BlogPemilik PropertiDesain HunianRangka Atap Kayu : Komponen, Kelebihan & Kekurangannya Untuk Bangunan
0
0

Rangka Atap Kayu : Komponen, Kelebihan & Kekurangannya Untuk Bangunan

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Atap merupakan salah satu bagian terpenting dalam bangunan karena berfungsi sebagai pelindung dari berbagai cuaca. Rangka atap kayu umum digunakan pada bangunan di Indonesia.

Rangka atap kayu berfungsi sebagai penahan beban dan penguat struktur bangunan. Komponennya berasal dari balok-balok yang disusun secara vertikal maupun horizontal. 

Komponen Rangka Atap

penampakan Rangka atap kayu dari dalam rumah
Pexels

Tekstur dari rangka atap kayu kuat, tahan lama dan materialnya mudah untuk dibentuk. Adapun komponen pada rangka atap kayu ini adalah sebagai berikut:

Kuda-kuda

Fungsi dari kuda-kuda adalah sebagai penyangga rangka atap yang posisinya di bawah rangka. Bentuknya segitiga dan terbuat dari balok kayu dan memiliki kemampuan untuk mempercantik hunian.

Gording

Fungsi dari gording adalah penyangga sekaligus penghubung antara kuda-kuda. Gording merupakan balok kayu yang berada tepat di atas kuda-kuda.

Reng

Reng adalah kayu melintang yang diletakan di atas kasau. Fungsinya adalah sebagai pengait dan menahan penutup atap. Berkat reng maka genteng yang disusun di atap akan lebih rapi dan teratur.

Kasau

Manfaat kasau adalah membuat atap memiliki ukuran yang dapat diatur sesuai keinginan. Kasau adalah balok kayu yang melintang di atas gording.

Reng Balok

Jika rangka atap kayu tidak memiliki reng balok maka akan sulit menahan dan menjaga kuda-kuda tetap kokoh. Posisi dari reng balok sendiri ada di bagian puncak dinding.

Lisplank Tirisan

Papan tegang yang diletakan di bawah kasau disebut dengan lisplank tirisan. Konstruksi berguna sebagai pengikat ujung kasau agar susunannya tidak berubah.

Lisplank Ujung Gevel

Ada pula lisplank ujung gevel yang berfungsi sebagai pelindung gording. Berkat komponen ini maka reng terlindungi dari berbagai cuaca.

Pelapis Atap

Pelapis atas berada di atas kasau yang memiliki lapisan kedap air. Materialnya tidak terbuat dari balok kayu melainkan seng, plastik atau plat semen yang berserat. Fungsinya agar mampu mencegah air hujan masuk hingga ke dalam rumah.

Penutup Atap

Komponen yang ada pada atap dan bersinggungan langsung dengan udara luar ialah penutup atap. Fungsi dari penutup atap ialah menjaga agar terhindar dari air hujan maupun sinar matahari.

Baca juga:

Jenis Kayu Untuk Rangka Atap

pilihan material Rangka atap kayu
Pexels

Sebenarnya selain dari kayu rangka atap bisa pula menggunakan bambu hingga baja. Walaupun demikian kayu memiliki keunggulan dari segi ketahanan. Adapun rekomendasi bahan kayu untuk konstruksi atap ini adalah:

Kayu Meranti

Kayu meranti memiliki karakteristik berukuran besar dan batang pohon yang lurus. Kayunya tahan lama walaupun tekstur agak kasar namun pohon tidak memiliki banyak cabang.

Kayu Mersawa

Jenis kayu ini sering pula digunakan pada pembuatan kapal. Teksturnya agak kasar namun permukaannya merata.

Kayu Mahoni

Kayu mahoni sangat mudah ditemukan di pasaran. Tekstur pohon sedang dan sering dipakai pula sebagai pintu maupun jendela rumah.

Kayu Sonokeling

Tekstur dari kayu sonokeling sangat halus dan kuat. Bahan kayu ini sering pula diekspor hingga ke luar negeri. Selain sebagai rangka atap juga diolah menjadi peralatan olahraga.

Kayu Bayur

Tekstur kayu bayur agak kasar dengan ketahanan pada level sedang. Selain bisa untuk atap juga digunakan sebagai material korek api, sisir hingga lantai pertukangan.

Kayu Bangkirai

Ciri dari kayu bangkirai adalah ketahanannya yang tinggi dan mirip dengan kayu meranti. Kayu ini juga sangat populer untuk membuat kapal sehingga tahan lama.

Baca juga:

Kelebihan & Kelemahan Rangka Atap Kayu

Rangka atap kayu memanjang
Pexels

Kayu sebagai rangka atap memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Harga balok kayu sendiri terjangkau tergantung pilihan jenis kayu yang digunakan. Adapun beberapa poin terkait rangka atap kayu yang perlu Pins ketahui ialah:

Pemasangan Mudah

Dari segi pemasangannya tergolong mudah dan tak perlu keahlian khusus. Pins tidak membutuhkan waktu lama untuk memasang rangka di atas pondasi. Apalagi konstruksi atap seperti ini terbilang umum di tanah air.

Nuansa Alami

Warna kayu yang alami kental dengan nuansa etnik. Semakin bertambahnya usia warna kayu akan semakin gelap. Konstruksinya sendiri cocok untuk segala jenis interior ruangan.

Fleksibel

Kayu terbagi atas dua golongan yakni kayu lunak dan kayu keras. Tingkat kelenturannya tergantung dari jenis kayu yang digunakan. Sifatnya yang fleksibel membuat rangka mudah dibentuk.

Terserang Hama

Walaupun memiliki banyak keunggulan namun rangka jenis ini juga memiliki kelemahan. Diantaranya adalah mudah terserang hama khususnya rayap. Jika terus-menerus dimakan rayap maka rangka akan lapuk dan mudah roboh.

Mengembang & Menyusut

Kekurangan lainnya adalah kayu akan mudah mengembang saat terlalu mengandung banyak air. Jika dijemur terlalu lama maka sifatnya akan menyusut. Hal ini berbahaya karena membuat sambungan antar kayu jadi renggang.

Ukuran Terbatas

Umumnya ukuran kayu di pasaran hanya mencapai 4 meter. Dampaknya bentang atap rumah memiliki ukuran yang terbatas. Ditambah lagi jika terjadi kebakaran maka api akan mudah menyebar ke wilayah lain. Alhasil bangunan cepat hangus terbakar bila tak segera ditangani.

Rangka atap kayu pada dasarnya bukan konstruksi baru di tanah air. Umumnya bangunan beratap genteng menggunakan jenis rangka ini. Keunggulan utamanya adakah fleksibilitas tinggi dan kental dengan nuansa alami dari warna kayu.

Baca juga:

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Sutera Winona dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download