Pinhome

Pertimbangan Sebelum Mengambil KPR Tenor Panjang

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 13 September 2021 ∙ 4 menit membaca

Program KPR merupakan program yang sangat membantu jika tidak dapat membeli rumah dengan cash. KPR akan memberikan bantuan untuk dapat memiliki rumah tersebut dengan cara kredit atau cicilan. Begitupun dengan KPR tenor panjang yang sangat menguntungkan. 

Pinhome – Sebelum memutuskan untuk menggunakan KPR, sebaiknya carilah informasi mengenai hal apa saja yang terdapat dalam KPR. Salah satu hal yang harus dipertimbangkan saat merencanakan untuk menggunakan KPR yaitu tenor. Tenor merupakan jangka waktu kredit yang akan diajukan. Tenor dapat berupa tenor jangka panjang dan tenor jangka pendek. Namun biasanya yang sering dipilih oleh masyarakat adalah tenor jangka panjang.

Baca Juga: 

Keuntungan KPR Tenor Panjang

Sebenarnya apa keuntungan dan kerugian mengambil KPR tenor panjang ? Berikut keuntungan yang didapat apabila mengambil KPR tenor jangkap panjang.

(Pexels)

Jumlah Cicilan Lebih Ringan

Tenor jangka panjang biasanya diperuntukan kepada yang memiliki penghasilan rata-rata dan tetap setiap bulannya. cicilan yang diberikan pun juga cenderung lebih ringan dibandingkan dengan tenor jangka pendek. Tenor jangka panjang ini akan memberikan cicilan yang ringan dan sama setiap bulannya.

Jumlah yang Dibayar Stabil

kpr tenor panjang
(Webify Technology)

Keuntungan menggunakan tenor jangka panjang yaitu jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya akan stabil. KPR tenor jangka panjang akan memberikan jumlah cicilan yang sama tiap bulannya. Sehingga, akan lebih memudahkan untuk menghitung jumlah cicilan yang akan dikeluarkan sampai batas waktu yang sudah ditentukan.

Baca Juga: 

Memudahkan Mengatur Keuangan

Sangat cocok apabila KPR jangka panjang diambil oleh seseorang yang memiliki pekerjaan tetap dan dengan penghasilan tetap setiap bulannya, seperti PNS atau pekerja kantoran.

Hal tersebut dikarenakan KPR jangka panjang ini dapat memberikan keleluasaan untuk mengatur keuangan setiap bulannya untuk keperluan bulanan dan keperluan membayar cicilan. Sehingga, kondisi keuangan akan dapat diatur dengan baik setiap bulannya.

Kerugian KPR Tenor Panjang

(Pexels)

Selain memiliki banyak keuntungan, tenor jangka panjang juga memiliki kekurangan. Berikut beberapa kerugian mengambil KPR tenor panjang.

Beban Biaya

Memang sangat diuntungkan dengan banyaknya hal positif yang akan didapat dengan mengambil tenor jangka panjang tersebut. Namun, biaya yang akan dibayarkan setiap bulannya juga akan semakin bertambah. Terlebih lagi jika kebutuhan hidup semakin meningkat, tentu akan lebih memberatkan kondisi keuangan.

Baca Juga: 

Iklim Makro Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi memang tidak dapat ditebak. Perubahan iklim makro ekonomi juga dapat terjadi. Hal tersebut tentu akan lebih memberatkan keuangan, karena biasanya bunga pada KPR juga akan mengalami peningkatan.

Beban Psikologis

kpr tenor panjang
(NDTV Food)

Perlu diketahui bahwa dengan mengambil KPR jangka panjang, maka pelunasan cicilan juga akan semakin panjang waktunya. Hal tersebut perlu dipersiapkan secara mental agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari.

Memang sangat menyenangkan apabila memiliki banyak keuntungan jika mengambil tenor jangka panjang. Sebaiknya, perhatikan dan pikirkan matang-matang kerugian yang akan didapat apabila mengambil KPR tenor panjang tersebut.

Baca Juga: 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Somasi dan Cara Membuatnya

Apakah kamu pernah mendengar surat somasi? Surat ini kerap dikaitan dengan dunia hukum. Biasanya pe

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengaduan dan Formatnya yang Benar

Dalam transaksi, terkadang ada beberapa hal yang kurang sesuai, baik dalam pembelian barang atau pe

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Contohnya

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) umum digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya melama

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia