BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Perbandingan Atap Baja Ringan dengan Kayu, Wajib Tahu!
0
0

7 Perbandingan Atap Baja Ringan dengan Kayu, Wajib Tahu!

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 20, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
perbandingan atap kayu dan bajatop-right-banner

Perbandingan atap baja ringan dengan kayu sebagai bahan bangunan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memilih di antara keduanya untuk digunakan sebagai tempat dudukan penutup atap rumah maupun bangunan lainya.

Tentunya, setelah tahu bagaimana perbandingan atap baja ringan dengan kayu akan membuat kamu semakin ingin punya rumah yang nyaman. Senyaman rumah yang ada di perumahan Cimanggis Golf Estate. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi atau di sekitar Cipinang Indah Mall menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Nah, pada ulasan kali ini akan membahas tentang perbandingan atap kayu dan baja ringan yang bisa jadi pertimbangan sebelum memilih rangka atap kayu.

Baca juga: Jenis Atap Fiber Serta Kelebihan dan Kekurangannya

7 Perbandingan Atap Baja Ringan dari Berbagai Sisi

Dalam mengeksplorasi keunggulan atap baja ringan, di bawah ini merinci 7 perbandingan dari berbagai aspek. Mulai dari kekuatan struktural hingga faktor ekonomis, Pins akan mendapatkan pemahaman menyeluruh. Tentang pilihan atap baja ringan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Pins.

1. Perbandingan Atap Baja Ringan dengan Kayu dari Sisi Daya Tahan

perbandingan atap kayu dan baja
Source : Shutterstock

Perbandingan daya tahan antara atap baja ringan dan atap kayu menjadi perhatian utama dalam pemilihan bahan konstruksi bangunan. Dalam hal keawetan, atap baja ringan menunjukkan keunggulan karena mampu bertahan lebih lama. Jika diterapkan pada bangunan yang terhindar dari faktor-faktor potensial yang dapat merusaknya. 

Sebagai contoh, bangunan yang berlokasi dekat laut rentan terkena angin laut yang membawa partikel-partikel yang memicu korosi pada besi. Ini akan menyebabkan kerusakan struktur bangunan.

Untuk mengatasi tantangan ini, atap kayu menjadi alternatif yang lebih bijaksana. Kayu memiliki sifat alami yang lebih tahan terhadap korosi, sehingga cocok untuk digunakan di lingkungan pesisir. Selain itu, penggunaan kayu sebagai rangka struktur bangunan juga memberikan kelebihan estetika, menciptakan nuansa hangat dan alami pada desain bangunan.

Meskipun atap baja ringan memiliki keunggulan dalam hal ketahanan, penggunaan kayu menjadi solusi cerdas terutama pada lingkungan tertentu. Keputusan antara atap baja ringan dan kayu harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti lokasi geografis, iklim, dan eksposur terhadap elemen-elemen yang dapat merusak. 

Dengan memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing material, pemilihan bahan konstruksi dapat dioptimalkan. Untuk memastikan daya tahan bangunan dalam jangka panjang.

Baca juga: Beragam Jenis Atap Rumah Berdasarkan Fungsinya

2. Perbandingan Atap Baja Ringan dengan Kayu dari Sisi Harga

potongan-atap-baja-ringan
Source : Pinterest

Dari segi harga dapat dilihat bahwa kayu dan baja ringan tidak terlalu beda jauh, namun kayu bisa jadi lebih mahal mengingat kelangkaan kayu. Karena maraknya penebangan pohon tanpa diimbangi dengan upaya penanaman kembali dengan jumlah yang seimbang antara penebangan dan penanaman.

Pekerjaan rangka atap baja ringan dihitung dalam satuan kg atau meter, sedangkan kayu dihitung dalam satuan m3 atau meter. 

Sehingga diperlukan data harga baja ringan per kg atau harga kayu per meter kubik untuk dapat menghitung rencana anggaran biaya bangunan. Khususnya pekerjaan rangka atap rumah.

Baca juga: Beragam Jenis Atap Rumah untuk Hunian di Daerah Tropis

3. Perbandingan Atap Baja Ringan dari Cara Pemasangan

7 Perbandingan Atap Baja Ringan dengan Kayu yang Harus Kamu Ketahui!
Source : Sunrise Steel

Dalam proses pengerjaan diperlukan tukang bangunan yang ahli dalam baja ringan untuk memasangnya. Sedangkan untuk rangka atap kayu dapat dikerjakan oleh tukang kayu yang telah ahli dalam bidang perkayuan.

Sehingga dapat dihasilkan pekerjaan dengan kualitas bagus setelah sebelumnya mempertimbangkan perbandingan rangka atap kayu dan baja ringan.

Baca juga: 15 Desain Rumah Atap Miring yang Hits dan Menarik Diaplikasikan untuk Hunian

4. Perbandingan Atap Baja Ringan Pada Lingkungan

Source : Unsplash

Perbandingan atap baja ringan dengan kayu lainnya adalah dampaknya pada lingkungan. Atap kayu tentu akan berpengaruh langsung dengan alam karena harus menebang pohon. Namun atap baja ringan menggunakan bahan logam yang mudah dijumpai.

5. Perbandingan Atap Baja Ringan dari Sisi Penggunaan Atap

Source : Shutterstock

Jika Pins menggunakan rangka kayu, maka pilihan atap yang bisa Pins aplikasikan pada hunian lebih beragam. Pada rangka kayu, Pins bisa menggunakan atap yang jauh lebih berat dibandingkan rangka.

Sedangkan pada rangka baja ringan pilihan atap sedikit terbatas. Atap yang digunakan harus lebih ringan seperti bitumen atau genteng metal.

Baca juga:

6. Perbandingan Atap Baja Ringan dari Sisi Keamanan Listrik

Source : BLKP

Kayu memiliki sifat yang tidak menghantarkan listrik. Sehingga jika Pins menggunakan rangka atap kayu akan jauh lebih aman jika ada konsleting listrik

Sementara itu, rangka baja ringan memiliki kemungkinan menghantarkan listrik. Jadi, rangka kayu akan jauh lebih aman dari bahaya listrik.

7. Perbandingan Atap Baja Ringan dari Sisi Kelembapan

Source : Pinterest

Rangka atap kayu memiliki kemungkinan besar untuk mengalami kelembapan. Hal ini akan membuat kayu menjadi lapuk, berjamur bahkan hancur jika terus menerus mengalami kelembapan. Sedangkan rangka atap baja ringan tidak akan mengalami kelembapan karena tidak menyerap air.

Sebagai upaya ikut berperan serta dalam menjaga kelestarian planet bumi agar tetap hijau. Maka menghindari untuk menggunakan kayu sebagai bahan bangunan merupakan sebuah tindakan yang baik. Sebagai gantinya dapat digunakan rangka atap baja ringan sehingga penebangan pohon dapat dikurangi untuk mencegah pemanasan global.

Setelah memutuskan jenis material mana yang akan digunakan dapat dilanjutkan dengan perencanaan perhitungan struktur rangka kuda-kuda atap. Untuk menentukan bentuk dan dimensi bahan yang kuat menahan beban diatasnya.

Namun dicari yang sekecil mungkin sehingga dapat menghemat biaya pembangunan rumah tinggal, silahkan dipilih kayu atau rangka atap baja ringan.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download