BlogPemilik PropertiDesain HunianBerapa Harga Batu Kali Per M3? Berikut Selengkapnya!
0
0

Berapa Harga Batu Kali Per M3? Berikut Selengkapnya!

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 14, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
harga batu kali per m3top-right-banner

Untuk menemukan nominal harga tersebut akan berbeda pada satu waktu dengan waktu yang lain atau berbeda pada suatu daerah dengan daerah lainya. Batu kali sering digunakan sebagai bahan bangunan. Misalnya pada pekerjaan pasangan pondasi batu kali atau pekerjaan lainya yang menggunakan material batuan ini.

Itulah mengapa Pins harus tahu tentang harga batu kali, jika saja di masa depan Pins akan membangun rumah impian yang nyaman. Seperti rumah-rumah yang ada di perumahan Orchard Village maupun di The Royal Residence. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga: 

Pengertian Batu Kali

Source : Pixabay

Batu kali merupakan jenis bahan bangunan yang mudah ditemukan di Indonesia. Baik melalui penambangan di sungai maupun gunung-gunung sebagai upaya untuk mengumpulkan batu kali.

Selanjutnya dijual melalui toko bangunan untuk dijadikan sebagai bahan dalam pembangunan konstruksi. Batu kali yang baik adalah mempunyai ukuran beragam. Sehingga dapat saling mengisi ketika digunakan sebagai pasangan batu kali pondasi.

Dengan variasi ukuran batu kali ini juga dapat menghemat kebutuhan adukan. Berfungsi sebagai bahan perekat untuk menyatukan antar batu kali.

Baca juga: Tips Desain Kamar Tidur Utama

Harga Batu Kali Per M3

harga batu kali
Source : Qhomemart

Melihat kisaran harga batu kali per meter kubik saat ini menjadi suatu hal yang sangat signifikan bagi mereka yang tengah merencanakan proyek konstruksi. Di bawah ini akan merinci berbagai faktor yang berpengaruh terhadap harga. Sambil memberikan wawasan mendalam untuk membimbing Pins dalam membuat keputusan pembelian yang tepat.

Dengan pemahaman yang kuat terhadap dinamika pasar, Pins dapat lebih cerdas dalam mengelola anggaran dan menyusun rencana proyek secara akurat. Pemahaman ini membantu Pins menghindari risiko dan membuat keputusan yang lebih terinformasi dalam memajukan proyek konstruksi Pins.

Berikut adalah estimasi harga batu kali per meter kubik di pasaran untuk tahun 2023:

  • Batu kali belah: Kisaran harga antara Rp 180.000 hingga Rp 350.000 per meter kubik.
  • Batu kali 1 pick up: Harga berkisar antara Rp 700.000 hingga Rp 1.000.000 per meter kubik.
  • Batu kali 1 truk isi 8 kubik penuh: Rp 1.850.000 per truk.
  • Batu kali 1 truk tronton isi 23 meter kubik: Rp 5.200.000 per truk.

Harga-harga ini dapat berubah tergantung pada faktor-faktor seperti lokasi, kualitas, dan pasokan di pasar. Sebaiknya selalu melakukan pengecekan harga terkini sebelum melakukan pembelian untuk mendapatkan informasi yang akurat dan terbaru.

Jumlah pembelian bahan juga dapat mempengaruhi harga batu kali misalnya proyek besar yang membutuhkan batu kali dengan volume banyak. Ini dapat dibeli dengan harga lebih murah pada supplier bangunan. Cara pembelian juga mempengaruhi harga batu kali, harga yang lebih mahal jika pembelian dilakukan dengan cara pembayaran hutang.

Harga batu kali akan lebih murah jika dilakukan dengan pembayaran secara tunai. Hal lain yang dapat mempengaruhi harga bahan bangunan batu alat mini adalah kesepakatan biaya pengiriman. Apakah ditanggung oleh penjual atau konsumen serta alat transportasi apa yang digunakan. 

