BlogPemilik Properti5 Cara Mengatasi Listrik Konslet di Rumah
0
0

5 Cara Mengatasi Listrik Konslet di Rumah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 1, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apa Pins mengetahui tahapan demi tahapan bila terjadi konsleting listrik? Tenang dan jangan panik terlebih dahulu merupakan permulaan bagaimana kamu bertemu dengan permasalahan satu ini. Pins tidak perlu khawatir, cara mengatasi listrik konslet di rumah bisa dilakukan dengan mudah melalui cara-cara yang sederhana.

Sama halnya dengan Pinhome yang memiliki ragam fitur properti seperti Take Over KPR. Kamu bisa memperoleh data rumah second di Bogor seperti Green Paradise City maupun perumahan di Jagakarsa atau dekat SMA 70 Jakarta.

Penyebab Listrik Konslet

Konsleting listrik merupakan hal wajar yang bisa saja terjadi di rumah. Pada keadaan seperti ini biasanya switch MCB akan turun sebagai pengamanan pertama secara otomatis bila terjadi konsleting listrik. Penyebabnya beragam dan tentunya sangat umum diantaranya adalah:

  • Terjadi hubungan arus pendek
  • Penggunaan kabel yang tidak berstandar
  • Instalasi listrik yang keliru
  • Kerusakan pada lampu maupun perangkat elektronik
  • Saklar atau stop kontak terkena air
  • Stop kontak kelebihan muatan
  • Aliran listrik terkena suhu tinggi

Baca juga:

Cara Mengatasi Listrik Konslet

Kerugian yang dapat ditimbulkan dari listrik konslet memang terdiri dari dua poin utama, yaitu menimbulkan bahaya atau tidak. Hal ini menjadi cara utama mendeteksi ketika terjadi hubungan arus pendek atau konslet listrik di rumah. 

Bila ada tanda bahaya seperti timbul percikan api, Pins bisa menggunakan alat pemadam kebakaran rumah tangga untuk mengatasinya, namun bila tidak ada tanda bahaya seperti hanya listrik turun, Pins bisa mulai mencari penyebab utamanya. Nah, seperti apa cara mengatasi listrik konslet di rumah, berikut ulasannya!

1. Pastikan MCB Sudah dalam Keadaan Turun

cara mengatasi listrik konslet
Source : Nesaba Media

Pemutus rangkaian listrik yang terjadi dikarenakan adanya hubungan listrik singkat disebut dengan MCB. Miniature Circuit Breaker (MCB) ini merupakan salah satu alat listrik yang mempunyai fungsi membuka dan menutup kontak listrik yang dialirkan pada hunian. 

Bila terjadi hubungan arus pendek di rumah, biasanya MCB sudah secara otomatis akan turun. Namun, cara pertama yang harus dilakukan adalah pastikan MCB dalam keadaan switch ke bawah atau turun.

Hal tersebut berguna untuk menghilangkan aliran listrik yang mengalir dalam hunian. Inilah mengapa peranan MCB cukup penting dalam proteksi kelistrikan pada hunian.

Baca juga: Tips Hemat Listrik Saat WFH

2. Cabutlah Colokan Listrik yang Mengalir ke Listrik

Source : IDNtimes

Langkah selanjutnya sebagai upaya aman bila terjadi konslet listrik adalah mencabut aliran-aliran listrik yang mengarah kepada stop kontak. Cara mengatasi listrik konslet di rumah ini menjadi tindakan pencegahan.

Matinya listrik secara langsung pun bisa merusak beberapa barang elektronik. Selain itu, usahakan untuk tidak melakukan pencolokan listrik secara masif pada satu lubang stop kontak seperti pada gambar di atas.

Hal tersebut dapat berbahaya dan sering menjadi penyebab dari aliran arus listrik pendek. Cara mengatasi konslet listrik ini cenderung sangat sederhana bukan, namun terkadang masih saja Pins abaikan.

3. Memeriksa Keseluruhan Alat Elektronik di Rumah

cara mengatasi listrik konslet
Source : IStock

Penurunan MCB secara otomatis yang menyebabkan listrik di rumah mati merupakan salah satu tanda ada gangguan dalam aliran listrik. Maka dari itu, saat terjadi mati lampu, Pins harus mengecek apakah MCB dalam keadaan turun atau tidak.

Bila MCB tetap dalam keadaan semula, itu artinya terdapat gangguan dari listrik pusat. Namun, bila keadaan switch MCB turun ini merupakan tanda-tanda konsleting listrik dalam hunian.

Tahapan selanjutnya, Pins hanya perlu mengecek apa ada yang janggal pada alat-alat elektronik di rumah. Kabel yang menghubungkan alat-alat seperti kompor listrik, televisi, charger handphone ke stop kontak sebaiknya di cek.

Bila terjadi bau gosong atau berubah warna pada sekitar stop kontak, berarti ada kerusakan. Segera perbaiki sebelum Pins pasang kembali.

4. Mengganti Bohlam Lampu yang Rusak

Source : Shutterstock

Tidak hanya alat-alat elektronik saja yang bisa rusak, bohlam lampu pun sering ditemukan adanya kerusakan. Maka dari itu, bila penyebab utamanya adalah lampu, cara mengatasi konslet listriknya adalah dengan mengganti bohlam lampu.

Tanda-tandanya biasanya ada bunyi letupan kecil pada lampu yang mengakibatkan lampu padam ataupun lampu yang berkedip. Hal ini bisa Pins periksa pada saklar lampu karena bila masih dalam keadaan menyala, itu artinya ada hubungan arus pendek pada lampu.

Langkahnya, segera matikan saklar dan ganti bohlam baru yang lebih baik. Bisa jadi bohlam yang kamu pakai memiliki kualitas yang tidak baik. Namun, bila sudah diganti yang baru tetapi lampu masih tidak menyala, bisa jadi bagian kap lampu atau kedudukan lampu lah yang bermasalah.

5. Hubungi Ahli Pemeliharaan Listrik

cara mengatasi listrik konslet
Source : Unsplash

Bila beberapa cara sudah dilakukan dalam memastikan tidak adanya hal yang rusak namun MCB tidak bisa naik, kamu perlu ahlinya. Segera lakukan panggilan kepada PLN 123 ataupun mekanik yang ahli dalam instalasi listrik untuk memastikan apa yang menyebabkan adanya konsleting listrik. Hubungan arus pendek bisa terjadi secara tak kasat mata, artinya adalah terjadi di dalam aliran instalasi listrik dan yang bisa memperbaikinya adalah ahlinya.

Hal tersebut bisa timbul pula dari gigitan tikus, bagian instalasi yang lembab, maupun adanya kebocoran pada bagian rumah yang menyebabkan tetesan air pada kabel listrik. Bila bagian tembaga pada kabel tidak ada pelindung luarnya, dan terkena air, konsleting bisa saja terjadi.

Cara mengatasi listrik konslet di atas perlu Pins perhatikan agar kelak bila terjadi pada hunian, kamu sudah bisa mengatasinya secara tenang, tanpa panik dan masalah terselesaikan. Semoga bermanfaat untuk kamu ya!

Baca juga:

Featured Image Source: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Bali Resort Tangerang dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download