BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Desain Rumah dengan Atap Datar yang Modern
0
0

10 Inspirasi Desain Rumah dengan Atap Datar yang Modern

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 2, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Penggunaan atap datar pada bangunan tempat tinggal terdengar asing bukan? Atap datar sudah digunakan beberapa tahun belakang ini dalam merumuskan rumah bergaya modern. Banyak sekali pro-kontra dari penggunaan atap datar ini dan akan dibahas bersamaan dengan inspirasi desain rumah atap datar bergaya modern berikut ini.

Kamu dapat mengaplikasikan atap datar atau mencari rumah yang sudah siap dengan atap datarnya di jual rumah baru di Kabupaten Bogor di sekitar Cibinong City Mall dan di rumah second di Kec Bandung. Apabila Pins ingin merasakan membangun rumah dari nol seperti Ananta Homes Tenjo., Pins dapat mencoba Program KPR Bank dan jangan lupa untuk menggunakan atap datar agar berkesan modern.

Inspirasi Desain Rumah dengan Atap Datar yang Modern

Pemilihan model atap sebagai bagian penutup atau bagian atas bangunan menjadi pelengkap yang paling penting dalam membangun suatu rumah. Tanpa kehadiran atap, orang-orang yang tinggal di bawahnya akan terpapar sinar matahari, terbasahi air hujan, debu, dan lainnya dalam periode secara terus menerus.

Inovasi selalu berkembang mewujudkan hal-hal baru yang dapat diraih manusia. Bersamaan dengan perkembangan tersebut, ilmu-ilmu mengenai arsitektur rumah semakin mudah untuk diakses siapa saja. Saat ini banyak sekali kemunculan-kemunculan pembaruan pada model rumah yang sangat modern. Salah satunya adalah komponen atap. Inovasi atap yang berkembang, kini dibangun dengan model flat atau datar.

Atap dengan model flat atau datar ini tidak habis menjadi topik logika kita bukan? Muncul pemikiran bahwa atap ini tidak dapat mengalirkan air dan dengan atap seperti itu akan menyebabkan kebocoran hebat.

Ternyata, pembuatan atap datar sungguh-sungguh sudah memperhitungkan seluruh kemungkinan keburukannya, jadi telah diuji coba ketahanannya. Pembangunan atap datar, dibuat tidak sepenuhnya datar, melainkan terdapat sedikit kemiringan yang tak tertangkap mata kita. Kemiringan ini bertujuan untuk membuat jalur air yang mengalir dan drainase.

Berikut ini beberapa inspirasi desain rumah dengan atap datar modern yang dapat Kamu jadikan ide referensi rumahmu:

1. Rumah Kayu Modern Sederhana dengan Atap Datar

desain rumah beratap
Source : iStock

Desain rumah atap datar pertama yang dapat dijadikan sebuah referensi bagus, yaitu rumah pertama ini. Model rumah kayu ini akan menambah kehangatan di dalamnya. Tempat tinggal seperti ini memberikan kesan modern, namun tetap sederhana. Penambahan jendela besar sebagai pengundang sinar pencahayaan dan sebagai batasan dalam melihat pemandangan danau di luar.

Dengan penggunaan atap ini, rumah kayu yang nampak sederhana, dapat menambah kesan modern dan cantik.

Baca jugaPilihan Model Atap Rumah Terbaik 2022

2. Rumah Bergaya Modern Dua Atap Datar

desain rumah beratap
Source : iStock

Rumah berikut ini dapat Kamu jadikan inspirasi dalam mendesain rumah dengan atap yang datar. Bangunan diberikan warna putih mencolok, lalu ditambahkan warna gelap di satu bagian, sungguh perpaduan yang menarik. Rumah ini juga dilengkapi dengan jendela berkonsep terbuka, lalu ditambahkan dengan adanya balkon di lantai dua.

Dari penggunaan atap datar ini Pins dapat memanfaatkannya menjadi teras atap. Dapat digunakan untuk menghabiskan waktu bersama mengobrol, memandang bintang, dan hal menyenangkan lainnya. Kamu perlu tahu material atap rumah dan cara merawatnya agar tahan lama!

3. Rumah Atap Datar Berkonsep Kontemporer

desain rumah beratap
Source : iStock

Bagi Kamu yang menyukai keunikan ditambah penggunaan warna putih secara menyeluruh, desain rumah atap datar satu ini dapat diterapkan pada hunian Kamu! Rumah dengan susunan tiga lantai ini, memiliki konsep jendela besar yang banyak sekali. Sehingga saat terang tidak perlu menggunakan lampu.

Penggunaan atap datar pada rumah Kamu akan lebih memudahkan dan mengurangi pengeluaran Kamu. Hal ini didasarkan karena atap datar tidak memerlukan material yang banyak dan tidak serumit atap miring.

