Pinhome

Begini Cara Menghitung Harga Genteng per Meter!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 29 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Cara menghitung harga genteng per meter – Menghitung kebutuhan genteng dapat dilakukan dengan berbagai macam cara dan rumus sehingga dapat diketahui jumlah yang diperlukan untuk menutup atap rumah.

Dari jumlah tersebut kemudian dapat dikalikan harga genteng per m2 atau per bh untuk mengetahui total kebutuhan biaya pembelian material. kebutuhan genteng per m2 dapat dihitung dengan rumus 1m2 : luas 1bh genteng sehingga didapatkan jumlahnya.

Misalnya untuk merk genteng tertentu membutuhkan 25bh genteng per m2 dengan harga Rp.5.000,00 perbuah, dari data ini dapat digunakan sebagai dasar menghitung genteng untuk satu rumah utuh.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Bangunan atau Rumah

Cara Menghitung Harga Genteng per Meter

cara menghitung harga genteng per meter

Contoh perhitungan misalnya pembangunan sebuah rumah berukuran 6m x 10m dengan dua sisi atap masing-masing berukuran 12 m x 5 m maka luas atap secara keseluruhan adalah 12×5=60 m2.

Jika kebutuhan genteng 25 buah per m2 maka total yang diperlukan adalah 60 m2 x 25 bh = 1500 bh dengan total biaya pembelian sebesar 1500 bh x Rp.5000,00 = Rp.7.500.000,00.

Begitulah kurang lebih cara menghitung kebutuhan jumlah dan harga genteng yang diperlukan untuk sebuah rumah.

Dalam pembelian ke toko bangunan perlu ditambahkan sejumlah lebih genteng sebagai angka keamanan untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan genteng saat pemasangan misalnya genteng pecah atau retak sehingga tidak dapat dipakai.

Perlu juga ditambahkan persediaan genteng sebagai bahan maintentence apabila terjadi kebocoran, hal ini dilakukan apabila yang dipakai merupakan genteng langka sulit dicari.

Baca juga: Cara Menghitung Harga Kanopi Baja Ringan Per M2

Kesimpulan

Bebagai macam genteng baik dari jenis bahan pembuat maupun bentuknya dapat dipilih sesuai dengan model rumah dan suasana arsitektur yang ingin ditampilkan.

Cat genteng juga dapat digunakan untuk memperindah dan membuat awet atap rumah sehingga dapat dihasilkan sebuah bangunan dengan atap rumah kualitas terbaik.

Genteng harus dipasang dengan baik tanpa kebocoran karena dapat menyebabkan kerusakan rangka atap dan plafond dibawahnya jika menggunakan material yang tidak tahan terhadap air hujan.

Harga genteng per m2 akan bervariasi antara jenis yang satu dengan lainya serta waktu tertentu dengan waktu lainya oleh karena itu diperlukan data yang tepat dalam melakukan perhitungan rencana anggaran biaya bangunan.

Sekiranya, itulah cara menghitung harga genteng per meter yang perlu kamu ketahui. Sekian ulasan Pinhome kali ini, semoga artikel ini dapat membantumu untuk menghitung kebutuhan genteng untuk rumah maupun bangunan.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel