BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Inspirasi Desain Rumah dengan Atap Datar yang Modern
0
0

15 Inspirasi Desain Rumah dengan Atap Datar yang Modern

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jun 22, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Penggunaan atap datar pada bangunan tempat tinggal mungkin masih terdengar asing. Atap datar menjadi tren yang digunakan belakangan ini dalam merumuskan rumah bergaya modern. Banyak sekali pro-kontra dari penggunaan atap datar ini, salah satunya adalah sulitnya air hujan untuk mengalir ke titik rendah. Nyatanya pembentukan atap datar telah dipikirkan dengan matang agar dapat mencegah air tergenang dan bocor. Simak artikel ini untuk mengetahui inspirasi desain rumah atap datar bergaya modern!

Baca juga: 12 Tips Mencegah Atap Rumah Bocor Saat Musim Hujan Tiba

Inspirasi Desain Rumah dengan Atap Datar yang Modern

Pemilihan model atap sebagai bagian penutup atau bagian atas bangunan menjadi pelengkap yang paling penting dalam membangun suatu rumah. Tanpa kehadiran atap, orang-orang yang tinggal di bawahnya akan terpapar sinar matahari, terbasahi air hujan, debu, dan lainnya dalam periode secara terus menerus.

Inovasi selalu berkembang mewujudkan hal-hal baru yang dapat diraih manusia. Bersamaan dengan perkembangan tersebut, ilmu-ilmu mengenai arsitektur rumah semakin mudah untuk diakses siapa saja. Saat ini banyak sekali kemunculan-kemunculan pembaruan pada model rumah yang sangat modern. Salah satunya adalah komponen atap. Inovasi atap yang berkembang, kini dibangun dengan model flat atau datar.

Atap dengan model flat atau datar ini tidak habis menjadi topik logika kita bukan? Muncul pemikiran bahwa atap ini tidak dapat mengalirkan air dan dengan atap seperti itu akan menyebabkan kebocoran hebat.

Ternyata, pembuatan atap datar sungguh-sungguh sudah memperhitungkan seluruh kemungkinan keburukannya, jadi telah diuji coba ketahanannya. Pembangunan atap datar, dibuat tidak sepenuhnya datar, melainkan terdapat sedikit kemiringan yang tak tertangkap mata kita. Kemiringan ini bertujuan untuk membuat jalur air yang mengalir dan drainase.

Berikut ini beberapa inspirasi desain rumah dengan atap datar modern yang dapat kamu jadikan ide referensi rumahmu:

1. Rumah Kayu Modern Sederhana dengan Atap Datar

desain rumah beratap
Source : iStock

Desain rumah atap datar pertama yang dapat dijadikan sebuah referensi bagus, yaitu rumah pertama ini. Model rumah kayu ini akan menambah kehangatan di dalamnya. Tempat tinggal seperti ini memberikan kesan modern, namun tetap sederhana. Penambahan jendela besar sebagai pengundang sinar pencahayaan dan sebagai batasan dalam melihat pemandangan danau di luar.

Dengan penggunaan atap ini, rumah kayu yang nampak sederhana, dapat menambah kesan modern dan cantik.

Baca juga: 10 Contoh Konstruksi Atap Miring Satu Sisi yang Benar dan Menarik

2. Rumah Bergaya Modern Dua Atap Datar

desain rumah beratap
Source : iStock

Rumah berikut ini dapat Kamu jadikan inspirasi dalam mendesain rumah dengan atap yang datar. Bangunan diberikan warna putih mencolok, lalu ditambahkan warna gelap di satu bagian, sungguh perpaduan yang menarik. Rumah ini juga dilengkapi dengan jendela berkonsep terbuka, lalu ditambahkan dengan adanya balkon di lantai dua.

Dari penggunaan atap datar ini Pins dapat memanfaatkannya menjadi teras atap. Dapat digunakan untuk menghabiskan waktu bersama mengobrol, memandang bintang, dan hal menyenangkan lainnya.

