BlogPemilik PropertiDesain HunianAtap Fiber: Jenis, Kelebihan, Kekurangan dan Harganya!
0
0

Atap Fiber: Jenis, Kelebihan, Kekurangan dan Harganya!

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Feb 26, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
atap fibertop-right-banner

Bila seorang raja kerajaan mempunyai mahkota sebagai lambang kekuasaan, rumah juga mempunyai mahkota pelindung yang disebut atap. Nah, Pins atap rumah yang berfungsi melindungi isi dalam rumah juga memiliki ragam material yang bisa dijadikan pilihan. Salah satu yang terbaik dan cocok dengan hunian modern adalah atap bening. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lengkap mengenai atap fiber!

Kamu dapat melakukan pencarian rumah yang bagus dan tampak modern di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Kamu dapat memanfaatkan KPR rumah untuk mendapatkan hunian baru dengan bantuan biaya untuk melunasi pilihan rumah kamu!

Baca Juga: Beragam Jenis Atap Rumah dan Fungsinya

Apa itu Atap Fiber?

Atap fiber terbuat dari bahan sintetis yang kandungannya telah mengalami percampuran dengan bahan kimia lainnya. Dibuat dalam pabrik, biasanya jenis atap satu ini dijual di pasaran dalam bentuk lembaran. Berbeda dengan jenis atap polycarbonate yang tampilannya sangat jernih, atap jenis ini cocok untuk Pins yang senang dengan atap tidak benar-benar transparan. 

Bahan dasarnya sendiri terdiri dari serat kaca dan fiber polyester yang diperkuat dengan bahan tambahan seperti resin atau plastik membuat atap ini cukup tahan terhadap cuaca ekstrem dan tentunya tahan lama.

Tidak hanya sampai disitu, atap satu ini juga terbukti baik bagi kesehatan sehingga Pins tidak perlu khawatir. Untuk lebih jelasnya, simak yuk jenisnya beserta kelebihan dan kekurangannya di bawah ini!

Jenis Atap Fiber

Berdasarkan bentuknya, atap fiber memiliki dua jenis. Kamu bisa memilah mana jenis yang cocok dengan selera dan model rumah kamu. Kedua jenis tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Atap Fiber Gelombang

Source : FRP Sheet

Seperti namanya, bentuk dari jenis atap ini memiliki kontur yang bergelombang. Keunggulan yang dimiliki oleh atap fiber berbentuk gelombang yaitu dapat mengalirkan air secara baik. Warnanya pun cukup banyak dan cantik. Atap tembus cahaya satu ini sangat cocok digunakan sebagai atap teras rumah dan kanopi.

Atap fiber gelombang adalah jenis atap yang memiliki permukaan bergelombang. Kelebihan atap berjenis gelombang ini antara lain:

  1. Tahan terhadap korosi dan serangan rayap.
  2. Tahan terhadap cuaca ekstrem seperti panas dan hujan.

Namun, atap tersebut gelombang juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:

  1. Rentan terhadap goresan dan noda.
  2. Dapat menguning seiring berjalannya waktu.

2. Atap Fiber Datar atau Flat

atap fiber
Source : Mr Color Bondroofing

Fiber jenis datar memiliki beberapa tipe, seperti sirap fiber (fiberglass shingles) dan GRP (Glass Reinforced Polyester), yang sangat cocok untuk diaplikasikan pada hunian modern kontemporer. Fiber jenis flat, bisa Pins pilih modelnya. Mulai dari model tampilan solid, bening hingga berwarna. Semua dapat disesuaikan dengan apa yang Pins dan keluarga sukai.

Baca juga: 12 Model Atap Rumah Minimalis Paling Banyak Digunakan

3. Atap Fiber Transparan

Atap fiber transparan memiliki sifat transparan yang memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam bangunan. Kelebihan atap berjenis transparan ini antara lain:

  1. Meningkatkan pencahayaan alami di dalam bangunan.
  2. Memiliki tampilan estetis yang menarik.

Namun, atap transparan juga memiliki kekurangan, seperti:

  1. Membutuhkan perawatan khusus agar tetap bersih dan bening.
  2. Dapat memancarkan panas yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis atap lainnya.