4. Rumah Atap Datar yang Stylish

desain rumah atap flat
Source : iStock

Desain rumah atap datar selanjutnya sangat mengedepankan model stylish. Dapat dilihat arsitektur rumah yang seakan-akan melayan di atas kolam renang. Permainan warna bangunan dikombinasikan dengan warna terang dan gelap, agar tidak monoton. Lagi-lagi penggunaan jendela pada rumah modern, selalu dibuat memanjang atau melebar untuk memaksimalkan penglihatan ke arah luar dan cahaya yang masuk.

Untuk membuat atap ini Kamu harus bekerja sama dengan arsitek ya Pins, karena atap datar tidak boleh dibuat asal tanpa perhitungan. Jika tanpa perhitungan yang benar, maka atap Kamu bisa terjadi kebocoran.

Pins Kamu bisa memilih material seng yang trendy dan hemat biaya untuk membuat atap datar di rumah Kamu.

5 Rumah Atap Datar Tanpa Tingkatan

desain rumah atap flat
Source : iStock

Desain yang berikut ini mengusung tema simpel dan sangat terlihat menarik. Rumah atap datar satu ini dibangun hanya memiliki satu lantai saja. Kemenarikannya adalah kaca jendela dibuat hampir full dengan panjang dan lebar bangunan, tentu hal ini akan memperkuat konsep keterbukaan pada tempat tinggal ini.

6 Rumah Modern Atap Datar Memanjang

desain rumah atap flat
Source : iStock

Pada desain rumah atap datar kali ini, atap datar dibuat menjadi dua tingkat, tingkat pertama atap datar dibuat memanjang hingga dapat menutupi carport dan wilayah keluarga berkumpul. Pada tingkat kedua, atap datar hanya dipergunakan untuk menutup bangunan utama dan di sebelahnya terdapat balkon.

Konsep keterbukaan memiliki plus minus, berikut ini plus minus penggunaan atap kaca belakang rumah.

7 Rumah Atap Datar Jenis Kontemporer yang Memiliki Balkon

desain rumah atap flat
Source : iStock

Desain ketujuh ini untuk rumah dengan atap datar sangat bagus untuk dijadikan referensi yang unik. Bisa dilihat model rumah kontemporer dengan tambahan balkon yang terlihat datar, memiliki satu kesatuan yang unik. Warna yang digunakan adalah warna putih dan penggunaan material kayu di kubus bagian tengah.

Penggunaan jendela besar hanya ditepatkan pada bagian bawah saja. Lalu, kubus carport menyatu bertingkatan dengan balkon.

8. Rumah Atap Datar Modern Konsep Terbuka

desain rumah atap datar
Source : iStock

Desain rumah atap datar berikut ini memiliki tema yang sangat terbuka. Tidak hanya terbuka karena penggunaan jendela besar yang berjumlah banyak, melainkan pada setiap jendela tersebut terdapat balkon yang memperlihatkan keterbukaan rumah tersebut.

9. Rumah Atap Datar Mewah Kejepangan

desain rumah atap datar
Source : iStock

Desain rumah dengan atap datar berikut ini sangat indah untuk dipandang. Dari arsitekturnya, pemilihan materialnya, dan perpaduan warnanya semakin mengindahkan rumah bermodel atap datar ini. Penggunaan material kayu pada bagian atas dan bawah, mengingatkan pada desain rumah di Jepang. Lalu, penyusunan atap datar yang seakan-akan dibuat bertumpuk, menambahkan kesan keren pada tempat tinggal ini.

Baca juga5 Tips Desain Atap Rumah Terbaik Untuk Kamu

10. Rumah Atap Datar Bergaya Modern dan Industrial

desain rumah atap datar
Source : iStock

Rumah dengan atap datar berikut ini didesain memiliki dua gaya rumahan yang disatupadukan, yaitu gaya industrial dan gaya modern minimalis. Bagian sebelah kiri sangat menandakan rumah industrial bukan? Pins dapat melihat dari warna abu-abu dan material yang digunakan.

Sementara itu, bagian sebelah kanan dengan penggunaan aksen kayu telah menandakan bagian yang modern minimalis. Pada bagian tengah-tengah antara bagian kiri dan bagian kanan, terdapat jendela besar untuk memunculkan konsep keterbukaan rumah ini.

Itulah dia beberapa inspirasi desain rumah dengan atap datar yang modern. Semoga Pins dapat memilih inspirasi di atas dengan sebaik mungkin dan semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Baca jugaBeragam Jenis Atap Rumah untuk Hunian di Daerah Tropis

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami New Abaya Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download