3. Rumah Atap Datar Berkonsep Kontemporer

desain rumah beratap
Source : iStock

Bagi Kamu yang menyukai keunikan ditambah penggunaan warna putih secara menyeluruh, desain rumah atap datar satu ini dapat diterapkan pada hunian Kamu! Rumah dengan susunan tiga lantai ini, memiliki konsep jendela besar yang banyak sekali. Sehingga saat terang tidak perlu menggunakan lampu.

Penggunaan atap datar pada rumah Kamu akan lebih memudahkan dan mengurangi pengeluaran Kamu. Hal ini didasarkan karena atap datar tidak memerlukan material yang banyak dan tidak serumit atap miring.

Baca juga: Apa Itu Atap Onduline dan Cara Memasangnya

4. Rumah Atap Datar yang Stylish

desain rumah atap flat
Source : iStock

Desain rumah atap datar selanjutnya sangat mengedepankan model stylish. Dapat dilihat arsitektur rumah yang seakan-akan melayan di atas kolam renang. Permainan warna bangunan dikombinasikan dengan warna terang dan gelap, agar tidak monoton. Lagi-lagi penggunaan jendela pada rumah modern, selalu dibuat memanjang atau melebar untuk memaksimalkan penglihatan ke arah luar dan cahaya yang masuk.

Untuk membuat atap ini Kamu harus bekerja sama dengan arsitek ya Pins, karena atap datar tidak boleh dibuat asal tanpa perhitungan. Jika tanpa perhitungan yang benar, maka atap kamu bisa terjadi kebocoran.

5 Rumah Atap Datar Tanpa Tingkatan

desain rumah atap flat
Source : iStock

Desain yang berikut ini mengusung tema simpel dan sangat terlihat menarik. Rumah atap datar satu ini dibangun hanya memiliki satu lantai saja. Kemenarikannya adalah kaca jendela dibuat hampir full dengan panjang dan lebar bangunan, tentu hal ini akan memperkuat konsep keterbukaan pada tempat tinggal ini.

Baca juga: 10 Desain Atap Bambu Unik & Cara Membangunnya

6 Rumah Modern Atap Datar Memanjang

desain rumah atap flat
Source : iStock

Pada desain rumah atap datar kali ini, atap datar dibuat menjadi dua tingkat, tingkat pertama atap datar dibuat memanjang hingga dapat menutupi carport dan wilayah keluarga berkumpul. Pada tingkat kedua, atap datar hanya dipergunakan untuk menutup bangunan utama dan di sebelahnya terdapat balkon.

7 Rumah Atap Datar Jenis Kontemporer yang Memiliki Balkon

desain rumah atap flat
Source : iStock

Desain ketujuh ini untuk rumah dengan atap datar sangat bagus untuk dijadikan referensi yang unik. Bisa dilihat model rumah kontemporer dengan tambahan balkon yang terlihat datar, memiliki satu kesatuan yang unik. Warna yang digunakan adalah warna putih dan penggunaan material kayu di kubus bagian tengah.

Penggunaan jendela besar hanya ditepatkan pada bagian bawah saja. Lalu, kubus carport menyatu bertingkatan dengan balkon.

Baca juga: 20 Model Rumah Atap Segitiga dan Keunggulannya

8. Rumah Atap Datar Modern Konsep Terbuka

desain rumah atap datar
Source : iStock

Desain rumah atap datar berikut ini memiliki tema yang sangat terbuka. Tidak hanya terbuka karena penggunaan jendela besar yang berjumlah banyak, melainkan pada setiap jendela tersebut terdapat balkon yang memperlihatkan keterbukaan rumah tersebut.

9. Rumah Atap Datar Mewah Ke-Jepangan

desain rumah atap datar
Source : iStock

Desain rumah dengan atap datar berikut ini sangat indah untuk dipandang. Dari arsitekturnya, pemilihan materialnya, dan perpaduan warnanya semakin mengindahkan rumah bermodel atap datar ini. Penggunaan material kayu pada bagian atas dan bawah, mengingatkan pada desain rumah di Jepang. Lalu, penyusunan atap datar yang seakan-akan dibuat bertumpuk, menambahkan kesan keren pada tempat tinggal ini.