4. Atap Fiber Genteng

Atap fiber genteng dirancang untuk meniru tampilan genteng tradisional. Kelebihan atap fiber genteng antara lain:

  1. Lebih ringan dibandingkan genteng konvensional.
  2. Tersedia dalam berbagai pilihan warna dan tekstur.

Namun, atap fiber genteng juga memiliki kekurangan, seperti:

  1. Membutuhkan perawatan khusus agar tetap awet dan tahan lama.
  2. Tidak memiliki ketahanan yang sama dengan genteng asli.

Kelebihan Atap Fiber

atap fiber
Source : Impact Pratama

1. Bobot yang Ringan

Dikarenakan kandungan bahan kimia di dalamnya seperti jaringan serat kaca (fiberglass) dan resin, bahan atap satu ini cenderung ringan. Inilah mengapa saat pemasangannya cenderung praktis dan cepat. Selain itu, keringanan dan kekuatan bahan fiber membuat jenis atap ini tidak memerlukan rangka penopang yang rapat. Tentunya hal ini akan menghemat biaya Pins.

2. Ruang Terasa Lebih Sejuk

Terkenal dengan pemakaiannya pada pabrik, teras dan kanopi rumah, atap ini ternyata memang membuat ruang terasa lebih sejuk. Dengan keunggulannya sebagai material pelindung rumah dengan pencahayaan alami, bahan fiber dapat memantulkan cahaya matahari berlebih.

Ditambah dengan lapisan pelindung sinar UV, kamu dan keluarga pun akan nyaman berada di bawahnya tanpa takut merasa panas.

Baca juga: Bahaya AC untuk Kesehatan

3. Instalasi Cepat dan Praktis

Dikarenakan bobot dari atap yang ringan, dalam segi pemasangan Pins akan sangat terbantu banyak. Ringannya bahan yang digunakan membuat pemasangan menjadi lebih mudah dan aman. Kemudahan tersebut membuat pemasangan fiber juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

4. Anti Bising dengan Harga Terjangkau

Jika dalam keadaan hujan, atap fiber bening juga minim menimbulkan suara yang mengganggu telinga. Kamu dan keluarga tetap bisa bersantai dengan nyaman di teras tanpa ada bunyi bising dari atap rumah. Selain itu, dengan bahan anti karat harga atap satu ini juga tergolong terjangkau.

Tidak heran banyak yang memilihnya sebagai alternatif pemilihan atap bila ingin jenis transparan.

Baca juga: 14 Manfaat Kapur Barus dan Kamper

5. Tahan Terhadap Perubahan Cuaca

Nah, selain memang tidak menimbulkan kebisingan saat hujan tiba. Baik atap fiber gelombang maupun datar dapat menghalau cahaya matahari yang menyengat. Ini menjadi bukti bahwa bahan fiber tahan terhadap ragam perubahan cuaca dan bisa bertahan lama. Dengan adanya perubahan cuaca tersebut, fiber gelombang tidak mudah patah ataupun retak.

6. Tahan Lama dan Kuat

Atap fiber memiliki kekuatan yang tinggi dan tahan terhadap benturan. Materialnya yang kuat membuat atap ini lebih awet dibandingkan dengan jenis lainnya.

7. Tidak Merambatkan Panas

Salah satu kelebihan atap fiber adalah tidak merambatkan panas ke dalam bangunan. Hal ini membuat suhu di dalam bangunan tetap sejuk meskipun terkena sinar matahari secara langsung.

Baca juga: Manfaat Punya Rumah Idaman di Masa Depan

Kekurangan Atap Fiber

atap fiber
Source : Java Fiberglass

1. Warna Atap Cepat Pudar

Sayangnya, atap yang satu ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya terdapat dalam ketahanan warnanya. Campuran bahan kimia dalam bahan fiberglass membuatnya tidak bisa utuh menyatu dengan cat. Hal tersebut dikarenakan atap ini tidak mempunyai pori-pori.