Baca juga: Desain Rumah Terbaik di Indonesia

Kelebihan Batu Kali Sebagai Pondasi

Mendalami manfaat yang tersembunyi di balik keunikan batu kali sebagai pondasi, mari kita telusuri tujuh kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan utama. Dari kekuatan struktural hingga kemampuannya menyerap kelembaban tanah, batu kali bukan sekadar bahan bangunan biasa. Artikel ini akan memandu Pins melihat lebih dalam, membongkar keistimewaan yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya.

1. Bentuk yang Sederhana

harga batu kali
Source : Tokopedia

Jika dibandingkan dengan variasi pondasi lainnya, pondasi batu kali menonjol dengan keunggulan bentuk konstruksinya yang lebih sederhana. Keistimewaan ini tidak hanya terletak pada kemudahan konstruksi. Tetapi juga pada kemampuan untuk disesuaikan langsung di lokasi pengerjaan

Ini memungkinkan penyesuaian ukuran dan proporsi sesuai kebutuhan spesifik. Dengan demikian, pondasi batu kali menjadi pilihan yang fleksibel dan efisien untuk mendukung keberlanjutan proyek konstruksi.

2. Tidak Mudah Bocor

harga batu kali
Source : horizon group

Manfaat utama dari penerapan pondasi batu kali pertama-tama terletak pada upaya untuk mengurangi risiko kebocoran di dalam rumah. Dengan kata lain, penggunaan fondasi batu kali ini memberikan dampak positif yang lebih baik terhadap lingkungan jika dibandingkan dengan jenis pondasi lainnya.

Sebagai konsekuensinya, tingkat rentan rumah terhadap kebocoran gas, risiko banjir, dan serangan jamur semakin berkurang. Dengan pondasi batu kali, perlindungan rumah dari ancaman tersebut menjadi lebih optimal.

Baca juga:

3. Tahan Terhadap Guncangan

Source : MCM Group

Bukti yang menegaskan keuntungan penggunaan pondasi batu kali tidak hanya terletak pada daya tahannya yang kuat untuk menahan goncangan. Hal ini menjadikan batu kali sebagai pilihan unggul dibandingkan jenis pondasi lainnya, dan kenyataannya, popularitasnya masih tetap tinggi hingga saat ini.

Tidak mengherankan jika banyak yang memilih batu kali sebagai pondasi rumah, mengingat kemampuannya yang luar biasa dalam menanggulangi guncangan. Untuk meningkatkan lagi daya tahan rumah terhadap goncangan, seiring berjalannya waktu. Masyarakat kini banyak yang melakukan inovasi dengan mengombinasikan penggunaan batu kali dengan teknik pemasangan lainnya.

4. Lebih Awet

Source : Mustika Land

Batu kali telah teruji kekuatan dan ketahanannya sebagai bahan konstruksi yang dapat diandalkan. Keberhasilan ini tercermin dari tingginya proporsi penggunaan batu kali dalam pembangunan rumah sederhana di berbagai lokasi.

Pentingnya batu kali tidak hanya terletak pada daya tahan, tetapi juga pada kontribusinya dalam memperkuat struktur bangunan. Menjadikannya pilihan yang ideal untuk pembangunan rumah yang dapat bertahan dalam jangka waktu yang sangat panjang. Hal ini menunjukkan bahwa batu kali tidak hanya memberikan keamanan, tetapi juga memberikan kekokohan yang dapat diandalkan bagi rumah-rumah di seluruh wilayah.

Baca juga:

5. Bahan Baku yang Murah

Source : Mustika Land

Bahan utama yang digunakan dalam konstruksi pondasi batu kali melibatkan unsur-unsur krusial seperti batu kali, pasir, dan semen. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah bahwa dibandingkan dengan opsi pondasi lainnya

Biaya yang terlibat dalam persiapan bahan baku untuk pondasi batu kali jelas lebih terjangkau. Hal ini menunjukkan keunggulan ekonomis yang signifikan ketika memilih jenis pondasi ini dalam proyek konstruksi.

Baca juga: Game Membangun Rumah – Buat Desain Rumah Impian


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download