Baca juga: 15 Inspirasi Model Atap Rumah Miring ke Depan

10. Rumah Atap Datar Bergaya Modern dan Industrial

desain rumah atap datar
Source : iStock

Rumah dengan atap datar berikut ini didesain memiliki dua gaya rumahan yang disatupadukan, yaitu gaya industrial dan gaya modern minimalis. Bagian sebelah kiri sangat menandakan rumah industrial bukan? Pins dapat melihat dari warna abu-abu dan material yang digunakan.

Sementara itu, bagian sebelah kanan dengan penggunaan aksen kayu telah menandakan bagian yang modern minimalis. Pada bagian tengah-tengah antara bagian kiri dan bagian kanan, terdapat jendela besar untuk memunculkan konsep keterbukaan rumah ini.

11. Rumah Atap Datar yang Terlihat Sejajar

Source : Homes390

Inspirasi desain rumah dengan atap datar yang modern selanjutnya adalah rumah atap datar yang didesain agar terlihat sejajar. Desain atap yang dibangun secara sejajar bertujuan agar rumah tampak simetris dan enak dilihat. Rumah ini menganut konsep rumah terbuka dengan penambahan kaca besar yang memperlihatkan anak tangga ke lantai 2.

Kaca besar tersebut dapat memaksimalkan pencahayaan yang masuk ke dalam rumah, sehingga rumah jadi hemat listrik pada siang hari. Atap sejajar pada bagian bawah dapat digunakan sebagai atap garasi untuk melindungi kendaraan Pins.

Baca juga: 15 Pilihan Desain Atap Rumah 2 Lantai Minimalis Tapi Tetap Hits

12. Rumah Atap Datar Berkonsep Batu Alam

Source : Archello

Inspirasi desain rumah dengan atap datar yang modern berikutnya adalah rumah atap datar berkonsep batu alam. Penggunaan batu alam diterapkan pada setengah bangunan rumah bersebelahan dengan dinding berwarna putih. Hal ini menyebabkan desain rumah yang eye catching dari perbedaan tersebut.

Konsep batu alam pada rumah akan menambah kesan rumah yang khas dan mewah. Jangan lupa tambahkan tanaman-tanaman untuk menambah warna di halaman depan rumah Pins.

13. Rumah Atap Datar dengan Skylight

Source : RealHomes

Inspirasi desain rumah dengan atap datar yang modern ketiga belas adalah rumah atap datar dengan tambahan atap skylight. Secara keseluruhan atap datar milikmu akan dibangun dengan material beton. Namun, pada beberapa bagian kamu dapat menambahkan atap kaca agar pencahayaan dapat masuk ke dalam rumah melalui atap rumahmu.

Baca juga: Meski Bagus, Waspadai Kekurangan dan Kelebihan Atap Baja Ringan Ini!

14. Rumah Atap Datar Tropis Ornamen Kayu

Source : Behance

Inspirasi desain rumah dengan atap datar yang modern berikutnya adalah rumah atap datar bertema tropis dengan ornamen kayu. Rumah Pins jika bertema tropis dapat menambahkan ornamen kayu untuk memaksimalkan tema tropis tersebut. Atapnya dibuat lebih dari fasad rumah agar dapat mencegah tampias air hujan masuk ke dalam.

Rumah ini tidak memiliki pagar seperti rumah biasanya. Dengan halaman yang luas Pins dapat membangun taman kecil di depan rumah, tambahkan pohon tinggi seperti gambar sebagai ciri khas rumah tropis.

15. Rumah Atap Datar dengan Rooftop

Source : Zillow

Inspirasi desain rumah dengan atap datar yang modern terakhir adalah rumah atap datar dengan rooftop. Memanfaatkan atap kosong yang dibangun mendatar, Pins dapat membangun rooftop area di atas rumah Pins. Area ini dapat menjadi tempat refreshing, berkumpul, dan bermain bersama keluarga.

Pins harus membuat railing untuk memberikan keamanan ketika berada di rooftop.

Itulah dia beberapa inspirasi desain rumah dengan atap datar yang modern. Semoga Pins dapat memilih inspirasi di atas dengan sebaik mungkin dan semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Baca juga

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download