BlogPemilik PropertiDesain HunianTips Penataan Bawah Tangga untuk Memanfaatkan Ruang dengan Maksimal
0
0

Tips Penataan Bawah Tangga untuk Memanfaatkan Ruang dengan Maksimal

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 4, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
penataan bawah tanggatop-right-banner

Hunian dua lantai memiliki tangga sebagai penunjang kebutuhan meyambangi bagian yang terletak di lantai atas. Hal tersebut membuat ruang di bawahnya terkadang terlupa. Padahal bila ruang tersebut dimanfaatkan secara maksimal, penataan bawah tangga akan menambah nilai tinggi dalam hal estetika hunian.

Pinhome – Tidak perlu harus menyerupai kamar yang terlihat tidak layak dalam film Harry Potter seri pertama. Kamu bisa membuat penataan bawah tangga rumah lebih manusiawi dan tentunya sedap dipandang. Sebelum kamu jauh memikirkan ide menarik dalam menata ruang dibawah tangga, ada baiknya Pins memperhatikan tips di bawah ini dalam memanfaatkannya dengan maksimal. Apa saja yang perlu diperhatikan, dan tentunya contoh ragam ruang, semua ada dalam ulasan terlampir!

Baca Juga: 10 Contoh Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Untuk Hunian Keluarga

Perhatikan Model Tangga

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah model dari tangga itu sendiri. Ragam model tangga minimalis modern kini sudah banyak dan tentunya sangat menarik. Namun, bila Pins berencana membuat ruang di bawahnya, ada baiknya pilih tangga dengan model leter L yang umum digunakan. Ini akan membuat penataan bawah tangga mempunyai cukup ruang yang besar dan biasanya bisa tertutup.

Hindari penggunaan tangga spiral dengan bahan besi, ini akan menghilangkan bagian yang dapat Pins buat untuk sebuah ruangan dibawah tangga. Namun, bila Pins sudah terlanjur menggunakannya, kamu bisa membuat ruang-ruang besar seperti ruang keluarga tempat beristirahat pada bagian bawah yang terbuka.

Perhitungkan Ukuran Ruang Kosong Bawah Tangga

Menata ruang dibawah tangga bisa Pins pikirkan konsepnya dari ukuran yang terletak di bawah nya. Ruang kosong yang berada di bawah tangga bisa di desain sedemikian rupa sesuai dengan keinginan, namun tetap menomorsatukan ukuran yang tersedia. Hindari pemaksaan membuat ruang yang sebenarnya tidak bisa diwujudkan. Hal tersebut akan berakibat tidak baik pada ruang.

Contohnya adalah ruang ideal dari satu kamar mandi kira-kira 1,5 m x 2,4 m. Maka, bila ukurannya kurang dari angka tersebut, hindari pembuatannya pada ruang bawah tangga. Kamu masih bisa mewujudkan ruang lainnya yang tidak kalah menarik lho!

Baca Juga: Tips Mengoptimalkan Tempat Penyimpanan

Manfaatkan Ruang Sesuai Kebutuhan

Nah, langkah terakhir dari tips penataan bawah tangga dalam hunian adalah mengetahui kebutuhan akan ruang yang harus ada di dalam rumah. Beberapa ide menarik di bawah ini, bisa menjadi referensi untuk kamu. Kira-kira apa saja? Lihat langsung yuk satu persatu!

Sudut Ruang Baca yang Menarik

penataan bawah tangga
Source : hongkiat

Bagaimana Pins? Sangat sedap dipandang mata bukan? Ruang baca kamu dan keluarga akan seketika menarik dengan desain ruang baca minimalis di atas. Semua berbahan material kayu yang terlihat estetis dan tentunya membuat ruang semakin hangat.

Desain Taman Indoor Bawah Tangga

Source : designcafe

Mempunyai hunian minimalis yang asri memang bisa diwujudkan dari desain taman indoor. Taman indoor yang menarik dan tentunya membuat rumah sejuk, dapat menyimpan ragam koleksi tanaman hias hingga kolam air mancur. Selain berada di tengah hunian, kamu bisa membuatnya pada area di bawah tangga. Tambahkan kaca besar dekat tangga agar cahaya juga bisa masuk dengan baik. Lihat tampilannya, menarik sekali bukan?

Laundry Room

penataan bawah tangga
Source : houzz

Bosan dengan ide-ide menata ruang bawah tangga yang monoton? Kamu bisa membuat tempat mencuci baju keluarga atau laundry room di bawahnya. Cocok sekali untuk jenis mesin cuci satu tabung yang minimalis. Selain itu, kamu pun dapat membuatnya tertutup agar bila sedang tidak digunakan bisa ditutup layaknya sebuah lemari penyimpanan. Menarik ya!

Ruang Kerja Minimalis

Source : nevillejohnson.co.uk

Butuh ruang untuk tempat bekerja, namun sudah tidak ada lagi bagian yang tidak terpakai? Kamu bisa menata ruang dibawah tangga dengan meja kerja estetis kesukaanmu! Tidak perlu terlalu besar, namun tetap dapat dipakai sesuai dengan fungsinya. Tambahkan sedikit tanaman hias ataupun rak yang dapat menyimpan buku-buku, agar ruang terbuka tersebut tetap terlihat menarik.

Baca Juga: Berapa Harga Batu Kali Per M3

Rak Televisi

penataan bawah tangga
Source : homecrux

Rumah minimalis yang memiliki keterbatasan dalam hal lahan bisa Pins manfaat kan maksimal pada bagian-bagian yang terkadang dilupakan. Menata ruang dibawah tangga dengan ruang televisi juga bisa menjadi salah satu cara yang menarik. Kamu dapat menjadikannya rak televisi yang sekaligus menyimpan ragam koleksimu. Seperti kendi-kendi keramik, ataupun lilin-lilin aromaterapi. 

Baca Juga: Autodesk DragonFly: Sebuah Software Desain Rumah Online

Lemari Pakaian dan Sepatu

Source : thefamilyhandyman

Rumah milikmu sangat minimalis? Tenang saja, ruang dibawah tangga juga dapat disulap menjadi lemari pakaian. Disana baju, tas, sepatu dan barang-barang penunjang fashion harian dapat disimpan dengan rapi tanpa terlihat dari luar. Semua bisa dibuka tutup saat diperlukan. Hal terpenting adalah selalu gunakan pewangi atau serbuk anti jamur, agar lemari tersebut tetap sehat dan jauh dari binatang-binatang yang dapat merusak pakaian.

Baca Juga: Tips Bangkitkan Energi Positif dengan Fengshui

Tempat Penyimpanan Alat Olahraga

Source : hongkiat

Kamu dan keluarga suka berolahraga? Ruang dibawah tangga dapat dimanfaatkan maksimal dari tempat penyimpanan alat-alat olahraga. Mulai dari sepeda, bola, matras, helm, hingga peralatan lainnya yang bisa kamu gunakan. Walaupun tetap dalam keadaan terbuka, kamu bisa menyiasati kerapihannya dengan pintar dalam mengatur cara penyimpanannya. Lihat sepeda di atas, tetap bisa masuk dalam hunian mungilmu bukan?

Itulah beberapa tips beserta contoh pengaplikasian dalam hunian untuk penataan ruang di bawah tangga. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: 7 Model Tangga Putar Minimalis Beserta Kisaran Harganya


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download