Inilah mengapa banyak dari bahan fiber yang berwarna cenderung cepat luntur. Maka dari itu, untuk solusinya Pins bisa menggunakan atap jenis gelombang dengan warna original.

Baca juga: 10 Jenis dan Ragam Atap Transparan Terbaik untuk Melindungi Rumah

2. Biaya Perawatan Cenderung Mahal

Walaupun memang tergolong cepat dalam segi pemasangan dan cukup praktis, atap fiber gelombang maupun datar juga memerlukan biaya yang cukup mahal dalam perawatan. Bahkan, terkadang kerusakan pada salah satu bagian mengharuskan kamu membeli lagi alih-alih memperbaikinya, hal ini dikarenakan harga perbaikan cenderung lebih mahal untuk atap tersebut.

3. Material Kaku

Atap rumah fiber memiliki bahan yang cenderung kaku sehingga cukup sulit untuk dibentuk. Namun, Pins tidak perlu khawatir tampilan atap satu ini tetap terlihat modern dan tentunya cocok di aplikasikan pada hunian minimalis.

Harga Atap Fiber

Dari jenis atap yang telah dijelaskan sebelumnya, banyak merek yang beredar di pasaran dan bisa menjadi pilihan buat kamu. Oleh karena itu, harga dan kualitas yang ada pun beragam.

Harga atap fiber dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti jenis atapnya, ukuran, merek, dan tempat pembelian. Berikut adalah perkiraan kisaran harga atap tersebut pada tahun 2023:

1. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga

  1. Jenis atap yang dipilih.
  2. Ukuran atap yang dibutuhkan.
  3. Merek atap yang diinginkan.
  4. Tempat pembelian atap.

Baca juga: Intip Jenis dan Fungsi Aluminium Foil Atap untuk Bangunan

2. Kisaran Harga Atap Fiber Gelombang

  • Atap fiber gelombang ukuran 1×2 meter: Rp 500.000 – Rp 800.000.
  • Atap fiber gelombang ukuran 2×3 meter: Rp 1.000.000 – Rp 1.500.000.

3. Kisaran Harga Atap Fiber Transparan

  • Atap fiber transparan ukuran 1×2 meter: Rp 800.000 – Rp 1.200.000.
  • Atap fiber transparan ukuran 2×3 meter: Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000.

Baca juga: Ini Dia Pengertian dari Sopi-sopi Atap Bangunan dan Cara Mengaplikasikannya    

4. Kisaran Harga Atap Fiber Genteng

  • Atap fiber genteng ukuran 1×2 meter: Rp 700.000 – Rp 1.000.000.
  • Atap fiber genteng ukuran 2×3 meter: Rp 1.200.000 – Rp 1.800.000.

Hal yang terpenting yang harus diperhatikan adalah Pins dapat memilih atap yang cocok dengan model rumah yang dimiliki. Jangan lupa perhitungkan jumlah kebutuhan atap supaya kamu dapat mengetahui hasil akhirnya.

Berikut ini Pinhome rangkum beberapa harga atap fiber yang mungkin cocok dengan keuangan Pins:

Nama MerekSpesifikasiHarga
AlsyniteKetebalan 2mmRp250.000/lembar
EcoplasUkuran 1m x 1m
Ketebalan 0,8 mm
Rp40.000/lembar
ChlandianplastPanjang 3mRp175.000/lembar
SolarstuffPanjang 1,8 – 6m
Lebar 75 cm
Rp234.000-Rp780.000/lembar
FibreluxPanjang maks. 12m
Ketebalan 1-2 mm
Rp250.000-RP500.000/lembar
*Harga di tabel tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Nah, itu tadi informasi mengenai jenis, kelebihan dan kekurangan, serta harga atap fiber. Kamu bisa pertimbangkan atap yang akan dipilih sesuai dengan kebutuhan dan isi dompet. Semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga:

Feature Source Image: ArchiExpo


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Kertamukti Sakti Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download