dari dormer ini adalah menonjolkan jendela. Atap miring ini terdiri dua desain dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Salah satunya akan memiliki bagian yang lebih menonjol. Di bagian ini, kamu bisa berkreasi untuk membuatnya lebih menarik.

Model Atap Miring Tepi Sawah

(Jsx55)

Model rumah atap miring satu sisi ini memiliki tingkat kemiringan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. Selain itu, mode ini belum banyak digunakan di Indonesia. Bila kamu tinggal di lingkungan hunian yang tidak terlalu padat, model atap miring ini cocok untuk digunakan karena dapat mengalirkan air dengan sangat baik. Penggunaan model ini juga akan membuat rumah satu atau dua lantai akan terlihat lebih tinggi.

Atap Miring Menjorok Ke Depan

(Jatim Times)

Penggunaan atap miring ke depan adalah untuk menyalurkan air ke satu titik, yaitu ke bagian depan rumah. Umumnya, atap miring ke depan ini digunakan di rumah dengan lahan yang terbatas. Meski begitu, penggunaan salah satu model rumah atap miring ini dapat membuat rumah terlihat modern dan berbeda dengan yang lain.

Baca Juga: 12 Model Atap Rumah Minimalis Paling Banyak Digunakan

Atap Miring Seluncuran

(Pinterest)

Sesuai dengan namanya, jenis rumah atap miring satu sisi ini berbentuk layaknya seluncuran. Permukaannya memanjang dari atas hingga hampir menyentuh tanah. Model rumah atap miring satu sisi ini memudahkan penghuninya bila terjadi kebocoran, karena dapat langsung mengeceknya tanpa menggunakan tangga. Selain itu, penampilannya akan membuat rumah lebih berbeda bila dibandingkan dengan yang lain.

Atap Miring yang Berpadu dengan Atap Datar

rumah atap miring
(Twitter/ Wicasono)

Penggunaan atap datar dapat memberikan kesan yang kaku bila diterapkan pada hunian pribadi. Untuk itu, perpaduan antara atap datar dengan atap miring dapat menghapus kesan kaku tersebut, Selain itu, perpaduan kedua jenis atap ini akan menghasilkan kesan yang lebih nyaman dan modern.

Atap Miring Melengkung

rumah atap miring
(Mustika Land)

Salah satu jenis atap miring ini memiliki bentuk yang sama dengan yang lain, yang membedakannya hanya bentuknya yang melengkung sehingga memberi kesan yang lebih dinamis. Biasanya, model atap miring melengkung ini digunakan oleh pusat perbelanjaan, gedung olah raga, dan berbagai tempat besar lainnya. Namun, karena bentuknya yang unik dan megah, maka model ini juga banyak digunakan untuk hunian pribadi. 

Desain Atap Miring Butterfly

rumah atap miring
(Tokopedia)

Model atap miring butterfly ini mengadopsi bentuk sayap kupu-kupu yang mampu memberikan perlindungan bagi badannya. Pada penerapan rumah atap miring ini,  kotoran dan air hujan akan jatuh di sisi tengah atap. Pada model rumah atap miring ini, kamu harus mengutamakan drainase, karena ketika membersihkannya, kamu harus memiliki akses langsung ke sana dan lakukan dengan rutin.

Atap Miring Bersambung

rumah atap miring
(Jap Design)

Jenis atap miring bersambung akan menghubungkan seluruh bagian rumah, dari depan hingga ke belakang. Penggunaannya akan membuat rumah terlihat lebih luas dan megah. Untuk mengaplikasikannya, cukup pastikan model rumah memanjang ke belakang.

Atap Miring Model Piramida

(Pinterest)

Model piramida memiliki empat sisi miring dengan berujung pada satu titik di atas. Umumnya, desain ini digunakan di hunian yang kecil, seperti kabin dan bungalow. Namun, banyak juga yang menggunakannya untuk hunian pribadi. Atap miring piramida ini sangat tahan terhadap terjangan angin serta cocok untuk hunian minimalis. Namun, penggunaannya akan memakan bujet yang lebih banyak serta diperlukan ketelitian yang sangat tinggi.

Atap Miring Perisai

rumah atap miring
(Archdaily)

Atap miring perisai juga seringkali disebut sebagai atap miring trapesium karena terdiri dari empat sisi namun memiliki panjang yang berbeda. Atap miring perisai banyak digunakan di rumah-rumah di Indonesia. Meski memiliki kemiripan dengan atap pelana, rumah model atap miring ini terlihat lebih modern dan sering diaplikasikan pada rumah minimalis. Model ini lebih banyak menumpahkan air hujan, namun pembangunannya akan memakan lebih banyak bahan bangunan.

Atap Miring Jerkinhead

(Mustika Land)

Model ini merupakan gabungan antara atap pelana dan perisai. Jerkinhead masih jarang ditemui di Indonesia, oleh karena itu, kamu dapat menggunakannya agar terlihat berbeda dari yang lain. Atap jenis ini ini memiliki kelebihan yaitu lebih stabil dari atap pelana biasa, namun biaya pembuatannya akan lebih tinggi.

Nah, di atas tadi adalah beberapa referensi desain rumah atap miring yang bisa digunakan untuk hunian impian kamu. Sebelum mengaplikasikannya, pertimbangkan dulu baik dan buruknya ya, supaya akan menghasilkan tampilan yang maksimal untuk rumah idamanmu.

Baca Juga: 9 Inspirasi Taman Rooftop Minimalis di Atas Rumah


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel