BlogPemilik PropertiDesain HunianBegini Cara Menghitung Kebutuhan Genteng per M2!
0
0

Begini Cara Menghitung Kebutuhan Genteng per M2!

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 12, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
cara menghitung harga genteng per metertop-right-banner

Bagaimanakah cara menghitung kebutuhan genteng per m2. Menghitung kebutuhan genteng dapat dilakukan dengan berbagai macam cara dan rumus sehingga dapat diketahui jumlah yang diperlukan untuk menutup atap rumah. Dari jumlah tersebut kemudian dapat dikalikan harga genteng per m2 atau per bh untuk menghitung total kebutuhan biaya pembelian material.

Kebutuhan genteng per m2 dapat dihitung dengan rumus 1m2 : luas 1bh genteng sehingga didapatkan jumlahnya. Misalnya untuk merk genteng tertentu membutuhkan 25bh genteng per m2 dengan harga Rp.5.000,00 per buah, dari data ini dapat digunakan sebagai dasar menghitung genteng untuk satu rumah utuh.

Dengan mengetahui cara menghitung kebutuhan genteng per m2, akan membantu kamu dalam membangun rumah yang nyaman. Seperti rumah yang ada di perumahan Griya Parama maupun di Jaya Imperial Park. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung atau rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Bangunan atau Rumah

Rumus Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Atap Rumah

Setelah mengeksplorasi berbagai rumus menghitung kebutuhan genteng atap rumah, sekarang saatnya menerapkan pengetahuan tersebut dalam perencanaan bangunan Pins. Dengan memahami langkah-langkah perhitungan ini, Pins dapat dengan mudah menentukan jumlah genteng yang diperlukan untuk melengkapi atap rumah impian Pins. Jangan ragu untuk mengaplikasikan rumus-rumus ini dalam proyek renovasi atau pembangunan rumah Pins selanjutnya.

1. Menghitung Kebutuhan Genteng per M2 dari Atap

menghitung kebutuhan genteng per m2

Menghitung kebutuhan genteng berdasarkan luas atap dapat dilakukan dengan mudah. Sebagai contoh, jika Pins sedang merencanakan pembangunan rumah dengan luas atap 10 x 9 meter, maka luas atapnya adalah 90 meter persegi. 

Untuk menentukan jumlah genteng yang dibutuhkan, gandakan luas atap tersebut dengan dua sisi atap, menghasilkan total luas sebesar 180 meter persegi. Angka ini akan menjadi panduan untuk menentukan jumlah genteng yang harus Pins beli.

Misalnya, jika satu meter persegi genteng dapat menutupi area sebesar 25 buah. Maka hitunglah kebutuhan genteng dengan cara mengalikan total luas atap (180 meter persegi) dengan jumlah genteng per meter persegi (25 buah). Hasilnya adalah 4.500 buah genteng yang dibutuhkan untuk menutupi seluruh luas atap rumah Pins.

Dengan demikian, perhitungan ini memberikan gambaran yang jelas dan akurat mengenai kebutuhan genteng untuk proyek konstruksi Pins. Memastikan bahwa Pins dapat membeli genteng dalam jumlah yang sesuai dan efisien.

Baca juga:

2. Menghitung Kebutuhan Genteng dari Pondasi

menghitung kebutuhan genteng per m2
Source : Juragan Material

Selain menggunakan metode perhitungan berdasarkan luas atap. Kamu juga dapat mengestimasi kebutuhan genteng dengan mempertimbangkan panjang dan lebar pondasi rumah. Namun, disarankan untuk menambahkan sedikit cadangan, misalnya 1 meter atau lebih, pada panjang dan lebar bangunan sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan kerusakan.

Sebagai contoh, apabila kita memiliki rumah dengan panjang 9 meter dan lebar 7 meter. Kamu dapat menetapkan perhitungan dengan menambahkan cadangan, sehingga hasilnya menjadi 10 x 8 meter = 80 meter persegi.

Setelah mendapatkan luas tersebut, kamu dapat menggunakannya dengan faktor 35, sehingga 80 meter persegi x 35 = 2.800 buah genteng yang dibutuhkan. Dengan demikian, kamu dapat memastikan kecukupan genteng untuk proyek tersebut.

Baca juga: Cara Menghitung Harga Kanopi Baja Ringan Per M2

Tips Membeli Genteng yang Berkualitas

Memilih genteng berkualitas penting untuk menjamin keamanan rumah Pins. Saat membeli, perhatikan bahan yang kokoh dan tahan lama. Pastikan genteng memiliki lapisan pelindung terhadap cuaca ekstrem. 

Pilihlah warna yang sesuai dengan desain rumah Pins. Dengan memperhatikan hal-hal ini, Pins dapat memastikan genteng yang Pins beli tidak hanya estetis. Tetapi juga dapat melindungi rumah Pins dari segala kondisi cuaca.

1. Hitung Budget

Source : tanganketiga

Langkah awal dalam mencari genteng untuk rumah adalah mencocokkannya dengan anggaran yang telah Pins tentukan. Dalam rangka mengakomodasi anggaran tersebut, disarankan untuk memilih jenis genteng yang sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan khusus rumah Pins. 

Meskipun demikian, jangan lupakan aspek estetika dari genteng yang Pins pilih. Karena ini juga berperan penting dalam menciptakan tampilan visual yang memikat untuk rumah Pins.

Baca juga:

2. Sesuaikan dengan Rangka Rumah

Source : Pinterest

Masih dalam konteks jenis genteng, tiap jenisnya menunjukkan ciri khas yang unik. Untuk memudahkan pemilihan, disarankan untuk menyesuaikan jenis genteng dengan daya dukung struktur rumah.

Contohnya, apabila struktur rumah Pins memiliki daya dukung standar, maka sebaiknya dipertimbangkan untuk memilih genteng yang memiliki bobot ringan. Dengan begitu, Pins dapat lebih yakin bahwa genteng yang dipilih akan sesuai dengan kebutuhan konstruksi rumah Pins.

3. Pilih Produk yang Mulus Tanpa Cacat

menghitung kebutuhan genteng per m2
Source : Bhinneka

Ketika sedang memilih genteng, sangatlah penting untuk memperhatikan dengan teliti kondisi genteng yang akan Pins pilih. Pastikan untuk mengamati secara seksama permukaan genteng tersebut, dan sebaiknya pilihlah yang memiliki permukaan yang mulus tanpa adanya retakan. Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah cara penulisan dan pembuatan tulisan agar menghasilkan teks yang terasa alami, seolah-olah ditulis oleh manusia.

Baca juga:

4. Cek Genteng dengan Mengetuk

Source : Dekoruma

Menentukan kualitas genteng dapat dilakukan dengan langkah yang paling sederhana, yaitu menghasilkan suara ketika kamu mengetuk genteng tersebut. Penting untuk diingat bahwa metode ini efektif terutama untuk genteng dari bahan tertentu, seperti genteng tanah liat, sebagai contoh. Disarankan untuk memilih genteng yang memberikan tanggapan ketika diketuk tanpa menghasilkan suara yang terlalu keras. 

Proses ini dapat membantu Pins memastikan bahwa genteng yang dipilih memiliki kualitas yang diinginkan. Dengan mempertimbangkan karakteristik khusus dari jenis bahan genteng yang dipilih.

5. Cek Apakah Bocor atau Tidak

Source : best-seller

Jika izin dari penjual dapat diperoleh, lakukan inspeksi potensial kebocoran dengan menyiramkan air ke permukaan genteng. Melalui metode ini, Pins dapat menentukan apakah genteng tersebut mengalami rembesan atau bahkan kebocoran. Ini merupakan cara yang efektif untuk memastikan kualitas genteng sebelum pembelian.

Dengan menggunakan metode perhitungan yang tepat, Pins dapat dengan mudah menentukan kebutuhan genteng per meter persegi untuk proyek bangunan Pins. Ingatlah untuk mempertimbangkan berbagai faktor seperti ukuran genteng, kemiringan atap, dan cadangan. 

Dengan demikian, Pins dapat mengoptimalkan kebutuhan material, memastikan efisiensi, dan menghasilkan hasil bangunan yang kokoh dan estetis. Semoga artikel ini bermanfaat dalam merencanakan proyek konstruksi Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download